Garmin Instinct Solar: Fitur Lengkap untuk Segala Kondisi

Rasakan kekuatan dan ketahanan daya yang menakjubkann dari Garmin Instinct Solar.
Garmin Instinct Solar: Rasakan Kekuatan pada Pergelangan
Garmin Instinct Solar: Rasakan Kekuatan pada Pergelangan

Terakhir diubah pada 2022/10/19 at 6:15pm oleh Contributor

Baik para watch enthusiast yang hobi update soal jam-jam smartwatch maupun yang baru sekadar cari tahu soal smartwatch, pasti tidak asing dengan brand Garmin. Melalui salah satu koleksinya yang diberi nama Garmin Instinct Solar, Garmin menunjukkan kelihaiannya dalam menciptakan jam canggih yang dapat diandalkan untuk segala aktivitas di luar ruangan. Dengan lengkapnya kecanggihan Garmin Instinct Solar, Jamtangan.com sudah merangkum hal-hal penting yang perlu kamu ketahui tentang smartwatch yang satu ini. Baca Garmin Instinct Solar review lebih lanjut di bawah ini.

Garmin Instinct Solar: Kekuatan dan Ketahanan Lewat Pergelanganmu

Garmin 010-02293-36 Instinct Solar Tidal Blue Digital Dial Blue Rubber Strap
Garmin Instinct Solar Kembangkan Pengalaman Berkelana Outdoor (Image: Outdoors Magic)

Berbicara soal Garmin, hal yang terlintas pada pikiran kita pasti tidak jauh-jauh dari jam digital canggih untuk olahraga atau aktivitas di luar ruangan. Kenyataannya, Garmin Instinct Solar membuktikan bahwa Garmin mampu menampilkan jam tangan lebih dari itu. Sejak dirilis pada Juli 2020 lalu, Garmin Instinct Solar membawa slogan, “Do What You Love, Longer”, menandakan kesiapannya untuk bertahan lebih lama di bawah pengisian daya dari cahaya matahari.

Seperti yang dibawa namanya, Garmin Instinct Solar mengenalkan pengisian daya matahari sejak seri Garmin Instinct yang lain. Nah, hal ini menjadi salah satu keunggulan Garmin Instinct Solar yang mampu bertahan hingga 54 hari, lebih lama ketimbang Garmin Instinct biasa yang dapat hidup 14 hari. Tentunya hal ini tetap perlu didukung dengan pemakaian Garmin Instinct Solar selama sekitar 3 jam outdoor dengan intensitas cahaya 50.000 lux.

Garmin 010-02293-45 Instinct Solar Tactical Black Digital Dial Black Rubber Strap
Beragam Fitur Canggih untuk Segala Keperluan (Image: Garmin)

Pada tahun yang sama, Garmin Instinct Solar juga kedatangan edisi spesial dengan fitur-fitur unik yang ditambahkan pada beberapa modelnya. Ada Tactical Edition, Surf Edition, dan Camo Edition. Perbedaannya akan Jamtangan.com bahas pada segmen Garmin Instinct Solar review berikutnya di bawah ini.

Model Garmin Instinct Solar & Keunggulannya

Tentunya ini bukan yang pertama kali Garminmengeluarkan koleksi “Garmin Instinct”. Koleksi andalan Garmin yang satu ini kini makin lengkap dengan kehadiran Garmin Instinct Solar. Kamu dapat baca lebih lanjut di bawah ini untuk tahu model yang mana yang sesuai dengan keperluanmu.

Standard Edition: Garmin Instinct vs Garmin Instinct Solar

Garmin Instinct Solar - Standard Edition
Garmin Instinct Solar – Standard Edition (Image: Garmin)

Untuk perbandingan yang satu ini, daya tahan baterai menjadi salah satu faktor terpenting. Dengan mode daya, Garmin Instinct Solar dapat mengatur penggunaan energi sesuai dengan aktivitas penggunanya. Hal ini juga didukung oleh penangkapan energi cahaya (solar) yang menjadi keunggulan Garmin Instinct Solar.

Mengenai kelengkapan fitur, Garmin Instinct Solar tentu jauh lebih unggul ketimbang Garmin Instinct. Apalagi Garmin Instinct Solar juga sudah dilengkapi dengan fitur Pulse Ox, pengukur kadar oksigen dalam darah. Jika Pulse Ox menunjukkan kadar oksigen rendah, artinya kita akan lebih mudah lelah saat berolahraga.

Garmin Instinct Solar - Standard Edition
Garmin Instinct Solar – Standard Edition Tersedia dalam Berbagai Pilihan Warna (Image: Garmin)

Garmin Instinct Solar juga unggul pada fitur 3D Compass dan pengukur asupan air, dimana fitur-fitur ini tidak terdapat pada Garmin Instinct yang sebelumnya. Selebihnya, untuk ukuran jam dan desain luar kedua jam ini tidak didapati banyak perbedaan. Kamu dapat membaca lebih lanjut terkait desainnya pada bagian berikutnya pada blog ini.

Tactical Edition: Garmin Instinct vs Garmin Instinct Solar

Garmin Instinct Solar - Tactical Edition
Garmin Instinct Solar – Tactical Edition (Image: Garmin)

Tactical Edition dapat dibilang sebagai upgrade dari model Standard Edition. Dibangun untuk kekuatan lebih, baik versi lama atau versi Solar dari Tactical Edition punya keahlian yang mirip. Berikut ringkasan fitur yang dimiliki oleh keduanya:

  • Jumpmaster Mode: Pengukur ketinggian objek, didesain dengan standar militer untuk memberitahukan kapan saat yang tepat untuk membuka parasut di udara.
  • Night Vision Mode: Pengubah warna tampilan pada layar jam agar dapat dibaca dengan baik saat menggunakan kacamata night vision.
  • Stealth Mode: Memutus segala tracking dan sinyal keluar masuk dari GPS agar keberadaan jam, beserta penggunanya, tidak dapat dilacak dengan mudah.

Meski memiliki banyak kemiripan, Garmin Instinct Solar punya kendali lebih terhadap daya yang digunakan. Dengan power manager-nya, Garmin Instinct Solar dapat mendeteksi fitur apa saja yang menguras baterai sehingga kamu dapat lebih bebas mengatur ketahanan baterai dari jammu.

Garmin Instinct Solar - Tactical Edition (Image: Garmin)
Garmin Instinct Solar – Tactical Edition dengan Segala Kecanggihan Taktisnya (Image: Garmin)

Berbicara soal kebutuhan taktis, keduanya dapat dihubungkan pada perangkat milik Garmin yang lain. Astro dan Alpha, misalnya. Astro dan Alpha merupakan perangkat buatan  Garmin yang dipasangkan pada anjing pelacak. Melalui layar Garmin Instinct Solar Tactical Edition, kamu akan punya akses lebih mudah terhadap alat-alat tersebut.

Garmin Instinct Solar – Surf Edition

Garmin Instinct Solar - Surf Edition
Garmin Instinct Solar – Surf Edition (Image: Garmin)

Terbaru pada seri ini, Garmin Instinct Solar kedatangan versi yang belum pernah muncul pada koleksi Garmin Instinct sebelumnya. Garmin Instinct Solar – Surf Edition membuat kamu merasakan pengalaman berselancar yang lebih spesial. Melalui model Garmin Instinct Solar – Surf Edition, kamu dapat menemukan fitur-fitur yang terdapat pada Garmin Instinct Solar biasa dengan ditambah fitur khusus untuk keperluan berselancar.

Salah satu dari fitur khusus yang hadir dalam Garmin Instinct Solar – Surf Edition adalah Tide Data, dimana kamu dapat melihat pasang surut ombak di sekitarmu hanya dari pergelangan tanganmu. Garmin Instinct Solar – Surf Edition juga mendapatkan fitur Surf Activity, pencatat aktivitas selancarmu dengan memberikan informasi-informasi seperti berapa banyak ombak yang telah diikuti, berapa cepat kecepatan selancarmu, dan berapa jauh kamu telah berselancar.

Garmin Instinct Solar - Tactical Edition
Siap Hadapi Ombak Apapun dengan Garmin Instinct Solar – Tactical Edition (Image: Garmin)

Garmin Instinct Solar Worth Buying? Ini Alasannya

Setelah menimbang-nimbang, mungkin kamu masih bingung apakah jam tangan Garmin Instinct Solar ini layak dibeli atau tidak. Secara singkat, Jamtangan.com menilai Garmin Instinct Solar worth-to-buy. Untuk kamu yang suka beraktivitas di luar ruangan, jam tangan outdoor yang satu ini bakal jadi salah satu favoritmu. Baca terus Garmin Instinct Solar review dari kami.

Garmin 010-02293-74 Instinct Solar Flame Digital Dial Blue Surf Motive Rubber Strap SURF EDITION
Garmin Instinct Solar: Worth to Buy? (Image: Garmin)

Kamu pasti mendambakan jam yang serba bisa. Nggak cuma smartphone, jam tanganmu juga dapat menjadi investasi yang menarik untuk hobi aktivitas outdoor-mu. Sama halnya dengan Garmin Instinct Solar. Jam tangan, fitur tracking health & fitness, dan pengisian daya yang praktis hadir dalam Garmin Instinct Solar, membuatnya layak disebut serba bisa.

Garmin Instinct Solar sebagai salah satu jam tangan outdoor, menawarkan pemberian informasi yang akurat terkait monitoring detak jantung, pelacakan lokasi, hingga seberapa besar intensitas cahaya yang sedang diterima. Tentunya ditambah fitur-fitur penting seperti Pulse Ox yang dapat memberitahu kadar oksigen dalam darah penggunanya.

Garmin 010-02293-56 Instinct Solar Graphite Camo Digital Dial Camouflage Rubber Strap
Berbagai Kecanggihan Terangkum dalam Garmin Instinct Solar (Image: Outdoor Life)

Kamu hanya akan mendapati layar jam hitam putih dari seri Garmin Instinct Solar. Tapi, hal ini jadi kekurangan yang “masuk akal” karena kamu akan diberikan ketahanan daya baterai yang sangat tahan lama hingga 54 hari dengan bantuan cahaya matahari. Tentunya seperti kebanyakan smartwatch lain, kamu akan diberikan fitur-fitur seperti layar notifikasi dari handphone, perkiraan cuaca, dan tampilan kalender untuk memudahkanmu melihat agenda sehari-hari.

Baca Juga:

5 Rekomendasi Jam Tangan Garmin Terbaik untuk Bersepeda, Back to Your Routine!

Jam Tangan Detak Jantung Ternyata Bisa Bekerja Karena Sensor & Fitur Ini

10 Rekomendasi Jam Tangan Outdoor untuk Temani Petualanganmu

Review Garmin D2 Delta PX – Smartwatch Bergengsi untuk Pilot

20 Smartwatch Terbaik 2021 (Harga & Fitur)

Spesifikasi Garmin Instinct Solar

Bahan yang Kokoh

Garmin 010-02293-66 Instinct Solar Sunburst Digital Dial Yellow Rubber Strap
Bahan Tangguh untuk Segala Tantangan (Image: Jamtangan.com)

Waktu Jamtangan.com melihat ke tampilan dari Garmin Instinct Solar, review kami menunjukkan kalau jam tangan yang satu ini punya desain yang kuat. Case-nya dibuat dari bahan polymer dan dilengkapi dengan strap silikon, material terbaik yang dapat kamu temukan untuk jam tangan yang banyak dipakai untuk aktivitas outdoor.

Layar yang Menyerap dan Memantulkan Cahaya

Garmin 010-02293-71 Instinct Solar Flame Red Digital Dial Red Rubber Strap
Menyerap Energi Cahaya dan Memantulkannya Kembali (Image: Garmin)

Bagaimanapun, kami meng-highlight pada material yang digunakan untuk permukaan kaca dari Garmin Instinct Solar. Garmin menyebutnya Power Glass, material yang digunakan untuk pengisian daya matahari. Kamu tidak perlu takut mengenai ketahanan Power Glass, material ini cukup kuat untuk melindungi Garmin Instinct Solar dari goresan dan benturan.

Solar Power Energy Garmin Instinct Solar
Indikasi Tenaga Matahari yang Diterima, Redup (Kiri) atau Sangat Terang (Kanan) (Image: Garmin)

Melihat ke permukaan jam di bawah terik matahari mungkin dapat menjadi masalah bagi kebanyakan jam tangan, namun tidak bagi Garmin Instinct Solar. Yap, permukaan Garmin Instinct Solar sudah dilengkapi dengan material transflective, membuat cahaya yang masuk akan dipantulkan alih-alih dibiarkan menutupi permukaan jam tangan.

Ukuran & Water Resistant

Garmin 010-02293-74 Instinct Solar Flame Digital Dial Blue Surf Motive Rubber Strap SURF EDITION
Garmin Instinct Solar Tidak Takut dengan Ombak dengan Water Resistance 100m (Gambar: Garmin)

Garmin Instinct Solar terasa makin kokoh dengan ketebalan 15.3 mm dan diameter 45 mm, menjadikannya cukup besar dan pas di pergelangan kebanyakan orang dewasa. Soal Water Resistance, Garmin Instinct Solar mampu bertahan hingga kedalaman 100 meter, jumlah yang pas untuk kamu yang hobi berolahraga air seperti selancar.

Memilih Koleksi Garmin Instinct Solar

Garmin Instinct Solar dengan segala fiturnya sudah hadir di Jamtangan.com sebagai salah satu produk andalan untuk kategori outdoor smartwatch. Di antara koleksi-koleksi lainnya, kamu mungkin tertarik dengan salah satu jam tangan Garmin Instinct Solar. Untuk menjawab keraguanmu, Jamtangan.com sudah merangkum beberapa produk Garmin Instinct Solar yang dapat kamu pilih di bawah ini.

Garmin 010-02293-41 Instinct Solar Orchid Digital Dial Light Purple Rubber Strap

Garmin 010-02293-41 Instinct Solar Orchid Digital Dial Light Purple Rubber Strap
Garmin 010-02293-41 Instinct Solar Orchid Digital Dial Light Purple Rubber Strap (Image: Jamtangan.com)

Tunjukkan siapa dirimu dengan segala aktivitas outdoor favoritmu. Garmin 010-02293-41 Instinct Solar Orchid Digital Dial Light Purple Rubber Strap dapat menjadi partner yang tepat untuk kegiatan sehari-hari. Melalui gaya pemilihan warnanya yang soft untuk penampilan casual, Garmin 010-02293-41 Instinct Solar layak kamu coba.

Garmin 010-02293-45 Instinct Solar Tactical Black Digital Dial Black Rubber Strap

Garmin 010-02293-45 Instinct Solar Tactical Black Digital Dial Black Rubber Strap
Garmin 010-02293-45 Instinct Solar Tactical Black Digital Dial Black Rubber Strap (Image: Jamtangan.com)

Jadikan pengalamanmu menyusuri alam lebih berharga. Melalui fitur-fitur tactical yang dihadirkan, Garmin 010-02293-45 Instinct Solar Tactical Black Digital Dial Black Rubber Strap membawa kesan powerful pada pergelangan tanganmu. Garmin Instinct Solar yang satu ini siap hadapi segala tantangan.

Garmin 010-02293-56 Instinct Solar Graphite Camo Digital Dial Camouflage Rubber Strap

Garmin 010-02293-56 Instinct Solar Graphite Camo Digital Dial Camouflage Rubber Strap
Garmin 010-02293-56 Instinct Solar Graphite Camo Digital Dial Camouflage Rubber Strap (Image: Jamtangan.com)

Tampil lebih trendy dengan corak camo. Garmin 010-02293-56 Instinct Solar Graphite Camo Digital Dial Camouflage Rubber Strap punya ciri khas strap dan case dengan perpaduan warna camo. Untuk kamu yang aktif di luar ruangan, Garmin Instinct Solar yang satu ini buat kamu tampil keren dengan fitur lengkap dan tampilan warnanya yang spesial.

Jika kamu mencari jam tangan outdoor yang serba bisa dan tahan lama, maka Garmin Instinct Solar adalah jawaban yang tepat. Tertarik untuk menambahkan seri Garmin Instinct Solar pada koleksimu?

Pilih gaya Garmin Instinct Solar favoritmu melalui katalog Jamtangan.com di sini!

Total
0
Shares
Previous Article
Rekomendasi Jam Tangan Outdoor untuk Para Petualang

10 Rekomendasi Jam Tangan Outdoor untuk Temani Petualanganmu

Next Article
AM & PM: Bagaimana Membedakannya?

Apa Arti AM dan PM pada Jam Digital?

Related Posts
Total
0
Share