Cara Mudah Setting Jam Tangan Digital: Series G-Shock GM-6900

cara setting G-Shock GM-6900
cara setting G-Shock GM-6900

G-Shock GM-6900 merupakan salah satu jam tangan Casio yang cukup laris di pasaran. Jam tangan ini punya tampilan sporty dengan display digital yang tak hanya menampilkan waktu. Terdapat 3 fitur utama yang bisa ditampilkan pada display jam tangan ini, yaitu alarm, countdown timer dan stopwatch. Dimana, fitur tersebut dapat menunjang kegiatan sehari-hari.

Terdapat beberapa tombol yang berfungsi untuk mengatur waktu hingga fitur pada G-Shock GM-6900. Jam tangan ini punya 5 tombol untuk mengatur berbagai fungsi pada jam ini yaitu, tombol A (kiri atas/ adjust), tombol B (kanan atas/ split-reset), tombol C (kiri bawah/ mode), tombol E (kanan bawah/ start-stop) serta tombol D bertuliskan huruf “G” yang berada bawah display.

Buat pengguna baru yang masih bingung untuk setting jam tangan G-Shock GM-6900 ini, Minwatch akan menjelaskan panduannya.

Sebenarnya ada cara cepat membuktikan G-SHOCK milikmu original atau palsu. Tanpa harus dilempar dari gedung tinggi, direbus atau direndam dalam air. Berikut caranya: 

Fungsi Tombol

Pada bagian samping kiri bawah terdapat tombol yang berfungsi untuk mengganti beberapa mode yang dimiliki G-Shock GM-6900. Jika kamu menekan tombol ini, display jam akan menampilkan beberapa mode dengan urutan, alarm (AL), countdown timer (CT), stopwatch (ST) dan terakhir mode pengaturan waktu dan tanggal.

Untuk tombol lainnya, seperti adjust, split-reset dan start-stop digunakan untuk mengatur detail waktu pada mode yang dipilih. Seperti tombol adjust untuk memilih indikator waktu yang ingin diatur, kemudian tombol split-reset untuk mereset waktu stopwatch maupun countdown timer serta merubah mode stopwatch, dan terakhir tombol start-stop untuk mengatur waktunya.

Selain itu, ada tombol untuk mengaktifkan backlight yang terdapat di bawah display jam dan bertuliskan huruf “G”. Tombol ini juga digunakan untuk mengganti mode waktu antara 12 jam dan 24 jam.

Baca juga : Cara Setting Jam Smartwatch Sebelum Siap Digunakan

Waktu dan Tanggal (Timekeeping)

Pengaturan pertama yang cukup wajib kamu tahu adalah setting waktu dan tanggal. Langkah pertama, tekan dan tahan tombol kiri atas sampai salah satu indikator angka pada display berkedip. Setelah itu, kamu bisa memilih satuan waktu dan tanggal dengan menekan tombol kiri bawah atau adjust.

Pilih indikator waktu yang ingin kamu sesuaikan mulai dari jam, menit, tahun, bulan dan hari. Kemudian, tekan tombol kanan bawah (start-stop) untuk mengganti angka indikatornya. Kamu juga bisa memilih mode waktu 24 atau 12 jam dengan menekan tombol bawah yang terdapat lambang “G”. Jika waktu sudah sesuai, kamu bisa menekan kembali tombol kiri atas (adjust) dan waktu akan berjalan kembali sesuai pengaturan.

Baca juga : Cara Mengatur Jam Tangan LED, Cuma Butuh 1 Menit!

Mengatur Alarm

Cara mengatur alarm di jam tangan G-Shock GM-6900.
Cara mengatur alarm di jam tangan G-Shock GM-6900.
Sumber: https://drive.google.com/file/d/149Xi7elbrKB8scr-hkH8Q5kMRniFZLbO/view?usp=sharing

Jam tangan G-Shock GM-6900 memiliki fitur alarm dengan mode yang cukup lengkap. Ada 4 tipe alarm yang bisa kamu fungsikan untuk membantu kegiatan sehari-hari, mulai dari alarm harian hingga bulanan. Saat fitur ini aktif, jam tangan akan mengeluarkan bunyi beeps alarm sekitar 20 detik.

Langkah pertama, kamu tekan tombol kiri bawah atau mode sehingga tampilan display berubah jadi mode alarm. Setelah itu, kamu bisa memulai setting waktu alarm dengan menekan tombol kiri atas (adjust) hingga angka berkedip. Kemudian, kamu bisa mengganti waktu alarm dengan cara yang sama dengan setting waktu dan tanggal sebelumnya, yaitu tekan tombol kanan bawah (start-stop) hingga waktu yang kamu mau.

Jika sudah selesai mengubah waktu alarm, tekan tombol kiri atas (adjust) dan fitur alarm sudah aktif sesuai dengan pengaturan. Saat fitur alarm pada jam G-Shock GM-6900 berbunyi, kamu bisa menekan tombol mana saja untuk menghentikan alarm-nya. 

Baca juga : Cara Setting Jam G-Shock GA-100 Series, Super Gampang!

Fitur Countdown Timer

Cara setting fitur countdown timer di jam tangan G-Shock GM-6900.
Cara setting fitur countdown timer di jam tangan G-Shock GM-6900.
Sumber: https://drive.google.com/file/d/149Xi7elbrKB8scr-hkH8Q5kMRniFZLbO/view?usp=sharing

Selain alarm yang lengkap, G-Shock GM-6900 memiliki fitur countdown timer atau perhitungan mundur. Fitur countdown timer ini dapat kamu atur dalam rentang 1 detik hingga 24 jam. Fungsi ini dapat membuat jam tangan G-Shock ini sangat membantu banyak kegiatanmu. Dimana, jam tangan ini akan mengeluarkan bunyi beeps selama 10 detik setelah hitungan mundur selesai. Kamu bisa mematikan bunyi beeps dengan menekan tombol apapun pada jam.

Baca juga : Jajaran Series G-Shock Untuk Pria, Wanita, dan Couple

Nah, kamu bisa menggunakan fitur ini dengan mudah lewat tombol yang ada di kanan dan kiri jam. Caranya, kamu tekan tombol kiri bawah dua kali hingga tampil mode countdown timer pada display jam. Pada mode ini, display menampilkan waktu reguler yang terletak di atas dan juga waktu countdown timer-nya (jam, menit dan detik) di bawah.

Baca juga : Cara Mudah Setting Waktu G-Shock Ana-Digi

Untuk mengatur waktu timer-nya, kamu bisa menekan tombol kiri atas (adjust) hingga salah satu angka pada display berkedip. Setelah itu, kamu bisa mengatur waktu yang kamu mau dengan menekan tombol kanan bawah (start-stop). Untuk mengubah pengaturan jam, menit atau detik timer, kamu hanya perlu menekan tombol kiri bawah (mode) hingga indikator waktu yang ingin kamu atur.

Setelah pengaturan waktu countdown timer yang dimau sudah sesuai, kamu bisa memulai perhitungan mundur dengan menekan tombol kiri bawah (start-stop). Jika ingin menghentikan perhitungan mundur, kamu bisa tekan tombol start-stop. Kamu juga bisa reset waktu countdown timer dengan menekan tombol kiri atas (adjust).

Baca juga : Cara Setting Jam G-Shock GA-2100 Ternyata Mudah

Fitur Stopwatch

Cara setting stopwatch di jam tangan G-Shock GM-6900.
Cara setting stopwatch di jam tangan G-Shock GM-6900.
Sumber: https://drive.google.com/file/d/149Xi7elbrKB8scr-hkH8Q5kMRniFZLbO/view?usp=sharing

G-Shock GM-6900 memiliki fitur stopwatch berkapasitas hingga 23 jam, 59 menit dan 59 detik dengan 3 mode, yaitu waktu berlalu, waktu split, waktu posisi pertama-kedua. Hampir semua jam tangan G-Shock punya fitur stopwatch dengan spesifikasi ini. Dengan beberapa tombol pada jam tangan ini, kamu bisa menggunakan stopwatch dengan mudah.

Kamu bisa mengaktifkan fitur stopwatch dengan menekan tombol kiri bawah (mode) sebanyak 3 kali hingga display berganti ke mode stopwatch. Jika ada tulisan “st” pada display berarti kamu bisa memulai mengatur stopwatch. Pada mode stopwatch ini, kamu bisa melihat format waktu stopwatch mulai dari jam, menit dan detik serta waktu reguler yang terletak di atas.

Kemudian tekan tombol kanan bawah (start-stop) untuk mengaktifkan stopwatch atau memulai pengukuran waktu. Untuk memberhentikan waktu stopwatch yang sedang berjalan, kamu bisa menekan kembali tombol start-stop. Jika ingin reset atau pun mengubah mode stopwatch, kamu bisa menekan tombol kanan atas (split-reset). Indikator mode akan tampil di atas waktu stopwatch. 

Baca juga : Cara Mengatur Tanggal dan Hari di Jam Tangan Automatic Seiko

Nah, itulah langkah mudah mengatur jam tangan digital khususnya pada series G-Shock GM-6900. Kamu juga bisa tau informasi dan tips lainnya seputar jam tangan di Jamtangan.com.

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
seiko reissue

5 Rekomendasi Jam Tangan Seiko Reissue Paling Ikonik

Next Article
band seringai x jamtangan.com

Killing Time: Berkenalan Lebih Dalam Soal Kecintaan Jam Tangan dengan Seringai dan Menangkan Giveaway!

Related Posts
Total
0
Share