10 Jam Termahal Di Dunia, Terbuat dari Apa?

jam termahal di dunia versi alux.com - foto utama

Bagi Anda watch enthusiast, pasti jam tangan termahal dan mewah pernah menjadi mimpi terbesar Anda. Bukan soal harga maupun prestisenya saja, namun juga soal penciptanya, material jam tangannya, hingga sejarah dibalik pembuatannya. Bagi sebagian besar orang mungkin bertanya-tanya, mengapa jam tangan bisa bernilai hingga jutaan US Dollar. Padahal bisa saja jika dilihat dari tampilan dan desainnya, jam tangan mahal terlihat sangat simpel dan tak jauh berbeda dengan jam tangan pada umumnya.

Nah, kali ini kami urutkan 10 jam tangan termahal di dunia menurut Alux.com

Daftar Isi
10. Louise Moinet – Meteoris
9. Hublot – Big Bang
8. Vacheron Constantin- 57260
7. Patek Philippe – Ref. 1518
6. Jacob & Co. – Billionaire Watch
5. Patek Philippe – Henry Graves Pocket Watch
4. Chopard – 201 Carat Watch
3. Breguet – Grande Complication
2. Graff Diamonds – Fascination
1. Graff Diamonds – Hallucination

10. Louise Moinet – Meteoris

10 jam termahal di dunia versi alux.com - Louise Moinet - Meteoris by Celebre Magazine
source image: Celebre Magazine

Jam tangan bermerk Louise Moinet ini dibanderol seharga 4,6 juta Dollar US atau setara dengan 64 miliar Rupiah. Tampilan dial skeleton dan case berwarna emas mendominasi jam tangan ini. Material yang membuat jam tangan ini mahal adalah batu meteor yang terdapat pada dial. Batu meteor yang digunakan merupakan jenis batu meteor langka yang pernah ditemukan di bumi. Batu tersebut bernama Dhofar 459 dan merupakan batu berumur ribuan tahun yang berasal dari bulan.

9. Hublot – Big Bang

10 jam termahal di dunia versi alux.com - Hublot - Big Bang by hublot.com
image source: hublot.com

Tak salah apabila jam tangan ini dinamai Big Bang. Sebab, dengan melihatnya saja pasti kita sudah takjub dengan ledakan pesona dari taburan berlian di tiap sisinya. Jam tangan yang dibanderol seharga 5 juta Dollar US atau setara 70 miliar Rupiah ini bermerk Hublot. Terdiri dari 1.280 bongkah berlian yang setidaknya tiap butirnya memiliki 3 karat. Dibutuhkan waktu selama 1 tahun untuk menyelesaikan produksi jam tangan ini. Setiap butir berliannya dipahat langsung oleh ahli permata dari New York yang berpengalaman lebih dari 40 tahun.

Seperti jam tangan Hublot yang banyak beredar di pasaran, membuat kita semakin penasaran pada ciri-ciri jam Hublot asli, agar terhindar dari yang imitasi. Lalu bagaimana cara mengetahui ciri jam Hublot asli yah? 

Untuk kamu penggemar jam tangan Hublot, pastinya penasaran dengan jajaran jam tangan Hublot termahal di dunia saat ini. Dikenal sebagai jam tangan mewah, ternyata Hublot memiliki 10 koleksi yang dinobatkan sebagai jam tangan Hublot termahal di dunia saat ini.

8. Vacheron Constantin- 57260

10 jam termahal di dunia versi alux.com - Vacheron Constantin- 57260 by timesticking.com
image source: timesticking.com

Jam tangan ini diproduksi oleh Vacheron Constantin dan terbilang cukup baru dibandingkan deretan jam yang dibahas di artikel ini. Harga yang ditawarkan terbilang fantastis yakni 8 juta Dollar US atau senilai dengan 112 miliar Rupiah. Jam ini terbuat dari 2800 komponen dan memiliki 57 komplikasi serta dibingkai dengan case emas putih 18 karat. Setidaknya dibutuhkan 3 watchmaker berpengalaman yang membuat jam tangan ini. Dan waktu yang dihabiskan untuk membuatnya dari nol adalah 8 tahun lamanya.

Baca juga : 7 Harga Jam Rolex Asli Termahal di Dunia

7. Patek Philippe – Ref. 1518

10 jam termahal di dunia versi alux.com - Patek Philippe - Ref. 1518 by itlwatchleague.com
image source: itlwatchleague.com

Pada 2016 lalu, di acara lelang Phillips in Association Bacs & Russo Geneva Watch, sebuah jam langka keluaran Patek Philippe dijual. Jam tersebut laku seharga 11 juta Swiss Francs atau setara 115,9 miliar Rupiah. Menariknya, untuk harganya yang fantastis tersebut, case jam tangan ini hanya terbuat dari stainless steel. Hal ini cukup aneh dan langka, mengingat jam tangan yang dihargai tinggi setidaknya, terbuat dari emas murni atau ditaburi permata. Selain itu, mahalnya jam tangan ini juga dinilai dari jumlahnya yang hanya 4 pieces di dunia.

Patek Philippe sudah melegenda sejak lama. Berawal sejak 1839 sebagai produsen jam tangan dan jam dinding mewah, Patek Philippe pertama kali mendirikan usahanya di Swiss. Hal itulah yang menobatkan Patek Philippe menjadi salah satu produsen jam tangan tertua di dunia.

6. Jacob & Co. – Billionaire Watch

10 jam termahal di dunia versi alux.com - Jacob & Co. - Billionaire Watch
image souce: ablogtowatch.com

Sepintas tampilan jam tangan ini terlihat seperti perhiasan dibandingkan sebuh jam tangan. Produksi brand kenamaan Jacob & Co. ini ditaburi oleh berlian murni dengan total 260 karat, 167 komponen pembangun movement, dan 19 jewel. Tak salah jika jam tangan ini dinamai produsennya dengan nama Billionaire Watch. Karena berlimpahnya butiran berlian yang melapisinya, jam tangan ini dibanderol sebesar 18 juta Dollar US atau senilai 255 miliar Rupiah. Wow.

5. Patek Philippe – Henry Graves Pocket Watch

10 jam termahal di dunia versi alux.com - Patek Philippe - Henry Graves Pocket Watch
image source: watchcollectinglifestyle.com

Mungkin jam tangan ini adalah jam saku termahal yang pernah diproduksi di dunia. Pada 1999 jam tangan ini terjual seharga 11 juta Dollar US atau setara 154 miliar Rupiah. Hingga di tahun 2018, jam saku ini dilelang dan laku terjual senilai 336 miliar Rupiah. Sungguh, jumlah yang fantastis untuk sebuah jam saku. Ternyata, kebernilaian jam ini karena sang ahli jam Patek Philippe sendiri yang membuatnya khusus untuk Henry Graves, seorang bankir kenamaan di tahun 1933. Dibutuhkan waktu 5 tahun untuk menyelesaikan jam saku dengan 24 fungsi ini. Dilapisi dengan emas 18 karat, jam saku ini menjadi yang termahal di dunia hingga tahun 2013.

Berhasil dilelang dengan harga $11 juta pada tahun 2016, Patek Philippe Stainless Steel, 1953 masuk dalam jajaran jam tangan jadul termahal yang pernah dijual saat lelang. 

4. Chopard – 201 Carat Watch

10 jam termahal di dunia versi alux.com - Chopard - 201 Carat Watch
image source: blazepress.com

Jam tangan yang menggunakan 874 berlian langka dengan 201 karat ini pernah dinobatkan sebagai jam termahal di dunia. Pada tahun 2000, jam ini berhasil dijual seharga 25 juta Dollar US atau setara dengan 350 miliar Rupiah. Berbeda dengan jam tangan berlian Hublot Big Bang, bentuk dari jam tangan ini seakan tanpa struktur. Namun jam tangan ini bertahtakan berlian yang lebih bervariasi dengan jumlah karat yang tak kalah tinggi. Jika Anda punya uang berlimpah, tertarikkah untuk membelinya?

Chopard Garden of Kalahari termasuk salah satu jam tangan wanita termahal dunia, yang detail jamnya dilapisi dengan salah satu dari enam koleksi berlian di dunia.

3. Breguet – Grande Complication

10 jam termahal di dunia versi alux.com - Breguet - Grande Complication
image source: breguet.com

Untuk sebuah jam saku, jam ini terkesan memiliki harga yang tak masuk akal. Dihargai senilai 30 juta Dollar US atau setara dengan 420 miliar Rupiah, jam ini menurut sejarah, dibuat atas permintaan kekasih Marie Antoinette, Ratu Perancis. Oleh Abraham-Louis Breguet, jam ini dibuat pada 1782 dan berhasil diselesaikan oleh anaknya 4 tahun setelah kematian Breguet. Dilapisi oleh emas dan safir, jam saku ini bahkan belum pernah dilihat oleh Marie Antoinette sendiri. Mengingat 34 tahun setelah kematian Marie Antoinette, barulah jam ini selesai dibuat. Sempat dicuri di tahun 1900 dan kembali pada tahun 2007, kini jam ini dipamerkan di museum L.A. Mayer sebagai benda peninggalan sejarah.

10 Brand Jam Tangan Pria Termahal di Dunia, Bisa Untuk Investasi Nih!

Baca juga : 7 Jam Tangan Seiko Termahal, Harganya Sampai 230 Juta-an

2. Graff Diamonds – Fascination

10 jam termahal di dunia versi alux.com - Graff Diamonds - Fascination
image source: themilliardaire.com

Dikenal luas akan reputasinya dalam memproduksi perhiasan berlian, Graff menunjukkan kemampuannya mengeluarkan jam tangan bertabur berlian. Terdiri dari 152,96 karat berlian putih dan potongan batu mewah yang dibentuk sempurna seperti buah pir di tengah-tengahnya. Laurence Graff berkata, seri Fascination ini merupakan masterpiece yang diciptakan dengan hati-hati dan penuh dedikasi. Selain itu jam tangan ini dapat dipakai dengan cara yang berbeda-beda namun tetap menampilkan pesona tersendiri di setiap sudutnya. Tak tanggung-tanggung jam ini dibanderol seharga 560 miliar Rupiah.

1. Graff Diamonds – Hallucination

10 jam termahal di dunia versi alux.com
image source: timestcking.com

Ini dia! Jam tangan yang memenangkan jajaran jam paling mahal di dunia. Mendapat titel sebagai Jam termahal di dunia tahun 2019, jam tangan ini dihargai sebesar 55 juta Dollar US atau 770 miliar Rupiah. Jam ini dikategorikan sebagai masterpiece paling bernilai yang pernah dibuat di bumi. Mengingat jam ini dipenuhi dengan berlian warna 110 karat yang langka. Diperkenalkan ke publik pada pameran Baselworld di Swiss tahun 2019, jam tangan bernama Hallucination ini memang secara instan membuat orang berhalusinasi karena harganya!

Baca juga : 7 Jam Mido Termahal Buruan Kolektor, Ada yang Gampang Didapetin!

Wah, kira-kira apakah jam tangan mahal di atas mampu kita beli jika kita menabung seumur hidup? Silakan berimajinasi dan jangan lupa klik Jamtangan.com untuk mendapatkan jam dengan harga terbaik se-Indonesia. Selamat berbelanja 🙂

Total
0
Shares
Previous Article
Perayaan Imlek

7 Jam Tangan Pilihan Machtwatch untuk Dipakai Saat Imlek

Next Article
Mainspring pada jam mekanikal

Apa Jadinya Jam Mekanikal Tanpa Mainspring?

Related Posts
Total
0
Share