Cara Setting Jam G-Shock GA-2100 Ternyata Mudah!

Cara Setting Jam G-Shock GA-2100 Ternyata Mudah!

Berbicara tentang seri G-Shock paling populer, GA-2100 pasti akan selalu ikut muncul dalam daftar. Meski sudah dirilis sejak 2019, hingga saat ini seri yang mendapat julukan “CasiOak”  karena sekilas mirip Audemars Piguet Royal Oak ini memang masih mendapat tempat sendiri di kalangan watch-enthusiast dan selalu mencatatkan hasil penjualan tinggi di berbagai platform. 

Buat kamu yang baru kesampaian memiliki seri ini atau sedang menabung untuk mendapatkannya, Jamtangan.com sudah siapkan panduan lengkap cara setting jam G-Shock GA-2100 yang gampang buat diikuti. So, sebelum mulai menggunakannya sehari-hari, pastikan kamu sudah mengaturnya dengan benar agar bisa memanfaatkan setiap fiturnya dengan maksimal! 

Baca Juga: 

Mirip Audemars Piguet, G-Shock GA-2100 Langsung Laris Manis

7 Cara Membedakan G-Shock CasiOak Asli & Palsu

G-Shock GMA S2100: Versi CasiOak untuk Wanita! 

Cara Setting Jam G-Shock GA-100 Series, Super Gampang! 

Ini Cara Setting Jam Casio G-Shock GM-5600 Series

Kenapa G-Shock GA-2100 Sangat Digemari?

Beberapa model G-Shock GA-2100 series
Beberapa model G-Shock GA-2100 series. (Image: Casio)

Sebelum membahas cara setting jam G-Shock GA-2100, beberapa fans baru mungkin bertanya-tanya mengapa seri ini bisa menjadi begitu populer. Jawabannya simpel, karena GA-2100 memiliki banyak ciri khas yang membuatnya terkesan eksklusif dibandingkan seri-seri lain. Salah satu keunikan sekaligus selling-point paling menonjol, adalah bezel berbentuk segi delapan (octagonal) yang mirip dengan desain jam mewah Audemars Piguet Royal Oak. Nggak heran kalau GA-2100 akhirnya mendapat julukan “CasiOak” di kalangan pencinta jam tangan. 

Tak hanya itu, seri GA-2100 juga menjadi salah satu lini G-Shock tertipis dengan ketebalan hanya 11,8 mm dan berat total 51 gram. Padahal, menciptakan struktur tipis untuk jam berbasis anadigi (analog-digital) adalah hal yang sulit dilakukan mengingat komponen yang digunakan juga lebih rumit. Karena itu, keberhasilan Casio menghadirkan jam anadigi dengan body ramping melalui seri GA-2100 membuat seri ini semakin mencuri perhatian. So, kalau kamu membaca artikel ini karena sudah berhasil memiliki the legendary CasiOak, Minwatch ucapkan selamat menjadikannya bagian dari koleksi pentingmu! 

Perlu Diketahui Sebelum Mulai Setting G-Shock GA-2100

Sebelum mengetahui cara setting jam G-Shock GA-2100, ada beberapa informasi dasar yang wajib kamu ketahui supaya proses setting nantinya dapat dilakukan dengan lebih mudah. Ini dia beberapa basic knowledge seputar CasiOak yang perlu diingat-ingat para pemiliknya:

Kenali & Ketahui Dulu Posisi Tiap Tombol

Posisi & fungsi tombol pada G-Shock GA-2100
Posisi & fungsi tombol pada G-Shock GA-2100 (Image: Watchgeek)

Sebagaimana seri digital G-Shock lain, GA-2100 juga dilengkapi 4 tombol yang masing-masing dilabeli tanda light, start, mode, dan adjust. Dalam proses cara setting G-Shock GA-2100 nanti, masing-masing tombol ini akan memiliki fungsinya masing-masing. Untuk memudahkan, dalam artikel ini tiap tombol akan disebut dengan kode huruf sebagai berikut: 

  • Tombol A => Tombol Adjust 
  • Tombol B => Tombol Light 
  • Tombol C => Tombol Mode
  • Tombol D => Tombol Start 

Jarum Analog Akan Mengikuti Digital Display

Seperti diketahui, G-Shock ‘CasiOak’ GA-2100 dihadirkan dalam model analog-digital atau biasa disebut anadigi. Seperti G-Shock anadigi lainnya, kamu harus terlebih dahulu paham bahwa posisi jarum (hands) analog akan selalu mengikuti waktu yang tertera di digital display. Jadi, saat melakukan cara setting jam G-Shock GA-2100, kamu hanya perlu mengatur waktu pada digital display dan jarum analog akan otomatis mengikutinya.

Trik Memindahkan Jarum Analog Saat Proses Setting

Salah satu kendala yang sering terjadi pada proses cara setting jam G-Shock GA-2100 adalah jarum (hands) analog menutupi bagian layar digital sehingga menyulitkanmu untuk melakukan pengaturan waktu, tanggal, dan fungsi-fungsi lainnya. Untuk mengakali hal ini, jika saat setting kebetulan jarum jam menutupi layar digital, kamu tinggal memencet TOMBOL B dan TOMBOL C secara bersamaan, maka jarum jam dan menit akan otomatis berpindah ke posisi yang tidak menutupi digital display. Untuk mengembalikannya ke posisi semula setelah selesai melakukan setting, kamu tinggal memencet tombol B & tombol C secara bersamaan lagi.

Cara Setting Jam G-Shock GA-2100 Series

Panduan urutan cara setting G-Shock GA-2100
Panduan urutan cara setting G-Shock GA-2100 (Image: Casio)

Setelah mengetahui info-info dasar seputar GA-2100, sekarang saatnya kamu mulai melakukan proses pengaturan waktu, tanggal, dan fitur-fitur lainnya. Supaya tidak bingung fitur apa saja yang harus di-setting, kamu tinggal mengikuti urutan seperti yang tertera pada bagan di atas. Yes, cara setting jam G-Shock GA-2100 akan dimulai dengan mengatur Home City (Zona Waktu Tempatmu Berada), DST (Daylight Saving Time), Memilih Format 12/24 Jam, Mengatur Waktu (Jam, Menit, Detik), Mengatur Kalenderisasi (Hari, Bulan, Tanggal), Mengatur Bunyi Tombol, dan Mengatur Lampu LED.    

1. Dari Home Screen, Masuk ke Mode Timekeeping

Cara masuk ke mode Timekeeping G-Shock GA-2100
Jika tulisan “SET” sudah berganti 3 huruf kode kota, kamu sudah ada di mode Timekeeping. (Image: Casio)

Untuk mulai mengatur fitur sesuai urutan di atas, pertama pastikan layar jam sudah berada di mode Timekeeping. Caranya, dari home screen pencet TOMBOL A selama beberapa detik sampai terdengar bunyi ‘beep’ pertama. Setelah terdengar bunyi, lepaskan tombol. Ciri-ciri kamu sudah berada di mode Timekeeping dan bisa memulai setting adalah saat tulisan “SET” di display digital sudah berganti ke tiga huruf kode kota. Pada contoh gambar di atas, kode kota yang muncul adalah “TYO” yang mengindikasikan zona waktu Tokyo.

2. Atur Home City (Zona Waktu Tempatmu Berada)

Tabel kode kota untuk menyesuaikan Home City pada G-Shock GA-2100
Tabel kode kota untuk menyesuaikan Home City pada G-Shock GA-2100 (Image: Casio)

Setelah masuk ke mode Timekeeping, sesuai bagan, fitur pertama yang harus diatur adalah Home City atau menyesuaikan zona waktu tempatmu berada. Meski di tabel di atas tidak ada zona waktu Jakarta, kamu yang berada di Indonesia bisa mengarahkan home city ke kota Bangkok mengingat zona waktu di sana sama dengan WIB. Untuk melakukannya, kamu tinggal memencet TOMBOL B atau TOMBOL D sampai layar digital menampilkan tulisan “BKK”.

3. Atur Daylight Saving Time

Cara mengatur fitur Daylight Saving Time pada G-Shock GA-2100.
Cara mengatur fitur Daylight Saving Time pada G-Shock GA-2100. (Image: Casio)

Cara setting jam G-Shock GA-2100 selanjutnya adalah mengatur fitur Daylight Saving Time 

(DST), alias apakah kamu ingin mengaktifkan fitur pembeda waktu antara summer dan winter. Dari pengaturan Home City, kamu tinggal memencet TOMBOL C sampai layar digital menampilkan tulisan “ON”. Buat yang tinggal di Indonesia, kamu bisa menonaktifkan saja fitur DST dengan cara memencet TOMBOL B atau TOMBOL D sampai layar digital menampilkan tulisan “OFF”. 

4. Atur Format 12/24 Jam

Cara mengatur format 12/24 jam pada G-Shock GA-2100
Cara mengatur format 12/24 jam pada G-Shock GA-2100. (Image: Watchgeek)

Pencet TOMBOL C lagi untuk mengatur fitur selanjutnya, yakni memilih apakah kamu ingin memakai fitur 12 jam atau 24 jam pada G-Shock CasiOak-mu. Format 12 jam berarti jam tanganmu akan menampilkan waktu dengan mode hingga 12.00 (menggunakan indikator AM/PM), sementara format 24 jam berarti jam tanganmu akan menampilkan waktu dalam mode hingga 24.00. Untuk memilih, pencet TOMBOL B atau TOMBOL D sampai layar digital menampilkan tulisan “12H” atau “24H”. 

5. Atur Waktu (Detik, Menit, Jam)

Cara mengatur detik, menit, jam pada G-Shock GA-2100
Cara mengatur detik, menit, jam pada G-Shock GA-2100. (Image: Casio)

Kembali pencet TOMBOL C untuk berpindah ke cara setting G-Shock GA-2100 selanjutnya, yakni mengatur waktu (detik, menit, jam). Setelah kamu menekan tombol C, layar digital di bagian detik akan berkedip-kedip, artinya kamu harus men-setting detik terlebih dahulu. Pencet TOMBOL B atau TOMBOL D untuk memindahkan angka detik hingga sesuai dengan waktu yang kamu inginkan. Pencet tombol C lagi, maka gantian angka jam yang akan berkedip-kedip. Lagi-lagi pencet tombol B atau tombol D sampai angka jam sesuai dengan waktu yang diinginkan. Terakhir, pencet tombol C sekali lagi dan angka menit akan berkedip. Sama dengan sebelumnya, pencet tombol B atau tombol D sampai angka menit sesuai yang diinginkan.

6. Atur Kalenderisasi (Tahun, Bulan, Tanggal)

Cara setting tahun, bulan, dan tanggal pada G-Shock GA-2100
Cara setting tahun, bulan, dan tanggal pada G-Shock GA-2100. (Image: Watchgeek)

Setelah selesai mengatur waktu, cara setting jam G-Shock GA-2100 selanjutnya adalah mengatur kalenderisasi dalam urutan tahun – bulan – tanggal. Tiap kamu memencet TOMBOL C, layar digital akan secara bergantian menampilkan angka tahun, bulan, dan tanggal yang berkedip-kedip sesuai apa yang akan diatur. Untuk memilih angka tahun, bulan, dan tanggal, tinggal pencet TOMBOL B atau TOMBOL D sampai layar menunjukkan angka yang diinginkan.

7. Atur Bunyi Tombol

Cara mengatur bunyi tombol pada G-Shock GA-2100. (Image: Casio)

Kamu juga bisa memilih apakah tombol pada CasiOak-mu ingin berbunyi atau tidak saat dipencet. Untuk melakukan cara setting G-Shock GA-2100 yang satu ini, dari mode pengaturan tanggal lagi-lagi pencet TOMBOL C untuk berpindah ke setting bunyi tombol. Lalu, pencet TOMBOL B atau TOMBOL D untuk memilih apakah kamu ingin tombol berbunyi (pilih sampai layar digital menampilkan tulisan “KEY”) atau ingin menonaktifkan bunyi tombol (pilih sampai layar digital menampilkan tulisan “MUTE”).

8. Atur Lama Durasi Nyala Lampu Backlight

Cara mengatur durasi lampu backlight pada G-Shock GA-2100
Cara mengatur durasi lampu backlight pada G-Shock GA-2100. (Image: Casio)

Cara setting jam G-Shock GA-2100 yang terakhir di mode Timekeeping adalah mengatur durasa lama nyala lampu backlight. Dari pengaturan bunyi tombol, tekan TOMBOL C sampai layar digital menampilkan tulisan “LIGHT”. Selanjutnya, kembali tekan TOMBOL B atau TOMBOL D untuk memilih durasi 1 detik atau 3 detik.

9. Mengatur Fitur pada Mode-Mode Lain

Cara mengatur stopwatch, countdown & alarm pada G-Shock GA-2100
Cara mengatur stopwatch, countdown & alarm pada G-Shock GA-2100. (Image: Casio)

Cara setting jam G-Shock GA-2100 yang paling dasar dan utama pada mode Timekeeping sudah selesai dan CasiOak-mu siap digunakan. Tapi, kalau pada saat penggunaan kamu ingin memanfaatkan fitur lain seperti stopwatch, timer, atau alarm, kamu tinggal memencet TOMBOL C untuk berpindah ke pengaturan antar mode sesuai tabel di atas. Lalu, kamu bisa mengikuti panduan lengkapnya sesuai yang tertera di sini.

Rekomendasi G-Shock GA-2100 Favorit di Jamtangan.com

Pesona G-Shock CasiOak yang desainnya mirip Audemars Piguet Royal Oak emang nggak bisa dibantah. Setelah mengetahui cara setting jam G-Shock GA-2100, nggak heran kalau suatu saat nanti kamu ingin memiliki lagi seri satu ini. Buat yang pengen memperbanyak koleksi GA-2100, nih kami punya rekomendasi tipe-tipe G-Shock GA-2100 yang paling best-seller di Jamtangan.com. Tinggal pilih dan angkut kalau suatu saat pengen nambah!

casio g-shock special colour ga-2100 su1adr black digital analog dial black resin strap

G-Shock Special Colour GA-2100SU-1ADR | Price: Rp1.247.000 | Klik Buat Lihat Spesifikasi

G-Shock Special Colour GA-2100SKE-7ADR

G-Shock Special Colour GA-2100SKE-7ADR | Price: Rp1.217.000 | Klik Buat Lihat Spesifikasi

G-Shock Special Color GA-2100HC-4ADR

G-Shock Special Color GA-2100HC-4ADR | Price: Rp1.211.000 | Klik Buat Lihat Spesifikasi

G-Shock CasiOak GA-2100-5ADR

G-Shock CasiOak GA-2100-5ADR | Price: Rp1.169.000 | Klik Buat Lihat Spesifikasi

G-Shock Special Color GA-2100FR-5ADR

G-Shock Special Color GA-2100FR-5ADR | Price: Rp1.337.000 | Klik Buat Lihat Spesifikasi

YUK, LIHAT KOLEKSI LENGKAP G-SHOCK GA-2100 LAINNYA DI SINI!

Categories: Info & Tips, Uncategorized