Cara Mengetahui Jam Tangan Perlu Ganti Baterai atau Servis

Cara Mengetahui Jam Tangan Perlu Ganti Baterai atau Servis

Jam tangan favoritmu mungkin kamu pakai setiap hari untuk membantu aktivitasmu lebih teratur. Tapi seperti benda kesayanganmu lainnya, jam tanganmu butuh perawatan. Untuk jam tangan dengan movement quartz misalnya, perlu ganti baterai dan dibersihkan mesinnya secara rutin.

Namun kadang masalahnya nggak sesederhana itu. Setelah beberapa waktu pemakaian, movement pada jam tangan quartz-mu juga butuh diperbaiki. Terutama bila kamu merasa jam tanganmu nggak bekerja seperti seharusnya. Berikut cara membedakan jam tangan quartz butuh ganti baterai atau perlu diservis:

1. Jam Tanganmu Berhenti Beroperasi

Jam tangan quartz perlu diganti baterai setiap tahun. Meski ada baterai yang dapat bertahan lebih dari setahun, sebaiknya jangan menunggu hingga baterai benar-benar kedaluarsa. Rutin mengganti baterai setiap tahun dapat memperpanjang umur jam tangan.

Ganti baterai pada jam tangan quartz. Foto: Times Ticking

Namun jika baterai sudah diganti, jam tanganmu masih nggak bisa berfungsi, artinya ada masalah lain. Seringkali movement-nya lah yang trouble. Oleh karena itu, bila jam tanganmu tiba-tiba berhenti berfungsi, disarankan untuk membawanya ke tempat service untuk dicek.

2. Jarum Detik Lompat-lompat

Merupakan tanda bahwa jam tanganmu butuh penggantian baterai. Awalnya lompat dalam interval dua detik, lalu jadi lima detik, hingga akhirnya jam tangan benar-benar berhenti beroperasi. Bila jarum detik sudah lompat-lompat, sebaiknya segera ganti baterainya.

Jangan biarkan jam tanganmu beroperasi dengan daya rendah. Sebab kalau sampai cairan kimia dari baterai kedaluarsa bocor, jam tanganmu bisa rusak.

3. Jam Tangan Berembun

Case berembun adalah masalah yang umum terjadi pada jam tangan. Kalau kamu melihat jam tanganmu berembun, meski hanya sedikit, jangan dibiarkan. Case yang lembab dapat merusak movement, baik itu quartz maupun mekanikal. Movement bisa lebih mudah kena korosi dan butuh reparasi yang lebih kompleks.

Ilustrasi memperbaiki jam tangan. Foto: Pixabay

Untuk sementara, yang bisa kamu lakukan adalah menjaga caseback jam tanganmu tetap hangat. Agar embun nggak kembali, bawalah jam tanganmu ke tempat servis untuk dirapatkan gasketnya. 

4. Crown Sulit Digunakan

Crown jam tangan terhubung dengan batang yang terletak di dalam mesin. Seiring pemakaian, crown bisa kaku atau bahkan longgar saat digunakan. Akibatnya, mengatur waktu dan tanggal pada jam tanganmu jadi sulit.

Jika sudah seperti ini, artinya jam tanganmu perlu dibawa ke tukang servis. Apalagi jika crown sampai lepas, berarti mesin jam tanganmu perlu diperbaiki oleh profesional. Tapi tenang, baik crown maupun stem-nya bisa diganti atau diperbaiki kok.

5. Ada Bunyi Aneh dari Case

Jam tanganmu mungkin bekerja seperti biasanya. Tapi kamu mendengar suara berderak dari dalam case. Dibiarkan atau harus gimana?

Ilustrasi watchmaker memperbaiki movement. Dok: Machtwatch

Suara berderak dalam case menandakan ada komponen yang longgar. Jam tangan terdiri atas mesin yang sangat presisi. Jika ada satu komponen yang longgar, entah itu gear atau baterai, bagian yang lain bisa rusak. Sebaiknya segera bawa jam tanganmu ke tempat servis.

Jadi gimana? Pernah kah kamu merasakan salah satu masalah di atas pada jam tanganmu? Bila jam tanganmu rusak atau perlu ganti baterai, kamu bisa membawanya ke store Machtwatch terdekat di kotamu!

Categories: Editor's Choices