Military Watches, Jam Tangan Para Tentara

Military Watches, Jam Tangan Para Tentara

Military watches, istilah ini tentu cukup umum terdengar bukan?, ya, military watches merupakan istilah untuk jam tangan yang mempunyai desain military atau jam tangan yang umum digunakan tentara dari belahan dunia manapun. Istilah jam tangan militer ini sebenarnya cukup luas, karena tidak hanya jam tangan yang mempunyai desain military saja, namun jam tangan yang tidak menggunakan desain militer tapi pernah tercatat atau terdokumentasi digunakan oleh tentara, juga layak disebut jam tangan military.

Cukup banyak jenis jam yang tercatat digunakan oleh tentara, tidak hanya spesifik model atau merk tertentu saja. Contohnya saja Casio G-Shock, jam ini layak disebut military watches karena banyak tentara yang menggunakan jam ini, seperti tentara amerika. Masuk akal memang jika G-Shock menjadi andalan para tentara karena jam ini cukup tangguh digunakan di medan berat dan mempunyai segudang fitur yang dapat menunjang kegiatan militer.

Casio-G-Shock-Watches-Military-16

Gambar 1. Seorang tentara Australia terdokumentasi menggunakan G-Shock.

Selain G-Shock, Seiko diver juga tercatat pernah digunakan oleh tentara Jepang, bahkan Amerika. Jendral Amerika era 80 an, yaitu Norman Schwarzkopf menggunakan Seiko 7548 ketika memimpin operasi Dessert Storm di Irak. Sehingga Seiko 7548 banyak dikenal sebagai “Dessert Storm”. Seiko diver merupakan jam yang sangat tangguh, walaupun banyak menggunakan mechanical movement dan quartz movement, namun karena konstruksi casingnya yang didesain untuk tahan pada tekanan air yang tinggi, maka jam ini juga cukup tahan diberbagai medan berat.

eda4131f9c88c5aef0e5759462c3_h366_w650_m6_lfalse

Gambar 2. Norman Schwarzkopf menggunakan Seiko 7548 pada tangan kirinya ketika memimpin agresi militer “Dessert Storm”.

Selain Casio dan Seiko, brand asal Tiongkok, yaitu Seagull juga terkenal akan salah satu model chronographnya yang dalam sejarahnya memang digunakan oleh para pilot pesawat tempur Cina. Seagull tersebut bernama Seagull 1963 Air Force yang menggunakan movement ST19. Movement ini merupakan in house movement dari Seagull. Seagull 1963 kini diketahui diproduksi kembali oleh Seagull dengan perubahan minor pada material kristal dan desain body.

img_seagull_1963_air_force_watch

Gambar 3. Salah satu military watches, yaitu Seagull 1963 Air Force, yang memang digunakan angkatan udara Cina.

Selain jam-jam yang tercatat pernah digunakan oleh tentara, istilah jam tangan militer juga bisa dinobatkan pada jam tangan yang mempunyai arabic marker dan biasanya menggunakan nylon strap atau leather strap. Umumnya terdapat logo segitiga menghadap keatas pada angka 12 nya. Contohnya seperti Seiko 5 SNK809 yang mempunyai desain militer. Desain ini dipopulerkan oleh Hamilton dan Benrus. Desain ini juga dikenal dengan desain pilot yang mempunyai dua jenis model tipe A dan B, desain pilot ini dipopulerkan oleh IWC yang memang memproduksi jam tangan untuk angkatan udara Jerman pada era perang dunia kedua.

Klik disini untuk Military Watches Seiko

Categories: Info & Tips