jam tangan tom cruise di film mission impossible

IWC Schaffhausen: 3 Jam Tangan Pilot Seri Top Gun

IWC Schaffhausen termasuk brand jam tangan yang cukup populer di kalangan pilot. Beberapa serinya pun dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan armada militer, salah satunya pilot pesawat tempur. Selain itu, jam tangan buatan Swiss ini juga dipakai oleh para pilot dalam film Top Gun: Maverick.

Film Top Gun: Maverick merupakan sekuel dari film legendaris yang menceritakan kisah pilot pesawat tempur Elite US Navy. Setelah 36 tahun, para penggemar film bisa melihat kembalinya Maverick (diperankan oleh Tom Cruise). Banyak adegan manuver pesawat tempur hingga aksi penuh adrenalin yang membuat film laga ini semakin menarik untuk disaksikan.

Selain IWC Schaffhausen, ada brand jam tangan populer lainnya yang tampak pada film ini. Salah satunya Rolex yang dikenakan Penny Benjamin (diperankan oleh Jennifer Connelly) dan Porsche Design Chronograph milik Maverick. Namun, sebagian besar pilot dalam film ini tetap mengenakan jam tangan Pilot keluaran IWC Schaffhausen.

Nyatanya, brand high-end ini sendiri merupakan salah satu jam tangan resmi pilot pesawat tempur di Amerika. Jam tangan pilot pertama yang diproduksi IWC Schaffhausen adalah Mark 11. Yang mana, jam ini dibuat khusus untuk armada pesawat tempur di Australia (Royal Australian Air Force). Hal ini tentunya menjelaskan alasan mengapa brand ini wajar muncul di film Top Gun.

Secara resmi, IWC Schaffhausen memiliki 3 jam tangan seri Pilot Top Gun.

IWC Schaffhausen: Big Pilot’s Watch 43

IWC Schaffhausen: Big Pilot’s Watch 43
Sumber : https://www.iwc.com/int/en/watch-collections/pilot-watches/iw329301-big-pilots-watch-43.html | IWC Schaffhausen: Big Pilot’s Watch 43

Yang pertama adalah IWC Schaffhausen Big Pilot’s Watch 43. Jam tangan seri Big Pilot’s Top Gun ini cukup populer. Tampilannya yang simpel terinspirasi dari arloji militer di tahun 1940-an. Dari namanya, jam tangan ini punya diameter 43mm yang lebih kecil dari seri-seri sebelumnya. Dimana seri pertama, Big Pilot’s Kaliber 52 TSC berukuran 55mm.

Jam tangan seri ini pun tak hanya diminati oleh para pilot. Beberapa jam tangan Big Pilot’s jadi incaran para kolektor jam tangan Swiss-made, yang mana salah satunya adalah IWC Schaffhausen Big Pilot’s Watch 43. Tipe terbaru dari Big Pilot’s ini memiliki 2 varian, yaitu Big Pilot’s Watch 43 IW329301 dengan strap kulit dan Big Pilot’s Watch 43 IW329304 berbahan full stainless steel.

Spesifikasi

Kedua varian jam tangan ini punya case berbahan stainless steel. Bahan ini sangat umum digunakan pada jam tangan karena ketahannya terhadap karat. Sebagai jam tangan khusus pilot, Big Pilot’s Watch 43 dibuat agar tahan terhadap tekanan udara. Sehingga jam ini bisa digunakan pilot saat bermanuver di udara maupun saat pilot terjun bebas di ketinggian tertentu. Selain andal di udara, fitur water resistance 10 BAR membuat jam ini bisa bertahan di dalam air juga.

Bagian depan dan belakang Big Pilot’s Watch 43 ditutup dengan kaca sapphire yang punya fitur anti refleksi. Material ini memungkinkan dial dan mesin jam terlihat jelas tanpa ada bayangan. Tampilan simpel dan clear memberi kesan klasik pada jam tangan ini.

Untuk mesinnya, jam tangan ini digerakan secara otomatis oleh Cal. 82100 keluaran IWC-Manufactured. Movement tipe ini punya cadangan daya hingga 60 jam. Selain tangguh, movement Cal.82100 menjadikan Big Pilot’s Watch 43 lebih akurat.

IWC Schaffhausen: Pilot’s Watch Chronograph Top Gun

IWC Schaffhausen: Pilot’s Watch Chronograph Top Gun
Sumber : https://www.iwc.com/int/en/watch-collections/pilot-watches/iw389101-pilot_s-watch-chronograph-top-gun.html | IWC Schaffhausen: Pilot’s Watch Chronograph Top Gun

Koleksi jam tangan Top Gun kedua adalah IWC Schaffhausen Pilot’s Watch Chronograph Top Gun. Jam tangan jenis chronograph ini melengkapi seri Top Gun milik IWC Schaffhausen. Sebelumnya, seri chronograph ini punya edisi terbatas yang dirilis tahun 2018 dengan nama Strike Fighter Tactics Instructor (SFTI). Yang mana, jam ini jadi incaran para kolektor jam tangan Swiss-made. 

IWC Schaffhausen mengeluarkan 6 edisi dari seri Pilot’s Watch Chronograph Top Gun, antara lain edisi SFTI, Lake Tahoe, Woodland, Royal Maces, Tophatters dan Blue Angels. Keenam edisi ini punya variasi warna dan kombinasi material yang beragam.

Spesifikasi

Pilot’s Watch Chronograph Top Gun dibuat dari material case berbahan keramik khusus. Ukuran diameternya sendiri sedikit lebih besar dari pada tipe Big Pilot’s Watch 43. Namun, jam tangan pilot ini masih bisa terlihat ringkas dengan diameter 44mm dan ketebalan 15.7mm. Jam jenis chronograph ini memiliki 3 indikator waktu, yakni jam, menit dan detik.

Indeks dan hands jam tangan berwarna putih yang terlihat kontras pada dial jam yang mayoritas berwarna gelap. Material pada bagian dial menggunakan bahan luminous. Bahan ini memungkinkan bagian dial tetap terlihat jelas dalam kondisi minim cahaya. Sehingga membantu para pilot saat terbang di malam hari. 

Komponen khusus pada Pilot’s Watch Chronograph Top Gun melindungi arloji ini dari magnet. Kelebihan ini sebenarnya diperuntukan bagi pilot pesawat tempur. Kadang mereka terbang melewati area berbahaya yang penuh dengan medan magnet. Sehingga fitur ini tentu sangat membantu mereka saat bertugas.

Pada bagian movement, jam ini menggunakan Cal. 69380 yang juga diproduksi oleh IWC-Manufactured. Tipe movement ini punya cadangan daya lebih kecil dari Cal. 82100 milik Big Pilot’s Watch 43, yaitu 46 jam. Mesin automatic ini juga digunakan pada beberapa jam tangan chronograph IWC Schaffhausen lainnya, antara lain Ingenieur Chronograph Sport Edition dan Pilot’s Watch Spitfire Chronograph.

IWC Schaffhausen: Big Pilot’s Watch Edition “Le Petit Prince”

IWC Schaffhausen: Big Pilot’s Watch Edition “Le Petit Prince”
Sumber : https://www.iwc.com/int/en/watch-collections/pilot-watches/iw501002-big-pilots-watch-edition-le-petit-prince.html | IWC Schaffhausen: Big Pilot’s Watch Edition “Le Petit Prince”

Koleksi jam tangan Top Gun terakhir adalah IWC Schaffhausen: Big Pilot’s Watch Edition “Le Petit Prince”. Jam tangan seri ini terinspirasi dari novel lama yang bercerita tentang pilot dan seorang pangeran dari luar angkasa. Nama Le Petit Prince diambil dari judul novel tersebut. Sebagai apresiasi, IWC Schaffhausen membuat ukiran khusus pada bagian belakang jam tangan ini.

Spesifikasi

IWC Schaffhausen: Big Pilot’s Watch Edition “Le Petit Prince” dilengkapi automatic movement Cal. 52110. Cadangan daya dari movement ini cukup lama, yaitu 168 jam atau sama dengan 7 hari. Sehingga cocok digunakan oleh pilot yang membutuhkan jam tangan dengan daya cadangan lama.

Sebagian besar tampilan edisi Le Petit Prince sama dengan seri Big Pilot’s. Yang jadi pembedanya adalah diameter jam, yang mana edisi ini punya ukuran 46mm. Sehingga jam ini terlihat lebih besar dari seri Big Pilot’s Watch 43 yang memiliki diameter 43mm.

Bagian depan jam tangan ditutupi kaca Sapphire Anti Reflective serta strap berbahan kulit yang membuat edisi ini terlihat sangat klasik. Sedangkan bagian belakangnya terdapat ukiran khusus yang menggambarkan karakter dari novel Le Petit Prince. Ada 3 variasi dengan kombinasi warna dan bahan pada edisi ini, Big Pilot’s Watch IW501001 bernuansa hitam pada strap dan dial-nya, Big Pilot’s Watch Heritage IW501004 yang memiliki strap kulit warna cokelat dan Big Pilot’s Watch IW501015 dengan dial berwarna hijau.

Nah, itulah 3 jam tangan IWC Schaffhausen seri Top Gun. Sebagian besar dari seri ini memiliki fitur dan fungsi khusus para pilot. Namun, hal ini jadi keunikan tersendiri dan jadi nilai tambah dari seri Top Gun ini. Buat para kolektor, kamu bisa cek koleksi jam tangan pilot lainnya di Jamtangan.com.

oleh : Audi Marchal

Sumber :

  • https://www.iwc.com/int/en/watches.html
  • https://www.hodinkee.com/articles/tom-cruise-pilots-fighter-jets-while-wearing-a-familiar-porsche-design-chronograph-in-top-gun-maveri

Total
0
Shares
Previous Article
jam tangan doctor strange

Unlock The Multiple Realities, Dengan Jam Tangan Doctor Strange

Next Article
7 jam rolex termahal di dunia

7 Harga Jam Rolex Asli Termahal di Dunia

Related Posts