Cari Tahu Ciri Jam Tangan Longines Asli

ciri jam tangan longines asli
ciri jam tangan longines asli

sli. Nama Longines yang melekat di kalangan para watch lover memberikan citra eksklusif.  Baik untuk pria dan wanita jam tangan ini hadir memberikan kemewahan bagi penggunanya. Tidak heran jam tangan ini kerap kali terlihat digunakan oleh artis kenamaan papan atas. 

Nah, kira-kira seperti apa ciri-ciri jam tangan Longines yang asli? Simak terus ulasan Minwatch dan untuk mengetahui ciri  dari jam tangan Longines asli.

Sejarah Longines

Salah satu brand asal Swiss, Longines berdiri di Saint-Imier, Switzerland sejak 1832. Didirikan oleh Auguste Agassiz yang merupakan watchmaker  yang dikenal akan keterampilannya dalam mempertahankan tradisi dan performa. Longines juga berpengalaman dalam kontribusinya di dunia olahraga, dan menjadi official timekeeper di acara Olimpiade tahun 1892. Saat ini, Longines merupakan bagian dari Swatch Group sebagai brand segmen high range dan sudah tersebar di lebih dari 150 negara dan semakin melebarkan sayapnya.

Jam Tangan Longines Asli.
Jam Tangan Longines Asli.
Sumber: Longines.com.

Sejarah Longines, Perjalanan Tiga Abad

Jam Tangan Longines Pria dan Wanita

Longines memiliki koleksi yang beragam untuk pria dan wanita. Menampilkan koleksi yang sempurna dengan fitur seperti power reserve, kalender, automatic watch yang sangat akurat, hingga mempunyai standar proses tersendiri dengan PVD (Physical Vapor Deposition). Selain itu jam tangan Longines juga dikenal akan movement automatic chronometer, dan yang pasti produk asli dari Swiss.

Longines memiliki 4 macam koleksi yang pertama yaitu The Longines Master Collection 42mm yang menawarkan koleksi yang timeless. Kedua, Longines Spirit Zulu Time dengan model yang terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Ketiga, Hydroconquest Collection yang menawarkan desain elegan dengan tampilan sporty.  Keempat, koleksi Longines Primaluna yang hadir memberikan koleksi dengan tema semesta yang gemerlap.

4 model Longines.
4 model Longines.
Sumber:  Longines.com.

Review Jam Tangan: Longines HydroConquest 41mm Blue Dial 

Longines juga memiliki jajaran ambassador yang menjadi persona dalam koleksinya yang sempurna. Artis-artis papan atas seperti Kate Winslet, Regé-Jean Page, Zhao Liying artis asal Tiongkok, dan Bae Suzy artis cantik asal Korea Selatan. Mereka hadir menjadi wajah dan mewakili kesempurnaan dari jam tangan ini. 

Bahkan baru-baru ini pada November 2022, Longines juga menggaet artis papan atas Jennifer Lawrence yang merupakan peraih Oscar dan seorang aktivis sosial, yang kini menjadi Longines Ambassador of Elegance.

Longines Ambassador.
Longines Ambassador.
Sumber: Longines.com.

Sudah eksis sejak lama, Longines juga merupakan brand yang dipercaya sebagai penghitung waktu yang digunakan pada Olimpiade tahun 1892. Pada tahun 1899, Longines juga menjelajahi Kutub Utara bersama penjelajah Louis Amédée de Savoie. Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 1912 Longines dipercaya sebagai time keeper untuk Senam federal di Basel. 

Kerapkali digaet sebagai time keeper dari berbagi perhelatan olahraga akbar terkemuka, Longines aktif ditemukan dalam acara olahraga hingga kini. Antara lain seperti balap kuda, Alpine Ski, Commonwealth Games dan sebagainya. Baru-baru ini Longines juga baru saja menggelar Longines Global Champions Tour Super Grand Prix 2022. Longines hadir sebagai Mitra Utama dan Pencatat Waktu Resmi acara tersebut. 

Longines Global Champions Tour Super Grand Prix 2022.
Longines Global Champions Tour Super Grand Prix 2022.
Sumber: Longines.com

Eksistensi Longines terus berjalan seiring dengan animo kolektor jam tangan pada koleksinya. Jam tangan Longines Imitasi pun juga mulai bermunculan. Karena itu, kamu harus bisa membedakan Longines yang asli dan palsu dengan melakukan pengecekkan pada dial, crown, strap, buckle dan caseback. Seperti apa perbedaannya? Simak terus ulasan Minwatch berikut ini

Longines merupakan brand asal Swiss yang cukup disegani di dunia jam tangan dengan desain jam yang sporty, klasik hingga aviation. Salah satu koleksinya, Longines HydroConquest L37824966 bisa jadi referensi jam tangan automatic yang bisa digunakan menyelam..

Ciri Longines Asli dan Cara Membedakannya dengan yang Palsu

Berikut adalah ciri-ciri dari jam tangan Longines yang asli. Cek juga gambar-gambar berikut supaya kamu bisa lebih mudah membedakannya secara visual yah!

1. Dial

1. Terdapat elemen dial yang mewah dan berkualitas

Jam tangan Longines asli memiliki elemen dial yang mewah dan berkualitas. Jam tangan ini memiliki ukiran pada pelat jamnya dan memiliki tanda yang sangat kecil yang tercetak di bagian bawah angka 6 bertuliskan “swiss made”.  Kamu harus menggunakan kaca pembesar untuk melihat detailnya (karena hanya 1/5 ukuran biji wijen). Perlu diperhatikan bahwa Sebagian besar jam tangan palsu tidak memiliki tanda digital ini.

Longines Asli dan Palsu.
Longines Asli dan Palsu.
Sumber: Youtube/Voice of People Today.

2. Memiliki angka, jarum jam dan detail yang sempurna

Jarum jam dan detik bergerak dengan halus dan tidak tersendat-sendat. Jam tangan Longines asli memiliki angka, jarum jam dan detail yang sempurna. Sedangkan yang palsu tidak memiliki bentuk jarum jam yang umum digunakan pada Longines.

Detail Longines.
Detail Longines.
Sumber: Youtube/Voice of People Today.

3. Logo yang stylish

Untuk yang palsu, logo dan jenis font yang digunakan untuk penulisan brand berbeda dengan yang asli. Untuk yang palsu, logonya tidak detail, dengan font tulisan palsu rapat-rapat dan saling menyambung. Beberapa jam tangan palsu mencantumkan tulisan dan logo pada dial, tetapi biasanya memiliki kekurangan seperti perbedaan font bahkan hingga goresan pada permukaan dial.

Logo Longines.
Logo Longines.
Sumber: Youtube/Voice of People Today.

Longines merupakan salah satu brand jam tangan yang termasuk dalam member Swatch Group. Sebagai salah satu brand ternama, Longines memiliki koleksi jam tangan analog yang berkualitas dan mewah.

4. Calendar

Tipe calendar Longines palsu biasanya hadir dengan calendar mingguan (sedangkan yang asli memiliki tanggal yang berganti setiap hari). Apabila dilihat dari window calendar, posisi window yang palsu miring ke belakang. Bahkan beberapa window calendar memiliki kualitas yang rendah dan terlihat terbuat dari plastik.

Kalendar Lingines asli.
Kalendar Lingines asli.
Sumber: Longines.com.

2. Crown

1. Memiliki material stainless steel yang berkilau

Ciri jam tangan Longines asli yang berikutnya yaitu memiliki material stainless steel yang berkilau pada crown. Untuk yang palsu biasanya mempunyai kualitas kilauan yang buruk dan tidak nampak berkelas.

Kilau Longines Asli.
Kilau Longines Asli.
Sumber: Youtube/Voice of People Today.

Selain itu, Longines palsu memiliki desain garis pada crown, sedangkan yang asli tidak memiliki garis.

Garis pada Crown.
Garis pada Crown.
Sumber: Youtube/Voice of People Today
.

2. Memiliki engrave tulisan dan logo sangat mulus

Jam tangan Longines yang asli memiliki engrave tulisan dan logo yang sangat mulus pada crown. Logo dicetak dengan original font Longines. Crown jam tangan Longines palsu tidak memiliki huruf yang sesuai, walaupun ada beberapa memiliki tanda huruf, tetapi kebanyakan tebal dan tidak jelas. 

Engrave Longines asli.
Engrave Longines asli.
Sumber: Youtube/Voice of People Today.

3. Strap

1. Strap Berkilau

Berikutnya yaitu pada strap. Ciri jam tangan Longines asli memiliki kualitas stainless steel strap yang sangat baik dan berkilau. Sedangkan yang palsu tidak terlalu berkilau karena memiliki kualitas logam yang buruk.

Metal shine Longines.
Metal shine Longines.
Sumber: Youtube/Voice of People Today.

Longines Avigation Heritage GMT

2. Kualitas strap halus

Rantai strap jam tangan Longines asli memiliki potongan besi yang stylish dan halus meskipun di sisi dalam strap jam tangan. Sedangkan yang palsu tidak memiliki kilauan berkualitas dan tampak suram.

Strap bagian dalam jam tangan Longines.
Strap bagian dalam jam tangan Longines.
Sumber: Youtube/Voice of People Today.

4. Buckle

1. Ukiran logo pada buckle

Ciri jam tangan Longines asli bisa kamu amati pada bagian buckle. Jam tangan Longinessasli memiliki tulisan logo yang terukir dengan halus. Sedangkan yang palsu tidak memiliki logo yang terukir pada buckle dan juga memiliki kualitas material yang kurang baik.

Logo pada buckle.
Logo pada buckle.
Sumber: Youtube/Voice of People Today.

2. Kualitas yang halus pada sisi dalam buckle 

Longines palsu memiliki engrave tulisan “stainless steel” di sisi dalam dengan kualitas yang tidak begitu halus, bahkan cenderung kasar. Sedangkan yang asli tidak memiliki engrave tulisan “stainless steel” sama sekali.

Sisi dalam strap.
Sisi dalam strap.
Sumber: Youtube/Voice of People Today.

Lebih Dekat dengan Pabrik Jam Tangan Swatch Group

5. Case

1. Mekanisme yang rumit terlihat pada caseback

Untuk Longines yang memakai exhibition caseback, akan terlihat movement yang rumit dan indah. Versi palsu tidak memiliki varian exhibition caseback.

Caseback Longines.
Caseback Longines.
Sumber: Youtube/Voice of People Today.

Namun ada juga koleksi Longines yang solid caseback di bagian caseback, tapi memiliki detail ukiran yang cukup rumit seperti gambar dibawah ini.

Baca juga : Deretan Merek Jam Tangan Mewah yang Ternyata Saling ‘Bersaudara’!
Caseback Longines Flagship Heritage.
Caseback Longines Flagship Heritage.
Sumber: Longines.com.

2. Terdapat informasi fitur yang di engrave pada caseback

Jam tangan Longines yang asli memiliki engrave pada bagian caseback mulai dari serial number, informasi jam tangan, keterangan berbahan stainless steel, dan fitur water resistant. Sedangkan yang palsu tidak ada nama brand, logo dan serial numbers.

Detail caseback Longines.
Detail caseback Longines.
Sumber: Youtube/Voice of People Today.

3. Detail lainnya pada caseback 

Seperti umumnya jam tangan berkualitas premium memiliki detail caseback mulai dari engrave logo brand jam tangan dalam bahasa Inggris, nama negara pembuat, dan tanda all-steel atau Feng-steel, anti-vibration, anti -magnetik, keterangan jewel dan lainnya. Sedangkan untuk yang palsu tidak memiliki keterangan tersebut. Longines asli memiliki hasil akhir dengan kualitas tinggi dan perakitan yang konsisten. Sedangkan case jam tangan Longines palsu kasar dan tidak akurat.

Caseback Longines Hydroconquest.
Caseback Longines Hydroconquest.
Sumber: Longines.com.
Baca juga : Longines Hydroconquest, Diver Series Dari Longines

6. Movement

Longiness menggunakan movement buatan ETA dari Swatch Group. Terdapat 4 grade ETA movement, yaitu ETA versi standard, elaborate (mesin ETA yang disempurnakan), top grade dan chronometer

Movement yang digunakan Longines merupakan movement ETA  top grade dan chronometer. Movement ETA ini sudah di modifikasi, dan didekorasi dengan indah dan memakai part high end seperti hairspring silicone serta material berkualitas. Ukiran di movement asli serta finishing detailnya sangat sempurna dan presisi. Sementara yang palsu memakai movement yang bukan dari Swiss dengan detail yang biasanya terlihat murahan.

Movement Longines.
Movement Longines.
Sumber: Calibercorner.com.

Sekarang kamu sudah mengetahui tentang ciri-ciri jam tangan Longines yang asli. Jangan sampai terkecoh dengan yang palsu dan kamu bisa membeli jam tangan Longines yang asli di toko jam tangan terpercaya seperti Machtwatch. Kamu ingin melihat terlebih dahulu spesifikasi dan model lainnya secara online? Bisa banget lho! Kamu cukup menghampiri Jamtangan.com, cek spesifikasinya tanpa ribet melalui mobile app, dan temukan koleksi yang kamu suka!

Disclaimer:
Ciri-ciri Ori vs KW di artikel ini tidak bersifat mutlak karena dari sisi produsen merek jam tangan di artikel ini, bisa saja membuat perubahan-perubahan pada batch produksi yang berbeda. Perubahan itu bisa ada di packaging, di informasi yang tertera di produk, perubahan warna produk dll.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
seiko speedtimer

SEIKO SPEEDTIMER PANDA HOT REVIEW!

Next Article
Seiko Prospex Save the Ocean SPB333 Limited Edition

Seiko Prospex Save the Ocean SPB333 Limited Edition Dengan Tampilan Landscape Kutub

Related Posts
Total
0
Share