Mengenal 5 Model Jam Tangan dari Bentuk Case-nya

ragam bentuk jam tangan
ragam bentuk jam tangan

Terakhir diubah pada 2022/10/25 at 1:46pm oleh Contributor

Bentuk jam tangan punya model yang beragam. Setiap brand mengeluarkan berbagai bentuk case jam tangan untuk menyesuaikan karakter pemakainya. Beberapa model jam tangan pun jadi daya tarik tersendiri bagi para watch enthusiast. Selain itu, bentuk case-nya bisa jadi ciri khas untuk beberapa series jam tangan tertentu.

Dari beragam bentuk jam tangan yang ada, Minwatch mencoba merangkumnya menjadi 5 model. Untuk lebih mengenal lebih dalam, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Round

Orient Classic RA-AC0E03S Automatic Men White Dial Black Leather Strap.
Orient Classic RA-AC0E03S Automatic Men White Dial Black Leather Strap.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/orient-classic-raac0e03s-automatic-men-white-dial-black-leather-strap-231921

Bentuk pertama adalah jam tangan round. Kebanyakan jam tangan memiliki bentuk round atau bulat. Bentuk ini dianggap lebih efisien dan terbaik dalam menunjukan waktu sehingga penggunanya dapat membacanya dengan mudah. Hampir semua brand dengan berbagai model punya bentuk jam tangan round atau bulat, mulai dari dress watch, dive watch, hingga jam tangan chronograph. 

Baca juga : Ada Macam-Macam Case Back Jam Tangan, Apa Bedanya?

Bagian case yang berbentuk bulat juga mencerminkan tampilan yang minimalis. Kamu bisa melihat bentuk jam tangan round pada Orient Classic RA-AC0E03S. Salah satu series dari brand asal Jepang ini cukup mencerminkan jam tangan yang minimalis dengan bentuk case bulat, dan cocok untuk dipakai pria. Jam tangan automatic ini punya case berbahan stainless steel dengan PVD coating. Dengan leather strap, jam tangan berbentuk round ini dibanderol dengan harga Rp3 juta-an.

Untuk wanita, Seiko Classic SUR658P1 bisa jadi pilihan jam tangan berbentuk round. Jam tangan quartz ini punya diameter 30mm dan tebal 7mm. Untuk case round-nya terbuat dari stainless steel. Karena punya model klasik, jam tangan wanita ini bisa kamu pakai saat acara formal.

Baca juga : Begini Cara Menghitung Diameter Jam Tangan

2. Tonneau

Franck Muller Vanguard V41 SC DT TT NR BR 5N Titanium Black Gold PVD Dial Alligator Leather Strap.
Franck Muller Vanguard V41 SC DT TT NR BR 5N Titanium Black Gold PVD Dial Alligator Leather Strap.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/franck-muller-vanguard-v41-sc-dt-tt-nr-br-5n-titanium-black-gold-pvd-dial-alligator-leather-strap-494101

Bentuk jam tangan tonneau bisa dibilang cukup unik. Bila dilihat lagi, bentuk dari case tonneau mirip dengan sebuah barel. Kata tonneau sendiri berasal dari bahasa Prancis yang artinya barel. Pada awal tahun 70-an, bentuk jam tangan tonneau ini banyak digunakan pada jam tangan chronograph dan diver. Royal Air Force yang rilis pada era itu cukup membuat bentuk tonneau ini populer saat itu.

Baca juga : 5 Tips Memilih Jam Tangan Pria Kurus untuk Penampilan Maksimal!

Salah satu jam tangan dengan bentuk case tonneau adalah Franck Muller Vanguard V41 SC DT TT NR BR 5N. Brand yang cukup populer ini memiliki banyak koleksi jam tangan yang berbentuk case tonneau. Seri Vanguard ini masuk ke dalam genre luxury watch yang punya harga Rp75 jutaan. Dengan ukuran diameter 41mm dan tebal 15mm, jam tangan ini cocok untuk pria yang ingin tampil sporty.

Selain itu Vanguard V32 tadi, Franck Muller juga memiliki jam tangan berbentuk tonneau khusus untuk wanita, salah satunya Franck Muller Vanguard V32 QZ D AC VL. Ukurannya tentu lebih kecil, series Vanguard untuk wanita ini punya diameter 32mm. Untuk materialnya, jam tangan dengan bentuk tonneau ini terbuat dari stainless stell. Kamu bisa membeli series jam tangan mewah ini dengan harga Rp135 juta-an.

Baca juga : Rumus Menghitung Ukuran Jam Tangan

3. Square

Orient Classic SUNEF008B Men Black Dial Stainless Steel Strap.
Orient Classic SUNEF008B Men Black Dial Stainless Steel Strap.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/orient-classic-sunef008b-men-black-dial-stainless-steel-strap-209511

Jam tangan yang berbentuk square ini cukup banyak ditemukan dipasaran. Model jam tangan yang biasa disebut juga dengan tank ini punya tampilan yang unik dan terkesan klasik. Pada tahun 1917, salah satu produsen jam tangan, Cartier membuat The Cartier Tank yang mengambil referensi dari sebuah tank perang saat itu.

Baca juga : 4 Rekomendasi Warna Jam Tangan Wanita Yang Cocok Untuk Kulit Sawo Matang

Salah satu jam tangan dengan bentuk square ini adalah Orient Classic SUNEF008B. Jam tangan buatan Jepang ini termasuk jam tangan klasik yang ditenagai baterai. Selain itu, salah satu series Orient ini memiliki case square yang terbuat dari stainless steel. Untuk ukurannya, jam tangan ini cukup tipis dengan ketebalan 8mm dan diameter 40mm. Dengan bracelet berbahan stainless steel, series Orient ini dibanderol dengan harga Rp1 jutaan.

Selain jam tangan analog, case berbentuk square ini sering ditemukan pada smartwatch, salah satunya adalah Garmin Venu Sq 010-02426-83. Smartwatch ini ditenagai oleh baterai dan tahan hingga 6 hari. Untuk strap-nya terbuat dari rubber sehingga smartwatch ini nyaman digunakan olahraga. Salah satu series Garmin ini dibanderol dengan harga Rp3 juta-an.

Baca juga : Jenis Strap pada jam tangan

4. Cushion

Seiko Prospex SPB313J1 Heritage Turtle 1968 Re-Interpretation Automatic Divers Stainless Steel Strap.
Seiko Prospex SPB313J1 Heritage Turtle 1968 Re-Interpretation Automatic Divers Stainless Steel Strap.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-spb313j1-heritage-turtle-1968-reinterpretation-automatic-divers-stainless-steel-strap-467401

Jam tangan dengan bentuk case cushion hampir mirip dengan model tonneau. Jika dilihat case cushion ini lebih halus dari pada tonneau. Buat pecinta jam tangan sport, model case cushion ini bisa jadi salah satu pilihanmu. Beberapa jam tangan mewah juga memiliki bentuk case cushion ini.

Baca juga : Membaca Ragam Jenis Bezel

Salah satu Seiko Prospex SPB313J1 Heritage Turtle memiliki bentuk case cushion. Jam tangan diver yang terbuat dari stainless steel ini terlihat sporty dan elegan. Dengan movement kaliber 6R35, Seiko Turtle ini punya daya cadangan hingga 70 jam serta bisa menyelam hingga 200 meter di bawah laut. Tak hanya untuk para penyelam, jam tangan dengan bentuk cushion ini jadi banyak incaran para kolektor juga.

5. Hexagonal

Casio G-Shock GA-2110SU-3ADR Color Series Black Digital Analog Dial Green Resin Band.
Casio G-Shock GA-2110SU-3ADR Color Series Black Digital Analog Dial Green Resin Band. Sumber: https://www.jamtangan.com/p/orient-classic-sunef008b-men-black-dial-stainless-steel-strap-209511

Model terakhir adalah case dengan bentuk hexagonal atau persegi delapan. Jam tangan berbentuk hexagonal pertama dipopulerkan oleh desainer jam tangan legendaris, yaitu Gerald Genta lewat Audiemars Puguet Royal Oak. Setelah itu, desain persegi delapan ini banyak dipakai untuk jam tangan bergaya sporty hingga kini. Tampilan dari bentuk jam tangan hexagonal bisa dibilang cukup modern.

Baca juga : Jam Tangan Chronograph Untuk Mengukur Waktu

Casio G-Shock GA-2110SU-3ADR merupakan salah satu series Casio yang memiliki case berbentuk hexagonal. Jam tangan yang punya material case berbahan resin ini termaksud sport watch yang tahan guncangan. Untuk ukurannya, series G-Shock ini berdiameter 45 dan tebal 11mm. Buat kamu yang suka jam tangan sport, jam tangan dengan case hexagonal ini bisa jadi pilihan tepat. Jam tangan ini dibanderol dengan harga Rp2 juta-an saja.

Baca juga : Apa itu Jam Tangan Mekanikal atau Automatic Movement?

Jam tangan dengan case berbentuk persegi delapan ini juga dapat digunakan oleh wanita. Casio G-Shock GM-S2100PG-1A4JF bisa jadi pilihan tepat dengan diameter 40mm dan tebal 11mm. Material case-nya terbuat dari resin yang cukup nyaman digunakan untuk olahraga. Jam tangan G-Shock ini dibanderol dengan harga Rp4 juta-an.

Nah, setelah tau beberapa model jam tangan bentuknya, kamu lebih suka yang mana? Pastikan jam tangannya original. Dapatkan jam tangan original dengan harga terbaik, hanya di Jamtangan.com.

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

www.jamtangan.com

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
cara setting jam tangan automatic

Cara Mengatur Tanggal dan Hari di Jam Tangan Automatic Seiko

Next Article
seiko super cab

Siap Diluncurkan, Seiko 5 Sports Super Cub Limited Edition

Related Posts
Total
0
Share