Memahami Apa Itu Blue Steel Hands

Blue Steel Hands
Blue Steel Hands

Jarum jam atau hands merupakan bagian kecil dari jam tangan yang punya fungsi utama sebagai penunjuk waktu. Tak hanya itu, hands juga bisa jadi daya tarik tersendiri sehingga memiliki berbagai model.

Jam tangan, dewasa ini tampil dalam berbagai bentuk dan ukuran, begitu pula jarum jam yang menunjukkan waktu.  Meskipun hanya bagian kecil dari sebuah jam tangan, namun jarum jam memiliki fungsi yang paling penting meskipun beberapa jam tangan mekanik tidak memilikinya. Jadi untuk memperluas pengetahuan, berikut daftar ekstensif yang terdiri dari 21 nama dan jenis jarum jam tangan yang berbeda.

Nah, kali ini Minwatch akan membahas salah satu model jarum jam atau hands yaitu blue steel hands.

Apa itu Blue Steel Hands?

Jam tangan dengan Blue steel hands.
Jam tangan dengan Blue steel hands.
Sumber: https://anordain.com/blogs/news/thermal-bluing-1

Blue steel hands adalah salah satu model hands yang terbuat dari baja yang telah melewati proses tempering steel atau thermal bluing. Tempering steel sendiri merupakan proses pemanasan baja pada temperatur tertentu dan kemudian didinginkan kembali. Proses tersebut membuat warnanya terlihat kebiruan.

Waktu yang dibutuhkan pada proses thermal bluing ini tergantung pada ukuran bajanya. Ada beberapa teknik yang digunakan untuk memanaskan baja, mulai dari cara tradisional hingga menggunakan listrik. Agar baja berubah jadi kebiruan, suhu panas yang dibutuhkan sekitar 280 hingga 300 derajat Celcius. Umumnya, blue steel digunakan untuk hands atau jarum jam, namun banyak juga jam tangan yang menggunakan material ini pada komponen movement karena warnanya yang indah dan anti karat.

Mengenal Watch Genre: 12 Jenis Jam Tangan yang Harus Kamu Tau

Kelebihan Blue Steel Hands

Kelebihan material blue steel hands yang lebih awet dan terkesan mewah.
Kelebihan material blue steel hands yang lebih awet dan terkesan mewah.
Sumber: https://anordain.com/blogs/news/thermal-bluing-1

Jam tangan dengan blue steel hands punya kelebihan tersendiri. Proses tempering steel pada blue steel hands membuat material bajanya memiliki kekerasan dan kekuatan yang seimbang. Selain itu, blue steel hands juga tahan terhadap karat sehingga lebih awet dari material hands lainnya. Kelebihan tersebut membuat blue steel hands ini termasuk material premium dan berkualitas.

Baca juga : Cara Mudah Ganti Strap Jam Tanganmu

Selain kelebihan dari sisi kualitas materialnya, model blue steel hands ini juga punya estetika yang indah dipandang. Kamu bisa menemukan model ini pada beberapa koleksi luxury watch. Dengan warna kebiruan yang mirip dengan api biru, model ini dapat memberikan kesan mewah pada jam tangan.

Sejarah Blue Steel Hands

Model blue steel hands ada pada jam tangan tertua di dunia, The Pomander Watch.
Model blue steel hands ada pada jam tangan tertua di dunia, The Pomander Watch. Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Watch_1505#/media/File:PHN_-_Watch_1505.jpeg

Istilah blue steel hands sendiri mungkin cukup asing di telinga, namun model ini ternyata sudah lama diaplikasikan pada jam tangan. Model blue steel hands ini bisa kamu ditemukan pada salah satu jam tangan tertua di dunia yaitu The Pomander Watch. 

Baca juga : Jam Tangan Chronograph Untuk Mengukur Waktu

Pada awalnya, blue steel hands punya tujuan menciptakan material hands yang berkualitas sehingga fungsinya maksimal. Karena warnanya yang menarik, blue steel hands kini punya tujuan estetika. Bahkan pada beberapa koleksi jam tangan punya hands yang dicat biru menyerupai blue steel hands agar terlihat lebih menarik.

Koleksi Jam Tangan Blue Steel Hands

Karena materialnya yang premium, jam tangan dengan blue steel hands biasanya ada pada brand luxury watch. Ada beberapa koleksi jam tangan blue steel hands yang bisa jadi referensi.

1. Breguet Tradition

Breguet Tradition memiliki blue steel hands pada bagian dial skeleton.
Breguet Tradition memiliki blue steel hands pada bagian dial skeleton.
Sumber: https://www.thetimeplace.co.id/breguet-tradition-now-features-a-calendar-collection/

Breguet merupakan salah satu brand luxury watch yang memiliki koleksi jam tangan dengan blue steel pada beberapa bagiannya. Brand asal Eropa ini termasuk salah satu produsen tertua yang berdiri sejak tahun 1775. Breguet sendiri didirikan di kota Paris, namun sejak tahun 1999 masuk ke dalam Swatch Group dan kini berkantor pusat di L’Abbaye, Swiss.

Pada salah satu series-nya yaitu Breguet Tradition memiliki blue steel hands pada bagian dial skeletonnya. Tak hanya bagian hands, komponen screws pada salah satu jam tangan Breguet Tradition ini terbuat dari blue steel sehingga membuat tampilannya dial skeleton-nya sangat berkelas.

12 Komplikasi dan Fitur Jam Tangan Mekanikal

2. Girard-Perregaux 1966 & Three Golden Bridge Tourbillon

Girard-Perregaux 1966 memiliki blue steel hands pada jarum detiknya.
Girard-Perregaux 1966 memiliki blue steel hands pada jarum detiknya.
Sumber: https://cdn.shopify.com/s/files/1/0039/2652/products/49535-71-152-BK6A__61136.1348608106.1064.1280_e850a74a-692b-44ad-a5cf-ee14c68bd4f7.jpg?v=1617132606

Selanjutnya ada koleksi jam tangan dari brand asal Swiss, Girard-Perregaux. Didirikan pada tahun 1791 di La Chaux-de-Fonds, Girard-Perregaux merupakan produsen jam tangan mewah. Beberapa koleksinya yang populer antara lain, 1966, Vintage 1945, Tri-Axial Tourbillon dan Laureato.

Baca juga : Ada Macam-Macam Case Back Jam Tangan, Apa Bedanya?

Pada series jam tangan klasiknya, Girard-Perregaux 1966 memiliki blue steel hands tepatnya pada jarum detiknya. Selain 1966, series Three Golden Bridge Tourbillon juga memiliki material blue steel pada komponen sekrupnya yang terlihat jelas pada dial skeletonnya.

3. De Bethune

Salah satu jam tangan De Bethune dengan dial dan case titanium yang tampak kebiruan.
Salah satu jam tangan De Bethune dengan dial dan case titanium yang tampak kebiruan. Sumber: https://watchesbysjx.com/2019/07/de-bethune-db28-steel-wheels-blue-hour-glass.html

De Bethune mungkin jarang terdengar, namun brand ini sudah lebih modern dari segi material blue steel. Brand asal Swiss ini menggunakan blue steel tak hanya pada komponen kecil pada koleksi jam tangan mewahnya. Beberapa koleksi jam tangan De Bethune memiliki bagian dial hingga case titanium yang tampak kebiruan. Teknik yang digunakan untuk menciptakan warna ini mirip dengan proses tempering steel pada model blue steel.

Baca juga : Perbedaan 304L, 316L dan 904L Pada Jam Tangan Stainless Steel

De Bethune sendiri merupakan produsen jam tangan independen yang berlokasi di L’Auberson, Swiss. Koleksinya ini diproduksi sendiri, mulai dari pengerjaan desain, case hingga komponen-komponen kecil pada movement.

Mido calibre 80 dengan material blue steel pada komponen sekrupnya.
Mido calibre 80 dengan material blue steel pada komponen sekrupnya.
Sumber: https://cdn-3.expansion.mx/dims4/default/f058c21/2147483647/strip/true/crop/2000×1650+0+0/resize/1200×990!/format/webp/quality/90/?url=https%3A%2F%2Fcherry-brightspot.s3.amazonaws.com%2Fd2%2F90%2F9db064374ea9bdacb75851fc3b6f%2Fmido-movimiento.jpg&

Jenis Material Jam Tangan

Selain series di atas, kamu juga dapat menemukan blue steel yang diaplikasikan baik pada jarum maupun komponen movement di beberapa koleksi jam tangan Mido dan Longines. Kedua brand asal Swiss ini juga memakai blue steel untuk komponen sekrup pada movement-nya, seperti Mido Calibre 80. Kaliber ini terdapat pada salah satu series Ocean Star, yaitu Mido Ocean Star M026.430.44.061.00

Review Jam Tangan: Longines HydroConquest 41mm Blue Dial 

Kamu bisa mendapatkan koleksi jam tangan Mido dan Longines dengan harga terbaik dan promo menarik, hanya di Jamtangan.com.

Baca juga : 10 Hal yang Patut Diperhatikan Sebelum Membeli Jam Tangan

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

https://diywatch.club/en/blog/the-history-and-science-of-flame-bluing-watch-hands-and-screws
https://www.thehourglass.com/specialist-picks/blued-steel-art-and-science/
https://anordain.com/blogs/news/thermal-bluing-1
https://www.thewatchbox.com/shop/Girard-Perregaux-1966-49525-52-131-BK6A.html
https://www.jamtangan.com/c/jam-tangan?brand=longines
https://www.jamtangan.com/shop/midoo

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Review Tudor Black Bay Chrono

Review Tudor Black Bay Chrono, Vintage Desain Yang Memukau!

Next Article
Seiko Caliber 8L35

Seiko Caliber 8L35: Mechanical Movement yang Dirancang dengan Standard Tertinggi untuk Diver Watch

Related Posts
Total
0
Share