Mengenal Duo Seiko PADI Special Edition

Mengenal Duo Seiko PADI Special Edition

Sejak awal kemunculannya, bahkan ketika masih berupa gosip, Seiko PADI sudah memesona banyak penggemar jam. Baik itu penggemar jam Seiko, maupun non-Seiko. Ketika pada Baselworld 2016 Seiko akhirnya benar-benar memajang jam tangan menyelam versi PADI, antusiasme pun tak terbendung. Apalagi karena Seiko ternyata menampilkan dua jam tangan menyelam dari seri Prospex sebagai jam yang berhak menyandang logo PADI.

 

Untuk Seiko, peluncuran SEIKO PADI ini adalah salah satu pengakuan yang prestisius terhadap kualitas jam penyelam buatannya. Apalagi mengingat bahwa Seiko telah meluncurkan jam khusus penyelam sejak 1965 – beberapa bulan sebelum PADI didirikan, dan terus berinovasi setelahnya. Termasuk jam penyelam pertama yang dibuat dari titanium pada 1975, jam penyelam pertama yang terbuat dari keramik pada 1986, dan jam komputer pertama untuk menyelam Nitrox Dive Computer pada 2000.

Seiko, PADI dan Project AWARE™

Bagi kalangan penyelam nama PADI memang sudah tidak asing lagi. PADI sejatinya adalah sebuah organisasi para instruktur menyelam yang menyelenggarakan pelatihan dan menerbitkan sertifikat bagi para penyelam di seluruh dunia. Merupakan singkatan dari Professional Association of Diving Instructors, organisasi ini sudah berdiri selama lebih dari 50 tahun, dan memiliki lebih dari 6.300 Pusat Penyelaman di seluruh dunia. Dalam kurun waktu tersebut, PADI memiliki lebih dari 136.000 instruktur yang tersebar di sleuruh belahan dunia, dan telah menerbitkan 24 juta sertifikat menyelam, mengalahkan organisasi penyelam apapun di dunia.

Seiko dan PADI sama-sama memiliki minat kuat dalam rangka meningkatkan keamanan sekaligus kesenangan bagi para penyelam, dan perlindungan terhadap lingkungan laut. Secara khusus Seiko mendukung penuh project AWARE™ yang dikerjakan oleh PADI, yaitu sebuah gerakan global dari para penyelam scuba yang bekerja untuk melindungi lautan di bumi ini, setiap kali mereka menyelam. Proyek ini melibatkan ribuan penyelam di lebih dari 180 negara. Dan duo jam Seiko PADI adalah cara yang hebat untuk merayakan dukungan dan kerjasama tersebut.

Seiko “New Turtle” PADI dan Seiko Kinetic GMT PADI

Seiko PADI pertama adalah jam penyelam Seiko yang punya julukan “The New Turtle”. Awalnya, Seiko “kura-kura” atau “turtle” adalah julukan yang diberikan kepada duo jam penyelam Seiko dari era 1975, yaitu 6309-7040 dan 6306-7001. Julukan itu diberikan lantaran bentuk case yang dianggap mirip kura-kura, atau yang dikenal sebagai cushioned case. Jam penyelam ini sedemikian legendarisnya, sampai akhirnya Seiko memutuskan untuk memroduksi kembali sebagai seri Prospex pada 2015, dan segera mendapatkan julukan “The New Turtle”, dengan tipe SRP77X. Jam inilah yang menjadi basic dari Seiko PADI, dan memiliki kode tipe PADI SRPA21.

Walau berangkat dari tipe yang sudah ada di pasaran, Seiko dan PADI dengan cerdas mendekorasi jam ini agar nampak berbeda. Yang paling mencolok adalah penggunaan warna-warni logo PADI, yaitu biru dan merah, pada insert bezel, jarum, dan inner bezel atau chapter ring. Kemudian pada dial – yang memiliki efek sunray alih-alih flat matte seperti pada tipe SRP77X – dibubuhkan logo PADI.

 

Hal serupa juga dilakukan pada jam penyelam Kinetic, yang memanfaatkan energi kinetik untuk mengisi ulang daya listrik pada kapasitor. Jam yang nyaris tidak membutuhkan penggantian baterai selama puluhan tahun ini juga memiliki fungsi GMT. Diambil dari tipe SUN023, seri edisi khusus ini memiliki kode tipe PADI SUN065 menempatkan warna merah khas APDI pada jarum GMT, empat posisi di inner bezel atau chapter ring, serta empat posisi di dial. Pada dial juga terdapat logo PADI seperti pada SRPA21.

 

Beli jam tangan :
1, Seiko Padi SRPA21K1
2. Seiko Padi SUN065P1

A.N.P