Mengenal Lebih Dalam Diver’s Watch  ISO 6425

Diver’s Watch ISO 6425
Diver’s Watch ISO 6425

Jam tangan penyelam atau diver’s watch memiliki standar internasional yang harus dipenuhi. Sebelum diver’s watch layak digunakan untuk penyelaman, harus melewati beberapa persyaratan yang ditetapkan standar internasional ISO 6425:2018. 

Persyaratan tersebut berkaitan dengan visibilitas, water dan shock resistance, indikator waktu penyelaman, dan sebagainya. Koleksi yang bertuliskan “DIVER’S” pada dial atau caseback  telah memenuhi persyaratan ISO 6425:2018 dan telah diuji secara individual di dalam air pada tekanan yang setara dengan 125% dari spesifikasi kedalaman jam tangan.

Simak terus ulasan Minwatch berikut ini mengenai Diver’s Watch ISO 6425 dan juga rekomendasinya!

Seiko Prospex Turtle PADI SRPE99K1 merupakan divers watch ISO 6425.
Seiko Prospex Turtle PADI SRPE99K1 merupakan divers watch ISO 6425.

Mengenal PADI, Organisasi Penyelam yang Berkolaborasi dengan Seiko

SEKILAS TENTANG ISO


ISO (International Organization for Standardization) adalah Federasi dunia dengan anggota berisi badan dari berbagai negara yang bekerja sama untuk menciptakan standar internasional. 

Standar ISO biasanya ditentukan melalui komite teknis ISO. Setiap badan anggota ISO yang memiliki komite teknis, mempunyai hak untuk diwakili dalam komite tersebut. Selain itu, organisasi internasional pemerintah dan nonpemerintah, yang bekerja sama dengan ISO, dapat mengambil bagian dalam proses tersebut.

Logo ISO.
Logo ISO.
Sumber: Wikipedia.org.

Setelah draf standar baru dibuat, draf tersebut diedarkan ke badan anggota untuk pemungutan suara. Publikasi sebagai Standar Internasional membutuhkan persetujuan setidaknya 75% dari badan anggota yang memberikan suara.

7 Rekomendasi Jam Tangan Diving Murah yang Juga Cocok Dipakai Sehari-hari

SEKILAS ISO 6425

Standar ISO 6425, pertama kali diterbitkan pada tahun 1982, untuk menentukan syarat minimum yang harus dipenuhi oleh setiap jam tangan yang dirancang untuk menyelam di laut pada kedalaman minimal 100 meter. Pembaruan syarat terbaru diterbitkan pada tahun 2018.

label “Diver’s” standar ISO 6425
Pada umumnya, jam tangan yang memenuhi standar ISO 6425 mempunyai label “Diver’s” pada dialnya.

Standar ini dibuat untuk membedakan jam tangan yang cocok untuk menyelam dengan jam tangan yang hanya tahan air dan tidak cocok untuk menyelam. Hanya jam tangan yang memenuhi persyaratan standar pengujian yang akan diberi label “DIVER’S L m” atau “DIVER’S WATCH L m” (di mana “L” menunjukkan spesifikas angka kedalaman penyelaman terukur dalam satuan meter). 

Namun tidak sedikit pula divers watch ISO 6425 yang tidak mencantumkan label “DIVER’S”, dan hanya menyebutkan tulisan “Water Resist” yang diikuti angka kedalaman dalam satuan meter, namun secara spesifikasi jam tersebut memenuhi ISO.

Industri jam tangan masih jauh dari kata mati. Tak terkecuali segmen diver watch yang selalu populer dari tahun ke tahun. Bahkan akhir-akhir ini, mulai muncul sebuah tren reissue/peluncuran ulang berbagai model jam tangan vintage dari bermacam-macam produsen jam tangan, baik itu perpaduan dari elemen-elemen diver watch yang sudah ada maupun modernisasi dari model diver watch vintage. 

MEKANISME PENGUJIAN DIVER’S WATCH ISO 6425

Untuk memenuhi persyaratan ISO 6425 dan menyandang sebutan “DIVER’S”, jam tangan harus menyertakan beberapa fitur khusus dan lulus beberapa pengujian khusus. Beberapa  brand melakukan pengujian ISO pada setiap produk jam tangan penyelamnya. Sementara itu terdapat beberapa brand lain yang melakukan pengujian ISO hanya pada sebagian jam tangan penyelam yang diproduksi (pengujian berdasarkan tipe atau batch produksi).

FITUR & KRITERIA DASAR DIVER’S WATCH ISO 6425

Diver’s Watch ISO 6425 harus mudah dibaca dari jarak 25cm
Diver’s Watch ISO 6425 harus mudah dibaca dari jarak 25cm dan mudah dibaca dikondisi minim cahaya.

Jam tangan apa pun yang menyandang sebutan “DIVER’S” harus menyertakan fitur berikut dan memenuhi kriteria berikut:

1. INDIKATOR WAKTU

Harus memiliki indikator waktu penyelaman dengan skala menit hingga 60 menit dan setiap 5 menit harus ada indeks, contohnya bezel berputar searah atau tampilan digital. Fungsi dari skala menit pada bezel ialah sebagai pengukur durasi waktu menyelam. Penyelam harus selalu sadar dengan durasi waktu menyelam dan harus segera naik ke permukaan sebelum durasi oksigen habis. Oleh karena itu, fungsi bezel menit sangat krusial bagi keselamatan penyelam.

Bezel berputar searah dengan klik untuk melindungi rotasi bezel yang tidak disengaja. Jarum jam serta indikator angka pada dial atau tampilan digital harus ada pada setiap 1 jam (untuk analog) serta mudah dibaca dan berukuran besar. 

Baca juga : Ini Arti Water Resistant pada Jam Tangan

2. MUDAH DIBACA DALAM CAHAYA MINIM

Harus bisa dibaca di dalam kegelapan, bisa dengan lume atau lampu pada jam tangan digital. Seluruh indikator waktu harus dapat dibaca pada jarak 25 cm (9,8 inci) dalam gelap untuk memastikan jam tangan tetap menyala, setidaknya hingga 180 menit setelah terpapar cahaya.

Selama beberapa tahun terakhir, diver’s watch mendapat animo yang tinggi di antara para kolektor dan pencinta jam tangan. Berbagai brand pun berlomba menciptakan jam tangan diver terbaik, sebut saja Seiko, G-Shock, Spinnaker, Oris, hingga Citizen.

PENGUJIAN DIVER’S WATCH ISO 6425

Setiap jam tangan penyelam atau beberapa jam tangan penyelam yang diuji, harus lulus uji ketahanan air berikut:

1. Uji Tekanan Air 

Jam tangan direndam kedalam wadah air yang bertekanan tinggi. Tekanan air yang digunakan merupakan 125% dari tekanan air yang tertera pada spesifikasi jam. Kemudian jam diuji selama satu menit dan dibiarkan selama dua jam.Setelah dibiarkan selama dua jam, tekanan air dikurangi menjadi 0,3 bar dalam satu menit. Lalu jam tangan diuji pada tekanan ini selama satu jam. Jam tangan kemudian dikeluarkan dari air dan dikeringkan. 

Uji tekanan tersebut dilakukan dalam air statis (diam). Contohnya, jam tangan dengan spesifikasi kedalaman 300 meter (30 atm) dianggap lulus uji tekanan air jika jam tetap utuh dan menyala ketika diletakan di bawah air statis bertekanan 37,5 atm (375 meter)

Setiap jam tangan penyelam akan di test sesuai standar ISO
Setiap jam tangan penyelam akan di test sesuai standar ISO

2. Uji Kondensasi 

Jam tangan diletakkan di atas pelat yang dipanaskan pada suhu antara 40°C dan 45°C hingga jam tangan mencapai suhu yang sama. Kaca jam tangan kemudian ditetesi air yang mempunyai suhu 18°C ​​hingga 25°C. 

Setelah satu menit, kaca dilap hingga kering. Kaca diperiksa apakah ada tanda-tanda kondensasi (mengembun), yang mengindikasikan kelembaban (intrusi air) di dalam jam tangan.

Memahami Fungsi Bezel Pada Diver’s Watch

3. Ketahanan Terhadap Medan Magnet

Jam tangan mekanik akan diuji di 3 posisi berbeda,sedangkan untuk jam tangan quartz diuji hanya di 1 posisi yang sama. Keduanya didekatkan ke medan magnet arus searah 4800 A/m. Jam tangan tidak boleh mati selama pengujian dan jam tangan mekanik harus menjaga akurasinya hingga ± 30 detik/hari.

4. Ketahanan Terhadap Guncangan

Jam tangan akan diuji dengan dua arah guncangan (satu di sisi jam 9,  dan satu tegak lurus ke dial jam tangan) ujian ini merupakan simulasi  jatuh dari jarak 1 meter ke lantai kayu. Uji guncangan ini memakai  palu pendulum dengan jumlah energi yang terukur (Contohnya: palu 3 kg dengan kecepatan benturan 4,43 meter per detik). Jam tangan harus menjaga akurasinya hingga ± 60 detik/hari (mekanik) dan ±2 detik/hari (quartz) yang diukur sebelum pengujian.

Baca juga : Fitur Seiko LumiBrite, Material Jam Tangan Glow in The Dark

5. Ketahanan Terhadap Air Asin

Jam tangan  direndam dalam larutan natrium klorida 30 g/l  (kadar salinitas disamakan dengan air laut normal) dan disimpan di sana selama 100 jam pada suhu 18 °C hingga 25 °C. Setelah tes ini, case jam dan bracelet/strap dicek kondisinya. Bagian yang bergerak, terutama bezel yang berputar akan dicek fungsionalitasnya.

Pengujian bisa juga hanya memakai sampel dari beberapa batch produksi.
Pengujian bisa juga hanya memakai sampel dari beberapa batch produksi.

6. Ketahanan Terhadap Perubahan Suhu Mendadak

Jam tangan ditempatkan pada suhu -20°C di udara selama 60 menit. Setelah didiamkan pada suhu ruang selama 30 menit, kemudian diletakkan kembali pada suhu 60°C di udara selama 60 menit. Setelah itu, dalam waktu 5 menit jam tangan tersebut direndam dalam air bersuhu 2°C lalu didiamkan selama 60 menit. Jam tangan harus bisa mempertahankan akurasi dan berfungsi normal.

Apa yang Dimaksud Helium Valve Pada Jam Tangan Diver? Simak Ulasannya Berikut Ini.

7. Uji Di Bawah Air

Jam tangan direndam di dalam air hingga kedalaman 30cm selama 48 jam pada suhu 18°C sampai 25°C. Selama direndam, semua mekanisme harus terus berfungsi dengan baik. 

8. Ketahanan Terhadap Impak Eksternal 

Strap atau bracelet jam tangan yang diuji dengan impak 200 N (setara beban impak 45 pound), impak tersebut diuji ke setiap batang spring bar secara berlawanan arah. Jam tangan kemudian diperiksa untuk memastikan tidak ada kerusakan yang terjadi.

9. Pengujian Campuran Gas (Saturasi)

Diver’s Watch ISO 6425 memerlukan pengujian tambahan khusus untuk jam tangan yang ditujukan untuk saturation diver (penyelaman dalam yang melibatkan paparan jangka panjang oleh campuran gas Helium/Oksigen). Biasanya jam tangan selam yang ditujukan untuk penyelaman saturasi ini mempunyai spesifikasi ketahanan air di atas 300m.

Pada kesempatan kali ini Minwatch akan memberikan info mengenai ciri-ciri jam tangan anti air yang mempunyai kualitas baik dan cocok digunakan untuk para diver profesional. Untuk kebutuhan menyelam, kamu harus memiliki jam tangan yang tak hanya tahan air, namun kuat terhadap tekanan air di bawah laut, sehingga tidak akan membuat jam tangan cepat rusak.

REKOMENDASI DIVER’S WATCH ISO

Berikut adalah 5 rekomendasi jam tangan selam (diver watch) yang memenuhi standar ISO 6425:

1. Seiko Prospex SRPG57K1 Save The Ocean Penguin Monster 

Seiko Prospex SRPG57K1 merupakan line dari Prospex Save The Ocean Penguin Monster. Hadir dengan warna white blue ice dan dial dengan tekstur jejak kaki Pinguin, jam tangan ini  memiliki fungsi penunjuk jam, menit, detik, berikut hari dan tanggal pada penunjuk jam 3. Jam tangan ini merupakan diver’s watch yang sudah memenuhi standar ISO 6425 dengan kedalaman hingga 200 meter. 

Hadir dengan movement automatic dengan calibre 4R36,dengan akurasi -35 hingga +45 detik per hari. Jam tangan ini juga memiliki power reserve selama 41 jam, dengan LumiBrite pada penunjuk jam dan menit berikut Indexes Markers. Kamu bisa mendapatkan Seiko Prospex SRPG57K1 dengan harga paling bersaing di Rp4.906.000. Jam tangan penyelam ini cocok untuk kamu para penyelam profesional.

Seiko Prospex SRPG57K1.
Seiko Prospex SRPG57K1.
Sumber: Jamtangan.com.

Seiko Diver merupakan jam tangan produksi Seiko yang diciptakan khusus untuk memenuhi kebutuhan profesional khususnya untuk kegiatan diving. Segala fitur yang diperlukan untuk diving, dapat dilakukan oleh Seiko Diver. 

Seiko Diver, Sejarah Panjang Sang Tsunami

2. Orient M-Force RA-AC0L08Y Mechanical Sports Men Orange Dial Stainless Steel Strap

Orient M-Force RA-AC0L08Y merupakan koleksi Orient dari lini M-Force. Lini M-Force sendiri sudah 25 tahun menjadi andalan Orient, memiliki simbol M yang berarti Mechanical, Massive, Maverick. Hadir memikat dengan dial berwarna orange terang, melambangkan kekuatan bumi dengan mengekspresikan lava panas. Jam tangan ini sudah dilengkapi dengan fungsi water resistance sedalam 200 meter yang sudah memenuhi standar ISO 6425.

Hadir dengan diameter 45 mm dan ketebalan 13mm, jam tangan ini sudah dilengkapi dengan Luminous Light, dan sapphire crystal glass dengan anti reflektif coating. Ditenagai dengan in-house movement calibre F6727, yang dirancang khusus untuk M-Force untuk meningkatkan ketahanan terhadap guncangan. Jam tangan ini hadir dengan harga Rp6.825.000, cocok untuk kamu yang menyukai petualangan laut maupun darat.

Orient M-Force RA-AC0L08Y.
Orient M-Force RA-AC0L08Y.
Sumber: Jamtangan.com.

Mungkin sangat umum bagi kamu untuk melihat jam tangan mewah palsu, seperti Rolex, Patek Philippe, Audemars Piguet dan berbagai brand lainnya. Namun jam tangan entry level seperti Orient juga menjadi incaran pemalsu dengan ciri yang dibuat dengan begitu mirip. Penting untuk kamu mengetahui cara membedakan jam tangan orient yang asli dan model palsu.

Review Jam Tangan Orient Ray II, Dive Watch Affordable Paling Worth It!

3. Tissot Seastar 1000 T120.210.11.041.00 Blue Dial Stainless Steel Strap

Divers watch berikutnya yang memenuhi standar ISO 6425 adalah Tissot Seastar 1000 T120.210.11.041.00 dengan water resistance sedalam 300 meter. Jam tangan ini menggunakan movement Swiss Quartz ETA F05.412, memiliki akurasi ±10 detik per tahun dengan frekuensi 32,768 Hz sehingga termasuk dalam movement high accuracy quartz. 

Pada bagian case, Tissot Seastar 1000 T120.210.11.041.00 menggunakan material stainless steel 316L yang umumnya digunakan untuk memproduksi jam tangan stainless steel mewah. Jam tangan ini memiliki dial berwarna biru silver dengan sapphire crystal glass dengan anti reflektif coating. Jam tangan ini dibanderol dengan harga Rp5.701.000. Sangat fungsional untuk menemani kamu menyelam, dan juga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas lainnya.

Tissot Seastar 1000 T120.210.11.041.00.
Tissot Seastar 1000 T120.210.11.041.00.
Sumber: Jamtangan.com.

Tissot Seastar 1000 Powermatic 80

Baca juga : Review Jam Tangan Tissot PRX Dengan Nuansa Retro Tahun 1970-an

4. Mido Ocean Star M026.830.17.421.00 Tribute Red Gradient Dial Black Rubber Strap

Mido Ocean Star M026.830.17.421.00 merupakan tribute dari koleksi Ocean Star, dengan menginterpretasikan kembali estetika dari model penyelaman di tahun 1960-an. Diver watch dari Mido ini sudah memenuhi kriteria ISO 6425, dengan kedalaman 200 meter. Hadir dengan automatic movement calibre 80 (ETA C07.621) dengan power reverse hingga 80 jam. 

Hadir dengan tropical rubber strap berwarna hitam yang begitu unik dengan teksturnya, menambah estetika dari jam tangan penyelam ini. Kamu bisa dapatkan jam tangan Mido Ocean Star M026.830.17.421.00 dengan harga Rp14.926.000. Tampilan kamu akan penuh dengan kemewahan bersama Mido Ocean Star.

Mido Ocean Star M026.830.17.421.00.
Mido Ocean Star M026.830.17.421.00.
Sumber: Jamtangan.com.
Baca juga : MIDO Ocean Star GMT Special Edition: Gaya Elegan yang Versatile

Review Mido  Ocean Star, Dive Watch Titanium Paling Tangguh

5. Citizen Promaster NY0111-11E Divers 200M Black Dial Black Rubber Strap

Citizen Promaster NY0111-11E merupakan jam tangan penyelam yang sudah memenuhi standar ISO 6425. Hadir dengan kedalaman 200 meter, jam tangan ini memiliki movement automatic dengan calibre 8203. Memiliki case dengan material stainless steel, dan rubber strap khas diver’s watch, jam tangan ini akan membuat tampilan kamu begitu sempurna. Dilengkapi dengan luminous pada penunjuk jam, menit dan detik, berikut bezel pada penunjuk jam 12. 

Citizen Promaster NY0111-11E hadir dengan dial berwarna hitam dengan tampilan jam dan waktu di penunjuk jam 3. Jam tangan ini juga memiliki power reserve yang dapat bertahan hingga 40 jam lamanya. Kamu bisa dapatkan Citizen Promaster NY0111-11E dengan harga Rp3.521.000, dan sempurnakanlah tampilan kamu!

Citizen Promaster NY0111-11E.
Citizen Promaster NY0111-11E.
Sumber: Jamtangan.com.

Mengenal Eco-Drive dari Citizen

Citizen Promaster Land Toyota JW0104-51E termasuk salah satu generasi penerus jam tangan ana-digi dari Citizen. Dengan tampilan yang sporty, jam tangan ini punya cukup banyak fitur, antara lain stopwatch, timer, perpetual calendar hingga UTC display. 

Semua jam tangan ini memiliki fitur-fitur yang memenuhi persyaratan standar ISO 6425 dan memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, kelima jam tangan penyelam tersebut juga memiliki desain yang elegan dan kualitas yang luar biasa. Kamu bisa dapatkan selengkapnya di Jamtangan.com!

Referensi: https://www.iso.org/standard/66517.html

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Jam Tangan Pria Terlaris Tahun 2022

Deretan Jam Tangan Pria Terlaris di Tahun 2022

Next Article
King Seiko 39mm Bernuansa Vintage

Deretan King Seiko 39mm Bernuansa Vintage, Cara Instan Tampil Lebih Elegan

Related Posts
Total
0
Share