Jarang Dipakai, Apa Sebenarnya Fungsi Tachymeter?

Tachymeter adalah Fungsi pada jam tangan yang digunakan untuk mengukur kecepatan. Caranya gampang, nyalakan Chronograph dan ketika Chronograf dihentikan,

Tachymeter

Sebagai pengguna jam tangan, ternyata tak semua pengguna tahu apa itu Tachymeter dan bahkan belum mengetahui apa fungsi sebenarnya dari Tachymeter.

Tachymeter adalah fitur pada jam tangan yang digunakan untuk mengukur kecepatan. Cara menggunakannya cukup gampang. Pertama, kamu harus nyalakan Chronograph pada jam tanganmu. Nah, saat Chronograf kamu hentikan, secara otomatis jarum Chronograph menunjuk pada skala Tachymeter. Dari sinilah, angka kecepatan bisa kamu ketahui.

Menjawab 7 Pertanyaan Paling Dicari Tentang Apa Itu Chronograph pada Jam Tangan

Ini 5 Contoh Konkret Penggunaan Tachymeter dalam Situasi Sehari-Hari.

Balap mobil. Foto: Pixabay.com

Contoh 1:

Bayangkan kamu lagi nonton acara mobil balap dan ingin mengetahui kecepatan mobil. Jarak antara Kurva A dan Kurva B persis 1 km. Kalo kamu pakai Chronograph di jam tanganmu dan mobil finish di detik ke-20, dan skala Tachymeter menunjukkan angka 180. Ini berarti kecepatan rata-rata mobil adalah 180 km/jam.

Jam Tangan Chronograph Untuk Mengukur Waktu

Balap mobil. Foto: Pixabay.com


Contoh 2:

Misal jarak antara Kurva A dan Kurva C adalah 1 km. Dibutuhkan waktu 35 detik bagi mobil untuk menempuh jarak ini. Saat kmu mengehntikan Chronograph, skala Tachymetermu menunjukkan sedikit di atas angka 100. Ini artinya, kecepatan rata-rata mobil kurang lebih 100 km/jam.

Membaca Ragam Jenis Bezel

Lomba lari. Foto: Pixabay.com


Contoh 3:

Contoh lain, katakanlah kamu ingin mengukur seberapa cepat Usain Bolt berlari 200 meter di Olimpiade. Dengan menggunakan Chronograph, ternyata diketahui, ia butuh waktu 20 detik hingga garis finish. Skala Tachymeter menunjukkan 180 km/jam. Namun, lintasan lari hanya 200 m atau seperlima dari satu kilometer. Jadi kamu harus membagi 180 dengan 5. Maka, kecepatan lari Usain Bolt adalah 36 km/jam.

Produksi Mobil. Foto: Pixabay.com

10 Brand Jam Tangan Pria Termahal di Dunia, Bisa Untuk Investasi Nih!


Contoh 4:

Misal kamu sedang mengunjungi pabrik mobil yang mampu memproduksi 1 mobil tiap 45 detik. Nah, kamu bisa menghitung bahwa dalam 1 jam, pabrik bisa memproduksi sebanyak 80 mobil.

Ilustrasi Jam Tangan. Foto: Pixabay.com

Cara Mengetahui Jam Tangan Perlu Ganti Baterai atau Servis


Contoh 5:

Misal kamu mengunjungi produsen jam tangan mewah. Setelah mengamati proses perakitan, ternyata setiap 100 detik pabrik tersebut memproduksi satu buah jam tangan. Di sini kamu juga bisa menggunakan skala Tachymeter untuk waktu di atas 60 detik. Dengan kata lain, jika pabrik memproduksi satu jam tangan setiap 100 detik, ini sama dengan setengah jam tangan per 50 detik. Ini artinya kamu bisa menghitung bahwa sekitar 36 jam tangan mampu diselesaikan pabrik dalam satu jam.

Salah Kaprah Jam Tangan Automatic vs Kinetic

Gimana guys, sudah ada gambaran tentang kegunaan Tachymeter, khan? Kamu bisa juga loh hunting jam tangan dengan Tachymeter di situs Jamtangan.com. Di sini kamu bisa menemukan jam tangan original dengan harga terbaik dan pilihan yang lengkap. Happy hunting 😀

Total
0
Shares
Previous Article
Mengenal PADI, Organisasi Penyelam yang Berkolaborasi dengan Seiko

Mengenal PADI, Organisasi Penyelam yang Berkolaborasi dengan Seiko

Next Article
Kenapa Dokter Selalu Memeriksa Denyut Jantung Pasien?

Kenapa Dokter Selalu Memeriksa Denyut Jantung Pasien?

Related Posts
Total
0
Share