Fitur Smartwatch Garmin Instinct 2 yang Wajib Kamu Ketahui

fitur smartwatch garmin
fitur smartwatch garmin

Terakhir diubah pada 2022/11/14 at 11:30am oleh Contributor

Memiliki speciality pada smartwatch, membuat Garmin hadir dengan membawa fitur smartwatch yang sangat lengkap. Jam tangan kenamaan asal George Town, Cayman Islands ini memiliki berbagai keunggulan dari segi teknologi, manfaat hingga desain. Beragam koleksi smartwatch hadir, mulai untuk para wanita yang ingin jogging sambil mendengarkan playlist kesukaan, hingga untuk para pria yang ingin berpetualang dan berolahraga golf.

Garmin Ltd. atau yang dikenal sebagai GARMIN merupakan perusahaan teknologi multinasional Amerika Serikat yang berdomisili di Swiss yang didirikan pada tahun 1989. Didirikan oleh Gary Burrell dan Min Kao di Lenexa, Kansas, Amerika Serikat, yang berkantor pusat di Olathe, Kansas.sejak tahun 2010, perusahaan ini sudah berbadan hukum di Schaffhausen, Swiss.

Garmin sebagai perusahaan mengkhususkan diri dalam teknologi GPS untuk kegiatan otomotif, penerbangan, kelautan, luar ruangan, dan olahraga. Perkembangan Garmin dalam teknologi nampak pada smartwatch yang diandalkan pada fitur pelacak atau GPS. 

Disini, Minwatch akan memberikan penjelasan mengenai fitur smartwatch Garmin, mulai dari fitur bertualang, fitur kesehatan, fitur olahraga hingga fitur notifikasi yang ada pada Garmin Instinct 2 – Camo Edition. Untuk kamu yang ingin tahu lebih lengkapnya, terus pantau artikel ini yah!

Baca juga : 3 Fitur Ini Wajib Ada di Jam Tanganmu Jika Kamu Petualang

1. Fitur GPS Garmin

a. Multi GNSS Support

Garmin hadir dengan teknologi pemosisian GNSS, mencakup GPS, GLONASS dan Galileo. GNSS adalah Global Navigation Satellite System yang merupakan sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yang dikembangkan oleh beberapa negara. Sistem tersebut antara lain seperti GPS (Global Positioning System) dari Amerika Serikat, GLONASS dari Rusia, BeiDou dari China dan GALILEO dari Eropa.

Fitur GPS Garmin ini menggunakan sinyal GNSS untuk mendapatkan posisi yang lebih akurat dan tepat. Melalui sistem navigasi global ini, kamu bisa dengan tenang dan nyaman melakukan aktivitas olahraga kamu seperti hiking, bersepeda, golf, berenang, sepeda gunung dan jogging tanpa perlu takut kehilangan arah kembali.

Fitur ini dilengkapi dengan peta navigasi yang mendetail dan informasi rute, yang dapat menjadi panduan kamu dalam melacak perjalanan kamu. Apabila kamu ingin merencanakan perjalanan, kamu bisa dengan mudahnya men-download peta global langsung dari smartwatch Garmin kamu dengan menggunakan jaringan Wi-Fi. 

Baca juga : Garmin Venu Sq Review: Keunggulan & Kekurangan Dibanding Seri Lain

Tampilan GPS Garmin Instinct 2 - Camo Edition.
Tampilan GPS Garmin Instinct 2 – Camo Edition.
Sumber: Garmin.co.id.

2. Fitur Berpetualang

a. ABC Sensors

ABC Sensors Garmin merupakan fitur yang memiliki tiga sensor yaitu Altimeter, Barometer dan Compass (ABC Sensors). Ketiga sensor ini bermanfaat untuk menentukan ketinggian, tekanan lingkungan, dan lokasi kamu saat ini. Smartwatch dengan ketiga sensor ini dikenal sebagai smartwatch dengan fitur ABC Sensors.

Berikut adalah penjelasan mengenai ABC Sensors:

  • Altimeter – menyediakan data elevasi untuk memantau pendakian dan penurunan secara akurat.
  • Barometer – digunakan untuk memprediksi perubahan cuaca dengan menunjukkan tren jangka pendek dalam tekanan udara.
  • Compass – kompas elektronik menyediakan arah perjalanan, dan dapat digunakan saat diam maupun bergerak pada kecepatan rendah.
Tampilan ABC Sensors Garmin Instinct 2 - Camo Edition.
Tampilan ABC Sensors Garmin Instinct 2 – Camo Edition.
Sumber: Garmin.co.id.

Baca juga : Smartwatch Garmin Terbaru 2022: Garmin Venu Sq 2 dan Garmin Venu Sq 2 Music Edition

b. TracBack Routing

Dengan fitur TracBack Routing, kamu dapat dengan mudah memantau perjalananmu dan membantu kamu untuk menelusuri jalan pulang. Perjalanan pulang selesai beraktivitas akan sangat terbantu melalui fitur ini. TracBack Routing akan memberikan navigasi rute yang sama kembali ke titik awal kamu memulai.

Tampilan TracBack Garmin Instinct 2 - Camo Edition.
Tampilan TracBack Garmin Instinct 2 – Camo Edition.
Sumber: Garmin.co.id.

c. Reference Point

Melalui fitur ini, kamu dapat melakukan pelacakan lokasi tertentu. Kamu dapat melacak lokasi misalnya saat kamu mencari dimana posisi kendaraan kamu berada. Kamu juga bisa kembali ke lokasi awal dengan mudah melalui fitur Reference Point ini. Bahkan, perjalanan hiking kamu akan semakin nyaman dan tidak perlu takut tersesat dengan smartwatch dari Garmin.

Tampilan Reference Point Garmin Instinct 2 - Camo Edition.
Tampilan Reference Point Garmin Instinct 2 – Camo Edition.
Sumber: Garmin.co.id.

Baca juga : 5 Rekomendasi Jam Tangan Garmin Terbaik untuk Bersepeda, Back to Your Routine!

3. Fitur Kesehatan

a. Heart Rate

Untuk kamu yang aktif berolahraga, fitur Heart Rate ini sangat penting karena dapat mendeteksi kondisi jantung kamu saat kamu menggunakan smartwatch Garmin ini. Kamu bisa mendapatkan data dan peringatan denyut jantung, jika denyut jantung kamu terlalu tinggi atau rendah. Kamu bisa mengukur ritme jantung kamu baik saat aktivitas, maupun ketika berenang.

Tampilan Heart Rate Garmin Instinct 2 - Camo Edition.
Tampilan Heart Rate Garmin Instinct 2 – Camo Edition.
Sumber: Garmin.co.id.

4. Fitur Olahraga 

a. Daily Workout Suggestion

Fitur olahraga memang menjadi incaran para smartwatch enthusiast yang menyukai produk Garmin. Dilengkapi dengan fitur Daily Work Suggestion, dapat menjadi guide saat kamu berolahraga yang akan menunjukan tingkat kebugaran kamu saat ini. Bahkan fitur smartwatch ini dapat memberikan rekomendasi harian berdasarkan beban olahraga dan status olahraga yang sudah kamu jalani.

Tampilan Daily Workout Suggestion Garmin Instinct 2 - Camo Edition.
Tampilan Daily Workout Suggestion Garmin Instinct 2 – Camo Edition.
Sumber: Garmin.co.id.

Baca juga : 10 Jam Tangan Smartwatch Wanita Terlaris dan Stylish dari Garmin

b. VO 2 Max

Kamu dapat berolahraga dengan lebih cerdas melalui fitur VO2 max. Fitur VO2 Max memberikan informasi mengenai tingkat maksimum oksigen yang dapat digunakan tubuh saat melakukan olahraga. Pengukurannya cukup akurat, karena VO2 Max diukur menggunakan satuan (ml) oksigen yang dikonsumsi dalam satu menit, per (kg) dari berat badan pengguna. Fitur ini bahkan dapat menjelaskan perubahan performa akibat cuaca panas ataupun saat di lokasi dengan ketinggian tertentu.

Tampilan VO2 Max Garmin Instinct 2 - Camo Edition.
Tampilan VO2 Max Garmin Instinct 2 – Camo Edition.
Sumber: Garmin.co.id.

Baca juga : Garmin Instinct Solar: Fitur Lengkap untuk Segala Kondisi

c. Recovery Time

Buat kamu yang sering aktivitas sampai lupa waktu untuk istirahat, tenang karena jam ini dilengkapi dengan Recovery Time. Melalui fitur Recovery Time ini, kamu akan mendapatkan informasi waktu pemulihan tubuh setiap selesai berolahraga. Fitur ini dapat membantu kamu untuk menyiapkan diri kamu pada olahraga selanjutnya. Tidak hanya itu, fitur smartwatch ini bahkan dapat digunakan untuk menghitung intensitas olahraga dan faktor lainnya seperti stres, aktivitas sehari-hari, dan tidur.

Tampilan Recovery Time Max Garmin Instinct 2 - Camo Edition.
Tampilan Recovery Time Max Garmin Instinct 2 – Camo Edition.
Sumber: Garmin.co.id.

d. Running Power

Fitur Running Power dapat membantu kamu mengukur beban kamu saat berolahraga, dengan mendownload aplikasi Running Power dari Connect IQ™ Store. Aplikasi Running Power memperhitungkan banyak faktor untuk kemudian memberikan penghitungan beban olahraga yang lebih akurat untuk kamu. Aplikasi ini bahkan bisa mengukur kondisi angin lokal juga jumlah daya yang kamu gunakan saat berlari. Melalui fitur ini kamu dapat mengetahui seberapa banyak power yang kamu keluarkan dari menit ke menit. Kamu bisa mengontrol ritme dan kecepatan sendiri, agar kamu tidak terlalu lelah saat berolahraga.

Baca juga : 5 Rekomendasi Jam Tangan Terlaris Series Garmin Forerunner

e. MTB Dynamics

Fitur smartwatch yang satu ini dapat melakukan pelacakan secara detail saat kamu berolahraga. Misalnya saat kamu bersepeda, kamu dapat menggunakan mode metrik sepeda gunung untuk mengukur jalur yang kamu lewati. Dilengkapi dengan pengukuran khusus untuk mengukur kesulitan jalur dan seberapa lancar jalur yang kamu lalui.

Tampilan MTB Dynamics Garmin Instinct 2 - Camo Edition.
Tampilan MTB Dynamics Garmin Instinct 2 – Camo Edition.
Sumber: Garmin.co.id.

f. HIIT Workouts

HIIT merupakan High Intensity Interval Training (HIIT) yang merupakan metode latihan kardio dengan intensitas tinggi yang bisa dilakukan dalam waktu sekitar 10–30 menit dalam 1 kali latihan. Melalui fitur ini profil aktivitas kamu saat melakukan HIIT dapat terlacak, termasuk AMRAP, EMOM, dan Tabata yang merupakan variasi dari olahraga HIIT.

Tampilan HIIT Workouts Garmin Instinct 2 - Camo Edition.
Tampilan HIIT Workouts Garmin Instinct 2 – Camo Edition.
Sumber: Garmin.co.id.

Baca juga : Mengenal 10 Series Jam Tangan Garmin

5. Fitur Notifikasi

a. Smart Notification

Melalui fitur smartwatch Smart Notification, kamu dapat tetap terkoneksi dan mendapatkan notifikasi walaupun sedang berolahraga. Dengan menyambungkan smartwatch ini ke smartphone yang kompatibel, kamu dapat dengan mudah menerima e-mail, pesan, dan notifikasi lainnya.

Tampilan Smart Notification Garmin Instinct 2 - Camo Edition
Tampilan Smart Notification Garmin Instinct 2 – Camo Edition
. Sumber: Garmin.co.id.

Baca juga : Review Garmin D2 Delta PX – Smartwatch Bergengsi untuk Pilot

b. Safety and Tracking Fitur 

Fitur ini sangat penting dalam menjaga keamanan kamu di luar sana. Karena apabila saat melakukan perjalanan kamu tidak merasa aman fitur ini akan memberikan bantuan dengan mendeteksi lokasi kamu dan mengirimkannya pada kontak darurat jika dihubungkan dengan smartphone kamu.

Tampilan Safety and Tracking Fitur Garmin Instinct 2 - Camo Edition.
Tampilan Safety and Tracking Fitur Garmin Instinct 2 – Camo Edition.
Sumber: Garmin.co.id.

Sekarang kamu sudah mengetahui istilah-istilah yang ada pada fitur smartwatch Garmin. Selain memiliki berbagai fitur berdasarkan aktivitas yang sedang kamu lakukan, fitur pelacak kesehatan yang optimal, Garmin juga mempunyai desain yang menarik. Untuk kamu yang sudah penasaran dengan koleksi Garmin lainnya, kamu bisa cek Jamtangan.com.

Oleh: Rahel Humillang

Referensi: Garmin.co.id

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
jam tangan unik

10 Jam Tangan Unik yang Pernah Ada di 2022

Next Article
jam tangan hublot termahal

10 Jam Tangan Hublot Termahal di Dunia

Related Posts
Total
0
Share