Jenis-jenis Jam Tangan Yang Perlu Diketahui, Mana yang Kamu Pilih? 

jenis jam tangan


Jam tangan dewasa ini memiliki berbagai jenis. Dari jam tangan yang memang dirancang untuk formal, keseharian, olahraga hingga jenis jam tangan yang secara desain dan fungsinya dirancang untuk kegiatan atau profesi tertentu. Dengan banyaknya jenis jam tangan, maka tentu saja pilihan akan semakin banyak dan bervariasi. 

jenis jam tangan

Beberapa jenis jam tangan juga memiliki latar belakang sejarah yang kuat. Di bawah ini merupakan beberapa jenis jam tangan jika dilihat dari desain dan peruntukannya. Mana jam tangan yang anda sukai? Itu tergantung selera dan preferensi anda. Apakah anda lebih menyukai penampilan formal yang elegan, atau anda adalah seorang yang bekerja di luar ruangan? Itu semua kembali pada kebutuhan anda masing-masing.

Dress Watch Menunjang Penampilan Formal Elegan

Dress watch adalah jam tangan yang paling sederhana, klasik dan elegan dari semua jenis jam tangan. Jam tangan ini dirancang tipis agar bisa masuk ke lengan baju, umumnya diameter kurang dari 40 mm, tampil tidak mencolok dan minimalis. Jam tangan ini dirancang untuk dipasangkan dengan busana formal seperti tuksedo, jas dan pakaian formal lainnya. Akar dari dress watch sebenarnya dari budaya berpakaian formal bangsawan Eropa. 

Orient Bambino, merupakan dress watch terjangkau yang disukai watch enthusiast.
Orient Bambino, merupakan dress watch terjangkau yang disukai watch enthusiast.

Banyak produsen merancang jam tangan formal atau dress watch dengan ukuran yang kecil, tipis, simpel serta tampilan dial yang bersih. Biasanya warna dial merupakan warna-warna kalem dan dipasangkan dengan strap kulit elegan. Hal ini agar dalam aspek warna, dress watch juga tidak terlalu terlihat mencolok.

Selain itu, jam tangan jenis ini juga tidak dibekali banyak fitur, seringkali bergaya Bauhaus dan terdiri dari 3 jarum atau terdapat jendela tanggal. Pada marker juga tidak diberi lapisan lume yang bisa berpendar saat cahaya minim. Untuk materialnya cukup bervariasi, dari stainless steel hingga logam mulia seperti emas putih dan platinum.

Sport Watch yang Tangguh Untuk Sehari-hari

Seiko Prospex Speedtimer.
Seiko Prospex Speedtimer.

Jam tangan sport merupakan jenis jam tangan yang cakupannya cukup luas. Jam tangan ini diciptakan untuk kegiatan outdoor harian dengan fitur seperti: tahan air, anti guncangan, dan terkadang terdapat fitur chronograph.

Jam tangan sport racing dengan fitur chronograph biasanya memiliki skala Tachymeter pada bezel untuk mengukur kecepatan per jam seperti pada Seiko Prospex Speedtimer. Banyak sport watch mempunyai tema-tema olahraga seperti atletik, lari, balap motor atau mobil hingga yacht racing.

Namun ada juga sport watch dengan material full logam seperti stainless steel yang memiliki desain khas seperti tonneau case, octagonal bezel dan memakai integrated bracelet. Jam tangan jenis ini dipelopori oleh Audemars Piguet Royal Oak yang dirancang Gerald Genta pada era 70-an. Sport watch merupakan jam tangan yang cukup fleksibel, tangguh sekaligus cocok digunakan dengan busana kasual.

Diver Watch, Spesifikasi Tinggi & Fleksibel

Dirancang khusus untuk kegiatan penyelaman seperti scuba diving atau saturation diving. Jam tangan jenis ini juga harus memenuhi standar industri jam tangan penyelam yaitu ISO 6425. Beberapa syarat lainnya adalah tingkat ketahanan air tinggi, mempunyai bezel yang berputar 1 arah dengan klik untuk mengukur durasi menyelam. 

Seiko Tuna 1000.
Seiko Tuna 1000.

Diver watch juga diberi lume, yaitu material yang dapat bercahaya pada bagian marker, jarum dan pip bezel agar bisa menyala pada kondisi minim cahaya seperti pada kedalaman laut. Khusus jam tangan penyelam yang dirancang untuk saturation diving biasanya mempunyai katup gas helium untuk mengeluarkan gas helium yang terperangkap di dalam case.

Jam tangan diver pertama kali dibuat oleh merek Blancpain pada 1953 lewat Blancpain Fifty-Fathoms. Saat ini jam tangan diver banyak digunakan untuk segala kegiatan. Karena tampilannya yang klasik dan memiliki spesifikasi yang tangguh. Jika kita melihat film James Bond, maka kita akan melihat seorang James Bond memakai setelan jas dengan jam tangan diver pada pergelangan tangannya.

Pilot Watch, Kaya Fitur Untuk Para Penerbang

Seringkali disebut aviator watch, jam tangan jenis ini dirancang untuk digunakan pilot. Baik pilot pesawat komersial maupun pilot pesawat militer. Biasanya jam tangan ini dibekali dengan fitur-fitur seperti: zona waktu dunia, GMT, chronograph serta slide rule bezel untuk keperluan navigasi.

Seiko 5 Sports Flieger.
Seiko 5 Sports Flieger.

Beberapa jam tangan pilot memiliki akar sejarah yang kuat. Sebut saja desain Flieger yang merupakan jam tangan pilot klasik dengan desain spesifik terinspirasi oleh B-Uhren Jerman yang menjadi ikon jam tangan pilot era perang dunia II. Atau Breitling Navitimer dengan slide-rule bezel yang terlihat rumit namun berguna untuk keperluan kalkulasi dan navigasi pilot. Di Inggris, juga terkenal The Dirty Dozen Watch, yaitu 12 model jam tangan pilot militer dari 12 merek yang digunakan militer Inggris selama perang dunia II.

Field Watch yang Tangguh Untuk Berpetualang

Seiko 5 Sports Field GMT.
Seiko 5 Sports Field GMT.

Field watch awalnya adalah jam tangan outdoor militer dengan desain yang simpel dan minimalis.  Sejarahnya, field watch dirancang untuk dipakai tentara selama perang dunia. Field watch juga berkaitan dengan trench watch yang populer pada era perang dunia pertama. Akar sejarah field watch bisa ditarik dari era perang dunia kedua dimana banyak negara seperti Amerika Serikat yang bekerjasama dengan berbagai merek jam tangan untuk membuat jam tangan spesifik untuk militer.

Pada perkembangannya, field watch kini juga merujuk pada jam tangan outdoor adventure atau petualangan. Jam tangan  biasanya diberi fitur seperti bezel kompas dan ketahanan air yang lebih tinggi. Field watch saat ini sangat bervariasi dan memiliki tema-tema seperti eksplorasi alam atau pendakian gunung.

Smartwatch, Dibekali Kecanggihan Untuk Kesehatan

Banyak perdebatan diluar sana apakah smartwatch termasuk golongan jam tangan? Para watch enthusiast banyak yang berargumen jika smartwatch lebih cocok masuk klasifikasi gadget. Mengingat smartwatch sejatinya memiliki komponen sama persis dengan smartphone.

Penyebab perbedaan pendapat itu karena smartwatch tidak menggunakan mesin mekanis atau mesin quartz seperti pada jam tangan konvensional. Namun apapun klasifikasinya, tidak memungkiri smartwatch juga digunakan di pergelangan tangan layaknya jam tangan, jadi masalah klasifikasi ini kami kembalikan kepada anda.

Garmin Smartwatch.

Smartwatch dibekali operating system (OS) dan bisa terkoneksi dengan smartphone. Jam tangan ini menggunakan hardware seperti prosesor, memori dan RAM di dalamnya. Seringkali dibekali banyak fungsi untuk kesehatan dan dibekali banyak sensor untuk melacak banyak hal seperti sensor denyut nadi, sensor pelacakan langkah dan lain sebagainya.

Smartwatch juga  biasanya sudah menggunakan layar sentuh, dan fitur fitur canggih seperti notifikasi, fitness tracker dll. Tren smartwatch saat ini berkembang karena sudah banyak orang semakin sadar akan kesehatannya dan olahraga menjadi bagian dari gaya hidup. Tentu saja hadirnya smartwatch semakin membuat para pengguna memiliki banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan gaya hidup masing-masing. Semua jenis jam tangan di atas, bisa anda akuisisi di Jamtangan.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Citizen Watch Special Limited-Edition

Pocket Watch Special Citizen untuk Rayakan Anniversary ke-100

Next Article
Spinnaker Bradner GMT Automatic

Spinnaker Memperkenalkan Bradner Versi GMT

Related Posts
Total
0
Share