Pentingnya ISO Jam Tangan Anti Magnetic ISO 764

ISO Jam Tangan Anti Magnetic ISO 764
ISO Jam Tangan Anti Magnetic ISO 764

Jam Tangan Anti Magnetic ISO 764 mempunyai peran yang penting khususnya pada jam tangan. Banyak bagian pada jam tangan yang menggunakan logam dengan kandungan besi, karena itu akurasi jam tangan dapat berpengaruh apabila terpapar dengan medan magnet yang besar, karena medan magnet mempunyai sifat untuk menarik besi. Jika hal tersebut terjadi, maka fungsi jam tangan akan menjadi rusak. Karena itulah hadir standar ISO 764 untuk jam tangan anti magnetik. Simak lebih jauh ulasan Minwatch mengenai pentingnya ISO pada jam tangan anti magnetic ISO 764 berikut ini!

Omega Seamaster Master Chronometer 160.000 Gauss Antimagnetic.
Omega Seamaster Master Chronometer 160.000 Gauss Antimagnetic.
Sumber: Monochromewatches.
Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Diver’s Watch  ISO 6425

ISO 764 Jam Tangan Anti Magnetik

Jam tangan anti magnetic ISO 764 adalah jam tangan yang memiliki standar internasional untuk memastikan bahwa jam tangan tersebut memiliki tingkat anti magnetik yang memadai. Ini berarti bahwa movement jam tangan tersebut tidak akan terpengaruh oleh medan magnet yang mungkin menyebabkan jam tangan menjadi tidak akurat. Karena biasanya apabila jam tangan mekanik terpapar medan magnet yang kuat dalam kurun waktu tertentu, maka akan mengganggu komponen jam tangan.

Berdasarkan ISO 764 atau DIN 8309 (Deutsches Institut für Normung – German Institute for Standardization), standar ISO 764 memastikan bahwa jam tangan anti magnetik harus memiliki tingkat anti magnetik minimum 4.800 A/m. Jam tangan dengan standar ISO 764 harus menjaga akurasinya kurang lebih hingga 30 detik/hari seperti yang diukur sebelum pengujian agar diakui sebagai jam tangan tahan magnet. 

Ini berarti bahwa jam tangan anti magnetik harus mampu bekerja dengan akurat meskipun terpapar dengan medan magnet yang cukup kuat. Walaupun case jam tangan dengan ISO 764 terbuat dari material stainless steel (yang notabenenya dapat ditarik medan magnet), namun akurasinya akan tetap terjaga sehingga dapat dikatakan sebagai jam tangan anti magnetik. Standar ini juga menetapkan bahwa jam tangan harus memiliki tingkat anti magnetik yang memadai selama pemeriksaan dan setelah pemeriksaan, sehingga memastikan bahwa jam tangan tetap memiliki tingkat anti magnetik yang memadai sepanjang waktu.

Bertahan dari Gangguan Magnet: Antimagnetisme Jam Tangan

Logo ISO.
Logo ISO.
Sumber: Iso.org.

Dua Cara untuk Membuat Jam Tangan Anti Magnetik

Ada dua cara yang biasanya dilakukan oleh para produsen jam tangan, untuk membuat jam tangan anti magnetik. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan material yang tidak sensitif terhadap medan magnet.

Cara ini merupakan cara pertama yang sudah dilakukan oleh para watchmaker sejak tahun 1960, adalah dengan menggunakan material yang tidak sensitif terhadap medan magnet. Terdapat 4 paduan material yang biasanya digunakan, yaitu paduan material Invar, Glucydur, Nivarox dan Elinvar. 

Invar adalah material yang terdiri dari paduan besi, nikel, karbon, dan kromium. Glucydur adalah paduan dari berilium dan perunggu. Nivarox adalah paduan besi, nikel, kromium, titanium, beryllium. Sedangkan Elinvar adalah paduan yang mirip dengan Invar, meskipun kurang tahan terhadap magnet namun lebih tahan terhadap pengaruh termal.

Pada tahun 1960-an, hampir semua jam tangan Swiss menggunakan balance wheel Glucydur yang dikombinasikan dengan hairspring Nivarox. Anchor, escape wheel, dan komponen lainnya juga terbuat dari logam atau paduan anti magnetik.

Baca juga : Jam Tangan Mechanical Punya 4 Pantangan
Jam tangan yang menggunakan glucydur pada movementnya.
Jam tangan yang menggunakan glucydur pada movementnya.
Sumber: Calibercorner.com.

2. Menyelubungi movement dengan material yang sangat permeabel, sehingga dapat dilewati oleh medan magnet.

Cara kedua yang dapat dilakukan untuk membuat jam tangan anti magnetik adalah dengan menggunakan material yang permeabel sehingga dapat dilewati oleh medan magnet. Biasanya cara ini digunakan untuk jam tangan yang khusus dibuat untuk ketahanan pada intensitas medan magnet yang cukup tinggi.

Tips Agar Baterai Jam Quartz Awet

Balance wheel yang menggunakan material Nivarox.
Balance wheel yang menggunakan material Nivarox.
Sumber: Watchesandculture.org.

Swiss dikenal sebagai negara penghasil jam tangan terbaik di dunia. Jam tangan buatan Swiss memiliki daya tarik dan kelebihannya tersendiri. Mulai dari akurasinya, ketangguhan, dan diakui oleh dunia. Jam tangan swiss-made pun beragam dari model, desain, dan juga movement-nya.

Asal Mula Jam Tangan Anti Magnetik

Asal mula jam tangan anti magnetik berawal pada tahun 1846. Saat itu, Vacheron Constantin merupakan watchmaker brand pertama yang mulai melakukan percobaan untuk membuat jam tangan anti magnetik, dengan menggunakan palladium balance spring. Namun percobaannya saat itu tidak berjalan dengan sukses dan gagal dalam menemukan anti magnetik untuk jam tangan. 

Hal itu disambut oleh Charles Édouard Guillaume yang menemukan paduan material untuk anti magnetik berbasis nikel Invar pada tahun 1896. Namun Vacheron Constantin tidak berhenti saat itu dan terus mencoba berbagai kemungkinan material yang bisa digunakan. Hingga pada tahun 1915 Vacheron Constantin akhirnya berhasil menciptakan jam saku anti magnetik untuk pertama kalinya. 

Hal ini terus berkembang di dunia horologi, berbagai uji coba dilakukan oleh berbagai watchmaker terkemuka. Lalu pada tahun 1920, Charles Édouard Guillaume kembali hadir bertepatan setelah dia menerima Hadiah Nobel Fisika, dia mengembangkan paduan lain untuk jam tangan anti magnetik yaitu dengan menggunakan Elinvar yang membantu terwujudnya perakitan jam tangan anti magnetik. Material paduan Invar dan Elinvar mampu menahan medan magnet, dan menjaga akurasi jam tangan tetap stabil. Kesuksesan ini dilanjutkan oleh Tissot yang pada tahun 1930 hadir sebagai brand yang pertama kali menerapkan anti magnetik pada jam tangan.

5 Hal yang Mempengaruhi Akurasi Jam Tangan Automatic 

Tissot Antimagnetique tahun 1930.
Tissot Antimagnetique tahun 1930.
Sumber: Wahawatches.com.

Saat itu, jam tangan anti magnetik masih belum mainstream untuk kalangan watch enthusiast hingga beberapa dekade kemudian. Hingga pada tahun 1948 Jaeger-LeCoultre dan IWC Schaffhausen untuk pertama kalinya sama-sama memproduksi jam tangan anti magnetik yang menghadirkan koleksi Mark XI. Saat itu jam tangan tersebut dibuat atas permintaan Kementerian Pertahanan Inggris untuk dibuatkan jam tangan bagi para pilot Royal Air Force Inggris. Terdapat beberapa brand yang memproduksi jam tangan militer ini yaitu Buren, Cyma, Eterna, Grana, JLC, Lemania, Longines, IWC, Omega, Record, Timor dan Vertex. Movement pada Mark XI dibalut dalam “sangkar Faraday” non magnetik, sehingga memberikan perlindungan anti magnetik tingkat tinggi.

Tidak lama setelah itu, pada tahun 1954 Rolex menciptakan Milgauss atas permintaan dari para ilmuwan CERN. Milgauss sendiri merupakan jam tangan anti magnetik yang dikembangan Rolex yang membuat jam tangan anti magnetik yang tahan magnet hingga 1.000 gauss. Kemudian Omega dan IWC Schaffhausen turut hadir membuat jam tangan anti magnetik mereka sendiri untuk para profesional yang pekerjaannya berada di sekitar medan magnet yang kuat.

3 Cara Mengecilkan Jam Tangan Rantai Sendiri dengan Alat-Alat di Rumah

1948 IWC Mark XI.
1948 IWC Mark XI.
Sumber: Hodinkee.com.

Menentukan Mata Angin dengan Jam Tangan

Cara Kerja Jam Tangan Anti Magnetik

Medan magnet merupakan penyebab utama yang menjadi faktor negatif terhadap akurasi jam tangan mekanik. Bagian logam yang berada di dalam jam tangan dapat menjadi magnet karena memiliki kandungan besi. Hal yang menjadi prioritas utama dalam pembuatan jam tangan anti magnetik adalah bagian balance spring. Biasanya produsen jam tangan membuat jam tangan anti magnetik dengan mencoba berbagai material untuk balance spring

Mengapa bagian balance spring penting dalam jam tangan anti magnetik? Karena balance spring merupakan bagian dari movement yang merupakan potongan logam yang melengkung, yang berisolasi dengan balance wheel dan bertugas mengatur detak jam tangan. Jadi apabila balance wheel terganggu medan magnet, maka akurasi jam tangan juga akan terganggu.

Jadi saat balance spring menjadi magnet, dia akan menempel dan menjadi lebih pendek, sehingga jarum jam tangan berotasi lebih cepat. Hal ini akan menyebabkan masalah dimana jam tangan bekerja dengan kecepatan yang berbeda dari semestinya sehingga akurasinya terganggu. Karena itu standar jam tangan anti magnetik ISO 764 diperlukan untuk menjaga akurasi jam tangan.

Penggunaan jam tangan memang sudah dikenal sejak abad ke-16. Bahkan hingga kini eksistensi jam tangan masih akan terus ada dengan berbagai fitur dan spesifikasi khusus yang makin memudahkan aktivitas penggunanya.

Movement Omega >15.000 gauss.
Movement Omega >15.000 gauss.
Sumber: Gearpatrol.com.

Mengapa Jam Tangan Anti Magnetik Penting?

Jam tangan anti magnetik sangat penting untuk digunakan saat ini. Walaupun pada tahun 40-an dan 50-an jam tangan anti magnetik hanya diperuntukkan beberapa profesi khusus yang sering berpapasan dengan medan magnet yang kuat. Namun saat ini jam tangan anti magnetik juga tidak kalah penting. 

Tanpa kita sadari, sampai sekarang pun kita hidup disekitar barang elektronik, dimana semua perangkat elektronik bertebaran di sekitar kita seperti smartphone, komputer, tablet, monitor, speaker, peralatan dapur dan sebagainya. Semua perangkat elektronik yang mengelilingi kita saat ini berpotensi menghasilkan medan magnet yang dapat mengacaukan akurasi jam tangan.

Namun jangan khawatir, karena perangkat elektronik saat ini juga sudah tidak terlalu berpotensi untuk mengacaukan akurasi jam tangan kamu. Misalnya medan magnet yang dihasilkan oleh microwave dari jarak satu inci (2.54 cm), hanya sekitar 2 gauss. Perkakas yang menggunakan listrik dari jarak yang sama, akan menghasilkan sekitar 8-10 gauss. 

Walaupun jam tangan anti magnetik bisa melindungi movement jam tangan, namun hal itu juga tidak akan dipastikan akan memberikan akurasi yang selalu stabil dalam jangka waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, beberapa toko jam tangan ada yang menawarkan jasa demagnetisasi sebagai persyaratan servis jam tangan yang direkomendasikan untuk dilakukan secara berkala.

Namun jika kamu ingin menghindari servis jam tangan, jam tangan yang sesuai dengan ISO 764 adalah pilihan yang paling tepat untuk kamu! Jam tangan anti magnetic ISO 764 sudah dipastikan tahan terhadap medan magnet hingga 4.800 A/m, atau sekitar 60 gauss.

Apa itu Quartz Movement?

Jam Tangan Anti Magnetik yang Terkenal

Berikut adalah jajaran jam tangan anti magnetik yang terkenal, yang sudah sesuai dengan ISO jam tangan anti magnetic ISO 764:

1. Sinn EZM 3 (1.000 gauss)

Sinn EZM 3.
Sinn EZM 3.
Sumber: Gearpatrol.com.

Sinn didirikan pada tahun 1961 oleh Helmut Sinn sebagai Helmut Sinn Spezialuhren yang merupakan pemain lama pada industri jam tangan Jerman. Sinn didirikan di Frankfurt dan masih beroperasi di sana sampai sekarang. Pada tahun 1994 Sinn diakuisisi oleh Lothar Schmidt, dan mengganti nama menjadi Sinn Spezialuhren dan fokus pada pengembangan teknologi jam tangan.

2. Omega Seamaster Aqua Terra (>15.000 gauss)

Omega Seamaster Aqua Terra >15,000 Gauss.
Omega Seamaster Aqua Terra >15,000 Gauss.
Sumber: Gearpatrol.com.

Omega Seamaster Diver, Jam Tangannya James Bond

3. Rolex Milgauss (1.000 gauss)

Rolex Milgauss.
Rolex Milgauss.
Sumber: Gearpatrol.com.

Banyak brand jam tangan yang mencantumkan tingkat anti magnetik mereka dalam produknya, tetapi hanya jam tangan yang memenuhi standar ISO 764 yang dapat memastikan bahwa jam tangan sudah memiliki tingkat anti magnetik yang memadai. Jika kamu menginginkan koleksi jam tangan anti magnetic ISO 764 yang lebih terjangkau, kamu bisa cek koleksi dari Jamtangan.com berikut ini!

Mendengar Rolex termurah tentunya akan membuat kamu mengerutkan dahi. Namun ternyata untuk entry level yang ingin mengoleksinya dengan harga yang terjangkau, bisa menengok jajaran lima koleksi dari brand rolex ini. 

Jam Tangan yang Memiliki ISO 764 Anti Magnetik, Hadir di Jamtangan.com

1. Tissot T-Classic T127.407.11.051.00

Tissot T-Classic T127.407.11.051.00.
Tissot T-Classic T127.407.11.051.00.
Sumber: Jamtangan.com.

Tissot T-Classic T127.410.44.081.00 merupakan salah satu koleksi jam tangan titanium dari brand asal Swiss. Jam tangan swiss-made ini memiliki case serta strap berbahan titanium. Dengan case berdiameter 40mm, jam tangan titanium ini cocok digunakan untuk acara formal. Bagian dial-nya yang berwarna abu-abu terlihat simpel sehingga membuat tampilan yang elegan dan mewah.

2. Seiko Prospex SLA042J1

Seiko Prospex SLA042J1.
Seiko Prospex SLA042J1.
Sumber: Jamtangan.com.

Seiko LAND Prospex, Teman Setia Petualang

3. Orient Star RE-AU0301B

Orient Star RE-AU0301B.
Orient Star RE-AU0301B. 
Sumber: Jamtangan.com.
Baca juga : Dress Watch Orient: Jam Tangan Klasik Dengan Harga Kompetitif

4. Mido Ocean Star M026.608.11.041.01

Mido Ocean Star M026.608.11.041.01.
Mido Ocean Star M026.608.11.041.01.
Sumber: Jamtangan.com.

Brand Mido   sudah banyak dikenal oleh watch enthusiasts sebagai jam tangan modern dengan inspirasi dari seni arsitektur dunia. Mido   Ocean star yang merupakan koleksi dive watch Mido  , terinspirasi dari arsitektur mercusuar di lautan Eropa yang mengawasi Selat Gibraltar.

5. Oris Aquis 01-400-7763-4135-07-8-24-09PEB

Oris Aquis 01-400-7763-4135-07-8-24-09PEB.
Oris Aquis 01-400-7763-4135-07-8-24-09PEB.
Sumber: Jamtangan.com.

Oris Aquis Date Calibre 400 : Punya Power Reserve 5 Hari

Jam tangan anti magnetic ISO 764 memastikan bahwa jam tangan memiliki tingkat anti magnetik yang memadai untuk bekerja dengan akurat dan stabil, meskipun terpapar dengan medan magnet yang kuat. Jika kamu bekerja dengan medan magnet atau hanya menginginkan jam tangan yang dapat bekerja dengan akurat sepanjang waktu, carilah jam tangan yang memenuhi standar ISO 764.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai spesifikasi jam tangan anti magnetic ISO 764, kamu bisa cek 5 rekomendasi jam tangan yang memiliki ISO 764 di atas melalui website Jamtangan.com. Jika kamu tertarik untuk memilikinya, kamu bisa cek Jamtangan.com sekarang juga!

Oleh: Rahel Humillang

Referensi:

https://www.iso.org/standard/70610.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Antimagnetic_watch
https://www.gearpatrol.com/watches/a372783/how-anti-magnetic-watches-work/
https://www.timeline.watch/watch/1948-jaeger-lecoultre-mark-xi-ref-6b346/

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Review Cartier Santos de Cartier WSSA0030

Review Cartier Santos de Cartier WSSA0030, Ikon Klasik yang Modern

Next Article
Baume & Mercier Classima

Review Jam Tangan: Baume & Mercier Classima M0A10324 (Blue Dial) & M0A10323 (White Dial)

Related Posts
Total
0
Share