7 Ciri-Ciri Jam Tangan Anti Air: Cocok untuk Para Diver

Pada kesempatan kali ini Minwatch akan memberikan info mengenai ciri-ciri jam tangan anti air yang mempunyai kualitas baik dan cocok digunakan untuk para diver profesional.
Jam Tangan Anti Air Cocok untuk Para Diver
Jam Tangan Anti Air Cocok untuk Para Diver

Pada kesempatan kali ini Minwatch akan memberikan info mengenai ciri-ciri jam tangan anti air yang mempunyai kualitas baik dan cocok digunakan untuk para diver profesional. Untuk kebutuhan menyelam, kamu harus memiliki jam tangan yang tak hanya tahan air, namun kuat terhadap tekanan air di bawah laut, sehingga tidak akan membuat jam tangan cepat rusak.

Sebagai penyelam profesional, kamu pasti ingin mendapatkan jam tangan yang sesuai kebutuhan serta menunjang aktivitas diving. Pada dasarnya, tidak semua jam tangan anti air bisa digunakan untuk menyelam, apalagi sampai kedalaman laut tertentu. Maka itu, Minwatch akan menjelaskan beberapa ciri-ciri jam tangan anti air yang compatible untuk digunakan menyelam di bawah laut. Berikut 7 ciri-ciri jam tangan anti air yang bisa kamu jadikan acuan untuk memilih.

Memiliki Tingkat Water Resistant Minimal 200 Meter

Seiko Prospex SRPD23K1 Samurai Save The Ocean Baselworld
Seiko Prospex SRPD23K1 Samurai Save The Ocean Baselworld. Sumber https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-srpd23k1-samurai-save-the-ocean-baselworld-2019-divers-200m-stainless-steel-strap-220641

Ciri pertama untuk mengetahui kualitas pada jam tangan diver adalah tingkat water resistant-nya. Kamu dapat melihat keterangan water resistant yang tercantum jelas pada salah satu bagian jam tangan yaitu pada bagian dial. Dengan mengetahui spesifikasi water resistant-nya, kamu bisa memilih jam tangan anti air yang sesuai dengan aktivitas menyelam.

Pada spesifikasi jam tangan anti air, terdapat keterangan berupa satuan BAR/ATM/meter yang menjadi indikator tekanan air yang mampu ditahan oleh jam tangan tersebut. Sedangkan, jam tangan khusus diver punya indikator besaran meter-nya. Contohnya, pada salah satu seri Seiko Prospex SRPD23K1 Samurai Save The Ocean Baselworld mempunyai spesifikasi Diver’s 200m, dimana seri ini tahan terhadap tekanan air hingga 200 meter dan sudah sesuai standar jam tangan penyelam ISO 6425. Salah satu seri Seiko ini bisa jadi pilihan tepat untuk para diver yang ingin mendapatkan jam tangan dengan spesifikasi tinggi.

Terdapat beberapa tingkatan kedalaman yang  dimiliki oleh fitur water resistant pada setiap jam tangan anti air. Tingkatan ini biasanya diukur dengan satuan ATM, BAR atau meter. Untuk jam tangan dengan water resistant yang bernilai 3 dan 5 ATM/BAR hanya aman ketika terkena percikan air saja. Di atas itu, terdapat jam tangan water resistant yang bernilai 10 ATM/BAR atau 100 meter yang kompatibel untuk kegiatan air seperti berenang hingga snorkeling. Sedangkan untuk kegiatan menyelam yang lebih dalam (scuba dan saturation diving), kamu bisa memilih jam tangan anti air dengan spesifikasi mulai dari Diver’s 200 keatas.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat tingkatan water resistant, lengkap dengan aktivitas dalam air yang dapat ditanganinya pada daftar dibawah ini.

  • 3 ATM/BAR (30 Meter): Tahan percikan air

  • 5 ATM/BAR (50 Meter): Tahan percikan air

  • 10 ATM/BAR (100 Meter): Olahraga Renang, Snorkeling

  • 20 ATM/BAR (200 Meter): Free diving & Scuba diving

  • 30 ATM/BAR (300 Meter): Saturation diving/Deepsea diving

  • 50 ATM/BAR (500 Meter): Saturation diving/Deepsea diving

  • 100 ATM/BAR (1000 Meter): Saturation diving/Deepsea diving

Memiliki Standar Jam Tangan Diver Internasional (ISO 6425)

Seiko Prospex SPB299J1 Divers 200M
Seiko Prospex SPB299J1 Divers 200M. Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-spb299j1-divers-200m-modern-reinterpretation-1965-save-the-ocean-special-edition-463101

Tidak semua jam tangan yang memiliki fitur water resistant, dapat digunakan untuk menyelam. Hal ini perlu diketahui untuk para penyelam profesional yang mempunyai kebutuhan akan jam tangan yang tahan saat digunakan untuk menyelam.Maka dari itu, terdapat salah satu lembaga ISO (International Organization for Standardization) yang memberikan standar ISO 6425 pada jam tangan diver. 

Ciri-ciri jam tangan anti air untuk diver yang berkualitas bisa dilihat dari sertifikat ISO 6425-nya. Jam tangan yang mempunyai ISO 6425 berarti sudah mampu dibawa menyelam serta ditandai dengan tulisan diver pada bagian dial-nya. ISO 6425 menjamin kekuatan jam tangan diver karena telah melewati berbagai percobaan atau pain test. Selain jam tangan, lembaga ISO juga menangani standar produk di berbagai industri.

ISO 6425 merupakan standar sertifikasi teratas untuk ketahanan suatu jam tangan selam. Untuk jam tangan yang lulus tes ISO 6425, maka brand tersebut dapat menulis “diver’s” pada spesifikasinya, dengan kedalaman maksimal yang dapat ditanganinya. Seiko Prospex SPB299J1 Divers 200M merupakan salah satu jam tangan yang telah dilengkapi dengan standar diver, ISO 6425. Tetapi lain halnya untuk beberapa brand jam tangan mewah, seperti Rolex dan Omega yang melakukan tes ketahanan air sendiri di pabriknya.

Dilengkapi dengan Fitur Lume untuk Membantu Pada Kondisi Minim Cahaya

Seiko Prospex SRPG57K1 Save The Ocean Penguin Monster
Seiko Prospex SRPG57K1 Save The Ocean Penguin Monster. Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-srpg57k1-save-the-ocean-penguin-monster-automatic-divers-200m-stainless-steel-strap-417501

Ciri-ciri jam tangan anti air yang berkualitas selanjutnya adalah mempunyai fitur lume. Setiap brand jam tangan mempunyai sebutannya masing-masing. Seiko memberi nama fitur ini dengan sebutan LumiBrite, sedangkan sebagian besar jam tangan eropa punya sebutan Super Luminova. Pada dasarnya, fitur ini sangat membantu pemakainya untuk melihat jam tangan saat kondisi minim cahaya, karena  sering kali para penyelam dihadapkan pada kondisi gelap di dasar laut, yang mana cahaya matahari tidak dapat masuk ke sana.

Biasanya, fitur lume terdapat pada bagian dial jam tangan, seperti jarum, bezel, hingga indikator angkanya. Dengan fitur ini, bagian jam yang dilengkapi lume dapat menyerap serta menyimpan cahaya matahari yang kemudian dikeluarkan kembali saat kondisi gelap. Cahaya yang keluar dari fitur luminance ini biasanya berwarna biru, hijau atau putih. Pada jam tangan anti air Seiko Prospex SRPG57K1 Save The Ocean Penguin Monster, fitur luminance-nya memancarkan warna hijau saat kondisi minim cahaya. Sebelum membeli jam tangan diver, pastikan jam tanganmu mempunyai fitur ini dan dapat berfungsi dengan baik.

Memiliki Mekanisme Screw-down pada Bagian Crown Jam Tangan

Seiko Prospex SRPF79K1 Save The Ocean
Seiko Prospex SRPF79K1 Save The Ocean. Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-srpf79k1-save-the-ocean-automatic-divers-blue-rubber-strap-special-edition-408711

Bagian penting lain yang biasanya terdapat pada jam tangan diver berkualitas adalah crown. Setiap jam tangan mempunyai crown yang berfungsi untuk mengatur waktu dengan cara memutarnya. Namun, bentuk, ukuran, hingga mekanisme crown pada setiap jam tangan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya.

Jam tangan diver dirancang untuk bisa mencegah air masuk ke dalam mesin yang dapat menyebabkan kerusakan, yang mana bagian crown ini bisa jadi celah air masuk saat digunakan untuk menyelam. Maka dari itu, jam tangan diver harus mempunyai mekanisme crown yang bisa mencegah air untuk masuk. Model crown yang umum dipakai jam tangan diver adalah screw-down.

Mekanisme screw-down dijamin ampuh menjaga jam tangan dari kebocoran saat digunakan menyelam. Namun, para penyelam tidak dianjurkan membuka dan memutar screw-down crown ini saat di dalam air. Hal ini dikarenakan model crown ini hanya mencegah air masuk saat ditutup rapat. Jadi, sebelum menyelam, pastikan waktu pada jam tangan sudah diatur dengan tepat dan diputar hingga rapat.

Dilengkapi dengan Mekanisme Screw Back pada Bagian Back Case Jam Tangan 

Seiko Prospex SRPD11K1 Turtle Save The Ocean
Seiko Prospex SRPD11K1 Turtle Save The Ocean. Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-srpd11k1-turtle-save-the-ocean-auto-divers-200m-stainless-steel-strap-special-edition-195231

Ciri-ciri jam tangan anti air untuk diver lainnya adalah pada bagian belakang casing-nya atau biasa disebut back case. Selain crown, bagian back case juga dapat menyebabkan air masuk ke dalam mesin jam saat digunakan menyelam. Setiap model back case punya kelebihannya masing-masing, yang mana jam tangan diver harus tertutup rapat. 

Biasanya, bagian back case jam tangan diver menggunakan mekanisme screw-back, yang mana dapat tertutup dengan rapat. Dengan mekanisme screw-back, air tidak akan masuk ke bagian dalam jam tangan saat dipakai saat menyelam.

Selain itu, mekanisme screw-back pada back case disegel oleh karet pengaman/seal. Bahan karet ini dapat menjamin air tidak masuk lewat celah kecil yang ada pada bagian belakang jam tangan. Mekanisme screw back case bisa kamu temukan pada semua Seiko Prospex, salah satunya adalah Seiko Prospex SRPD11K1 Turtle Save The Ocean.

Memiliki Fitur Rotating Pada Bagian Bezel Jam Tangan

Seiko Prospex SNE499P1 PADI Solar Divers 200M Tuna Baselworld 2018 SPECIAL EDITION
Seiko Prospex SNE499P1 PADI Solar Divers 200M Tuna Baselworld 2018 SPECIAL EDITION. Sumber:
https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-sne499p1-padi-solar-divers-200m-tuna-baselworld-2018-special-edition-184031

Ciri-ciri jam tangan anti air untuk diver selanjutnya adalah bezel yang dapat diputar searah. Selain itu, jam tangan diver juga memiliki indikator menit yang berfungsi sebagai penanda waktu menyelam serta mengetahui sisa oksigen saat di dalam air. Fitur click pada bezel jam tangan diver juga membantu penyelam mengatur waktu dengan tepat, yang mana ketika bezel diputar terdapat bunyi klik, serta mencegah bezel berputar sendiri karena arus dan tekanan air laut.

Tidak semua jam tangan anti air mempunyai fitur ini. Sehingga, fitur ini bisa jadi pembeda antara jam tangan anti air biasa dengan jam tangan anti air khusus diver. Standar ISO 6425 juga sudah mengatur jam tangan diver dengan model bezel yang bisa diputar searah. Salah satunya pada seri Seiko Prospex SNE499P1 PADI Solar Divers 200M. Yaitu salah satu seri Prospex milik Seiko ini menawarkan fitur bezel yang bisa diputar untuk memudahkan para penyelam.

Dilengkapi dengan Material Strap yang Fleksibel dan Kuat 

Seiko Prospex SPB125J1
Seiko Prospex SPB125J1. Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-spb125j1-automatic-black-series-divers-200m-water-resistance-limited-edition-293491

Ciri-ciri jam tangan anti air untuk para diver yang terakhir adalah pada bagian strap-nya. Selain kekuatan dan ketahanan di dalam air, para diver juga membutuhkan jam tangan yang nyaman dipakai. Material strap jam tangan akan mempengaruhi kenyaman para penyelam.

Material strap yang cukup sering digunakan pada jam tangan diver adalah rubber, stainless steel dan kanvas. Kelebihan yang dimiliki material rubber mampu memenuhi kebutuhan para penyelam. Material ini memang punya sifat yang fleksibel dan ringan sehingga nyaman dan praktis digunakan. Selain untuk menyelam, material ini juga ada pada jam tangan sport lainnya.

Material rubber sendiri terbuat dari campuran plastik dan karet. Bahan ini memiliki ketahanan terhadap air sehingga cocok digunakan untuk berbagai kegiatan. Selain itu, bahan rubber juga lebih mudah untuk diberi berbagai warna sehingga banyak pilihan warnanya.

Selain rubber strap, beberapa jam tangan diver juga menggunakan strap yang berbahan stainless steel, atau biasa disebut bracelet. Walaupun lebih berat dari rubber strap, bahan bracelet ini juga banyak digunakan pada jam tangan diver. Kelebihan bracelet terdapat pada material stainless steel, yang mana bahan ini mempunyai daya tahan yang baik sehingga membuat jam tangan diver jadi lebih awet.

Material kanvas juga umum digunakan di jam tangan diver, biasanya disebut canvas fabric dengan jenis strap nato dan zulu. Untuk kegiatan menyelam, bahan ini mampu menahan tekanan air dan tidak gampang putus. Pada seri Seiko Prospex SPB257J1 The Black Series 1970 Divers 200M dengan strap canvas fabric bisa jadi pilihan jam tangan diver yang kuat dipakai saat menyelam.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri jam tangan anti air yang berkualitas untuk para diver. Dengan adanya ciri-cirinya diatas, kamu jadi bisa memilih jam tangan diver yang bekualitas. Ada banyak pilihan jam tangan diver yang bisa kamu dapatkan dii Jamtangan.com.

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

wristwatchreview.co.uk/top-six-dive-watch-features-to-know

Total
0
Shares
Previous Article
Kim Soo Hyun

MIDO Ocean Star GMT Special Edition: Gaya Elegan yang Versatile

Next Article
rekomendasi jam tangan wanita anti air

5 Jam Tangan Wanita Anti Air Yang Cocok Untuk Digunakan Sehari-hari

Related Posts