Dipakai Saat Acara Formal, Apa itu Dress Watch?

Dipakai Saat Acara Formal, Apa itu Dress Watch?

Dress watch sering kali disebut sebagai jenis jam tangan yang paling elegan. Dirancang simpel dan minimalis, dress watch memang ditujukan untuk dipakai saat acara formal. Apa itu dress watch?

Dress watch adalah jam tangan yang didesain untuk digunakan bersama dengan jas, kemeja lengan panjang, atau pakaian formal lainnya. Jam jenis ini tidak dirancang untuk dipakai dengan jeans dan kaos atau dipakai ke gym. Khusus untuk acara formal saja. 

Ed Sheeran memakai dress watch Patek Philippe
Ed Sheeran memakai dress watch Patek Philippe

Dress watch difungsikan hanya sebagai penunjuk waktu, sehingga tidak memerlukan komplikasi. Yang penting, dress watch harus elegan, simpel, dan menawan.

Menilik sejarahnya, jam tangan dulu hanya dipakai perempuan sebelum awal abad ke-20. Saat itu jam tangan lebih difungsikan sebagai perhiasan dan fashion statement. Laki-laki masih menggunakan pocket watch.

Cartier Tank, perintis dress watch. Dok: Time and Tide Watches

Seiring berjalannya waktu, para anggota militer mulai mengikat pocket watch milik mereka dengan strap khusus. Dari sinilah jam tangan mulai digunakan laki-laki. Setelah itu berkembang pula dress watch yang ditandai dengan rilisnya Cartier Tank pada 1917. Jam itu punya case kotak dan desain klasik yang menawan. 

Lalu apa saja yang menjadi karakter dress watch? Berikut di antaranya:

1. Desain yang Tipis

Berkebalikan dengan jam untuk olahraga, dress umumnya memiliki desain yang tipis. Tujuannya adalah agar cocok dipakai di bawah manset kemeja atau pakaian formal lain.

2. Ukuran Case Kecil

Sebagian besar case dress watch berkisar 34 – 40 mm. Alasannya, kalau lebih dari 40 mm, jam akan terlalu menarik perhatian. Padahal dress watch seharusnya simpel dan minimalis.

3. Menggunakan Leather Strap

Dulu dress watch umumnya dilengkapi leather strap berkualitas tinggi. Ada yang bertekstur, ada pula yang mulus. Namun kini banyak juga dress watch dengan bracelet stainless steel yang tipis.

4. Dibuat dari Logam Mahal

Dress watch sering kali hadir dengan material logam mahal seperti emas putih, kuning atau rose gold. Bahkan ada juga yang dibuat dari platinum.

Brand yang sering merilis dress watch adalah Cartier, Jaeger LeCoultre, Lange & Söhne, Glashutte, OMEGA, IWC, dan Rolex. Sedangkan dari Asia, koleksi Seiko Presage dan Seiko Premier juga bisa disebut sebagai dress watch.

Kalau kamu ingin memiliki koleksi dress watch, kunjungi saja situs atau aplikasi Jamtangan.com. Selain Seiko Premier dan Seiko Presage, kamu juga bisa mencari koleksi brand lain yang sesuai karakter dress watch di atas. Happy shopping!

Categories: Info & Tips