7 Rekomendasi Jam Tangan Diving Murah yang Juga Cocok Dipakai Sehari-hari

7 Rekomendasi Jam Tangan Diving Murah yang Juga Cocok Dipakai Sehari-hari

Sebuah jam disebut sebagai jam tangan diving apabila sudah dibekali fitur water resistant minimal 20-100 BAR (200-1000 meter) sehingga spesifikasinya sudah dipastikan aman untuk menahan tekanan air saat menyelam. Meski begitu, bukan berarti diver watch hanya bisa digunakan saat menyelam. Banyak juga kok jam tangan diving terbaik yang punya desain ‘adaptable’ sehingga tetap cocok dipakai beraktivitas sehari-hari mulai dari kasual hingga formal. Buat yang ingin mencari diver watch tapi sekaligus tetap oke dipakai dalam keseharian, yuk intip rekomendasi jam tangan diving murah tapi berkualitas tinggi pilihan Jamtangan.com!

1. Spinnaker SP-5062-05 Vintage Bradner Men Blue Dial Brown Leather Strap

Spinnaker SP-5062-05 Vintage Bradner Men Blue Dial Brown Leather Strap
Spinnaker SP-5062-05 Vintage Bradner Men Blue Dial Brown Leather Strap

Seri: Vintage-Bradner

Movement: Automatic TMI NH35

Water Resistance: 18 ATM/18 BAR/180 Meter

Diameter & Ketebalan: 42 mm x 14 mm 

Spinnaker adalah brand jam tangan yang sejak awal lahir dengan menjadikan lautan sebagai inspirasinya. Tak heran, kalau diver watch Spinnaker juga selalu mendapat tempat tersendiri di kalangan watch enthusiast. Kalau kamu mencari jam tangan diving murah tapi berkualitas tinggi, Spinnaker SP-5062-05 jadi salah satu yang wajib dilirik. Masuk dalam seri Vintage Bradner, SP-5062-05 adalah jam tangan untuk diving berdesain vintage dengan ciri khas compressor style case dan bezel yang bisa diputar ke dua arah. 

Dengan water resistance hingga 180 meter, jam ini sudah bisa digunakan untuk scuba diving. Apalagi, Spinnaker SP-5062-05 juga dibekali Swiss Super-LumiNova yang membuat indeks angka bisa tetap terlihat jelas walaupun di kondisi minim cahaya seperti bawah laut. Tapi, yang lebih spesial, jam ini juga dibekali leather strap dan see-through caseback, membuatnya tetap cocok dan elegan untuk digunakan sehari-hari bahkan untuk melengkapi OOTD kantor. Kalau ingin menggunakannya buat menyelam, sebaiknya ganti dulu strap kulitnya ke rubber strap, ya! 

2. Seiko Prospex Tuna Street Series SNE535P1 Special Edition

Seiko Prospex Tuna Street Series SNE535P1 Solar Divers 200M Green Rubber Strap SPECIAL EDITION
Seiko Prospex Tuna Street Series SNE535P1 Solar Divers 200M Green Rubber Strap SPECIAL EDITION

Seri: Seiko Prospex

Movement: Solar Movement

Water Resistance: 20 ATM/ 20 BAR/ 200 meter

Diameter & Ketebalan: 46,2 mm x 12,7 mm 

Berbicara tentang jam tangan diving terbaik yang juga cocok dipakai sehari-hari, kita tidak boleh melupakan Street Series dari Seiko Prospex. Semua jam tangan street series di lini Prospex sengaja didesain dengan mempertahankan ciri khas jam tangan penyelam profesional ala Seiko lengkap dengan titanium case-nya, namun dipadukan dengan sentuhan street style yang lebih modern. Alhasil, terciptalah diver-watch yang punya desain lightweight dan stylish untuk kegiatan sehari-hari, namun juga tetap dibekali fitur menyelam mumpuni.  

Salah satu buktinya bisa dilihat pada Seiko Prospex Tuna Street Series SNE535P1. Dilengkapi dial dan one-way bezel berbentuk menyerupai kaleng tuna serta water resistance hingga 200 meter, kualitas fitur diving SNE535P1 tak perlu diragukan layaknya Seiko Prospex lain. Namun, keunggulan teknikal itu juga dipadukan dengan dominasi warna army dan rubber strap yang nggak kalah stylish dari fashion watch. Semakin layak dilirik, karena SNE535P1 termasuk jam tangan diver murah di antara Seiko Prospex lainnya. Dengan harga Rp3 jutaan aja, jam ini sudah dipersenjatai solar movement dan fitur overcharge prevention yang memungkinkan jam tidak akan kelebihan daya saat di-charger. Mumpuni, stylish, dan modern dalam satu item! 

Seiko Prospex Tuna Street Series SNE535P1
Tampak samping Seiko Prospex Tuna Street Series SNE535P1 Solar Divers 200M. 
Seiko Prospex Tuna Street Series SNE535P1
Seiko Prospex Tuna Street Series SNE535P1 biasa disebut juga Seiko “Tuna Street”.

3. Ballast Valiant Regulator BL-3143-04 Automatic Blue Dial Black Rubber Strap

Ballast Valiant Regulator BL-3143-04 Automatic Blue Dial Black Rubber Strap
Ballast Valiant Regulator BL-3143-04 Automatic Blue Dial Black Rubber Strap

Seri: –

Movement: Japan Automatic

Water Resistance: 20 ATM/ 20 BAR/ 200 meter

Diameter & Ketebalan: 49 mm x 15 mm 

Kebanyakan diver watch profesional memang dibanderol dengan harga tinggi, yakni mulai Rp5 jutaan. Tapi, Ballast menghadirkan inovasi dengan merilis beberapa jam tangan diving murah yang dibanderol seharga Rp2 jutaan aja. Salah satunya Ballast Valiant Regulator BL-3143-04 yang dibekali fitur water resistance hingga 200 meter ini. Sama seperti Spinnaker, Ballast juga adalah brand jam tangan yang menjadikan ketangguhan kapal selam sebagai filosofi setiap produknya. Maka, kualitas jam tangan diving Ballast di lautan tentu tak perlu diragukan lagi. 

Tapi, dari segi desain, Ballast Valiant Regulator BL-3143-04 tetap memiliki sentuhan classy yang membuatnya fashionable buat dipakai sehari-hari. Selain dial utama yang berfungsi menunjukkan menit, terdapat tambahan dua subdial yang masing-masing menunjukkan indeks jam dan detik. ‘Pembagian’ hands ke dalam beberapa subdial ini tak hanya membuat pembacaan waktu jadi lebih mudah dan akurat, namun juga menambah kesan mewah dari segi penampilan. Gagah di lautan, menawan buat kantoran sampai kondangan! 

Ballast Valiant Regulator BL-3143-04 Automatic Blue Dial Black Rubber Strap
Ballast Valiant Regulator BL-3143-04 Automatic Blue Dial Black Rubber Strap tetap elegan untuk harian.

Baca Juga: 

Hati-Hati Salah Memahami Arti Informasi Water Resistant pada Jam Tangan 

Ini Sepuluh Dive Watch Mewah yang Patut Disimak

10 Seiko Dive Watch Terbaik untuk Sambut 2021

4. Spinnaker Vintage Dumas SP-5081-44 Men Yellow Dial Silver Mesh Strap

Spinnaker Vintage Dumas SP-5081-44 Men Yellow Dial Silver Mesh Strap
Spinnaker Vintage Dumas SP-5081-44 Men Yellow Dial Silver Mesh Strap

Seri: Vintage-Dumas

Movement: Japan Seiko TMI NH35 Automatic 

Water Resistance: 30 ATM/ 30 BAR/ 300 meter

Diameter & Ketebalan: 44 mm x 15 mm 

Dibekali fitur water resistance hingga 300 meter, Spinnaker Vintage Dumas SP-5081-44 bisa diandalkan di lautan. Mulai scuba diving sampai free diving, tak masalah dilakukan. Menariknya, dengan spesifikasi diver-watch semumpuni itu, jam tangan diving murah ini hanya dibanderol seharga Rp3 jutaan saja. Sangat affordable jika dibandingkan jam tangan untuk diving dengan fitur serupa namun diproduksi oleh beberapa merek lain. 

Kemampuannya di lautan tak perlu diragukan, tapi desainnya juga sangat daily-friendly. Seperti semua jam yang ada di seri Vintage Dumas, Spinnaker SP-5081-44 mengadaptasi desain khas tahun 1970-an, sehingga punya sentuhan klasik yang tak lekang oleh zaman. Ditambah dial-nya yang didominasi warna kuning cerah, jam ini menjadi semakin fashionable digunakan di berbagai acara. Oh ya, Spinnaker Vintage Dumas SP-5081-44 juga hadir dengan customizable strap. Bisa dipasangkan dengan silicone strap saat hendak dipakai di lautan, tapi juga tampan dipasangkan dengan dengan bracelet atau NATO straps saat akan digunakan di keseharian. 

Spinnaker Vintage Dumas SP-5081-44 Men Yellow Dial Silver Mesh Strap
Spinnaker Vintage Dumas SP-5081-44 Men Yellow Dial Silver Mesh Strap tangguh di lautan.
Ilustrasi Spinnaker Vintage Dumas SP-5081-44 Men Yellow Dial Silver Mesh Strap
Ilustrasi Spinnaker Vintage Dumas SP-5081-44 Men Yellow Dial Silver Mesh Strap saat digunakan untuk harian.
Spinnaker Vintage Dumas SP-5081-44 Men Yellow Dial Silver Mesh Strap.
Detail dial Spinnaker Vintage Dumas SP-5081-44 Men Yellow Dial Silver Mesh Strap.

5. Seiko Samurai Shurikane SKZ285K1 Automatic Diver 200M Black Ion

Seiko Samurai Shurikane SKZ285K1 Automatic Diver 200M Black Dial Black Ion Stainless Steel
Seiko Samurai Shurikane SKZ285K1 Automatic Diver 200M Black Dial Black Ion Stainless Steel

Seri: Seiko Automatic

Movement: Japan Automatic

Water Resistance: 20 ATM/ 20 BAR/ 200 meter

Diameter & Ketebalan: 46 mm x 14,5 mm 

Seiko Samurai Shurikane SKZ285K1 jadi bukti selanjutnya bahwa jam tangan diving terbaik dari Seiko ternyata tak selalu mahal. Sudah dibekali fitur water resistance hingga 200 meter, jam ini nyatanya hanya dibanderol seharga Rp3 jutaan. Tapi terlepas dari segi harga, SKZ285K1  ada dalam rekomendasi jam tangan diving murah dari Jamtangan.com karena punya banyak hal istimewa. Pertama, adalah desain bezel-nya yang unik menyerupai bintang laut sehingga sering disebut sebagai “starfish” di kalangan para watch-lovers. Dengan bezel unik ini, SKZ285K1 jadi tampak manly dan eye-catching saat dipakai beraktivitas sehari-hari. 

Keistimewaan lain juga terletak pada material black ion plated steel pada case dan bezel-nya. Dari segi desain, black ion plated membuat SKZ285K1 tampak lebih maskulin. Sementara dari segi fungsi, material black ion plated steel juga lebih tangguh saat digunakan untuk beraktivitas di kedalaman air. Jika kamu ingin mendapatkan kualitas diver-watch Seiko tapi dengan budget pas-pasan, maka SKZ285K1 sangat bisa dimasukkan ke dalam radar. 

Seiko Samurai Shurikane SKZ285K1 Automatic Diver 200M
Ilustrasi Seiko Samurai Shurikane SKZ285K1 Automatic Diver 200M saat dipakai di pergelangan tangan

6. Seiko Prospex PADI SSC663P1 Chronograph Men Black Dial Blue Rubber Strap

Seiko Prospex PADI SSC663P1 Chronograph Men Black Dial Blue Rubber Strap
Seiko Prospex PADI SSC663P1 Chronograph Men Black Dial Blue Rubber Strap

Seri: Seiko Prospex

Movement: Solar Movement V175

Water Resistance: 20 ATM/ 20 BAR/ 200 meter

Diameter & Ketebalan: 43,5 mm x 12 mm 

Tiap Seiko yang memiliki label nama PADI, artinya merupakan hasil kolaborasi perusahaan jam tangan asal Jepang tersebut dengan komunitas penyelam terbesar di dunia. Yes, PADI adalah sebuah organisasi yang khusus melatih para penggiat scuba diving internasional. Karena itu, semua jam yang ada di bawah seri Seiko Prospex PADI bisa dipastikan sudah memiliki fitur diving kelas profesional dan ketangguhannya sudah terbukti di lautan. Sayangnya, kebanyakan Seiko Prospex PADI dibanderol dengan harga cukup tinggi sekitar Rp5-Rp 9 jutaan. 

Kabar baiknya, muncul Seiko Prospex PADI SSC663P1 sebagai salah satu pengecualian. Dengan water resistance 200 meter, chronograph, pengukuran split time yang bisa diatur sesuai keinginan, SSC663P1 punya kualitas ala Seiko PADI lainnya tapi bisa kamu dapatkan seharga Rp3,3 jutaan saja di Jamtangan.com. Tentu tak boleh dilewatkan buat siapa saja yang sedang mencari jam tangan diving murah yang juga cocok dipakai sehari-hari. Apalagi, dengan harga tersebut, Seiko Prospex PADI SSC663P1 sudah dipersenjatai Solar Movement yang modern dengan power reserve hingga 6 bulan. 

Seiko Prospex PADI SSC663P1 Chronograph Men Black Dial Blue Rubber Strap
Seiko Prospex PADI SSC663P1 Chronograph Men Black Dial Blue Rubber Strap punya ciri khas bezel biru-merah.

7. Crafter Blue HOSS001.B.B.R Hyperion Ocean 45MM

Crafter Blue HOSS001.B.B.R Hyperion Ocean 45MM Men Black Dial Black Rubber Strap
Crafter Blue HOSS001.B.B.R Hyperion Ocean 45MM Men Black Dial Black Rubber Strap

Seri: Mechanic-Ocean

Movement: Automatic Sellita Cal. SW200

Water Resistance: 60 ATM/ 60 BAR/ 600 meter

Diameter & Ketebalan: 45 mm x 16,3 mm 

Dibandingkan beberapa jam tangan diving murah sebelumnya, rekomendasi kali ini dibanderol dengan harga lebih tinggi. Namun, fitur diving hingga desain yang dihadirkan membuat harganya menjadi sangat worth it. Crafter Blue adalah brand asal Hong Kong yang memang khusus memproduksi jam tangan penyelam. Karena itu, setiap detail mulai dari rubber strap hingga logam yang ada pada setiap koleksi Crafter Blue dirancang sedemikian rupa agar aman dan nyaman digunakan para penyelam profesional, menjadikan setiap item sebagai jam tangan diving terbaik yang layak dikoleksi. 

Salah satu koleksi yang cukup affordable dari brand ini adalah Crafter Blue HOSS001.B.B.R Hyperion Ocean. Fitur water resistance-nya sudah sekelas professional yakni 600 meter, dilengkapi helium escape valve untuk jalan keluar udara saat kamu berada di kedalaman laut, hingga dibekali fitur antimagnetic. Bersandingan dengan fitur diver kelas profesional tersebut, dihadirkan pula stainless steel case dan rubber strap berwarna hitam yang sangat macho untuk digunakan dalam keseharian. 

Crafter Blue HOSS001.B.B.R Hyperion Ocean 45MM Men Black Dial Black Rubber Strap.
Detail jam tangan Crafter Blue HOSS001.B.B.R Hyperion Ocean 45MM Men Black Dial Black Rubber Strap.

Itulah beberapa rekomendasi jam tangan diving murah dengan kualitas mumpuni yang tak hanya andal di lautan, tapi juga punya desain elegan untuk dipakai di keseharian. Pastinya, semua rekomendasi di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah tanpa perlu pergi kemana-mana. Tinggal buka website/apps Jamtangan.com, kamu bisa membawa pulang semua jam tangan untuk diving di atas dengan harga terbaik dan layanan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. #PastiOri jam tangannya, pasti terbaik harga dan diskonnya! 

Lihat Koleksi Jam Tangan Diving Murah Lainnya di Sini!

Categories: Info & Tips