Fitur Seiko LumiBrite, Material Jam Tangan Glow in The Dark

Fitur Seiko LumiBrite
Fitur Seiko LumiBrite

Pengguna jam tangan sering kali mengalami kendala saat kondisi minim cahaya. Maka itu, banyak brand menghadirkan fitur lumi yang membantu di kondisi minim cahaya. Cara kerja fitur ini dengan menyimpan cahaya saat kondisi terang dan kemudian akan aktif bila kondisi sekitar minim pencahayaan, jam ini disebut juga degan nama glow in the dark.

Biasanya, setiap brand jam tangan punya fitur lumi yang berbeda-beda. Pada brand Seiko, material jam tangan glow in the dark disebut dengan LumiBrite. Biasanya fitur ini terdapat pada beberapa series jam tangan Seiko, seperti Seiko Prospex dan Seiko Sports 5.

Kali ini, Minwatch akan menjelaskan fitur Lumibrite yang cukup jadi andalan Seiko serta beberapa rekomendasi series jam tangan Seiko dengan fitur ini.

Kata Luminous sendiri berarti berkilau atau bercahaya. Index dan jarum jam tangan yang dilapisi Luminuous akan menyala di dalam gelap. Ini bakal berguna ketika kamu sedang berjalan di bawah gelap malam ketika berpetualang.

Tentang Seiko LumiBrite

Seiko Prospex SPB097J1 Twilight Blue Limited Edition.
Seiko Prospex SPB097J1 Twilight Blue Limited Edition.
Sumber: https://www.keepthetime.com/blog/seiko-lumibrite/

Istilah LumiBrite bisa kamu temukan pada jam tangan buatan Seiko, fitur Lumibrite ini merupakan merek dagang fitur luminance yang terdapat pada jam tangan. Pada dasarnya, Lumibrite ini merupakan cat pelapis fluoresen yang bisa menyerap dan mengeluarkan cahaya saat kondisi gelap. Cat yang melapisi beberapa material jam tangan ini terbuat dari bahan non-radioaktif dan tidak berbahaya bagi lingkungan maupun manusia sehingga aman digunakan.

LumiBrite ini merupakan material yang ada di bagian hands dan indeks. Setelah terpapar sinar matahari sekitar 2 menit, material jam yang memiliki fitur ini dapat menyala hingga 5 jam. Tingkat lumi cahaya pada fitur ini dipengaruhi juga dengan kondisi sinar mataharinya. Selain itu, kekuatan cahayanya juga akan menurun secara bertahap.

Baca juga : Casio Illuminator Jam Tangan Budget Siap Berpetualang

Kelebihan Fitur LumiBrite Seiko

1. Durasi Cahaya yang Lebih Lama

LumiBrite memiliki durasi cahaya lumi yang lebih lama. Dengan paparan sinar matahari lebih dari 500 lux selama 10 menit, cahaya lumi akan bertahan hingga 3 sampai 5 jam dalam kondisi minim cahaya.

2. Tingkat Kecerahan yang Lebih Kuat

LumiBrite juga memiliki tingkat kecerahan yang lebih kuat setelah menyimpan energi cahaya dari matahari. Hal ini tentunya akan membantu pengguna jam tangan dalam kondisi gelap, karena cahaya lumi yang terang.

3. Material Cat yang Aman dan Ramah Lingkungan

Material yang dilapisi fitur LumiBrite ini dijamin ramah lingkungan karena catnya tidak mengandung zat radioaktif. Maka itu, jam tangan Seiko dengan fitur ini aman untuk manusia maupun lingkungan.

4. Umur Lumi yang Awet

Karena cat lumi terbuat dari bahan anorganik, daya tahan fitur LumiBrite cukup tahan untuk waktu yang lama.

Apa yang Dimaksud Helium Valve Pada Jam Tangan Diver? Simak Ulasannya Berikut Ini.

Rekomendasi Jam Tangan dengan LumiBrite

Setelah tahu apa itu LumiBrite, Minwatch akan merekomendasikan beberapa jam tangan dengan fitur LumiBrite yang bisa jadi referensi. Berikut beberapa series Seiko yang memiliki fitur LumiBrite. Yuk disimak artikelnya!

1. Seiko Prospex SRPH77K1 Baby Tuna

Rekomendasi pertama adalah jam tangan diver Seiko Prospex Baby Tuna. Kelebihan yang dimiliki fitur LumiBrite ini sangat cocok diaplikasikan pada jam tangan diver, salah satunya series Prospex Baby Tuna. Salah satu series-nya yang bisa jadi rekomendasi jam tangan Seiko dengan fitur LumiBrite adalah Seiko Prospex SRPH77K1.

Baca juga : Mengagumi Seiko Prospex “Baby Tuna” Special Edition
Baca juga : Seiko Prospex LX Terinspirasi dari Hutan Misterius Antartika

Seiko Prospex SRPH77K1 merupakan jam tangan diver yang cukup bisa diandalkan. Dengan fitur LumiBrite pada bagian hands dan indeksnya, jam tangan ini bisa menyelam hingga 200 meter. Jam tangan diver ini dibekali kaliber 4R35 yang merupakan movement automatic. Seiko Prospex Baby Tuna ini dibanderol dengan harga Rp4 juta-an saja.

Seiko Prospex adalah sebuah nama dari lini produk brand Seiko. Seiko menjadikan lini prospek sebagai produk jam tangan yang mempunyai fungsi atau spek khususus. 

2. Seiko Prospex SRPE99K1 PADI Turtle

Rekomendasi kedua masih datang dari jam tangan diver, yaitu Seiko Prospex PADI Turtle. Salah satu series-nya bisa jadi referensi jam tangan diver dengan fitur LumiBrite adalah Seiko Prospex SRPE99K1. Jam tangan diver ini bisa dibawa menyelam hingga 200 meter, fitur LumiBrite bisa membantu kamu yang menyukai aktivitas air seperti diving atau snorkeling.

Baca juga : Menyelami Seiko PADI Solar
Baca juga : Mengenal Duo Seiko PADI Special Edition

Untuk spesifikasi lainnya, Seiko Prospex SRPE99K1 memiliki movement automatic dengan kaliber 4R36 yang punya komplikasi hari dan tanggal pada bagian dial-nya. Dengan bezel diver yang bisa diputar satu arah, jam tangan ini cocok untuk para penyelam maupun kolektor jam tangan diver. Salah satu series Seiko Prospex PADI Turtle ini bisa kamu beli dengan harga Rp4 juta-an saja.

Seiko meluncurkan seri Prospex Diver limited edition yang terinspirasi lanskap alam Jepang. Seri tersebut terdiri atas SPB207, SLA047, dan SSC807. Ketiganya merupakan jam tangan penyelam andalan yang dibuat berdasarkan koleksi yang sudah dipercaya penggemar Seiko.

3. Seiko 5 Sports SRPE69K1

Selain jam tangan diver, Seiko juga punya jam tangan bergaya militer yang dilengkapi dengan fitur LumiBrite. Salah satu series Seiko 5 Sports dengan SKU SRPE69K1 bisa jadi pilihan cocok buat kamu yang suka dengan military watch. Fitur LumiBrite-nya sendiri terdapat pada bagian hands dan indeks jam.

Baca juga : Seiko 5 Automatic Pilot SRP615K1
Baca juga : Seiko 5 Sports: Layak Disebut Sebagai Jam untuk Next Generation?

Seiko 5 Sports SRPE69K1 memiliki tampilan all black dengan strap berbahan nilon. Untuk case-nya, jam tangan dengan fitur LumiBrite ini terbuat dari stainless steel dengan ukuran diameter jam 40mm dan tebal 11mm. Salah satu series Seiko 5 Sports ini dibanderol dengan harga Rp3 juta-an.

Pertama kali muncul di tahun 1963, Seiko 5 memang ditujukan untuk segmentasi anak muda dan penggemar jam tangan automatic pemula. Sayangnya, bertahun-tahun setelah rilisnya Seiko 5 seakan tenggelam di balik lini Seiko lainnya.

4. Seiko 5 SRPD61K1

Masih dari deretan Seiko 5 Sports, salah satu koleksinya bisa jadi rekomendasi jam tangan dengan fitur LumiBrite, yaitu Seiko 5 SRPD61K1. Dengan tampilan sporty, jam tangan ini memiliki dial berwarna hijau dengan 3 hands dan indeks jam yang bisa menyala dalam gelap. Material jam tangan glow in the dark ini cukup serasi tampilan dial-nya.

Baca juga : Seiko 5 Sports Rowing Blazers X Limited Edition, Jam Tangan Sporty dan Colorful
Baca juga : Seiko 5 Sports One Piece: Koleksi Buat Penggemar Sejati

Seiko 5 SRPD61K1 ditenagai oleh kaliber 4R36 dengan komplikasi tanggal dan hari pada bagian dial-nya. Untuk ukurannya, jam tangan ini memiliki diameter 42mm dan tebal 13mm. Salah satu series Seiko 5 Sports ini dibanderol dengan harga Rp2 juta-an.

Seiko 5 Sports dikenal oleh pecintanya sebagai lini jam tangan entry-level dari Seiko. Sejarah Seiko 5 Sports sendiri, pada tahun 1963 Seiko awalnya merilis Seiko Sportsmatic 5 atau The Five, kemudian pertama kali menggunakan nama Seiko 5 Sports pada 1968. 

5. Alba Mechanical AL4299X1

Rekomendasi terakhir datang dari brand Alba yang satu grup dengan Seiko. Salah satu series-nya memiliki fitur LumiBrite yang biasanya ada pada jam tangan Seiko, yaitu Alba Mechanical AL4299X1. Bagian hands dan indeks pada jam tangan ini dilapisi cat LumiBrite yang akan menyerap cahaya dan mengeluarkan cahaya saat kondisi gelap.

Baca juga : Apa itu Jam Tangan Mekanikal atau Automatic Movement?
Baca juga : Salah Kaprah Jam Tangan Automatic vs Kinetic

Alba Mechanical AL4299X1 bisa jadi pilihan jam tangan dengan fitur LumiBrite yang terjangkau. Kamu bisa membeli salah satu koleksi Alba Prestige ini dengan harga Rp1 juta-an saja. Jam tangan ini punya tampilan sporty mirip dengan jam tangan diver kebanyakan dengan movement automatic.

Kali ini, Minwatch akan menjelaskan 5 ciri-ciri jam tangan Alba asli. Dengan mengetahui ciri-cirinya, nantinya kamu bisa membedakan antara jam Alba asli dan jam Alba replika

Buat para pecinta brand Seiko, kamu bisa temukan koleksi Seiko yang lengkap di Jamtangan.com. Dapatkan harga jam tangan favoritmu dengan harga terbaik dan promo menarik.

Oleh: Audi Marchal

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
jam tangan chronometer

Mengenal Jam Tangan Chronometer yang Memiliki Akurasi Tinggi

Next Article
Seiko Prospex ‘Arnie’ dan ‘Turtle’

Seiko Prospex ‘Arnie’ dan ‘Turtle’ Special Edition Terbaru Dengan Tampilan Makin Fresh

Related Posts
Total
0
Share