8 Jam Tangan Klasik, Ikonik, Abadi dan Tak Lekang Waktu

Jam tangan klasik biasanya memiliki ciri khas tersendiri, yaitu berupa aksen dan motif yang elegan.
8 jam tangan klasik ikonik abadi dan tak lekang waktu
ilustrasi jam Girard-Perregaux

Terakhir diubah pada 2022/10/31 at 2:24pm oleh Contributor

Bukan rahasia lagi di kalangan para pembuat jam tangan, bahwa desain jam tangan klasik dapat bertahan lebih lama dan tidak termakan oleh trend yang sedang viral saat ini. Desain jam tangan klasik sudah ada dari beberapa dekade yang lampau, bahkan tetap dipertahankan di berbagai koleksi jam tangan modern. Tidak salah kalau banyak yang berpendapat bahwa desain jam tangan klasik cenderung abadi dan tak lekang waktu.

Jam tangan klasik biasanya memiliki ciri khas tersendiri, yaitu berupa aksen dan motif yang elegan. Jam tangan klasik tidak akan membuat kamu “out of fashion”, tapi malah membuat kamu terlihat lebih berkelas.

Berikut Minwatch sajikan 8 jam tangan klasik yang bisa kamu jadikan koleksi!

1. Seiko

Seiko Presage ‘Kabuki’ hadir menghubungkan masa lalu dan masa kini. Jam tangan klasik yang satu ini mempertahankan desain turun temurun yang merupakan warisan budaya Jepang. Kabuki merupakan pertunjukan teater tradisional Jepang yang telah berlangsung selama 400 tahun sejak zaman Edo. Pertunjukan teater Kabuki memberikan hiburan bagi penonton dengan pertunjukan akting, tari, dan musiknya.

Dengan tema klasik, Seiko Classic Pria di Jamtangan.com bisa menjadi pilihan untuk koleksi jam tangan anda.

https://www.jamtangan.com/c/jam-tangan-pria?brand=seiko&series=seiko-classic

Presage ‘Kabuki’ hadir dengan menanamkan konsep teater Kabuki yang merupakan seni teater tradisional Jepang. Dengan dial yang menampilkan pola dari periode Heian 794-1185 yang digunakan dari kostum Kabuki, jam tangan ini ingin menampilkan tampilan mewah yang mencolok. 

Baca Juga : Seiko Presage Sharp Edged Kabuki-Inspired Limited Edition

Kamu bisa cek Seiko Presage ‘Kabuki’ lainnya di sini. Seiko Presage ‘Kabuki’ hadir dalam 2 koleksi di Jamtangan.com yaitu Seiko Presage SPB329J1 dan Seiko Presage SPB331J1. Keduanya dihiasi dengan dial berwarna gradasi coklat dan leather strap. Seiko Presage ‘Kabuki’ merupakan edisi terbatas dari seri Kabuki, dan sayang jika dilewatkan.

Seiko Presage SPB329J1'Kabuki' dan Seiko Presage SPB331J1'Kabuki'. Sumber: Seikowatches.co.in.
Seiko Presage SPB329J1 ‘Kabuki’ dan Seiko Presage SPB331J1 ‘Kabuki’. Sumber: Seikowatches.co.in.

Baca juga: 3 Seri Klasik Seiko Diver: Prospex Re-Interpretation 1968

2. Girard-Perregaux

Jam tangan klasik berikutnya adalah Girard-Perregaux, yang merupakan manufaktur jam tangan mewah asal Swiss sejak tahun 1791. Brand ini terus berkembang dan pada tahun 1999 membuka museum pertamanya yaitu Girard-Perregaux Museum di  Villa Marguerite, Switzerland. Pada tahun 2011, Girard-Perregaux sudah menjadi anak perusahaan dari grup perusahaan mewah asal Prancis yaitu Kering

Boleh dibilang, jam keluaran Girard-Perregaux memang sudah dikenal di dunia Horology sebagai jam tangan yang memiliki reputasi tinggi dan memiliki nilai historis yang panjang.

https://blog.jamtangan.com/uniknya-komponen-jam-balance-spring-di-era-abad-ke-19/

Melalui produknya Laureato 38 mm Copper, Girard-Perregaux berhasil memadukan desain klasik dengan warna-warna yang berani. Dengan dial yang bertekstur, jam tangan ini ingin mengajak kolektornya untuk melihat motif Clous de Paris. Julukan “cooper” diberikan pada jam ini karena memiliki dial tembaga, yang memberikan tampilan modern-klasik sejak pertama kali debutnya yaitu pada tahun 1975 silam.

Girard-Perregaux Laureato 38 mm Copper. Sumber: Wallpaper.com.
Girard-Perregaux Laureato 38 mm Copper. Sumber: Wallpaper.com.

3. Tudor

Tudor merupakan brand jam tangan asal Swiss yang menawarkan jam tangan mekanik dengan gaya klasik, bernilai  dan andal. Tudor pertama kali didaftarkan sebagai sebuah brand pada tahun 1926 oleh penemu Rolex, Hans Wilsdorf. Beliau kemudian menciptakan perusahaan Montres Tudor SA pada tahun 1946, yang menawarkan jam tangan dengan kualitas Rolex namun dengan harga terjangkau.

Tudor yang masih mempunyai kaitan dengan Rolex mempunyai model Heritage Black Bay yang merupakan perpaduan dari elemen-elemen yang muncul pada diver watch vintage mereka seperti Tudor Submariner dan sebagainya.

https://blog.jamtangan.com/kembalinya-diver-watch-vintage/

Melalui koleksinya yaitu Black Bay Pro, Tudor ingin membawa kita pada desain jam tangan klasik dengan bentuk yang sporty. Dilengkapi dengan fitur dual time zone, jam tangan berdiameter 39 milimeter ini memiliki bezel besi dan calibre built-in GMT. Black Bay Pro tampil begitu estetik dengan dial berwarna hitam dan memberikan tiga macam pilihan strap untuk kamu.

Tudor Black Bay Pro. Sumber: Wallpaper.com.
Tudor Black Bay Pro. Sumber: Wallpaper.com.

4. Nomos

Brand Nomos bermula dari kota kecil bernama Glashütte yang terletak di negara bagian Sachsen di timur Jerman. Glashütte merupakan kota kecil di Jerman yang terkenal sebagai “kota jam” karena terdapat banyak toko jam, pabrik jam atau museum jam disana. Nomos hadir memberikan desain klasik dan kontemporer lewat koleksi Tangente. Jam tangan ini terkenal akan tipografinya yang memukau dan sapphire crystal glass yang datar.

Brand Jerman seperti A Lange & Sohne, Sinn, Junghans dan Nomos sudah menjadi trademark di dunia horology. Jam Jerman terkenal akan build qualitynya yang baik dan finishingnya yang cukup halus.

https://blog.jamtangan.com/elysee-artos-18005-classic-review-dan-ulasan/
Nomos Tangente. Sumber: Wallpaper.com.
Nomos Tangente. Sumber: Wallpaper.com.

5. Patek Philippe

Jam tangan mewah asal Swiss ini merupakan produsen jam tangan tertua di dunia yang sudah membuat jam tangan sejak 1839. Jam tangan klasik Patek Philippe banyak dikenakan oleh para tokoh-tokoh terkemuka di dunia, seperti Ratu Elizabeth II, Albert Einstein, hingga John F. Kennedy. Patek Philippe Menghadirkan Patek Philippe Calatrava, jam tangan yang terinspirasi dari desain Bauhaus. Patek Philippe Calatrava memiliki lug yang ramping fokus pada fungsi yang awalnya dibuat pada tahun 1932. Jam tangan ini memiliki round wristwatch yang merupakan salah satu simbol terbaik dari gaya klasik khas Patek Philippe.

Baca juga :

Patek Philippe Calatrava. Sumber: Wallpaper.com.
Patek Philippe Calatrava. Sumber: Wallpaper.com.

6. Rolex

Produsen jam tangan mewah asal Swiss ini sudah tidak asing dikenal dengan koleksi jam tangan yang berharga jutaan dolar. Kali ini Rolex menghadirkan koleksi diversnya yaitu Rolex Submariner dengan siluet dan bezel yang berani. 

Baca juga :

Sejak awal diperkenalkan pada tahun 1953, jam tangan ini dikenal sebagai jam tangan divers dengan tingkat keterbacaan yang akurat. Rolex Submariner memiliki desain dial yang simple dengan sentuhan geometri khas yang melingkar pada dial, antara lain seperti lingkaran, segitiga dan kotak yang berfungsi sebagai penunjuk waktu dan dapat mengeluarkan cahaya di lautan yang dalam. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan terbuat dari material stainless steel, membuat Rolex Submariner memiliki tampilan tangguh, klasik dan tidak lekang oleh waktu. 

Rolex Submariner. Sumber: Wallpaper.com.
Rolex Submariner. Sumber: Wallpaper.com.

7. Audemars Piguet

Berawal pada tahun 1970, desainer jam tangan bernama Gérald Genta mengubah desain tradisional dan memberikan kehidupan baru bagi industri jam tangan. Genta melakukannya lewat desain Audemars Piguet Royal Oak, yang merupakan jam tangan klasik, sangat ikonik dengan bezel oktagonal

Baca juga : Mirip Audermars Piguet, Seri G-Shock GA-2100 Laris Manis

Variasi teknik dengan desain case rumit membuat Audemars Piguet menjadi begitu terkenal. Kemunculan Royal Oak mengekspresikan sejarah, warisan, dan masa depan yang membawa Royal Oak menjadi jam tangan klasik yang sesungguhnya. Audemars Piguet sel selalu menjadi incaran para kolektor jam tangan klasik.

Audemars Piguet Royal Oak. Sumber: Wallpaper.com.
Audemars Piguet Royal Oak. Sumber: Wallpaper.com.

8. Jaeger-LeCoultre

Jam tangan klasik berikutnya adalah Jaeger-LeCoultre. Brand ini sudah begitu popular di kalangan pecinta jam tangan karena sempat digunakan oleh Benedict Cumberbatch dalam film Doctor Strange. 

Jaeger-LeCoultre adalah salah satu brand yang pernah merilis beberapa jam tangan gyrotourbillon, yang masing-masing model hanya dirilis dalam jumlah sangat terbatas.

https://blog.jamtangan.com/tourbillon-apa-itu-kenapa-harganya-sangat-mahal/#Gyrotourbillon

Jaeger-LeCoultre untuk pertama kali muncul pada tahun 1931, dan ditujukan untuk para pemain Polo. Pada masa itu para pemain Polo membutuhkan jam tangan tangguh untuk mendampingi kerasnya olahraga tersebut. Desain klasik jam tangan ini begitu melekat dengan dial berbentuk lingkaran dan leather strap sebagai pengikat di pergelangan tangan.

The Reverso’s hadir memberikan tidak hanya ketangguhan namun juga keanggunan yang elegan dan membuatnya popular. Lewat koleksi model Duoface berwarna burgundy yang dikenalkan pada tahun 1994, jam tangan ini cocok untuk kamu investasikan.

Jaeger-LeCoultre. Sumber: Wallpaper.com
Jaeger-LeCoultre. Sumber: Wallpaper.com

Itu dia 8 jam tangan klasik dengan tampilan abadi dan tidak lekang oleh waktu. Tentu saja kamu bisa menjadikan informasi jam tangan klasik ini sebagai referensi jam tangan klasik incaran kamu lho! Kamu juga bisa dapatkan jam tangan seri klasik lainnya seperti Seiko Presage ‘Kabuki’ di Jamtangan.com

Oleh: Rahel Humillang

Referensi: 

  • https://www.wallpaper.com/watches-and-jewellery/classic-watch-designs
  • https://seikowatches.co.in/
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
10 rekomendasi jam tangan alexandre christie terbaru 2022 untuk pria dan wanita

10 Rekomendasi Jam Tangan Alexandre Christie Terbaru 2022, untuk Pria dan Wanita

Next Article
gshock glitch series

3 Koleksi G-Shock Glitch Series: DW-5600NN-1A, GA-2100NN-1A dan GA-2200NN-1A

Related Posts
Total
0
Share