Prospex, Dari Seiko Untuk Kalangan Professional

Seiko Prospex adalah sebuah nama dari lini produk brand Seiko. Seiko menjadikan lini prospek sebagai produk jam tangan yang mempunyai fungsi atau spek khususus. Bisa dibilang lini Prospex berarti jam tangan yang mempunyai professional spek. Contohnya jam tangan yang diperuntukan untuk diving (menyelam), running (lari), hicking (mendaki gunung) dll.

Gambar 1. Seiko Prospex Marinemaster SBBN013 (Tuna), merupakan salah satu jam tangan yang diciptakan untuk para penyelam professional yang tahan dikedalaman 1000 meter.

Serbuan Seiko Prospex Baru di Awal 2023: Trio Black Series hingga Sumo Solar GMT
Jam tangan Seiko dari lini Prospex kebanyakan adalah JDM (Japan Domestic Market). Produk yang bersifat JDM sudah pasti sesuai standar industri Jepang dan dijual berdasarkan kebijakan pemerintahnya (hanya di jual di pasar domestik Jepang saja). Karena hal itu, jam JDM khususnya Seiko, biasanya memang agak susah didapatkan. Beruntung, beberapa penjual jam di Indonesia termasuk machtwatch.co.id sekarang juga menjual beberapa Seiko JDM termasuk Prospex series. Jam Seiko Prospex biasanya mempunyai nama sebagai “master” series, seperti: jam tangan diving bernama Marinemaster, jam tangan pilot bernama Flightmaster, jam tangan untuk keperluan hicking bernama Landmaster, jam tangan untuk dipakai di outdoor atau lapangan bernama Fieldmaster, dan lain-lain. Ciri khas lain Seiko Prospex biasanya terdapat tulisan “Prospek” pada kotak jamnya. Pada seri Prospex lain seperti Runners series yang diperuntukan untk olahraga lari, Seiko tidak mencantumkan nama “Master”.

20110601Gambar 2. Seiko Prospex Super Runners, jam untuk para pelari professional.

Pada lini Prospex, Seiko membenamkan berbagai jenis mesin. Seperti pada Seiko Marine Master SBDX001, Seiko membenamkan mesin mechanical, pada Seiko Tuna Marinemaster 100m SBBN013, Seiko membenamkan mesin quartz. Pada jenis lain seperti Seiko Landmaster SBDB005 misalnya, Seiko membenamkan mesin spring drive. Seiko cukup membenamkan mesin yang bervariasi tergantung karakteristik jamnya. Seperti pada Seiko Tuna Marinemaster, dibenamkan mesin quartz agar jika terbentur impact yang besar didalam laut, mesin tetap bekerja sebagaimana mestinya.

20090312aGambar 3. Seiko Prospex Landmaster, salah satu jam yang dirancang untuk hicking dan menggunakan movment spring drive.

Seiko Prospex merupakan lini produk Seiko yang diperuntukan bagi mereka yang menyukai kegiatan-kegiatan adventure dan outdoor. Seiko pun mengakomodir pasar para professional dengan membuat jam berkualitas yang mempunyai spek tinggi dan cukup bisa diandalkan dalam pekerjaan-pekerjaan tertentu. Apakah anda seorang diver pro atau seorang pilot, Seiko membuat jam tangan dengan spek sesuai profesi anda.
Total
0
Shares
Previous Article

Perpetual Calendar Pada Jam Tangan

Next Article

Fitur Hack Pada Mesin Jam Tangan Mekanik

Related Posts
Total
0
Share