5 Tips Membedakan Jam Tangan Richard Mille Asli dan Palsu

Cukup banyak produk jam tangan Richard Mille palsu yang beredar di pasaran, sehingga membuat orang bingung. Apalagi, beberapa jam tangan replika punya tampilan yang cukup akurat dengan versi aslinya.
perbedaan jam tangan richard mille asli dan palsu
perbedaan jam tangan richard mille asli dan palsu

Terakhir diubah pada 2022/11/02 at 4:49pm oleh Contributor

Buat kamu kolektor jam tangan mewah, brand Richard Mille mungkin sudah tak asing lagi di telingamu. Merek yang cukup populer dengan bentuk jam tangan model tonneau ini tak luput dari produk replika. Karena harga jam tangan Richard Mille yang cukup tinggi, banyak oknum yang memalsukan dan menaruh harga yang rendah.

Cukup banyak produk jam tangan Richard Mille palsu yang beredar di pasaran, sehingga membuat orang bingung. Apalagi, beberapa jam tangan replika punya tampilan yang cukup akurat dengan versi aslinya. Maka itu, Minwatch punya 5 tips untuk membedakan jam tangan Richard Mille asli dan palsu.

Jam tangan Richard Mille merupakan salah satu dari jajaran jam tangan premium yang menjadi incaran para kolektor jam tangan sultan.

1. Cek Dokumen Keasliannya

Jam tangan mewah sekelas Richard Mille pastinya punya dokumen keasliannya. Ada beberapa dokumen yang bisa kamu lihat, antara lain kartu garansi dan nomor seri unik pada jamnya. Hal ini juga bisa kamu lakukan untuk pembelian jam tangan Richard Mille yang bekas.

Untuk kartu garansi, kamu bisa melihat tanda tangan yang disematkan beserta segel hologram sebagai keamanan pada permukaan kartunya. Tanda tangan ini pun diberikan oleh dealer resmi RIchard Mille. Dokumen kartu garansi ini bisa jadi patokan jam tangan Richard Mille yang asli atau palsu.

Baca juga : 7 Harga Jam Rolex Asli Termahal di Dunia

Selain itu pada kartu garansi juga bisa melihat nomor seri pada jam tangan Richard Mille dan mengecek keasliannya. Biasanya, nomor serial Richard Mille bisa kamu lihat terukir pada bagian belakang jam tangannya atau back case. Nomor dimulai dengan huruf “RM”, diikuti oleh serangkaian huruf, angka dan tanda hubung. Kamu bisa memastikan keaslian jam tangan Richard Mille dari nomor seri ini.

Richard Mille RM 88 Automatic Tourbillon Smiley menjadi seri jam tangan limited edition dari Richard Mille.

2. Lihat Detail Bagian Jam Tangan

Tips kedua adalah detail jam tangan Richard Mille. Produk jam tangan Richard Mille palsu dapat menirukan beberapa detail yang terlihat seperti asli, seperti logo Richard Mille yang biasanya ada pada bagian case. Dengan hanya melihat tampilan logo saja, kamu masih belum bisa menyakinkan bahwa produk ini asli.

Maka dari itu, kamu harus memperhatikan detail kecil yang ada pada setiap bagian agar terhindar dari jam tangan Richard Mille yang palsu. Ada beberapa detail yang masih bisa terlihat dengan mata, seperti warna, ukiran, spesifikasi movement  dan bobot jam tangan. Jam tangan sekelas Richard Mille pasti diproduksi di pabrik berstandar internasional dan dikerjakan oleh pembuat jam profesional, sehingga produknya pasti punya detail yang tak dapat ditiru dan eksklusif.

Baca juga : 7 Jam Tangan Seiko Termahal, Harganya Sampai 230 Juta-an!

Pada beberapa produk replikanya, tampilan depan jam tangan punya perbedaan yang terdapat pada font Richard Mille. Jika font ini tak sesuai dengan aslinya, bisa dipastikan bahwa jam tangannya palsu. Hal ini bisa kamu identifikasikan pada ukiran jam, yang mana jam tangan Richard Mille asli punya ukiran yang rapi dan tidak cacat.

Pada dasarnya, setiap model jam tangan Richard Mille punya keunikan sendiri. Dengan melihat detailnya tersebut dan membandingkan dengan spesifikasi yang ada pada situs resmi, kamu mungkin dapat menemukan perbedaan detail pada jam tangan Richard Mille palsu.

3. Harga Jam Tangan Richard Mille yang Asli

Hal ketiga yang bisa membedakan jam tangan Richard Mille asli atau palsu adalah harganya. Selain kualitas premiumnya, jam tangan Richard Mille juga terkenal dengan harganya yang mencapai miliaran. Maka itu, kamu harus curiga dengan jam tangan Richard Mille yang punya harga yang jauh berbeda dengan dealer resminya.

Baca juga : 7 Jam Mido Termahal Buruan Kolektor, Ada yang Gampang Didapetin!

Kamu harus memastikan keaslian jam tangan Richard Mille yang ingin dibeli. Tidak sedikit orang maupun kolektor yang tertipu dengan jam tangan Richard Mille yang harganya murah. Pastikan harga dengan membandingkannya di situs atau dealer resmi Richard Mille. Biasanya, jam tangan Richard Mille asli punya harga baru berkisar diatas 1 miliar, sebaliknya produk palsunya jauh dibawahnya.

Banyak pesohor yang menggunakan jam tangan Richard Mille juga menjadi salah satu faktor nilai jual jam tangan ini. Salah satunya Rafael Nadal, petenis terbaik dunia yang merupakan pemenang 20 Grand Slam.

4. Minta Pendapat Ahli Jam Tangan

Setelah mengecek kartu garansi, detail jam dan harganya, ada lagi tips yang tak kalah penting yang pastinya akan membantumu untuk membedakan jam tangan Richard Mille asli dan palsu. Kamu bisa konsultasi dengan kolektor yang sudah dulu mengoleksi jam tangan Richard Mille atau seseorang yang ahli jam (horologi). Dengan begitu, mereka bisa lebih memastikan keaslian jam tangan Richard Mille yang ingin kamu beli. Mereka punya pengalaman serta pengetahuan tentang jam tangan Richard Mille yang asli.

Baca juga : 10 Jam Termahal Di Dunia, Terbuat dari Apa?

Hal ini tentunya cukup memakan waktu, apalagi jika kamu tidak punya kenalan seorang pecinta jam tangan. Namun, hal ini perlu ketika kamu ingin membeli jam tangan Richard Mille. Dengan harga yang fantastis, tentunya mencari profesional yang tau tentang jam tangan pasti bukan hal susah. Biasanya kamu bisa menemukan mereka di komunitas jam tangan, maupun langsung datang saja ke toko jam tangan terpercaya. Mereka yang kerja di industri jam tangan mewah tentunya punya pengetahuan tentang keaslian suatu produk sekelas Richard Mille.

5. Beli di Toko Resmi atau Terpercaya

Tips terakhir agar tidak dikelabui dengan jam tangan Richard Mille yang palsu adalah beli langsung di dealer resmi atau toko jam tangan terpercaya. Jam tangan mewah sekelas Richard Mille memiliki toko resmi yang bisa dilihat di situs resminya.

Baca juga : 8 Ciri-Ciri Jam Tangan Rolex Asli dan KW yang Mudah Dikenali

Membelinya langsung di toko resmi adalah cara terbaik untuk memastikan agar kamu tidak tertipu dengan jam tangan Richard Mille palsu. Sebagai alternatif, kamu juga bisa membeli koleksi jam tangan Richard Mille asli di toko pengecer atau dealer terpercaya. Banyak penawaran menarik dengan harga yang kompetitif untuk jam tangan mewah seperti Richard Mille.

Baca juga : Astaga! Ternyata Segini Harga Jam Tangan Andre Taulany

Jam tangan mewah atau luxury watch memang punya daya tarik tersendiri, khususnya bagi para kolektor. Tak hanya brand asal Swiss ini, beberapa merek jam tangan mewah seperti Rolex hingga Franck Muller juga tak luput dari incaran oknum yang membuat produk replikanya. Liat koleksi jam tangan mewah lainnya, seperti Franck Muller dan Hublot dengan harga terbaik, hanya di Jamtangan.com.

Oleh: Audi Marchal

Sumber :
https://luxurybazaar.com/wp/the-ultimate-guide-to-avoid-buying-a-fake-counterfeit-richard-mille-watch

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article

Seru dan Fun, Main Golf Secara Virtual Dalam Event GOLF O’CLOCK

Next Article
Seiko Astron SSH063J1 200M Water Resistance Stainless Steel Strap

5 Jam Tangan Canggih: Bisa Kalibrasi Waktu Otomatis

Related Posts
Total
0
Share