Mengenal Watch Genre: 12 Jenis Jam Tangan yang Harus Kamu Tau

Dari keunikan setiap jam tangan yang ada, Minwatch telah merangkum 12 jenis jam tangan. Berikut beberapa genre jam tangan yang harus kamu tau.
jenis jam tangan
jenis jam tangan

Terakhir diubah pada 2022/10/25 at 1:45pm oleh Contributor

Sebelum membeli, baiknya kamu mengetahui 12 jenis jam tangan atau biasa disebut dengan watch genre. Setiap jam tangan memiliki ciri yang berbeda-beda, seperti tampilan desain, fungsi, komplikasi serta fitur pada movement-nya. Perbedaan inilah yang membuat setiap jam tangan punya karakternya sendiri. Dengan mengetahui watch genre, kamu dapat lebih mudah dalam memilih jam tangan sesuai dengan karakter maupun kebutuhanmu.

Dari keunikan setiap jam tangan yang ada, Minwatch telah merangkum 12 jenis jam tangan. Berikut beberapa genre jam tangan yang harus kamu tau.

1. Dress

Jenis dress watch diperuntukan untuk jam tangan dengan tampilan minimalis dan desain yang cenderung klasik. Namun, desainnya masih bisa dibilang dinamis karena seiring dengan perkembangan zaman. Untuk ukurannya, watch genre ini umumnya lebih kecil dan tipis.

Baca juga: Dipakai Saat Acara Formal, Apa itu Dress Watch?

Jam tangan jenis dress ini bisa kamu gunakan untuk acara formal. Karena ukurannya yang kecil, dress watch cocok untuk pria maupun wanita dengan ukuran tangan yang kecil. Salah satu jam tangan yang bisa dibilang dress watch adalah Seiko Presage SRPE43J1. Famili Presage ini memang punya pesona klasik dengan desain minimalis yang pas untuk kamu pecinta jam tangan klasik.

2. Sporty

Jenis berikutnya adalah jam tangan sporty yang cukup banyak digemari oleh pria maupun wanita. Desainnya yang sporty dan modern menjadi salah satu daya tarik dari jenis jam ini. Biasanya, jam tangan sporty punya ukuran diameter diatas 40mm serta ketangguhan pada konstruksi maupun materialnya.

Baca juga: 5 Jam Tangan Pria Sporty Terlaris 2022, Cocok Untuk WFO

Selain itu, jam tangan sporty juga punya berbagai fitur yang mendukung aktivitas olahraga tertentu, seperti fitur water resistant pada jam tangan penyelam. Seiring berkembangnya zaman dan bertambahnya kebutuhan, banyak brand populer yang berlomba untuk menghadirkan jam tangan sport dengan fitur menarik. Salah satu jam tangan sporty yang mungkin bisa jadi pilihanmu adalah Seiko-5-Sports-SRPD65K4.

3. Casual

Buat kamu yang ingin ketangguhan pada jam tangan sport namun masih ingin tetap tampil modis, jenis jam tangan casual adalah pilihan yang tepat. Jam tangan casual memiliki kelebihan dari sport watch namun desainnya lebih klasik. Banyak koleksi jam tangan casual yang dimiliki brand populer,seperti Casio, Seiko hingga Spinnaker.

Baca juga : Seiko Terbaru 2022 : Seiko Presage Sharp Edged Kabuki-Inspired Limited Edition

Seiko Presage SSA453J1 termasuk jam tangan dengan model casual. Salah satu series Spinnaker ini dibanderol dengan harga Rp7 juta-an.

4. Diver

Jenis jam tangan lainnya adalah diver watch yang tak hanya digemari oleh penyelam saja. Tidak sedikit para kolektor jam tangan yang mengoleksi jam tangan diver dengan berbagai alasan. Banyak fitur menarik yang juga menunjang kegiatan menyelam sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Salah satu jam tangan diver yang bisa kamu koleksi adalah Seiko Prospex SPB317J1 Heritage Turtle.

Baca juga : 7 Rekomendasi Jam Tangan Diving Murah yang Juga Cocok Dipakai Sehari-hari

Umumnya, jam tangan diver profesional memiliki standar ketahanan air sesuai dengan ISO 6423. Selain itu, jam tangan diver memiliki bezel yang bisa diputar 1 arah dengan fitur klik. Saat menyelam dalam kondisi gelap, jam tangan diver punya fitur lume yang akan menyala sehingga dapat membantu penggunanya untuk melihat jam. Konstruksinya juga didesain khusus agar mencegah air masuk, seperti mekanisme screw down pada crown dan screw back pada back case.

5. Pilot

Beberapa brand memproduksi jam tangan yang didesain khusus untuk digunakan para penerbang, salah satunya series Pro Pilot milik Oris. Jam tangan swiss made ini termasuk dalam pilot watch. Biasanya jam tangan pilot punya ciri-ciri khusus, yang mana terdapat slide-rule bezel serta logo segitiga pada bagian depan jam. Untuk jam tangan pilot klasik terdapat 2 model, yaitu flieger type A dan type B. Kedua model tersebut pertama muncul saat era perang dunia kedua. 

Baca juga : IWC Schaffhausen: 3 Jam Tangan Pilot Seri Top Gun

Salah satu brand ternama asal Swiss, Oris memiliki series khusus untuk watch genre ini, yaitu Pro Pilot. Oris Pro Pilot Rega Fleet 01-798-7773-4284-HB-JWB-Set GMT bisa jadi salah satu koleksi jam tangan pilotmu.

6. Field Military

Jenis jam tangan selanjutnya dirancang untuk kebutuhan militer, biasanya disebut dengan field military. Watch genre ini biasanya punya ukuran yang tidak terlalu besar. Untuk tampilan dial-nya, field military memiliki arabic index dengan fitur lume serta strap yang terbuat dari material canvas

Baca juga : Military Watches, Jam Tangan Para Tentara

Seiko 5 Sports SNZG09K1 merupakan salah satu koleksi Seiko yang termasuk dalam genre field military. Selain bentuknya, jam tangan ini juga memiliki fitur water resistant 10 BAR yang tentunya tahan saat terkena air. Dengan spesifikasinya tersebut, jam tangan ini juga dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

7. Field Adventure

Jenis jam tangan field adventure memiliki ciri khas pada bagian bezel-nya. Karena dirancang untuk berpetualang di alam bebas, watch genre ini punya fitur kompas yang terdapat pada bagian bezel-nya, tak terkecuali pada jam tangan digital. Fitur ini dapat membantu navigasi penggunanya agar tidak tersesat.

Baca juga : 10 Rekomendasi Jam Tangan Outdoor untuk Temani Petualanganmu

Buat para pecinta alam, jam tangan jenis ini bisa jadi pilihan yang tepat. Seiko Prospex SRPD31K1 merupakan salah satu series Prospex yang termasuk dalam jam tangan field adventure. Jam tangan automatic ini dibanderol dengan harga Rp5 juta-an.

8. Skeleton

Skeleton watch merupakan sebutan jam tangan yang memiliki tampilan transparan hingga terlihat kerangka mesin atau movement-nya. Jenis jam tangan ini cukup mudah dikenali karena tampilannya yang unik. Walaupun terlihat kompleks dan mekanikal, jam tangan ini punya pesona tersendiri hingga digemari para pecinta jam tangan.

Baca juga : Review: Seagull M182SK Skeleton Dial

Beberapa brand terkenal punya koleksi watch genre ini, salah satunya D1 Milano Mechanical D1-SKBJ12. Salah satu koleksi D1 Milano ini menampilkan movement kaliber Seiko SII NH70-L yang dapat terlihat jelas pada bagian dial. Jam tangan skeleton ini dibanderol dengan harga Rp12 juta-an.

9. Avant-Garde

Jenis selanjutnya adalah genre avant-garde yang punya bentuk case yang unik, atau out of the box. Dengan kombinasi dial skeleton atau beberapa komplikasi, jam tangan ini punya style yang cukup mekanik dan industrial. Buat para kolektor, jam tangan avant-garde bisa melengkapi koleksi di watch box-mu.

SEVENFRIDAY P-Series P3B/03 merupakan salah satu series Seven Friday yang termasuk jam tangan avant-garde. Jam tangan dengan tampilan unik ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp15 juta-an. Biasanya watch genre ini punya harga yang cukup tinggi karena kompleksitas pada modelnya. 

10. Luxury Sporty

Jam tangan luxury sporty punya desain elegan, namun punya tampilan yang sporty juga. Jam tangan di genre ini terinspirasi dari brand mewah, seperti AP Royal Oak, PP Nautilus, Richard Mille, Hublot, dll. Para kolektor jam tangan mewah mungkin tidak asing dengan watch genre ini. Beberapa series dari brand tersebut seringkali jadi incaran para kolektor, salah satunya Hublot Big Bang 414.NI.1123.RX Meca-10.

Baca juga : Jangan Salah! Ini Dia Ciri Jam Hublot Asli

Biasanya, watch genre ini punya bagian bezel berbentuk hexagonal dengan integrated bracelet. Ciri khas lain dari luxury sporty adalah model case tonneau dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

11. Digital & Ana-Digi

Berkembangnya zaman membuat beberapa brand mengembangkan jam tangan dengan teknologi digital, atau biasa disebut jam tangan digital. Umumnya, ciri jam tangan digital bisa dilihat jelas dari bagian dial-nya.

Baca juga : Pilih Jam Tangan Analog atau Digital?

Terdapat 2 jenis tampilan dial, jam tangan yang hanya punya display digital dan ana-digi. Jam tangan dengan display ana-digi punya tampilan digital dan juga analog. Kamu bisa melihat jam tangan ana-digi ini pada salah satu series Casio, yaitu G-Shock GMA-S2200-1AD.

12. Smartwatch: Hybrid & Non Hybrid

Jenis terakhir adalah smartwatch atau jam tangan pintar. Jam tangan jenis ini memiliki OS dan CPU, yang mana sistemnya berbasis komputer seperti smartphone. Dibanding jam tangan biasa, smartwatch biasanya punya fitur yang lebih banyak, seperti sensor kesehatan. Untuk tampilannya, smartwatch dibagi jadi 2 jenis. Smartwatch dengan tampilan jam tangan analog, yang mana punya jarum biasanya disebut hybrid, sedangkan yang mempunyai tampilan full digital termasuk jenis non hybrid.

Baca juga : 11 Smartwatch Terbaik 2022

Salah satu smartwatch yang bisa jadi pilihanmu adalah Garmin Venu 2S 010-02429-73. Smartwatch ini dibanderol dengan harga terjangkau, yaitu Rp6 juta-an saja.

Buat kamu yang ingin beli jam tangan, kamu bisa menyesuaikan seleramu dengan 12 watch genre di atas. Jamtangan.com punya banyak koleksi jam tangan asli yang bisa jadi pilihanmu dan dapatkan harga terbaik untuk jam tangan idamanmu.

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

www.jamtangan.com

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
brand ambassador seiko

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Menjadi Brand Ambassador Seiko Prospex Diver Collection – Indonesia Exclusive

Next Article
deretan g-shock terbaru

Casio Siap Meluncurkan G-Shock Terbaru di Bulan Oktober 2022

Related Posts
Total
0
Share