High Accuracy Quartz Watch: Pengertian dan Rekomendasinya

High Accuracy Quartz Watch
High Accuracy Quartz Watch

Akurasi merupakan hal penting yang ada pada jam tangan. Selain tampilan dan ketangguhan, jam tangan dengan akurasi tinggi tentunya jadi idaman watch enthusiast. Tak heran sebagian brand jam tangan besar sangat memperhatikan akurasi pada koleksinya.

Baca juga: Mengenal Jam Tangan Chronometer yang Memiliki Akurasi Tinggi

Tak hanya jam tangan mekanikal, akurasi juga penting pada jam tangan quartz. Jam tangan dengan movement quartz biasanya punya akurasi ±15 detik per bulan, yang mana akurasi ini sudah cukup baik. Namun, bagi sebagian orang akurasi ini masih kurang dan memilih high accuracy quartz watch yang lebih akurat.

Kali ini Minwatch akan membahas tentang high accuracy quartz yang memiliki tingkat akurasi lebih tinggi dari jam tangan quartz biasa.

Apa itu High Accuracy Quartz?

Movement quartz standar dan High Accuracy Quartz.
Movement quartz standar dan High Accuracy Quartz.
Sumber: https://chronochatter.com/2022/08/19/high-accuracy-quartz-and-the-pursuit-of-precision/

High accuracy quartz atau HAQ merupakan sebutan untuk movement quartz yang memiliki akurasi tinggi, yakni ±10 detik per tahun. Mesin jam tangan high accuracy quartz memiliki bagian kristal quartz yang berbeda dari biasanya. Ketika kristal quartz-nya dialiri listrik dari baterai, bagian ini dapat menghasilkan getaran dengan frekuensi tinggi yang stabil.

Selain itu, high accuracy quartz juga punya kemampuan untuk mempertahankan frekuensi kristal quartz dengan baik pada kondisi suhu yang berubah-ubah. Secara mekanisme, kemampuan ini biasanya disebut dengan thermocompensated quartz movement.

Baca juga: Sejarah Moonphase Watch

Dari segi material, komponen pada movement high accuracy quartz terbuat dari bahan yang lebih baik atau high quality. Bagian platform dan sirkuit movement-nya menggunakan bahan logam, yang mana kebanyakan movement quartz biasa hanya memakai material plastik.

Calibre 9F, Movement Quartz dengan Presisi Tinggi

Grand Seiko 9F HAQ movement.
Grand Seiko 9F HAQ movement.
Sumber: https://chronochatter.com/2022/08/19/high-accuracy-quartz-and-the-pursuit-of-precision/

Bicara tentang high accuracy quartz, kurang afdol  tanpa membahas kaliber 9F pada Grand Seiko. Kaliber 9F memiliki akurasi ±10 detik per tahun sehingga termasuk high accuracy quartz movement. Kaliber yang memiliki 9 jewels ini ada pada koleksi jam tangan Grand Seiko. Bisa dibilang, kaliber 9F ini merupakan movement quartz terbaik.

Baca juga: History Tudor: Saudara Kandung Rolex!

Calibre 9F memiliki komplikasi tanggal dengan pergantian tanggal yang cepat. Jam tangan yang dibekali kaliber ini memiliki jarum detik yang bergerak dengan sangat presisi sehingga posisi jarum lebih akurat saat menunjuk angka pada jam. Selain itu, kaliber Seiko ini memiliki konstruksi kedap udara sehingga dapat mencegah debu masuk ke dalam yang dapat mengakibatkan berkurangnya tingkat presisi pada movement.

Review Mido   Ocean Star, Dive Watch Titanium Paling Tangguh

PreciDrive, High Accuracy Quartz pada Movement ETA

Pada jam tangan yang memiliki movement ETA buatan Swiss, high accuracy quartz disebut dengan istilah PreciDrive. Lini jam tangan PreciDrive ini biasanya dilengkapi dengan sertifikasi chronometer dari COCS. Biasanya, PreciDrive ini dapat ditemukan pada koleksi jam tangan quartz Swiss yang memakai ETA movement, seperti Tissot dan Mido.

Ada beberapa movement ETA yang termasuk PreciDrive, antara lain:

1. ETA Cabibre F06.411

ETA CALIBER F06.411.
ETA CALIBER F06.411.
Sumber: https://calibercorner.com/eta-caliber-f06-411/

Kaliber ETA F06.411 merupakan salah satu movement high accuracy quartz. Dengan sertifikasi chronometer dari lembaga COSC, movement ini memiliki akurasi ±0,02 detik per hari dan teruji di 3 suhu berbeda (8°, 23° and 38°C). Kaliber yang termasuk PreciDrive ini muncul pertama kali pada tahun 2014.

Baca juga: Histori Jam Tangan Breitling yang Ikonik

Kaliber buatan Swiss ini memiliki 3 buah jewels dan besaran frequency 32.768 Hz. Untuk fungsi waktunya, ETA F06.411 menampilkan jam, menit dan detik beserta fitur tanggal yang ada di posisi jam 3. Kaliber ini juga dilengkapi dengan fitur hacking seconds.

Salah satu koleksi jam tangan quartz yang dibekali Kaliber ETA F06.411 adalah Tissot PR100 T101.251.26.036.00. Dengan movement ini, jam tangan Tissot ini punya tingkat akurasi tinggi. Kamu bisa membeli jam tangan ini dengan harga Rp7,9 jutaan.

2. ETA Calibre F05.412

Kaliber ETA F05.412 memiliki akurasi ±10 detik per tahun dengan frekuensi 32,768 Hz sehingga termasuk dalam movement high accuracy quartz. Mekanisme movement pada kaliber ini juga telah dilengkapi dengan teknologi HeavyDrive sehingga tahan guncangan dan suhu yang berubah-ubah.

Baca juga: Watch Jewels Bagian Penting dari Movement Jam Tangan

Kaliber PreciDrive ini memiliki diameter 23,30mm serta ketebalan 2,50mm. Movement ini memiliki penunjuk jam, menit, detik serta komplikasi tanggal pada posisi jam 3. Untuk ketahanan baterainya, movement quartz ini dapat bertahan 68 bulan dengan baterai 40.0 mAh dan dapat bertahan 94 bulan jika memakai baterai 55.0 mAh.

Kaliber dengan PreciDrive ini dapat kamu temukan pada salah satu series Tissot Seastar, yaitu Tissot Seastar 1000 T120.210.11.041.00. Dengan kaliber ini, jam tangan diver ini punya akurasi ±10 detik per tahun. Jam tangan Tissot Seastar 1000 T120.210.11.041.00 dibanderol dengan harga Rp5,7 jutaan.

Kupas Tuntas UTC atau Coordinated Universal Time

3. ETA G15.212

Kaliber ETA G15.212.
Kaliber ETA G15.212.
Sumber: https://www.eta.ch/en/our-products/quartz-movements/fashionline/etafashionline-chronograph-g15212-aa

Review Breitling Avenger Automatic GMT 45 Night Mission

Selanjutnya ada kaliber ETA G15.212 yang memiliki fungsi chronograph. Pengaturan chronograph-nya dapat diatur pada 2 tombol yang ada di samping. Kaliber dengan fungsi stopwatch ini juga dilengkapi fitur add dan split time.

Movement ETA dengan teknologi PreciDrive dan PowerDrive ini memiliki 6 buah jewels. Kaliber ETA G15.212 memiliki 3 buah hands yang menampilkan jam, menit dan detik. Terdapat juga komplikasi waktu yang ada pada posisi jam 4. Selain itu, kaliber ini punya kapasitas baterai yang dapat bertahan hingga 36 bulan.

Baca juga: Hideo Kato, Leader of Product Design Orient: Menciptakan Keseimbangan Modern dan Klasika

Beberapa series jam tangan Mido dibekali kaliber ini, antara lain Mido Multifort dan Mido Ocean Star. Mido Multifort M005.417.37.051.20 dengan rubber strap dibanderol dengan harga Rp9,2 jutaan, sedangkan Mido Ocean Star M026.417.37.051.00 bisa kamu beli dengan harga Rp10,1 jutaan.

Semua rekomendasi jam tangan quartz dengan movement high accuracy quartz di atas bisa kamu dapatkan di Jamtangan.com. Dapatkan jam tangan quartz incaranmu dengan harga terbaik dan tentunya #PastiOri.

Baca juga: Sejarah Tersembunyi Di Balik Jam Tangan Zenith

Oleh: Audi Marchal

Sumber:
https://chronochatter.com/2022/08/19/high-accuracy-quartz-and-the-pursuit-of-precision/
https://wornandwound.com/guide-to-high-accuracy-quartz-haq-watches/
https://www.grand-seiko.com/id-id/collections/slgh017g
https://wornandwound.com/a-look-inside-grand-seikos-9f-quartz-movement/
https://calibercorner.com/eta-caliber-f06-411/
https://www.eta.ch/en/our-products/quartz-movements/eta-f05412
https://www.eta.ch/en/our-products/quartz-movements/fashionline/eta-fashionline-chronograph-g15212-aa
https://www.grand-seiko.com/id-id/collections/movement/quartz

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Review Sevenfriday: P-Series

Review Sevenfriday: P-Series “Caipi” & M-Series

Next Article
Review Mido Ocean Star

Review Mido   Ocean Star, Dive Watch Titanium Paling Tangguh

Related Posts
Total
0
Share