Seiko 5 Sports Terbaik di Bawah 3 Juta

Seiko 5 Sports Terbaik di Bawah 3 Juta
Review lengkap di Youtube Channel Machtwatch

Seiko 5 Sports dikenal oleh pecintanya sebagai lini jam tangan entry-level dari Seiko. Sejarah Seiko 5 Sports sendiri, pada tahun 1963 Seiko awalnya merilis Seiko Sportsmatic 5 atau The Five, kemudian pertama kali menggunakan nama Seiko 5 Sports pada 1968. Angka 5 pada Seiko 5 menjelaskan fiturnya, yaitu automatic, day & date, water resistant, crown di posisi pukul 4, serta case & bracelet yang tahan lama.

Varian Seiko 5 Sports SRPE Series

Seiko beberapa waktu lalu meluncurkan varian SRPE series dengan smooth bezel. Varian ini terdiri dari SRPE51k1, SRPE53k1, SRPE55K1, SRPE57K1, SRPE58K1, SRPE60K1. SRPE61K1, SRPE63K1, SRPE65K1, SRPE67K1. Dengan beberapa warna dial yang berbeda serta variasi bracelet dan nato strap, jam tangan ini terlihat cukup elegan. Kali ini yang menjadi topik bahasan review ialah SRPE55K1 (black dial dengan bracelet) dan SRPE63K1 (blue dial dengan nato strap)

Seiko 5 Sports SRPE63K1 dengan bezel brushed finish & SRPE55K1 dengan bezel polished finish

Spesifikasi, Fitur & Finishing

Kedua Seiko 5 Sports SRPE series ini, mempunyai diameter 40 mm, ketebalan 11.5 mm serta ukuran lug to lug 44,6 mm, tidak terlalu besar, cukup sesuai dengan ukuran pergelangan tangan kebanyakan penduduk dunia. Pada SRPE63K1 menggunakan blue sunburst dial yang mempunyai efek gradasi warna biru jika terkena cahaya sedangkan pada SRPE55K1 meggunakan dial hitam. Kemampuan anti air pada varian ini ialah 100 meter water resistant, sangat cukup untuk penggunaan harian dan cukup tahan jika terkena air hujan namun tidak disarankan untuk dipakai diving karena jam tangan ini bukan berjenis diver.

Seiko 5 Sports SRPE63K1 dengan blue sunburst dial yang memunculkan efek gradasi

Baik SRPE55K1 maupun SRPE63K1 ini menggunakan kristal flat Hardlex, dimana Hardlex merupakan kristal mineral buatan Seiko yang diklaim lebih keras daripada kristal mineral pada umumnya. Case pada jam tangan ini mirip case SKX 007, namun dengan ukuran yang lebih kecil dan ramping. Finishing pada bagian sisi case menggunakan polished finish serta terdapat guratan brushed finish pada bagian lug. Sebuah nilai plus pada finishing, karena terlihat detail yang halus dan rapih, apalagi jika dilihat dibawah sinar matahari. Yang unik, kedua jam ini mempunyai finishing yang berbeda pada bagian bezel, pada SRPE63K1, kita bisa melihat brushed finish pada bezel, namun pada SRPE55K1, kita bisa melihat polished finish pada bagian bezel. Seiko membedakan finishing bezel pada SRPE series ini, jam yang menggunakan bracelet (seri SRPE5XX) menggunakan polished finish di bagian bezel. Sementara yang menggunakan nato strap (seri SRPE6XX) menggunakan brushed finish dibagian bezel.

Perpaduan brushed dan polished finish pada Seiko 5 Sports SRPE55K1

Pada bagian lug, kita bisa melihat sebuah lubang atau lug hole yang mempermudah jika ingin mengganti strap, ukuran lug jam tangan ini ialah 20 mm sehingga strap bawaan bisa diganti dengan strap apa saja berukuran 20 mm. Pada backcase menggunakan mekanisme screw down caseback dengan kaca mineral transparan yang memperlihatkan movement. Untuk strap sendiri, pada SRPE55K1 menggunakan bracelet dan SRPE63K1 menggunakan nato strap. Untuk SRPE55K1 menggunakan bracelet 3 link dengan brushed finish yang sangat rapih guratan-guratan detailnya namun belum menggunakan solid end-link. Gespernya menggunakan mekanisme tiga lipatan gesper dengan tombol untuk melepas gesper nya. Sedangkan nato strap yang digunakan SRPE63K1 berwana biru tua selaras dengan dialnya, dengan bahan nilon yang tebal, solid serta rapih jahitannya.

Index marker berbetuk bulat dengan list chrome
Lumbrite yang terang

Angka penunjuk jam atau index marker pada kedua koleksi ini berbentuk bulat sehingga menyerupai jam tangan diver. Kita juga bisa melihat terdapat list atau bingkai chrome pada jarum dan index marker, membuat jam tangan ini terlihat mewah. Selain itu, koleksi ini juga mempunyai lume di hands dan marker, sehingga bisa menyala ketika terkena cahaya. Lume pada jam tangan ini menggunakan Lumbrite yang cukup terang menyala didalam kegelapan.

Movement & Mekanisme Crown

Seperti pada jam tangan Seiko 5 Sports lainnya, koleksi ini dibekali movement 4R36 yang mempunyai power reserve 41 jam, fitur hand winding dan hack second hand. Movement ini mempunyai deviasi akurasi +45/-35 detik per hari tergantung posisi dan temperatur, estimasi ini berdasarkan penggunaan harian di suhu 5 ºC sampai 35 ºC. Selain itu terdapat day date display window yang menggunakan dua format bahasa yaitu English dan Romawi.

Exhibition caseback yang memperlihatkan movement 4R36

Mekanisme crown pada kedua Seiko 5 Sports ini tidak memakai screw down crown seperti pada jam tangan diver, sehingga untuk merubah hari,tanggal dan waktu tidak perlu membuka crown. Pada posisi 0, crown berfungsi untuk hand winding (mengisi power reserve), pada posisi 1 (ditarik sekali) berfungsi untuk mengganti hari dan tanggal, pada posisi 2 (ditarik sekali lagi dari posisi 1) berfungsi untuk memberhentikan jarum detik (hack second hands) serta untuk mengganti waktu.

Seiko 5 Sports SRPE63K1 & SRPE55K1 : Jam Tangan Harian Terbaik

Seiko 5 Sports SRPE55K1 maupun SRPE63K1 didesain untuk penggunaan harian, dengan desain yang bisa masuk segala situasi seperti untuk kekantor, untuk casual hangout bersama teman teman maupun untuk situasi formal, karena size nya hanya 40mm dan tidak tebal, sehingga bisa dengan mudah masuk lengan kemeja. Strap pada jam tangan ini bisa diganti sesuai kebutuhan dengan mudah. Hal ini berkat lug hole pada bagian lug. Untuk harga, jam tangan ini cukup terjangkau karena bisa didapatkan dibawah 3 juta dengan fitur yang lengkap.

Categories: Seiko, Watch Reviews