6 Ciri-ciri Jam tangan Orient Asli, Wajib Simak Jangan Terkecoh!

ciri orient asli
ciri orient asli

Mungkin sangat umum bagi kamu untuk melihat jam tangan mewah palsu, seperti Rolex, Patek Philippe, Audemars Piguet dan berbagai brand lainnya. Namun jam tangan entry level seperti Orient juga menjadi incaran pemalsu dengan ciri yang dibuat dengan begitu mirip. Penting untuk kamu mengetahui cara membedakan jam tangan orient yang asli dan model palsu.

Mungkin banyak bertanya-tanya mengapa jam tangan Orient dibuat tiruannya?  Bahkan tidak sedikit juga lho orang-orang yang tidak menyadari bahwa mereka sedang membeli jam tangan palsu. Untuk itu kamu perlu mengetahui 6 ciri-ciri jam tangan Orient asli supaya tidak terkecoh dengan yang palsu.

Jam tangan Orient merupakan salah satu brand jam tangan asal Jepang yang berdiri di Hino, Tokyo, Jepang sejak tahun 1950. Sejak tahun 2001, Orient telah menjadi anak perusahaan Seiko Epson Corporation yang merupakan salah satu dari tiga perusahaan utama milik Seiko Group. Jam tangan Orient dibuat dengan presisi yang tinggi dan desain yang unik. Namun tidak jarang ada pemalsu yang membuat tiruan jam tangan Orient. Tapi jangan khawatir, karena Orient memiliki detail yang fantastis, kamu akan dapat mengetahui perbedaannya dengan mudah. 

Orient Bambino: Dress Watch Affordable Masa Kini

Jam tangan Orient.
Jam tangan Orient.
Sumber: Orient-watch.com.

Ciri-ciri jam Orient Asli

Saat kamu membeli sebuah jam tangan, reflek pertama untuk cek keasliannya adalah dengan melihat detail pada dial dan strap. Namun ternyata beberapa penjual palsu ada juga yang menggunakan material dari produsen yang sama seperti merek asli, yang berarti jam tiruan ini mungkin memiliki kualitas yang sama. Namun jangan khawatir, Minwatch akan mengulasnya secara rinci mengenai ciri-ciri jam tangan Orient yang bisa kamu cek berikut ini.

Rahasia Populernya Orient Mako dan Ray

1. Dial

Melihat dial bisa jadi salah satu hal tercepat yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui ciri jam tangan Orientyang asli. Kamu bisa melakukan pengecakkan elemen dan material yang digunakan apakah sudah sesuai dengan spesifikasi aslinya. Seperti gambar dibawah ini, adalah ciri Orient yang palsu. Sekilas mungkin tampak serupa, namun kamu perlu melihat detail dari perbedan-perbedaan yang ada. 

Orient Tristar Palsu.
Orient Tristar Palsu.
Sumber: Romeoswatches.com.

Untuk mengetaui ciri jam tangan Orient palsu, kamu bisa membaca tulisan kecil di bagian bawah dial.  Contohnya jam tangan Orient palsu untuk koleksi Tristar tertulis Crystal Jewels dibawah ukiran tiga bintang. Sedangkan jam tangan Orient koleksi Tristar yang asli hanya terdapat tulisan “water resistant” dibawah ukiran tiga bintang.

Salah satu brand populer dari Jepang ini punya series jam tangan penyelam yang cukup menarik, yaitu Orient Star RE-AU0301BSalah satu koleksi milik Orient Star ini bisa jadi referensi jam tangan automatic yang cocok untuk dipakai menyelam.

Orient Tristar Asli.
Orient Tristar Asli.
Sumber: Orientwatchusa.com.

Berikutnya masih pada dial, contohnya Orient Tristar palsu, memiliki simbol logo dan nama brand  yang sangat meragukan. Bisa dilihat bahwa tulisan  Orient yang palsu terlihat menyambung dan ada garis di setiap hurufnya. Sangat tipis, namun kamu dapat melihatnya dengan lebih seksama untuk mendapatkan perbedaannya. Lebih jelasnya berikut ini adalah contoh dial palsu yang jauh lebih jelas. 

Logo Orient Palsu.
Logo Orient Palsu.
Sumber: Romeoswatches.com.

Selain itu perhatikan simbol singa yang berada diatas tulisan Orient. Kamu bisa melihat dengan jelas, bahwa kurangnya detail pada singa yang menyangga mahkota dan perisai. Bahkan tidak jelas apakah itu gambar singa atau bukan, karena memiliki ukiran yang samar dan tidak presisi. Selain itu, kamu juga bisa melihat ujung mahkota di logo tidak memiliki detail yang sama kualitasnya.

Rekomendasi selanjutnya merupakan merek jam tangan asal Jepang yang juga merupakan bagian dari Seiko EpsonOrient Watch sendiri didirikan pada tahun 1950 di Tokyo, Jepang. Hingga kini, Orient telah menghadirkan jam tangan unik dan istimewa.

2. Caseback

Ada beberapa elemen yang perlu diperhatikan pada caseback jam tangan untuk mengetahui ciri jam tangan Orient asli. Pertama adalah material yang digunakan merupakan stainless steel. Namun untuk beberapa produsen jam tangan palsu akan menggunakan bahan yang berbeda berdasarkan ketersediaan di wilayah mereka.

Untuk membedakan caseback asli atau palsu, kamu cukup membaliknya dan cek materialnya. Sebagai contoh, caseback Orient palsu dikeraskan dengan stainless steel tanpa detail. Dalam beberapa kasus yang lebih ekstrem, produsen jam tangan palsu bahkan tidak melakukan pengukiran pada caseback, mereka hanya akan meninggalkan stainless steel yang polos tanpa logo.

Caseback Orient mechanical watch asli.
Caseback Orient mechanical watch asli.
Sumber: Orient-watch.com.

Orient Star memiliki lini jam tangan skeleton yang termasuk genre sport watch, yaitu series The Avant-garde Skeleton. Dengan desain bergaya modern, jam tangan Orient Star ini merupakan pengembangan dari series Classic Skeleton.

3. Movement

Movement adalah cara tercepat untuk cek keaslian sebuah jam tangan. Produsen jam tangan palsu tidak bisa mereplikasi dengan sempurna movement in-house yang dikembangkan oleh Orient.

Sebaliknya, mereka mencoba membuat yang baru yang mirip dengan calibre asli, menggunakan bagian yang lebih murah, dan karenanya akan jauh lebih rapuh. Berikut adalah contoh dari movement otomatis yang merupakan replika dengan material murah. Kalau kamu belum terbiasa mengeceknya, mungkin kamu akan terkecoh dan terlihat seperti movement normal. Tapi apabila kamu sudah mengetahuinya, kamu akan menyadari kekurangan detail pada movement ini. 

Caseback palsu.
Caseback palsu.
Sumber: Romeoswatches.com.

Pertama-tama, Orient dikenal karena mencetak logo mereka di hampir setiap bagian seperti gambar dibawah ini. Sedangkan yang palsu tidak memiliki detail demikian.

Watch Anatomy: Mengenal Semua Bagian Penting di Jam Tangan

Movement Orient asli.
Movement Orient asli.
Sumber: Orient-watch.com.

Orient asli menggunakan movements in-house dan tidak menggunakan movement selain milik Orient. Orient palsu biasanya menggunakan movement yang sangat murah, dengan bagian-bagian material berbahan plastik. 

4. Misalignments/Tepi yang tidak rata

Setelah movement, misalignments adalah cara berikutnya untuk mengetahui ciri jam tangan Orient asli. Namun kamu harus mengamati lebih detail lagi karena beberapa jam asli terkadang memiliki misalignments kecil. Namun hal tersebut bukan berarti jam kamu palsu yah. Kamu perlu mengamati misalignments yang ekstrim seperti tepi yang tidak rata.

Disini kamu perlu melihat jam dengan sangat teliti untuk menyadari sebagian besar elemen yang tidak selaras. Akan sangat membantu jika kamu bisa melihat dan menyentuh jam secara langsung, karena itu adalah cara terbaik untuk merasakan tepi yang tidak rata. Misalignments yang paling umum pada jam tangan adalah pada  fitur hari-tanggal, bezel, strap jam, kait deployant, lug, dan bagian caseback.

Salah satu anak perusahaan Seiko Epson Corporation, Orient memiliki koleksi jam tangan wanita berkualitas dengan harga yang terjangkauDengan kualitas yang tak lagi diragukan, beberapa koleksi jam tangan dari Orient memiliki movement quartz, 

5. Frankenwatches

Kamu tidak bisa mengetahui bahwa jam tangan kamu palsu hanya berdasarkan pada fakta bahwa kamu tidak pernah melihat model yang sama sebelumnya. Karena ada beberapa kasus di mana pemilik jam tangan memodifikasi jam tangan asli miliknya dengan mengumpulkan beberapa bagian, untuk membuat jam tangan khusus dari bagian asli.

Frankenwatch adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jam tangan yang terdiri dari bagian-bagian yang berasal dari berbagai sumber yang berbeda, seperti jam tangan vintage yang diperbaharui dengan komponen-komponen modern atau jam tangan yang dibuat dengan menggabungkan bagian-bagian dari beberapa jam tangan yang berbeda. Istilah ini berasal dari novel klasik “Frankenstein” karya Mary Shelley, di mana karakter utama, Dr. Victor Frankenstein, menciptakan makhluk yang terdiri dari bagian-bagian yang diambil dari berbagai sumber.

Frankenwatch dapat dibuat dengan berbagai tujuan, seperti untuk meningkatkan performa atau fitur jam tangan, meningkatkan keindahan atau estetika jam tangan, atau untuk memperbaiki jam tangan yang rusak dengan menggunakan bagian-bagian yang tersedia. Namun, Frankenwatch juga dapat menjadi sumber masalah karena tidak semua bagian yang digunakan mungkin cocok atau sesuai dengan jam tangan yang dihasilkan, atau karena tidak semua bagian yang digunakan mungkin memiliki kualitas yang sama dengan bagian-bagian asli jam tangan. 

Oleh karena itu, Frankenwatch mungkin tidak selalu terlihat atau bekerja seperti yang diharapkan, dan mungkin perlu perawatan dan perbaikan lebih sering dibandingkan dengan jam tangan yang terbuat dari bagian-bagian asli. Perbedaan antara frankenwatch asli dan palsu adalah pada material yang digunakan.

Orient SK Diver Retro.
Orient SK Diver Retro.
Sumber: Benswatchclub.com.

12 Komplikasi dan Fitur Jam Tangan Mekanikal

6. Harga dan Kelengkapan Garansi

Harga nggak mungkin bohong, ini dia hal terakhir yang harus kamu amati untuk mengetahui ciri jam tangan Orient asli. Kamu bisa mempelajari harga rata-rata di official website Orient dan di website Jamtangan.com. Jika harga yang kamu dapatkan jauh lebih rendah dari itu, sebaiknya kamu menghindarinya. Frase “too good to be true”, benar-benar berlaku di sini. Jika kamu melihat penawaran harga yang luar biasa sebaiknya berhati-hati. Untuk garansi, jam tangan Orient asli memiliki kartu garansi dan buku manual dalam kelengkapannya dan juga menggunakan kotak asli dari Orient. Sedangkan jam tangan palsunya tidak memiliki kelengkapan seperti itu.

Inilah 3 Seri Orient yang Rilis pada Anniversary ke-70

Seperti jam tangan Orient Blue Ray II F bisa kamu dapatkan di Jamtangan.com dengan harga Rp3,4 juta-an. Jadi kamu perlu waspada apabila mendapatkan jam tangan Orient serupa dengan harga jauh di bawah itu.

Orient Blue Ray II.
Orient Blue Ray II.
Sumber: Jamtangan.com.

Sekarang kamu sudah mengetahui tentang ciri jam tangan Orient yang asli, karena 90% konsumen bahkan tidak akan menyadari hal ini lho! 

Untuk kamu yang memiliki gaya hidup aktif, jam tangan Orient mempunyai bentuk,fungsi hingga desainyang menarik. Orient Orange Ray II FAA02006M Automatic Divers Orange Dial Stainless Steel Strap adalah salah satu series yang memiliki desain yangmenarik.

Kamu dapat menemukan jam tangan Orient yang asli di toko jam tangan terpercaya seperti Jamtangan.com dan dapatkan koleksi Orient selengkapnya mulai dari Orient Blue Ray II, Orient Ray II, Orient Kamasu dan lainnya. Beli jam tangan di Jamtangan.com #PastiOri dengan harga yang bersaing.

Oleh: Rahel Humillang

Referensi:

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
jam tangan couple mewah

10 Jam Tangan Couple Mewah, Cocok Untuk Kamu dan Pasangan

Next Article
jam tangan analog pria

10 Rekomendasi Jam Tangan Analog Pria Terbaik

Related Posts
Total
0
Share