Rolex Daytona Paul Newman: Hadiah Dari Istri Tercinta

Rolex Daytona Paul Newman: Hadiah Dari Istri Tercinta

Paul Newman adalah seorang aktor Hollywood yang namanya cukup terkenal di dunia Horology. Hal ini dikarenakan setiap jam tangan yang berhubungan dengan namanya, pasti akan langsung diburu kolektor dan berharga fantastis. Jam yang sering digunakan oleh Paul Newman adalah sebuah jam tangan Chronograph Rolex Daytona Ref.6239 dengan dial putih dan sub dial hitam, karena semasa hidupnya, Paul Newman selalu terlihat memakai jam tangan tersebut. Setelah Paul Newman meninggal banyak kolektor yang mengira-ngira apakah jam yang pernah digunakan olehnya ada di balai lelang.

Rolex Daytona Paul Newman Ref.6239. Foto : invaluable

Memecahkan Rekor Lelang Termahal

Pada 26 Oktober 2017, sebuah balai lelang bernama Phillips melelang Rolex Daytona Paul Newman. Kegiatan lelang tersebut langsung mencatat rekor baru dalam dunia lelang jam tangan. Selama 12 menit, lelang tersebut mencatatkan harga tertinggi US$17,752,500 atau sekitar IDR 262,104,123,375 (kurs 1US$ = IDR 14,764.35).

Sejak awal, Phillips memang sudah mengumumkan akan melelang the grail of holy grail dari Rolex, akibatnya banyak kolektor, traders dan brand owners yang berbondong-bondong mengikuti kegiatan lelang. Harga yang dibuka di awal ialah US$ 1000,000. Namun belum 1 menit, sudah ada yang menawar di angka US$ 10,000,000. Tentu saja ini merupakan sebuah hal yang tidak pernah terjadi sebelumnya, karena tidak sampai 1 menit, langsung ada yang menawar 10x lipat dari harga awal. Setelah sempat tertahan di harga US$12,500,000. Para peserta lelang pun mulai menaikan tawaran sampai US$15,500,000, kemudian ada seorang penelepon misterius yang menawar di harga US$17,752,500. Dan kemudian memenangkan acara lelang ini. Ini adalah harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah jam tangan vintage.

Sejarah Rolex Daytona Paul Newman

Jam tangan Rolex Daytona Ref. 6239 yang digunakan Paul Newman, sejatinya merupakan hadiah dari istrinya, Joanne Wordward. Joanne membeli jam tersebut pada tahun 1968 dari Tiffany & Co New York. Yang romantis, Joanne menuliskan sebuah ukiran tulisan “drive carefully me” di caseback jam tangan tersebut.

Newman selalu menggunakan jam tangan tersebut diberbagai kesempatan selama 10 tahun, sebelum akhirnya jam tersebut dihadiahkan kepada James Cox, kekasih dari anak perempuannya (Nell Newman). Saat itu, Cox muda yang sedang membuat rumah pohon, kaget ketika Newman tiba-tiba memberikan sebuah jam tangan Rolex serta meminta Cox untuk menerima jam tangan itu sebagai hadiah.

Paul Newman dan istri, Joanne Wordward. Foto : Keystone France

James Cox memakai jam tangan tersebut selama bertahun-tahun sebagai bentuk penghargaan dam penghormatan kepada Newman. Mirisnya, para kolektor yang memburu Rolex Daytona milik Newman, tidak mengetahui kenyataan ini. Mereka berfikir bahwa jam tersebut disimpan oleh keluarga Newman sebagai kenang-kenangan.

Nell Newman & James Cox yang menggunakan Rolex Daytona pemberian Paul Newman.
Foto : Rolex Magazine

Seiring berjalan waktu, Cox mulai menyadari nilai dari jam tangan tersebut. Cox lalu berdiskusi dengan keluarga Newman terutama Nell dan banyak berkonsultasi dengan pengacara. Akhirnya Cox memutuskan untuk melelang jam tangan tersebut di balai lelang Phillips. Dana hasil lelang tersebut akan diberikan kepada Yayasan milik Nell Newman yang bergerak dibidang kemanusiaan, pendidikan dan penyelamatan hewan. Sampai sekarang, Cox masih berhubungan baik dengan keluarga mantan kekasihnya itu. Jam tangan menjadi mahal seringkali karena kisah bersejarah yang menyertainya. Seperti Rolex Daytona Ref.6239 menjadi sangat mahal karena jam ini merupakan hadiah dari istri tercinta kepada suaminya.

Categories: News