Review Jam Tangan Orient Ray II, Dive Watch Affordable Paling Worth It!

Review Jam Tangan Orient Ray II
Review Jam Tangan Orient Ray II

Berbicara soal dive watch, brand jam tangan apa nih yang biasanya terlintas di pikiranmu? Mungkin banyak yang terlintas akan Rolex Submariner yang memang sudah melegenda. Rolex Submariner memang memiliki harga yang fantastis, tapi kamu tidak perlu khawatir kalau ingin memiliki dive watch yang harganya sangat affordable. Yup, jawabannya adalah Orient Ray II FA002004B9! Jam tangan ini memiliki kualitas yang bagus dan menawan. Yang menariknya, Orient Ray II FA002004B9 juga memberikan kualitas dive watch seutuhnya tanpa bikin kantong dan dompet kering.

Mungkin sangat umum bagi kamu untuk melihat jam tangan mewah palsu, seperti Rolex, Patek Philippe, Audemars Piguet dan berbagai brand lainnya. Namun jam tangan entry level seperti Orient juga menjadi incaran pemalsu dengan ciri yang dibuat dengan begitu mirip. Penting untuk kamu mengetahui cara membedakan jam tangan orient yang asli dan model palsu.

Penasaran dengan spesifikasi dan keunggulan lainnya dari dive watch yang satu ini? Mari kita review jam tangan Orient Ray II bersama Minwatch berikut ini!

Orient Ray II FA002004B9.
Orient Ray II FA002004B9.
Sumber: Millenarywatches.com.

Sejarah Singkat Jam Tangan Orient Ray II

Orient merupakan jam tangan asal Jepang yang ternyata sudah berdiri sejak tahun 1950. Orient sering dipuji dan mendapat apresiasi karena kualitas jam tangannya yang tinggi dan harganya yang terjangkau. Orient Ray II adalah salah satu contoh koleksi yang best seller di pasaran. Dibanderol dengan harga Rp3,4 jutaan dive watch satu ini masuk dalam kategori affordable dive watch. 

Orient Ray II FA002004B9 memiliki tampilan dive watch dengan perpaduan warna monokrom yaitu warna hitam dan putih, terbuat dari stainless steel, memiliki unidirectional bezel, desain yang sporty, dan mudah dibaca.

Meskipun harganya terjangkau, namun meskipun harganya terjangkau, kualitasnya cukup baik di kelasnya. Jam tangan ini dibekali dengan automatic movement, dilengkapi water resistance hingga 200 meter, dan memiliki calibre  F6522 yang banyak digunakan pada jam tangan Orient premium. Jam tangan satu ini patut diberi 2 jempol soal kualitasnya.

Orient Bambino: Dress Watch Affordable Masa Kini

Orient Ray II FA002004B9 Overview.
Orient Ray II FA002004B9 Overview.
Sumber: Twobrokewatchsnobs.com.

Stainless Steel Case Pada Jam Tangan Orient Ray II

Selanjutnya, mari kita selami review jam tangan Orient Ray II pada bagian case. Jam tangan Orient Ray II hadir dengan kode referensi FAA02004B. Memiliki casing stainless steel dengan tampilan sporty, dive watch ini berdiameter 41,5mm dan ukuran lug-to-lug sebesar 47mm. Memiliki desain case yang identik dengan dive watch pada umumnya, jam tangan ini lekat dengan tampilan yang sporty. Brushed lugs pada Orient Ray II FA002004B9 membuat tampilannya begitu macho ditambah dengan pelindung crown dan screw-down crown

Orient Ray II FA002004B9 memiliki case yang proporsional dengan brushed lugs kontras yang memperlihatkan kualitas menawan. Jam tangan ini memiliki ketebalan sebesar 13mm, dengan angle lugs yang mungkin nampak sedikit miring ke bawah. Namun jangan salah, angle dengan kemiringan ini dapat melekat di pergelangan tangan kamu dan membuatnya terasa lebih nyaman. Lugs ini juga membuat tampilan jam tangan Orient Ray II FA002004B9 nampak seperti jam tangan sport. Dengan screw-down crown dapat dipastikan jam tangan ini dapat menahan air saat digunakan saat menyelam.

Orient Mako dan Ray merupakan model jam tangan Orient yang termasuk paling populer. Dengan estetika diver watch yang tetap elegan membuat baik Mako maupun Ray menjadi pilihan banyak penggemar jam tangan mekanikal yang mencari jam tangan sporty yang terjangkau.

Orient Ray II FA002004B9 Bracelet.
Orient Ray II FA002004B9 Bracelet.
Sumber: Millenarywatches.com.

Seperti dive watch pada umumnya, Orient Ray II FA002004B9 dilengkapi dengan unidirectional rotating bezel, dengan black aluminium insert dan luminous pip pada penunjuk jam 12 yang akan membantu kamu dapat melihat jam tangan saat keadaan minim cahaya. Orient Ray II FA002004B9 dilindungi dengan sapphire crystal, sehingga akan membuat jam tangan ini sangat kuat, tahan gores dan ketahanan dari benturan.

Baca juga : Review Jam Tangan Orient Ray II, Dive Watch Affordable Paling Worth It!

Jam tangan ini memiliki ornamen indeks penunjuk waktu yang memukau pada bagian case, dimana setiap 15 menit ditandai dengan ikon persegi panjang kecil. Selain itu terdapat skala menit pada bezel di setiap 10 menit yang dicetak menggunakan angka mulai dari 10, 20, 30, 40 dan 50.

Bagian tepi bezel dari jam tangan ini memiliki ornamen berupa lekukan seperti tepian uang logam yang bergerigi di setiap menitnya, yang memudahkan kamu untuk memegang dan mengoperasikan jam tangan ini. Ditambah lagi pada setiap 10 menit dari tepian bezel ini juga memiliki ”notches” berupa lekukan dengan ukuran yang lebih besar dari gerigi menit.

Orient Neo Classic Sports Collection: Tampil Sporty dan Colorful

Orient Ray II FA002004B9 Case.
Orient Ray II FA002004B9 Case.
Sumber: Millenarywatches.com.

Pada sisi caseback, kamu dapat melihat betapa kokohnya jam tangan ini, yang membuat kamu dapat merasa aman dari kemasukan air saat beraktivitas. Casebacknya memiliki keamanan terhadap kebocoran air, tentu saja karena karena mekanismenya screw back sehingga cukup kuat menahan air sampai 200 meter. Pada bagian caseback kamu dapat melihat logo lumba-lumba yang merupakan ikon baru dari jam tangan Orient. 

Orient Ray II FA002004B9 Caseback.
Orient Ray II FA002004B9 Caseback.
Sumber: Jamtangan.com.

Satu Minggu bersama Orient Envoy

Dial Hitam Pada Jam Tangan Orient Ray II

Dial merupakan bagian jam tangan yang paling menarik perhatian. Untuk itu, review jam tangan Orient Ray II berikutnya akan membahas dial jam tangan ini. Orient Ray II FA002004B9 memiliki semua karakteristik dan ciri ikonik dari jam dive watch. Jam tangan ini memiliki dial hitam dengan sentuhan sedikit matte yang dapat terlihat mengkilap dari beberapa sudut. Yang menakjubkan, apabila kamu membawanya keluar ruangan dan di bawah sinar matahari, kamu dapat menikmati tekstur yang kaya dan beragam dari jam tangan ini.

Orient Ray II FA002004B9 memiliki indeks berbentuk lingkaran setiap 5 menit (kecuali pada angka 3, 6, dan 9). Setiap ikon bingkai chrome serta memiliki luminova yang dapat bersinar dalam kegelapan. Pada penunjuk jam 3 terdapat day and a date window dengan metal frame yang mengelilinginya. Penanda hari Minggu dicetak dengan warna merah dan hari lainnya dengan warna hitam.

M-Force, Diver Watch Sejati dari Orient

Orient Ray II FA002004B9 Tampilan Kalender.
Orient Ray II FA002004B9 Tampilan Kalender.
Sumber: Millenarywatches.com.

Jarum penunjuk jam dan menit terdapat luminova dan memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga dapat memudahkan kamu untuk membaca waktu. Pada jarum penunjuk detik terdapat segitiga merah di bagian atasnya yang menciptakan kontras dengan dial monokrom.

Logo Orient terpampang dengan jelas di atas penunjuk jam 12 dengan teks Orient tercetak di bawahnya, dan tepat dibawahnya ada tulisan “Automatic”. Di bagian bawah juga terdapat tulisan “water resist” dan ”200m”.

Dress Watch Orient: Jam Tangan Klasik Dengan Harga Kompetitif

Orient Ray II FA002004B9 Dial.
Orient Ray II FA002004B9 Dial.
Sumber: Jamtangan.com.

Automatic Mechanical Movement Pada Jam Tangan Orient Ray II: Movement

Berbicara soal review jam tangan, kurang lengkap bila tak membahas dari segi movement.   Orient Ray II FA002004B9 memiliki automatic mechanical movement yang merupakan movement inhouse Orient. Memiliki calibre F6522 yang merupakan fungsi umum yang dimiliki oleh jam tangan premium dengan automatic movement. Selain itu movement jam tangan ini memiliki 22 jewels dengan power reverse selama 40 jam. Movement calibre F6522 ini mempunyai akurasi +25 sampai -15 detik per hari. 

Untuk kamu yang penasaran dengan jam tangan Orient Bambino, cek review jam tangan Orient Bambino secara lengkap di sini. Orient Bambino sudah menjadi koleksi best seller dari Orient. Brand asal Jepang ini menghadirkan dress watch kekinian yang memukau. Seperti apa selengkapnya? Simak terus ulasan Minwatch berikut ini.

Orient Ray II FA002004B9 Sisi Samping.
Orient Ray II FA002004B9 Sisi Samping.
Sumber: Jamtangan.com.

Stainless Steel Bracelet Jam Tangan Orient Ray II

Orient Ray II FA002004B9 memiliki bracelet dengan material stainless steel dengan ukuran 20mm. Ada beberapa pro and cons mengenai jam tangan ini, karena dirasa terlalu kecil dengan ukuran 20mm yang idealnya adalah 22m untuk dive watch. Ukuran bracelet tersebut membuat kesannya seperti jam tangan yang elegan tapi tidak begitu cocok untuk elegant occasion. Untungnya, kamu bisa mengganti bracelet jam tangan ini lho! Kamu bisa mengganti dengan NATO strap atau dengan leather strap yang halus. 

Baca juga : Inilah 3 Seri Orient yang Rilis pada Anniversary ke-70
Orient Ray II FA002004B9 Bracelet.
Orient Ray II FA002004B9 Bracelet.
Sumber: Jamtangan.com.

Hideo Kato, Leader of Product Design Orient: Menciptakan Keseimbangan Modern dan Klasika

Spesifikasi Jam Tangan Orient Ray II

Orient Ray II FA002004B9 Spesifikasi.
Orient Ray II FA002004B9 Spesifikasi.
Sumber: Jamtangan.com.
  • Series: Orient Sports
  • Case Thickness: 13mm
  • Case Diameter: 41,5mm
  • Lug-to-lug: 47mm
  • Jewels: 22
  • Water resistance: 200m
  • Warna: Hitam
  • Power reserve:  40 jam
  • Movement: Caliber F6522, Automatic. 

Gimana dengan  review jam tangan Orient Ray II diatas, apakah kamu tertarik untuk mengoleksi jam tangan ini? Kamu bisa dapatkan jam tangan Orient Ray II di Jamtangan.com dengan harga bersaing dan affordable. Tersedia dalam dua pilihan warna yaitu dial hitam (Orient Ray II FAA02004B) dan  dial biru (Orient Blue Ray II FAA02005D). Kamu bisa miliki dive watch berkualitas ini cukup dengan mengeluarkan uang Rp3,4 jutaan. Beli jam tangan di Jamtangan.com dijamin ori dengan harga bersaing!

Rekomendasi Jam Tangan Pria Anti Air : 10 G Shock Terbaru

Oleh: Rahel Humillang

Referensi:

https://millenarywatches.com/orient-ray-ii-fa002004b9-review/

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Jam Tangan Richard Mille Termahal

10 Jam Tangan Richard Mille Termahal

Next Article
luxury watch

16 Brand Luxury Watch yang Harus Kamu Tahu!

Related Posts
Total
0
Share