Pilih Jam Tangan Analog atau Digital?

Pilih Jam Tangan Analog atau Digital?

Dengan banyaknya ragam dan model jam tangan yang beredar sekarang, menemukan jam tangan yang tepat bukanlah perkara yang mudah. Mengingat jam tangan merupakan aksesoris yang pasti digunakan setiap hari, akan lebih bijak jika Anda berinvestasi pada jam tangan yang berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam pemilihan jam tangan, ada beberapa faktor penting yang harus Anda pertimbangkan. Mulai dari estetika, daya tahan, sampai craftmanship yang berkualitas. Lalu, Anda pun akan dihadapkan dengan pertanyaan ini: mana yang akan dipilih, jam tangan analog atau digital?

Sebelum memutuskan pilihan, sebaiknya kita kenali dulu perbedaan antara jam tangan analog dan digital. Jam tangan analog menunjukkan waktu dengan menggunakan jarum detik, menit, dan jam. Beberapa jam tangan analog juga bahkan memiliki penunjuk waktu kedua. Ada jam tangan analog yang menggunakan angka biasa, ada juga yang menggunakan angka romawi. Beberapa jam tangan analog kadang dilengkapi fitur tambahan seperti kalender dan stopwatch. Sementara itu, jam tangan digital menunjukkan waktu dengan teks angka yang ditampilkan melalui LCD (liquid crystal display). Jam tangan digital biasanya lebih banyak dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti alarm, stopwatch, atau kalender. Bahkan, ada juga yang dilengkapi dengan GPS dan kalkulator.

Gambar 1: Casio G-Shock GA-400-7ADR, salah satu contoh jam digital dengan layar LCD

Dalam menentukan jam tangan mana yang harus Anda pilih, ada tiga hal utama yang harus Anda perhatikan. Yang pertama, pengaturan (setting) jam tangan. Biasanya, mengatur jam digital lebih rumit ketimbang jam analog karena kita harus menekan tombol-tombol tertentu dengan urutan tertentu. Biasanya pembelian jam digital disertai buku panduan yang bisa memandu kita dalam mengatur jam. Sementara itu, cara mengatur jam analog lebih sederhana. Kita hanya perlu menarik crown jam tangan, memutarnya sesuai arah jarum jam dan menyesuaikannya sesuai jam pada saat itu, lalu menekannya kembali untuk ‘mengunci’ pengaturan tersebut. Bahkan, beberapa jam analog tidak perlu disetting lagi dan bisa langsung digunakan.

Kedua, pembacaan jam tangan analog. Sebagian orang kadang merasa lebih mudah untuk melihat waktu dengan jam tangan digital. Ada juga orang yang kesulitan membaca waktu di jam analog, terutama jika angka yang digunakan adalah angka romawi.

Gambar 2: Salah satu contoh jam analog, Fossil Townsman Automatic with Leather Strap

Ketiga, style jam tangan seperti apa yang Anda inginkan. Kedua jenis jam tangan ini memiliki banyak model yang bisa Anda pilih. Jika Anda menginginkan jam tangan yang praktis dan fungsional, jam tangan digital lebih sesuai dengan preferensi Anda. Namun, jika Anda lebih menginginkan jam tangan yang terkesan classy dan mewah, maka jam tangan analog adalah pilihan yang tepat.

Saya sendiri relatif fleksibel dalam memilih jam tangan. Dari segi desain dan craftmanship, saya lebih memilih jam analog. Jam analog juga terasa lebih stylish dan versatile untuk digunakan dalam berbagai kegiatan. Tapi, tentunya ada kalanya saya merasa lebih nyaman menggunakan jam digital. Misalnya, pada saat jogging atau traveling. Menggunakan jam digital memudahkan saya untuk melihat waktu secara tepat dan cepat. Akhir kata, memilih antara jam tangan analog dan digital adalah keputusan yang bersifat pribadi karena setiap orang memiliki prioritas dan seleranya masing-masing.

Bagaimana dengan Anda? Jenis jam tangan manakah yang akan Anda pilih? (A.I.)

Categories: Info & Tips
Tags: Analog, Digital