4 Smartwatch Terbaik untuk Olahraga Outdoor dengan GPS

4 Smartwatch Terbaik untuk Olahraga Outdoor dengan GPS

Olahraga di luar ruangan bisa jadi salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan mood. Apalagi kalau ditemani smartwatch yang dibekali berbagai fitur lengkap. Untuk mencatat aktivitasmu di luar ruangan, beberapa smartwatch mengandalkan fitur GPS-tracking-nya. Informasi terkait smartwatch terbaik untuk olahraga sudah Jamtangan.com rangkum di artikel ini. Baca terus untuk tahu serba-serbi smartwatch terbaik untuk olahraga beserta beberapa produk rekomendasinya.

Baca Juga:

7 Rekomendasi Smartwatch Murah Mulai di Bawah 1 Juta, High Quality!

Review Garmin D2 Delta PX – Smartwatch Bergengsi untuk Pilot

Sejarah Smartwatch yang Perlu Anda Tahu

Garmin Instinct Solar: Fitur Lengkap untuk Segala Kondisi

Jam Tangan Detak Jantung Ternyata Bisa Bekerja Karena Sensor & Fitur Ini

Pentingnya Punya Jam Tangan GPS untuk Olahraga

Smartwatch Tren Baru untuk Temani Olahraga
Smartwatch Tren Baru untuk Temani Olahraga (Gambar: Bikerumor)

Jauh sebelum munculnya berbagai smartwatch terbaik untuk olahraga, orang-orang menggunakan ponselnya (yang dilengkapi GPS) untuk melakukan tracking aktivitas di luar ruangan. Namun dengan cara ini, ruang gerak jadi terbatas karena harus mengantongi handphone saat berolahraga. Karena itulah, jam tangan GPS untuk olahraga diciptakan.

Dari berbagai pilihan smartwatch terbaik untuk berolahraga, model dengan fitur GPS menjadi yang paling banyak dilirik. Selain bisa mendeteksi lokasi pengguna pada waktu tertentu, fitur GPS pada smartwatch juga dapat membantu pencatatan aktivitas (seperti gerakan dan perpindahan) yang lebih akurat.

Kini, GPS yang terpasang pada beberapa smartwatch terbaik untuk berolahraga bisa jadi teman baikmu saat di luar ruangan. Untuk berlari atau jogging misalnya,GPS pada smartwatch dapat mendeteksi seberapa cepat kamu berlari dan berapa jarak yang kamu tempuh dalam waktu tertentu dengan cara menerima sinyal dari satelit dan memantulkannya kembali.

Catat Segala Aktivitas dengan Lebih Presisi dengan GPS
Catat Segala Aktivitas dengan Lebih Presisi dengan GPS (Gambar: SeriesMotor)

Kehadiran GPS pada berbagai smartwatch terbaik untuk olahraga juga menghasilkan desain jam tangan yang lebih user-friendly. Tulisan-tulisan tracker pada layar smartwatch modern didesain agar mudah dibaca dalam sekejap tanpa perlu berhenti bergerak. Jadi, kamu bisa langsung meningkatkan kecepatan saat jam tangan menunjukkan angka aktivitas yang menurun.

Tentunya tak hanya olahraga lari atau jogging yang dapat manfaat” dari fitur GPS. Mulai dari bersepeda, renang, hingga hiking juga bisa di-support dengan fitur-fitur sport-moder yang ada pada smartwatch. selain bisa mendeteksi jarak secara horizontal, kecanggihan teknologi GPS juga memungkinkan pencatatan gerakan secara vertikal.

GPS dan Berbagai Navigasi Satelit Lain di Balik Kekuatan Smartwatch-mu

Fakta unik, kebanyakan smartwatch sekarang tidak dilengkapi dengan ‘single’ GPS, namun mengombinasikan beberapa teknologi navigasi sekaligus.. Sebagai contoh, GPS merupakan salah satu global navigation satellite system (GNSS) dan ada beberapa GNSS yang dipadukan dengan GPS untuk menciptakan tracking canggih pada smartwatch-smartwatch terbaik untuk olahraga.

Ambil contoh GPS + GLONASS yang menjadi standar untuk jam-jam keluaran Garmin terkini. Dengan adanya lebih dari 1 GNSS dalam jam tangan, ketepatan tracking akan lebih terjamin. Apalagi ketika salah satu dari GNSS sedang tidak dapat menerima atau memantulkan sinyalnya kembali ke satelit, GNSS yang lain memungkinkan smartwatch untuk tetap bekerja dengan semestinya.

Persebaran Satelit Navigasi di Atmosfer Bumi
Persebaran Satelit Navigasi di Atmosfer Bumi (Gambar: Nature)

Sampai saat ini, ada beberapa GNSS yang umum dipasang pada koleksi smartwatch terbaik untuk olahraga. Di antaranya, GPS (30 satelit aktif), GLONASS (23 satelit aktif), GALILEO (22 satelit aktif), dan BeiDou (28 satelit aktif). Keempat GNSS ini dapat dikombinasikan untuk menghasilkan tracking yang lebih akurat dan up-to-date.

Keuntungan Kombinasi Lebih dari 1 GNSS

Ilustrasi Pinpoint Lokasi yang Lebih Akurat dengan Lebih dari 1 Sistem Navigasi Global
Ilustrasi Pinpoint Lokasi yang Lebih Akurat dengan Lebih dari 1 Sistem Navigasi Global (Gambar: Uber)

Pernah merasa kesulitan mendapat sinyal GPS saat berada di daerah pegunungan? Nah, hal ini juga yang bakal terjadi dengan jam tangan GPS kamu saat berada dalam lingkungan yang tidak mendukung. Banyak hal dapat mengganggu kerja pemancaran sinyal, mulai dari ketinggian, jauhnya jarak pengguna dari satelit, hingga penghalang-penghalang lain seperti gedung tinggi, pepohonan, dan salju.

Di saat jam tangan GPS kita berada pada lingkungan yang tidak mendukung, GPS yang dimiliki pun hanya dapat menangkap beberapa satelit dalam jumlah kecil, mengakibatkan akurasi tracking berkurang. Di sinilah GNSS kedua dibutuhkan, yaitu untuk menambah tangkapan satelit yang dapat diterima oleh jam tangan. Jadi, semakin banyak kombinasi GNSS yang aktif pada jam tanganmu, semakin kecil pula kemungkinan tracking yang kurang akurat.

Kekurangan Kombinasi Lebih dari 1 GNSS

Penggunaan dalam Jangka Waktu Lama Smartwatch GPS
Penggunaan dalam Jangka Waktu Lama Smartwatch GPS (Gambar: Android Central)

Kekuatan yang lebih berarti daya yang lebih banyak. Apalagi jika lebih banyak GNSS diaktifkan di saat yang bersamaan. Artinya, konsumsi tenaga yang diperlukan akan jauh lebih banyak ketimbang menggunakan 1 GNSS saja. Tapi jangan khawatir, penggunaan energi lebih ini hanya sekitar 10% lebih banyak daripada 1 GNSS sendirian, kok. Jadi, tetap dapat kamu pakai untuk aktivitas di luar ruangan tanpa takut kehabisan daya.

Mode GNSS Apa yang Harus Kamu Gunakan?

Beberapa smartwatch terbaik untuk olahraga menyediakan fitur untuk mengatur GNSS apa saja yang mau digunakan untuk keperluan tracking. Uniknya, menyalakan semua GNSS tidak selalu diperlukan. Ada kondisi-kondisi dimana lebih baik untuk memilih hanya GPS, kombinasi GPS + GLONASS atau GPS + GALILEO.

Saat digunakan untuk keperluan sehari-hari, tentu kamu tidak membutuhkan tracking yang terlalu banyak. Cukup GPS and you’re ready to go! Sementara itu, bagi kamu yang akan melakukan aktivitas olahraga outdoor, bakal lebih baik kalau kamu mencoba kombinasi GNSS yang tersedia pada smartwatch yang kamu punya.

Rekomendasi Smartwatch Terbaik untuk Olahraga

Buat melengkapi aktivitas outdoor-mu, Jamtangan.com punya rekomendasi smartwatch terbaik untuk olahraga yang sudah dilengkapi dengan GPS dan bisa kamu miliki secepatnya! Tentunya, rekomendasi jam-jam di bawah ini bisa kamu pilih sesuai dengan selera dan kebutuhanmu, ya. Yuk, Langsung cek rekomendasi smartwatch terbaik untuk olahraga berikut ini!

Garmin Forerunner 245 Music 010-02120-A3 Digital Dial Red Rubber Strap

Garmin Forerunner 245 Music 010-02120-A3 Digital Dial Red Rubber Strap
Garmin Forerunner 245 Music 010-02120-A3 Digital Dial Red Rubber Strap (Gambar: Jamtangan.com)

What’s Best from the Watch:

  • All-in-One Sports Watch (+ Music Feature)
  • Baterai yang Tahan Hingga 7 Hari
  • Dilengkapi GPS, GLONASS, dan Galileo

Some ‘Minus’ Point to Consider:

  • Penggunaan Tombol Ketimbang Touchscreen
  • Tidak Dilengkapi Mode Triathlon

Bakal kurang lengkap rasanya jika membahas koleksi smartwatch terbaik untuk olahraga tanpa menyertakan Garmin Forerunner 245 Music. Jam ini benar-benar didesain untuk kebutuhan olahraga outdoor, mulai dari fitur body battery dan VO2 Max untuk mengukur kesiapan tubuh saat bergerak, hingga fitur musik untuk mendengarkan playlist favoritmu saat olahraga.

Garmin Forerunner 245 Music 010-02120-A3 juga dipilih sebagai salah satu smartwatch terbaik untuk olahraga karena mode tracking-nya yang sudah dilengkapi oleh GPS, GLONASS, dan Galileo. Ditambah dengan case material berupa polymer, strap rubber, dan water resistant hingga 50 meter, Garmin Forerunner 245 Music 010-02120-A3 siap untuk dijadikan teman berolahraga harianmu.

Apple Watch 7

Apple Watch 7
Apple Watch 7 (Gambar: Apple)

What’s Best from the Watch:

  • Pilihan GNSS yang Lengkap (GPS, GLONASS, Galileo, QZSS, dan BeiDou).
  • Dapat Disinkronisasi dengan Perangkat iOS yang Lain
  • Cocok untuk Pemakaian Sehari-hari Selain Berolahraga

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Fitur untuk olahraga relatif standar
  • Daya baterai habis dalam kurang lebih 1 hari

Dengan konsistensinya dalam menciptakan smartwatch-smartwatch berkualitas, Apple Watch 7 juga dapat dikategorikan sebagai salah satu smartwatch terbaik untuk olahraga. Apple Watch 7 sudah dilengkapi dengan GPS, GLONASS, Galileo, QZSS dan BeiDou. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan ketepatannya dalam men-track progress aktivitasmu.

Meski Apple Watch 7 hanya dapat bertahan kurang lebih 24 jam, kamu dapat men-charge jamnya kembali penuh hanya dalam waktu 1 jam. Jadi kamu dapat siap untuk kembali beraktivitas. Apple Watch 7 cocok untuk kamu yang membutuhkan smartwatch terbaik untuk olahraga terutama apabila kamu adalah  pengguna perangkat iOS. Aplikasi yang dapat kamu unduh di iPhone akan mencatat seluruh aktivitas olahragamu tanpa terkecuali. 

Huawei GT 2 Pro VID-B19-NEBULA-GRAY Sport Men Digital Dial Vidar Black Leather Strap

Huawei GT 2 Pro VID-B19-NEBULA-GRAY Sport Men Digital Dial Vidar Black Leather Strap
Huawei GT 2 Pro VID-B19-NEBULA-GRAY Sport Men Digital Dial Vidar Black Leather Strap (Gambar: Jamtangan.com)

What’s Best from the Watch:

  • Variasi olahraga yang lengkap untuk di-tracking
  • Desain yang Trendi dan Kekinian
  • Dilengkapi GPS dan GLONASS

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Tidak Ada Dukungan Third-Party App
  • Desain Antarmuka yang Terbatas

Sejak dirilis pada Oktober 2020, Huawei GT 2 Pro sudah banyak menyita perhatian para pencinta jam tangan digital. Wajar, dari penampilannya saja, Huawei GT 2 Pro VID-B19-NEBULA-GRAY Sport Men Digital Dial Vidar Black Leather Strap sudah tampak smooth dan “mahal” serta punya massa yang cukup ringan. Selain desainnya yang keren, Huawei GT 2 Pro juga dilengkapifitur-fitur canggih yang didesain untuk setiap kebutuhan olahragamu.

Seperti apa berolahraga menggunakan Huawei GT 2 Pro? Kamu dapat melakukan tracking aktivitas untuk berbagai jenis olahraga, mulai dari lari, jalan, berenang, hingga golf, rowing, yoga, roller-skate, dan masih banyak lagi. Tak heran jika Huawei GT 2 Pro dikategorikan sebagai salah satu smartwatch terbaik untuk olahraga. Akurasitracking Huawei GT 2 Pro juga tidak diragukan karena sudah dilengkapi dengan GPS dan GLONASS.

Fitbit Sense

Fitbit Sense (Gambar: Fitbit)
Fitbit Sense (Gambar: Fitbit)

What’s Best from the Watch:

  • Dilengkapi Sensor Electrodermal Activity (EDA) untuk Pengukur Kadar Stress
  • Punya Puluhan Tracker Interaktif untuk Berbagai Olahraga
  • Dilengkapi GPS dan GLONASS

Some ‘Minus’ Point to Consider: 

  • Subscription Fitbit Premium Dibutuhkan untuk Mendapatkan Potensi Terbaik
  • Tidak Ada Layanan Servis di Luar Garansi

Fitbit Sense menawarkan solusi untuk kamu yang ingin smartwatch terbaik untuk olahraga dengan desain yang simpel namun punya segudang tracker untuk aktivitasmu. Dilengkapi dengan GPS dan Glonass, kamu dapat bergerak sesuai keinginan tanpa takut aktivitasmu tidak tercatat. Kemudian statistik olahraga tersebut dapat kamu lihat kembali lewat aplikasi Fitbit pada smartphone-mu.

Yang membuat Fitbit Sense berbeda dari smartwatch lain adalah sensor electrodermal activity (EDA). Sensor ini dapat mendeteksi perubahan jumlah keringat pada tangan untuk mengukur kadar stress yang dirasakan penggunanya. Meski sudah dilengkapi puluhan fitur canggih untuk mengukur segala aktivitas penggunanya, kamu dapat menambah kecanggihan aplikasi Fitbit-mu melalui premium subscription, menambah analisis-analisis lain dan menjadikannya lebih unggul ketimbang smartwatch-smartwatch lain pada kelasnya.

Rasakan pengalaman baru dengan koleksi smartwatch terbaik untuk berolahraga. Dapatkan koleksimu sendiri dari koleksi Jamtangan.com di sini.

Categories: Editor's Choices