10 Brand Jam Tangan Pria Termahal di Dunia, Bisa Untuk Investasi Nih!

jam tangan pria mahal

Jam tangan bukan hanya sebagai penunjuk waktu, namun juga sebagai penentu status sosial. Seperti jam tangan pria mahal yang banyak beredar di kalangan para kolektornya, kerap kali digunakan sebagai aksesoris fashion yang berkelas. Jam tangan pria mahal tentunya tidak jauh dari jam tangan mewah dan seringkali disebut luxury watches. 

Menurut Allied Market Research pasar luxury watch ini bernilai $43,661 juta pada tahun 2019, dan diperkirakan mencapai $51,317 juta pada tahun 2027. Bahkan kolektor jam tangan pria mahal ini didominasi oleh pria di sebagian wilayah Amerika dengan pembelian yang dilakukan secara daring. Tidak salah kalau jam tangan pria mahal ini menjadi salah satu investasi yang menguntungkan dan menjanjikan.

Global Luxury Watches Market
ilustrasi Global Luxury Watches Market. sumber : alliedmarketresearch.com

Berbagai brand pun banyak melengkapi jajaran jam tangan pria termahal di dunia. Tidak hanya karena detailnya atau karena penggunaan batu berharga, seringkali jam tangan mewah ini dibanderol dengan harga yang tinggi karena memiliki kisah tersendiri. Sebut saja seperti Rolex Daytona 1968 Paul Newman yang terjual secara lelang dengan harga harga $17,8 juta pada tahun 2017.

Nah, kalau kamu lebih memilih jadi kolektor atau investor jam tangan? Biar tidak makin penasaran, berikut 10 jam tangan pria mahal di dunia dengan memiliki nilai tertinggi, bisa juga untuk investasi lho.

Yuk, kita simak ulasan berikut ini :

Patek Philippe 

Patek Philippe sudah melegenda sejak lama. Berawal sejak 1839 sebagai produsen jam tangan dan jam dinding mewah, Patek Philippe pertama kali mendirikan usahanya di Swiss. Hal itulah yang menobatkan Patek Philippe menjadi salah satu produsen jam tangan tertua di dunia.

Lalu apa yang membuat Patek Philippe begitu bergengsi di mata para kolektor? Tentu saja salah satunya karena Patek Philippe banyak digunakan oleh para tokoh-tokoh terkemuka mulai dari Ratu Inggris sampai Presiden Amerika Serikat. Sebut saja Ratu Victoria, Ratu Elizabeth II, Albert Einstein, John F. Kennedy, Nelson Mandela dan berbagai nama besar lainnya.

Tidak dipungkiri kalau salah satu serinya yaitu Patek Philippe Grandmaster Chime Ref 5175R mencapai angka $31.190.000 juta atau setara dengan 450 miliar Rupiah dan dinobatkan sebagai salah satu  jam tangan pria mahal di dunia. Dikabarkan bahwa jam tangan ini hanya diproduksi 7 buah saja, tidak mengherankan jam ini diburu oleh kolektor. Tidak hanya itu keunggulannya, masterpiece ini menampilkan case dengan hand-engraved berwarna rose gold yang sangat mewah untuk seri 5175R-001. 

Kisah di balik dari nilainya yang sangat tinggi adalah bahwa Patek Philippe Grandmaster Chime 5175R-001 merupakan jam yang dirilis pada tahun 2014 dalam rangka ulang tahun Patek Philippe sebagai brand ke-175. Sebagai tambahan informasi, harga jam tangan ini pastinya akan berubah-ubah tergantung dari inflasi. Selain itu perlu juga diingat, bahwa semakin unik jam tangan pria, maka nilainya juga semakin tinggi untuk investasi.

Patek Philippe Grandmaster Chime Ref 5175R
Patek Philippe Grandmaster Chime Ref 5175R. Sumber: Patek.com

Richard Mille

Jam tangan Richard Mille menduduki posisi berikutnya untuk jam tangan yang layak dijadikan investasi. Tidak setua Patek Philippe, jam tangan asal Swiss ini berdiri sejak tahun 2001 oleh Richard Mille dan rekannya yaitu Dominique Guenat. Menawarkan kemewahan dengan model yang limited edition, membuat jam tangan pria mahal ini mempunyai nilai yang cukup besar sebagai salah satu investasi kategori jam tangan mewah. Salah satu jam tangannya dengan seri Tourbillon RM 008 dibanderol dengan harga $7,300,000 atau setara dengan 100 miliar Rupiah.

Tidak hanya itu, banyaknya pesohor yang menggunakan jam tangan Richard Mille juga menjadi salah satu faktor nilai jual jam tangan ini. Salah satunya Rafael Nadal, petenis terbaik dunia yang merupakan pemenang 20 Grand Slam juga pernah terlihat menggunakan jam tangan Richard Mille.

Richard Mille Tourbillon RM 008
Richard Mille Tourbillon RM 008. Sumber: Jamesedition.com

Baca juga: Jonah Hill Pakai Jam Tangan Richard Mille Palsu di Film “Don’t Look Up”?

Audemars Piguet 

Satu lagi produsen jam tangan mewah asal Swiss yaitu Audemars Piguet yang berkantor pusat di berkantor pusat di Le Brassus. Perusahaan Audemars Piguet pertama kali didirikan pada tahun 1875 oleh Jules Louis Audemars dan Edward Auguste Piguet dan pada tahun 1881 mulai dikenal dengan nama Audemars Piguet & Cie. Perusahaan yang sudah berdiri selama 141 tahun ini telah menjaga keotentikannya yang menjadikan begitu bergengsi.

Hanya dengan mendengar nama Audemars Piguet pastinya akan langsung teringat pada jam tangan Royal Oak. Tentu saja jam tangan Royal Oak inilah yang membawa nama Audemars Piguet menjadi sangat terkenal sejak peluncurannya pada tahun 1972. Bahkan salah satu jam tangannya yaitu Royal Oak Offshore Chronograph mencapai nilai yang fantastis yaitu di angka $431.181. Koleksi Royal Oak Offshore memang out of the box jika dibandingkan dengan koleksi Audemars Piguet sejak 1993. Diperkuat dengan tampilan case segi delapan yang aesthetic yang membuat jam tangan ini nampak semakin bold dan sporty.

Royal Oak Offshore Chronograph
Royal Oak Offshore Chronograph. Sumber: Jamesedition.com

Vacheron Constantin

Swiss menjadi salah satu negara yang dikenal sebagai penghasil jam tangan terbaik di dunia. Tidak heran bahwa pembuat jam tangan di Swiss terkenal akan kemampuannya yang legendaris dan perfeksionis. Seperti jam tangan mewah Vacheron Constantin yang berdiri sejak tahun 1755, merupakan salah satu pabrik jam tangan tertua di dunia, dengan sejarah pembuatan jam tangan yang konon tidak pernah berhenti sejak tahun 1755. 

Hal itulah yang membuat Vacheron Constantin disegani karena memiliki pelanggan seperti Napoleon Bonaparte dan Duke of Windsor. Salah satunya yaitu astronomical pocket watch dengan emas kuning 18k dan dihiasi dengan lambang King Fuad I, membuat jam saku ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pocket watch yang dikenal dengan seri His Majesty King Fuad I tahun 1929, berhasil dilelang dengan harga $3.630.000 pada tahun 2005.

Vacheron Constantin "His Majesty King Fuad I"
Vacheron Constantin “His Majesty King Fuad I”. Sumber: Vacheron-constantin.com

Rolex

Masih di negara Swiss, jam tangan mewah ini sudah banyak menjadi perbincangan para pecinta jam tangan pria mahal, karena dikenal juga dengan harganya yang bernilai tinggi. Tentu saja dikarenakan material emas, perak, kristal dalam jam tangannya yang menobatkannya sebagai jam tangan mewah. Rolex mempunyai banyak seri, namun satu dari banyaknya jam tangan Rolex yang legendaris yaitu Paul Newman’s Rolex Daytona. 

Jam tangan ini berhasil dilelang dengan harga $17,8 juta pada tahun 2017 atau setara 262 juta dalam kurs Rupiah. Di balik harga yang fantastis, ternyata jam tangan Rolex Daytona 1968 Paul Newman merupakan Rolex milik Paul Newman (aktor dan pembalap). Hal tersebut memecahkan rekor untuk lelang jam tangan dengan harga tertinggi.

Rolex Daytona 1968 Paul Newman
Rolex Daytona 1968 Paul Newman. Sumber: Forbes.com

Sumber: Forbes.com

Baca juga: 7 Harga Jam Rolex Asli Termahal di Dunia

A.Lange & Söhne

Beranjak dari Swiss, jam tangan pria termahal yang satu ini berasal dari Jerman. Masuk dalam kategori jam tangan pria mahal dan mewah, tentunya nilai yang ditawarkan bisa jadi pertimbangan untuk investasi juga loh! 

Jam tangan A. Lange & Söhne termahal yang pernah dijual adalah Grand Complication dengan nilai $2,500,000. Jam tangan asal Jerman  satu ini memang terlihat memukau dengan karya yang eksotis seperti seri Datograph Perpetual Platinum yang merupakan edisi terbatas. Dengan tali buaya sebagai pelengkapnya, hanya ada 100 buah jam tangan jenis ini yang beredar. 

A. Lange & Söhne Datograph Perpetual Platinum
A. Lange & Söhne Datograph Perpetual Platinum. Sumber: Jamesedition.com

Hublot

Hublot berdiri pada tahun 1980 dan merupakan salah satu produsen jam tangan mewah asal Swiss yang didirikan oleh Carlo Crocco. Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa Hublot merupakan anak perusahaan dari LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton yang merupakan salah satu anak perusahaan untuk kategori jam tangan dan perhiasan. 

Jam tangan Hublot termahal yang pernah dijual adalah The Hublot “Big Bang”, $5.000.000 setara dengan 73 miliar Rupiah. Ternyata ada kisah menarik di balik seri ini. Big Bang yang memiliki 1.282 berlian merupakan kado ulang tahun yang Beyonce berikan kepada suaminya Jay-Z di ulang tahun yang ke-43.

The Hublot “Big Bang”

Sumber: Thejewelleryeditor.com

Zenith

Didirikan pada pada tahun 1865 oleh Georges Favre-Jacot membuat Zenith masuk dalam jajaran jam tangan mewah tertua asal Swiss. Ternyata Zenith juga digaet oleh LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton pada tahun 1999 dan masuk kategori jam tangan dan perhiasaan, bersamaan dengan Hublot dan TAG Huer.

Zenith merupakan salah satu watch-maker yang sangat visioner dengan kemajuan konstan dan model yang inovatif. Salah satu jam tangan Zenith termahal yang pernah dijual adalah jam saku milik Mahatma Gandhi yang merupakan sosok fenomenal yang memimpin India menuju kemerdekaan. Tidak main-main, jam saku dengan material perak yang sempat dimiliki Mahatma Gandhi ini, dilelang pada tahun 2009 dengan nilai $2.466.000 atau setara 36 miliar Rupiah. Sejak tahun 1914 dan seterusnya, jam tangan Zenith diekspor ke luar negeri, termasuk ke India.

Zenith
jam Zenith. Sumber: Worldtempus.com

Breguet

Jam tangan mewah asal Paris ini didirikan oleh Abraham-Louis Breguet pada tahun 1775, dan menjadi anak perusahaan dari Swiss Swatch Group sejak 1999. Jam tangan Breguet sangat bergengsi karena dimiliki oleh banyak orang terkemuka seperti Raja George III, Ratu Victoria, Alexandre I dari Rusia, Sir Winston Churchill dan lainnya. 

Jam tangan Breguet termahal yang pernah dijual adalah Marie-Antoinette Grande Complication senilai $30.000.000. Selain itu Breguet termahal yang tersedia saat ini untuk dijual adalah Breguet Perpetual Calendar Equation Of Time dengan 18k rose gold dan silver dial senilai $141,750.

Breguet Perpetual Calendar Equation Of Time
Breguet Perpetual Calendar Equation Of Time. Sumber: Theluxurywell.com

Jacob & Co.

Jacob & Co. didirikan 1986 oleh desainer berlian Jacob Arabo asal Amerika dan berlokasi di Manhattan, New York City. Jam tangan ini berkembang dengan pesat hingga salah satu jam tangannya yaitu The Billionare masuk ke dalam jajaran jam tangan Jacob & Co termahal yang pernah dijual yaitu seharga $18 Juta. Dihiasi dengan 177.11 carats dari 325 emerald-cut dan baguette-cut diamonds membuat jam tangan yang satu ini masuk dalam jajaran jam tangan pria mahal yang pernah ada.

Jacob & Co The Billionare
Jacob & Co The Billionare. Sumber: Jacobandco.com

Ternyata ada banyak jam tangan pria mahal dengan nilai yang fantastis, bahkan bisa juga digunakan sebagai instrumen investasi. Tertarik untuk berinvestasi? Jangan lupa untuk selalu update koleksi jam tangan kamu dengan cek di Jamtangan.com. Belanja di Jamtangan.com #pastiori dan bergaransi resmi.

Oleh: Rahel Humillang

Referensi: 

https://www.jamesedition.com

https://www.alliedmarketresearch.com

https://www.patek.com

http://reference57260.vacheron-constantin.com 

https://en.worldtempus.com

https://theluxurywell.com

https://jacobandco.com

Total
0
Shares
Previous Article
ciri jam omega asli

5 Ciri Jam Tangan Omega Asli yang Harus Kamu Tau

Next Article
jam tangan ferrari asli

5 Ciri Ciri Jam Tangan Ferrari Asli

Related Posts