8 Ciri Jam Tangan Tag Heuer yang Asli, Cek di Sini Detailnya!

Ciri Jam Tangan Tag Heuer Asli
Ciri Jam Tangan Tag Heuer Asli

Terakhir diubah pada 2022/11/24 at 3:46pm oleh Contributor

Jam tangan Tag Heuer bisa dibilang merupakan jam tangan mewah, sehingga banyak produk KW atau palsu yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, informasi mengenai ciri-ciri jam tangan Tag Heuer yang asli wajib untuk diketahui kamu. Dengan mengetahui ciri-ciri jam tangan Tag Heuer yang asli kamu dapat semakin yakin mengenai mana produk yang original dan yang palsu.

Jam tangan asal Swiss ini beroperasi di bawah nama perusahaan TAG Heuer S.A. Perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan multinasional yang memproduksi jam tangan. TAG Heuer sendiri dapat dikatakan sebagai perusahaan senior di industri jam tangan, karena sudah berdiri sejak tahun 1860 di Neuchâtel, Swiss.

Baca juga : Trik Agar Baterai Jam Chronograph Lebih Tahan Lama

Saking bergengsinya, jam tangan ini tidak luput dari lirikan beberapa ajang olahraga bergengsi dan digunakan sebagai Official Timer, antara lain untuk ajang olahraga Porsche Tennis Grand Prix, Gran Turismo Sport, Formula One, Olimpiade, Premier League, World Rally Championship hingga Formula E.

Porsche Tennis Grand Prix.
 Porsche Tennis Grand Prix.
Sumber: Tagheuer.com.

Karena semakin meningkatnya minat pasar jam tangan ini, mulai bermunculan juga oknum nakal yang membuat tiruan jam tangan Tag Heuer yang palsu.Supaya terhindar dari yang palsu, kamu wajib cek 8 ciri-ciri jam tangan Tag Heuer yang asli berikut ini. Baca ulasan Minwatch di bawah ini yuk!

Baca juga : Cara Mengetahui Jam Tangan Perlu Ganti Baterai atau Servis

1. Periksa Nomor Seri Tag Heuer

Nomor seri jam tangan Tag Heuer memiliki kombinasi dari huruf dan angka. Nomor serinya terdiri dari dua atau tiga huruf dan empat angka unik untuk setiap jam tangan. Oleh karena itu, kamu dapat menilai apakah jam tangan Tag Heuer kamu asli atau tidak melalui nomor serinya, ini adalah cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa keaslian jam tangan berdasarkan nomor seri. 

Nomor seri Tag Heuer terletak di bagian caseback jam tangan. Namun kamu juga harus memperhatikan untuk model dengan caseback transparan, karena nomor seri harus berada di tepi kristal.

Caseback Tag Heuer.
Caseback Tag Heuer.
Sumber: Tagheuer.com

Setiap jam tangan Tag Heuer memiliki nomor seri yang unik, oleh karena itu ini merupakan salah satu cara terbaik untuk memeriksa keasliannya. Untuk jam tangan Tag Heuer yang palsu terkadang juga melampirkan nomor seri ini dengan membuat ukiran di bagian caseback. Namun pastinya kualitas yang palsu jauh berbeda dengan yang asli, mulai dari ketajaman ukiran dan urutan kombinasi huruf dan angka. Oleh karena itu, kamu dapat memeriksa keasliannya dengan melakukan pencarian secara online apakah model yang kamu cari ada di website resmi Tag Heuer.

Kamu juga wajib memperhatikan sertifikat yang diberikan saat melakukan pembelian Tag Heuer yang asli. Untuk Tag Heuer yang asli akan memberikan sertifikat berwarna hitam dengan logo Tag Heuer berwarna putih. Bahkan jika kamu membeli Tag Heuer preloved kamu juga bisa meminta sertifikat ini sebagai bukti keaslian dari  Tag Heuer  yang kamu beli. Jangan lupa juga  untuk melakukan pengecekkan nomor serinya, karena nomor serinya harus cocok dengan yang ada di caseback jam tangan. Meskipun Tag Heuer palsu juga dilengkapi dengan sertifikat tiruan, namun jarang sekali yang memiliki nomor seri yang cocok antara caseback dan sertifikat. 

kartu garansi tagheuer
kartu garansi tagheuer

Baca juga : 10 Hal yang Patut Diperhatikan Sebelum Membeli Jam Tangan

2. Uji Apakah Jam Tangan Memiliki Pelindung Sapphire Crystal

Ciri-ciri jam tangan Tag Heuer yang asli berikutnya yaitu dilengkapi dengan pelindung kaca sapphire crystal. Pelindung ini memiliki material yang kuat sehingga menambah kekokohan jam tangan Tag Heuer. Dapat dipastikan jam tangan Tag Heuer yang asli memiliki kaca anti gores dan tahan lama yang dapat membantu detail desain yang rumit pada wajah jam tangan ini. Untuk yang palsu tentu saja tidak memperhatikan hal mendetail seperti ini, karena biasanya hanya menggunakan bahan dasar kaca atau plastik standar dan tidak tahan terhadap benturan dan goresan.

Sapphire crystal Tag Heuer.
Sapphire crystal Tag Heuer.
Sumber: Tagheuer.com.

Untuk menguji apabila jam tangan Tag Heuer yang asli menggunakan sapphire crystal atau tidak, kamu dapat mencoba dengan meneteskan beberapa tetes air ke permukaannya. Jika air membentuk genangan, itu adalah sapphire crystal asli, namun jika tetesan air mengalir kemungkinan besar itu adalah kaca standar dan merupakan Tag Heuer yang palsu.

Hal itu dikarenakan jam tangan Tag Heuer asli memiliki fitur water resistant yang bervariasi, sehingga kontak dengan beberapa tetes air tentunya tidak akan menjadi masalah. Namun sebelum menjalankan pengujian, kamu dapat melakukan pemeriksaan apakah ada stempel tahan air pada caseback yang terletak di sebelah nomor seri (memberikan informasi kedalaman jam tangan tahan air). Jika tidak ada tanda water resistant, kemungkinan besar jam tangan tersebut palsu.

Baca juga: 10 Brand Jam Tangan Pria Termahal di Dunia, Bisa Untuk Investasi Nih!

3. Cek Kualitas Logo

Faktor lain dari jam tangan Tag Heuer asli adalah penempatan logo dan kualitas logo. Sebagai salah satu brand jam tangan mewah dengan reputasi prestisius, tentu saja Tag Heuer mempunyai standar kualitas tinggi untuk detail desainnya. Jadi apabila kamu menemukan desain logo Tag Heuer yang tidak sejajar, tidak simetris, kemungkinan besar jam tangan Tag Heuer tersebut adalah palsu.

Kamu juga dapat melakukan pemeriksaan lainnya dengan melakukan pengecekan apakah logo Tag Heuer pada dial nampak sempurna dan rapi. Jika kamu melihat ada residu lem, kemungkinan besar jam tersebut adalah palsu. Selain itu Tag Heuer yang asli juga memiliki logo timbul di ujung crown dengan desain yang tegas dan tidak ada sambungan dengan menggunakan lem. Masih pada dial, kamu juga wajib memperhatikan teks kecil bertuliskan “Swiss Made” pada tanda jam 6 yang menjadi bukti bahwa jam tangan Tag Heuer ini adalah asli buatan Swiss.

Tag Heuer Formula.
Tag Heuer Formula.
Sumber: Jamtangan.com.

Baca juga : Tourbillon: Apa Itu & Kenapa Harganya Sangat Mahal?

4. Periksa Fungsi dan Fitur Jam Tangan

Tag Heuer dikenal dengan berbagai koleksi jam tangan dengan beragam fungsi dan beragam fitur yang inovatif. Jadi, meskipun model jam tangan Tag Heuer palsu mungkin terlihat bagus, namun mesin jam tangan tidak akan dapat bekerja sebaik dengan jam tangan Tag Heuer asli. 

Misalnya, ada beberapa jam tangan Tag Heuer yang palsu memberikan calibre dengan fitur tanggal dan hari. Kamu dapat melakukan kroscek dengan model serupa, apakah memiliki fitur yang sama atau tidak. Jika model yang asli memiliki fitur tersebut, tetapi milik kamu tidak, dapat dikatakan jam tersebut palsu, begitupun sebaliknya.

Jika ada fitur hari atau tanggal, periksa lah terlebih dahulu apakah angka atau huruf berada di tengah dan terlihat jelas. Ketidaksejajaran atau ketidakjelasan dapat kita simpulkan sebagai indikator kepalsuan.

Fitur berikutnya adalah fungsi Tachymeter yang digunakan untuk mengukur kecepatan. Fitur ini merupakan fitur yang telah dikembangkan dan disempurnakan oleh Tag Heuer selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, fitur tachymeter pada Tag Heuer palsu tidak akan bekerja dengan cara yang sama seperti pada jam tangan asli. Salah satu cara untuk mengujinya adalah dengan memutar bezel untuk memeriksa apakah putarannya halus dan menampilkan jumlah klik yang benar.

Lalu yang berikutnya, jika jam tangan Tag Heuer kamu memiliki fungsi chronograph, pastinya juga memiliki sub-dial. Kamu dapat menguji fungsi chronograph dengan menekan pushers / push-button di sebelah crown. Pusher merupakan tombol yang berguna untuk mengaktifkan mekanisme tambahan seperti chronograph counter. Pada jam tangan palsu, pushers ini tidak benar-benar berfungsi, akibatnya tidak bisa memberikan kamu fungsi chronograph yang sesungguhnya.

Fitur Tag Heuer.
Fitur Tag Heuer.
Sumber: Tagheuer.com.

Baca juga : 5 Ciri Ciri Jam Tangan Ferrari Asli

5. Uji Lume

Masuk dalam kategori sport watch, jam tangan Tag Heuer menggunakan lapisan LumiNova pada indeks dial dan jarum jam. Meskipun efek ‘glow in the dark’ dapat dibuat dengan bahan dan komposisi yang lebih murah, kejernihan LumiNova yang luar biasa pada jam tangan  Tag Heuer merupakan perbedaan yang sangat nyata bila dibandingkan dengan yang palsu. 

Pada jam tangan Tag Heuer yang asli, kamu dapat mengetes teknologi LumiNova dengan melihatnya dalam gelap, terutama setelah menyinari indeks dan jarum yang mengandung LumiNova dengan cahaya selama beberapa waktu. Jika cahaya redup, indeks dan jarum, tidak menyala atau tidak rata, kemungkinan besar kamu sedang melihat jam tangan Tag Heuer yang palsu.

Lume Tag Heuer.
Lume Tag Heuer.
Sumber: Tagheuer.com.

Baca juga: 10 Jam Termahal Di Dunia, Terbuat dari Apa?

6. Cek Kualitas Crown

Tag Heuer memiliki mekanisme movement yang telah dirancang dan dikembangkan secara in-house selama bertahun-tahun dan berlanjut hingga hari ini. Oleh karena itu, kamu pasti dapat merasakan perbedaan antara jam tangan Tag Heuer asli dan palsu. Jam tangan Tag Heuer asli memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi karena menggunakan kualitas material unggul. Sedangkan jam tangan Tag Heuer palsu biasanya memiliki kualitas yang tidak sebanding karena tentu saja juga karena biaya produksi yang lebih rendah. Kamu dapat merasakan perbedaannya pada saat memutar crown, di mana terdapat movement yang halus dan mudah pada jam tangan Tag Heuer yang asli.

Kualitas crown Tag Heuer.
Kualitas crown Tag Heuer.
Sumber: Tagheuer.com.

Baca juga : Mengenal 4 Ciri Ciri Jam Tangan Franck Muller Asli

7. Cek Kualitas Strap

Tag Heuer merupakan brand jam tangan mewah yang membutuhkan waktu cukup panjang dalam proses perakitan strap untuk setiap jam tangannya. Untuk model stainless steel strap, links harus sejajar dan menyatu dengan mulus, sedangkan untuk leather atau fabric strap, kualitasnya sangat mulus dan tidak boleh ada jahitan yang keluar.

Untuk beberapa model seperti Link collection memiliki strap berbentuk ‘S’ unik yang menambah kerumitan dan detail jam tangan ini. Namun jam tangan Tag Heuer yang palsu  sering mengambil jalan pintas hanya dengan mengukir bentuk ‘S’ menjadi solid bracelet, sehingga dapat dikatakan jam tangan tersebut merupakan Tag Heuer yang palsu.

Strap Tag Heuer.
Strap Tag Heuer.
Sumber: Tagheuer.com.

Baca juga : Deretan Merek Jam Tangan Mewah yang Ternyata Saling ‘Bersaudara’!

8. Beli dari Toko Terpercaya

Cara terbaik untuk memastikan jam tangan yang Tag Heuer kamu asli adalah dengan membelinya dari toko jam tangan terpercaya. Setiap pembelian Tag Heuer yang asli dilengkapi dengan kotak asli dan dokumen keaslian asli, serta garansi pabrik, sehingga kamu dapat yakin bahwa jam tangan yang kamu terima adalah asli.

Toko Machwatch.
Toko Machwatch.
Sumber: Jamtangan.com.

Baca juga: 10 Brand Jam Tangan Wanita Termahal di Dunia

Ternyata seperti itu yah ciri-ciri jam tangan Tag Heuer yang asli. Pastikan kamu membaca artikel ini sebelum kamu membeli jam tangan Tag Heuer dan jangan lupa untuk mampir ke blog Jamtangan.com untuk memperkaya informasi horologi kamu ya! 

Oleh: Rahel Humillang

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Mido Baroncelli Signature Skeleton

Mido Baroncelli Signature Skeleton Terinspirasi dari Rennes Opera House di Perancis

Next Article
Cristiano Ronaldo Menjadi Brand Ambassador Jacob & Co

Setelah berpisah dengan MU, Cristiano Ronaldo Menjadi Brand Ambassador Jacob & Co

Related Posts
Total
0
Share