Cara Mengetahui Jam Tangan Perlu Ganti Baterai atau Servis

Ketika kamu merasa jam tanganmu nggak bekerja seperti seharusnya, bedakan kapan jam tangan perlu ganti baterai atau perlu diservis.

mengetahui baterai jam tangan perlu diganti
mengetahui baterai jam tangan perlu diganti

Kalau kamu tipe yang suka pakai jam tangan setiap hari, wajib untuk memperhatikan baterai jam tangan kamu. Karena baterai jam tangan juga perlu dirawat lho! Terutama untuk jam tangan dengan movement Quartz, diperlukan penanganan yang ekstra supaya semakin awet.

Jam tangan dengan movement Quartz sangat umum digunakan. Namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa baterai jam tangan perlu diperhatikan dan butuh perawatan khusus. Terkadang kita suka berganti-ganti jam tangan atau bahkan tidak menggunakan jam tangan dalam waktu lama. Ternyata dalam kondisi tidak digunakan, jam tangan kamu perlu ekstra perawatan, antara lain untuk ganti baterai dan membersihkan mesinnya secara rutin.

Karena setelah beberapa waktu pemakaian, movement pada jam tangan Quartz kamu juga butuh diperbaiki karena akan mempengaruhi umur baterai jam tangan. Terutama bila kamu sudah merasakan jam tangan kamu tidak bekerja seperti seharusnya. Yuk, kita simak cara mengetahui apakah jam tangan kamu sudah perlu ganti baterai, lengkap dengan lokasi service jam tangan dari Machtwatch Store.

Ciri Baterai Jam Tangan Akan Habis

Tidak semua pengguna jam tangan baterai menyadari apabila baterai jam tangannya akan habis. Biasanya kita baru sadar saat baterai jam tangan sudah terlanjur habis dan jam tangan dalam kondisi mati. Supaya tidak salah lagi, berikut Minwatch berikan ciri-ciri baterai jam tangan yang akan habis.

Baterai jam tangan yang diganti
Baterai jam tangan yang diganti
Sumber: Timesticking.com

1. Jam Tangan Berhenti Beroperasi

Perlu diketahui bahwa jam tangan dengan movement Quartz perlu ganti baterai setiap tahunnya. Meski ada baterai yang dapat bertahan lebih dari setahun, sebaiknya jangan menunggu hingga baterai benar-benar kadaluarsa. Rutin mengganti baterai setiap tahun dapat memperpanjang umur jam tangan kamu.

Namun apabila baterai sudah diganti dan jam tanganmu masih tidak bisa berfungsi, artinya ada masalah lain. Seringkali permasalahan tersebut ada pada movement. Oleh karena itu, bila jam tanganmu tiba-tiba berhenti berfungsi, disarankan untuk membawanya ke tempat service untuk dilakukan pengecekkan lebih lanjut.

2. Gerakan Jarum Detik Sering Lompat-lompat

Apabila gerakan jarum detik pada jam tangan kamu terlihat seperti melompat-lompat, hal tersebut merupakan tanda tanda bahwa jam tanganmu butuh penggantian baterai. Biasanya hal ini ditandai dengan lompatan berinterval. Pada awalnya jarum jam akan lompat dalam interval dua detik, lalu jadi lima detik, hingga akhirnya jam tangan benar-benar berhenti beroperasi. Jadi apabila jarum detik jam tangan kamu sudah lompat-lompat, Minwatch sarankan untuk segera mengganti baterainya. Selain itu jangan membiarkan jam tanganmu beroperasi dengan daya rendah. Karena apabila cairan kimia dari baterai kadaluarsa sudah bocor, akan membuat jam tangan kamu rusak.

5 Cara Mengatasi Jam Tangan Berembun yang Terbukti Efektif

3. Ada Bunyi Aneh dari Case

Ciri yang ketiga adalah keluar bunyi aneh dari dalam case jam tangan. Apabila jam tanganmu terlihat bekerja seperti biasanya, namun terdengar suara berderak dari dalam case, menandakan ada komponen jam tangan yang longgar. Jam tangan terdiri atas mesin yang sangat presisi. Jika ada satu komponen yang longgar, entah itu gear atau baterai, akan membuat bagian yang lain bisa rusak. Apabila kondisi jam tangan kamu seperti ini, sebaiknya segera bawa jam tanganmu ke tempat service untuk diperbaiki.

Baca juga : Trik Agar Baterai Jam Chronograph Lebih Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai Jam Tangan

Untuk menghemat baterai jam tangan, ternyata ada caranya. Berikut adalah beberapa cara merawat jam tangan dengan movement Quartz yang Minwatch rekomendasikan supaya jam tangan tetap awet. 

Baterai jam tangan
Baterai jam tangan
Sumber: Freepik.com
  1. Pertama, ganti baterai sebelum umur baterai habis.

Pastikan kamu mengganti baterai jam tangan sebelum umur baterai habis agar baterai tidak mengalami kebocoran. Sebab, cairan kimia yang dikandung baterai bisa bocor dan dapat merusak jam jika dibiarkan terlalu lama di dalam mesin. Jadi, misalkan umur baterai adalah 3 tahun, di tahun kedua sebaiknya kamu mengganti baterai dengan yang baru. Perhatikan usia baterai sebelum menggantinya, karena ada baterai yang bertahan hingga 10 tahun.

  1. Kedua, lepas jam tangan saat melakukan setting.

Saat melakukan setting jam tangan, pastikan kamu dalam kondisi melepas jam tangan. Tujuannya supaya dapat lebih presisi dalam menyetel ulang jam dan menghindari crown supaya tidak patah.

  1. Ketiga, ganti baterai di gerai resmi.

Ganti baterai jam tangan kamu di gerai resmi atau di service center resmi, agar jam tangan kamu ditangani dengan benar dan teliti. Selain itu, tenaga ahli dari gerai resmi jam tangan umumnya membersihkan kotoran yang terkumpul di bagian dalam jam tangan. Kamu juga bisa mengganti baterai jam tangan kamu di Machtwatch store seluruh Indonesia lho!

Baca juga: Tips Agar Baterai Jam Quartz Awet

Merk Baterai Jam Tangan Terbaik

Terdapat berbagai merk baterai yang digunakan pada jam tangan, berikut adalah 5 merk jam tangan terbaik:

  1. Renata Watch Batteries

Renata Watch Batteries merupakan baterai asal Swiss dibawah perusahaan Swatch Group, yang memproduksi jam tangan Omega, Longines, dan Breguet. Renata Watch Batteries termasuk dalam merk baterai mahal dan seringkali digunakan pada jam tangan dengan movement Quartz, karena baterainya dianggap lebih tahan lama dibanding yang lainnya.

Renata Watch Batteries
Renata Watch Batteries
Sumber: Watchesguild.com
  1. Maxell Watch Batteries

Maxell Watch Batteries merupakan perusahaan yang dikenal dengan baterai elektronik kecil yang kerap disebut small button-cell batteries. Baterai ini terbuat dari silver oxide, tidak mengandung merkuri, dan memberikan tegangan 1,5 volt. Dari segi harga, merek ini juga sedikit mahal. Baterai jam tangan Maxell tersedia dalam beberapa jenis dan ukuran yang berbeda, yang dibagi menjadi baterai untuk high-drain watches dan low-drain watches.

Maxell Watch Batteries
Maxell Watch Batteries
Sumber: Watchesguild.com
  1. Varta Watch Batteries

Varta Watch Batteries mempunyai 33 jenis baterai untuk jam tangan. Varta tidak hanya mempunyai baterai yang dibuat dari silver oxide namun juga membuat baterai jenis alkaline manganese dan Li-ion. Baterai Varta tidak hanya ditujukkan untuk jam tangan saja, namun juga untuk juga ditujukan untuk peralatan lain, seperti kalkulator, kamera, dan kunci mobil.

Varta Watch Batteries
Varta Watch Batteries
Sumber: Watchesguild.com
  1. Sony Watch Batteries

Sony merupakan perusahaan terbesar yang membuat silver oxide button cell battery yang membuat 40 macam silver oxide watch batteries berbeda yang disesuaikan dengan macam-macam jam tangan. Semua baterai Sony menyediakan tegangan 1,5 volt, meskipun berbeda-beda dalam kapasitasnya (daya tahan tinggi dan rendah).

Sony Watch Batteries
Sony Watch Batteries
Sumber: Watchesguild.com
  1. Energizer Watch Batteries

Energizer membuat berbagai macam baterai, termasuk silver oxide dan lithium batteries, dengan tipe CR2016 atau CR1632. Baterai Energizer  merupakan yang paling terjangkau di pasaran, dan mempunyai tegangan 1,5 volt dan tahan terhadap kebocoran.

Energizer Watch Batteries
Energizer Watch Batteries.
Sumber: Watchesguild.com

Tempat Ganti Baterai Jam Tangan Terdekat

Apabila kamu menemukan masalah pada baterai jam tangan kamu, jangan ragu untuk segera memperbaikinya langsung ke toko jam tangan. Berikut adalah beberapa lokasi toko Machtwatch untuk ganti baterai jam tangan terdekat. 

  1. DKI Jakarta
  • Store Machtwatch Jakarta: Plaza Blok M, Lantai 1 Unit 128-129 Jakarta Selatan
  • Store Machtwatch Jakarta: Plaza Atrium, Lantai GF Unit 29 Jakarta Pusat
  1. Tangerang Selatan
  • Store Machtwatch Tangerang Selatan: Living World, Lantai 2 Unit 2-11B-12 Kota Tangerang Selatan, Banten
  1. Jawa Barat
  • Store Machtwatch Bekasi: Mega Bekasi Hypermall, Lantai UG Unit 197 Bekasi, Jawa Barat
  • Store Machtwatch Aeon: Aeon Mall Sentul City, Lantai 1 Unit 1-49 Bogor, Jawa Barat
  1. Jawa Timur
  • Store Machtwatch Surabaya: Pakuwon Trade Center, Lantai GF Unit C1-02 Surabaya, Jawa Timur
  • Store Machtwatch Jember: Roxy Square Lantai 1, Jember, Jawa Timur
  • Store Machtwatch Banyuwangi: Roxy Supermarket, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Store Machtwatch Mojokerto: Sunrise Mall, Lantai 1 Unit 20 Kota Mojokerto, Jawa Timur
  • Store Machtwatch Galaxy: Galaxy Mall 2, Lantai 2 Unit 2-201 Surabaya, Jawa Timur

Baca juga: Gratis Servis & Ganti Baterai Jam Tangan di Machtwatch PTC Surabaya

Sekarang kamu sudah tahu kapan jam tangan kamu perlu ganti baterai. Apabila kamu merasakan ada masalah tertentu pada jam tangan kamu, jangan tunda untuk segera perbaiki yah. Minwatch sarankan untuk langsung dibawa ke store Machtwatch terdekat di kotamu!

Oleh: Rahel Humillang

Referensi:

https://www.watchesguild.com/articles/Top-5-Batteries-for-Watches-and-Time-Pieces

Total
0
Shares
Previous Article

Meski Ada Ponsel, Ini 7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memakai Jam Tangan

Next Article
Membersihkan strap jam tangan

Jangan Cuma Dipakai, Ini Cara Membersihkan Strap Jam Tangan

Related Posts
Total
0
Share