Trik Agar Baterai Jam Chronograph Lebih Tahan Lama

Trik Agar Baterai Jam Chronograph Lebih Tahan Lama

Jam chronograph punya daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Meski sejatinya dibuat untuk para profesional yang membutuhkan fungsi stopwatch, pada praktiknya jam chronograph juga digemari karena tampilannya. Ya, tiga sub dial pada jam chronograph memberikan kesan sophisticated dan berkelas bagi penggunanya.

Anda yang memiliki jam chronograph, mungkin sering bertanya-tanya kenapa jam chrono Anda baterainya lebih cepat habis dibandingkan jam tanpa modul tambahan. Lebih sering gonta-ganti baterai. Kenapa bisa begitu?

Bila selama ini baterai jam cepat habis, salah satu alasannya adalah karena Anda terlalu sering mengaktifkan fitur chronograph. Apalagi bila chronograph selalu aktif, padahal tidak digunakan. 

Chronograph Oris Blue Whale
Chronograph Oris Blue Whale. Dok: Monochrome-watches

Ya, mengaktifkan fitur chronograph akan membutuhkan konsumsi energi yang lebih tinggi. Pada jam quartz, mengaktifkan chronograph akan membuat baterai cepat habis. Sedangkan, pada jam automatic, energi dari barrel yang akan cepat habis.

Konsumsi energi karena chronograph sebenarnya sangat signifikan. Begini perbandingannya. Bila chronograph diaktifkan setiap saat selama 24 jam, baterai jam quartz hanya bertahan sekitar 10-12 bulan. Sementara bila chronograph digunakan seperlunya, baterai jam bisa bertahan hingga dua tahun. Jauh bukan perbedaannya?

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan chronograph seperlunya saja. Aktifkan fitur itu bila Anda butuh menghitung interval waktu. Bila chrono sudah tidak dibutuhkan, jangan lupa untuk mematikannya.

Pusher pada jam chronograph Seiko
Pusher pada jam chronograph Seiko. Dok: Seiko

Nah, cara menon-aktifkan fungsi chrono sangat gampang kok! Anda hanya perlu menekan pusher atas yang biasanya terletak di dekat angka jam 2. Bila Anda ingin reset jarum detik ke posisi jam 12, Anda bisa menekan pusher bawah yang biasanya terletak pada jam 4. Simpel kan?

Dengan menggunakan fitur chronograph seperlunya, Anda tidak perlu sering-sering mengganti baterai. Begitu juga pada jam mechanical, power reserve pun lebih tahan lama. 

Sedang mencari jam chronograph baru? Anda bisa mengecek katalog Jamtangan.com yang menyediakan puluhan brand worldwide. Selain menawarkan harga terbaik, Anda juga bisa mendapatkan free ongkir bila berbelanja via aplikasi. Happy shopping!

Categories: Info & Tips