Mengenal Jam Tangan Chronometer yang Memiliki Akurasi Tinggi

jam tangan chronometer
jam tangan chronometer

Chronometer bisa dibilang sebuah istilah pada jam tangan mekanikal dan quartz yang memiliki tingkat akurasi waktu yang tinggi. Kamu bisa menemukan istilah chronometer pada beberapa jam tangan eropa maupun swiss-made. Jam tangan chronometer mungkin sudah tidak asing di telinga para kolektor pecinta jam swiss-made. Namun, buat kamu yang baru terjun di dunia horologi maupun para kolektor baru, Minwatch akan menjelaskan istilah ini dan beberapa rekomendasi jam tangan chronometer.

Baca juga : Jam Tangan Terbaru Omega: Chrono Chime Omega Speedmaster dan Chrono Chime Olimpiade 1932

Sertifikasi Chronometer oleh Lembaga COSC

Label chronometer yang jam tangan tentunya tidak sembarang diberikan. Standarisasi jam tangan chronometer diawasi dan diatur oleh suatu lembaga bernama COSC atau (Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres). Dimana, sertifikat chronometer dikeluarkan oleh lembaga COCS. Salah satu sertifikat ini sangat penting bagi jam tangan Swiss dengan label chronometer karena menjadi jaminan akurasi, presisi yang dapat diandalkan.

Baca juga : Menjawab 7 Pertanyaan Paling Dicari Tentang Apa Itu Chronograph pada Jam Tangan

Standarisasi chronometer dengan sertifikat ini pertama kali mulai sejak tahun 1973, bertepatan dengan terbentuknya lembaga COCS itu sendiri. Namun, dasar penilaian akurasi dan presisi tersebut sudah ada lebih lama, sekitar akhir 1800-an. Saat ini, COSC masih menjadi standar presisi di seluruh industri jam tangan swiss-made, walaupun beberapa uji coba akurasi mulai didominasi dengan teknologi berbasis digital.

Perlu diketahui juga, tidak semua jam tangan yang bisa menjalani uji coba chronometer COSC ini. Hanya jam tangan Eropa dengan label “Swiss Made” yang dapat diserahkan ke organisasi COSC untuk menjalani rangkaian uji coba sertifikasi chronometer ini. Alasan utamanya karena lembaga ini bersifat nirlaba, sehingga sertifikasi chronometer ini dapat membantu memastikan presisi dan kaliber jam tangan yang berlabel swiss-made.

Baca juga : Jam Tangan Terbaru Omega: Chrono Chime Omega Speedmaster dan Chrono Chime Olimpiade 1932

Kriteria Tes Chronometer pada Movement Jam Tangan

Untuk mendapatkan label chronometer, jam tangan harus melewati beberapa rangkaian tes atau uji coba. Semua jam tangan yang berhasil lulus uji coba berhak mencantumkan label chronometer pada bagian dial maupun movement-nya. COSC memiliki 2 jenis tes berdasarkan model movement pada jam tangan.

1. Tes Chronometer pada Mechanical Movement

Untuk jam tangan mekanik, COSC memiliki uji coba chronometer tersendiri. Dimana, movement akan dites selama 15 hari dengan 5 posisi dan 3 suhu berbeda (8°, 23° and 38°C). Pada 10 hari pertama, akurasi movement harus stabil di antara -4 sampai +6 detik, sedangkan hari selanjutnya akurasi tidak boleh melebihi +- 10 detik.

Baca juga : Jam Tangan Chronograph Untuk Mengukur Waktu

2. Tes Chronometer pada Quartz Movement

Pada jam tangan quartz, durasi waktu uji coba lebih sebentar yaitu 13 hari dengan target akurasi +-0,02 detik per hari. Movement quartz diuji dengan 3 suhu (8°, 23° and 38°C) dan tingkat kelembaban berbeda. Tes posisi tidak berlaku pada uji coba ini karena posisi tidak mempengaruhi kinerja mesin quartz.

Baca juga : Tissot T-Race Limited Edition Jadi Jam Tangan Sponsor MotoGP 2022

Rekomendasi Jam Tangan Chronometer

Seperti yang telah Minwatch jelaskan sebelumnya, bahwa label chronometer tidak dibuat sembarangan. Bahkan, tidak semua jam tangan swiss-made lulus uji coba COSC dan memiliki label chronometer. Kali ini, Minwatch akan merekomendasikan beberapa jam tangan chronometer yang bisa jadi referensi.

1. Mido Ocean Star M026.608.11.041.01

Rekomendasi series jam tangan chronometer pertama adalah Mido Ocean Star. Salah satu jam tangan dari series ini, Mido Ocean Star M026.608.11.041.01 termasuk jam tangan yang punya sertifikasi chronometer dari COSC. Salah satu jam tangan diver ini dibekali Caliber 80 COSC Si (base ETA C07.821) dengan mekanisme movement automatic. Untuk power reserve-nya, jam tangan ini punya daya cadangan hingga 80 jam.

Mido Ocean Star M026.608.11.041.01 merupakan jam tangan chronometer yang punya material case stainless steel dan bezel keramik. Untuk ukurannya, jam tangan diver ini berdiameter 43mm dan tebal 14mm. Selain itu, jam tangan diver ini memiliki fitur water resistant 600 meter. Salah satu series Mido Ocean Star ini dibanderol dengan harga Rp24 juta-an.

Ada beberapa detail yang membedakan keaslian jam tangan Mido buatan Swiss ini. Agar tidak salah beli, ada baiknya kamu tau 7 ciri ciri jam tangan Mido asli berikut ini.

2. Tissot PR100 T101.251.26.036.00

Tissot PR 100 T101.251.26.036.00 merupakan salah satu jam tangan dari Tissot yang memegang label chronometer dari lembaga COSC. Ada beberapa pilihan dari series ini, namun Minwatch akan merekomendasikan Tissot PR100 T101.251.26.036.00 dengan leather strap warna coklat. Jam tangan Tissot ini dibekali kaliber ETA F06.411 dengan tipe movement quartz.

Baca juga : Tissot Couturier Daydate Presiden
Baca juga : Sejarah Tissot, Dari Le Locle Menuju Pasar Global

Tissot PR100 T101.251.26.036.00 yang memiliki tampilan klasik ini dibanderol dengan harga Rp7 juta-an. Buat kamu yang lebih suka jam tangan dengan diameter kecil, salah satu series Tissot PR100 ini bisa jadi pilihan tepat. Untuk materialnya, jam tangan ini terbuat dari stainless steel sehingga sangat aman dan punya daya tahan yang bagus.

Karena menjadi incaran karena keakuratannya dan ketepatannya sebagai timekeeper, Tissot banyak diminati banyak orang. Supaya tidak terkecoh, berikut ini ciri-ciri jam tangan Tissot original yang wajib kamu ketahui.

3. Mido All Dial M8340.4.18.19

Selanjutnya datang dari brand Mido lagi, yaitu series Mido All Dial yang memiliki label chronometer. Salah satu koleksinya, yaitu Mido All Dial M8340.4.18.19 bisa jadi referensi jam tangan chronometer dengan movement mechanical automatic. Jam tangan ini dibekali Caliber 80 (base ETA C07.821) yang punya daya cadangan hingga 80 jam.

Untuk tampilannya, salah satu series Mido All Dial ini termasuk dalam genre sport watch. Jam tangan ini punya material utama dari stainless steel dengan model strap bracelet. Mido All Dial M8340.4.18.19 bisa kamu beli dengan harga Rp17 juta-an.

Sebagai salah satu brand jam tangan Swiss made eksklusif, Mido memang selalu menjadi buruan para watch-enthusiast. Menariknya, beberapa jam tangan MIDO kini sudah menjadi barang langka yang harganya super fantastis. 

4. Mido Baroncelli III M027.408.11.011.00

Selain Ocean Star dan All Dial, Mido masih memiliki jam tangan yang dilengkapi dengan movement yang memiliki sertifikat chronometer dari COSC, yaitu Mido Baroncelli III M027.408.11.011.00. Jam tangan swiss-made ini digerakan juga oleh Caliber 80 (base ETA C07.821). Dengan movement automatic, salah satu series Mido Baroncelli ini memiliki daya cadangan hingga 80 jam.

Baca juga : Pesona Mido Ocean Star Decompression Timer 1961 Re-Edition

Mido Baroncelli III M027.408.11.011.00 memiliki tampilan klasik dengan desain dial yang simpel. Kaliber yang punya sertifikasi chronometer ini memiliki fitur tanggal yang ada pada posisi jam 3. Untuk harganya, kamu bisa membeli jam tangan swiss-made ini dengan harga Rp16 juta-an.

Bagi pecinta dan pengikut setia MIDO Watches boleh berbahagia di hari ini. Tepat pada (15/9) MIDO Watches meluncurkan koleksi terbaru mereka yaitu Ocean Star GMT.  Ini bukan kali pertamanya MIDO meluncurkan Ocean Star dengan fitur GMT, namun koleksi ini siap memikat hati para pecinta MIDO.

5. Mido Multifort III M038.431.11.041.00

Rekomendasi jam tangan chronometer terakhir adalah Mido Multifort III M038.431.11.041.00. Jam tangan swiss-made ini dibekali dengan Caliber 80 COSC Si (base ETA C07.821) dengan komplikasi tanggal dan hari pada bagian dial-nya. Salah satu series Mido Multifort ini termasuk jam tangan mekanik dengan model movement automatic.

Jam tangan ini memiliki tampilan sport dengan material utama dari stainless steel. Dengan ukuran diameter 42mm dan tebal 12mm, jam tangan ini cocok untuk pria dan dipakai saat acara formal. Mido Multifort III M038.431.11.041.00 dibanderol dengan harga Rp19 juta-an.

Di tahun 2022 ini, Mido kembali meluncurkan jam tangan, yaitu Mido Baroncelli Signature Skeleton. Brand jam tangan yang memiliki filosofi untuk menggabungkan inovasi, estetika, dan fungsionalitas pada jam tangan pun sukses memukau pecinta jam tangan.

Buat pecinta jam tangan swiss-made, kamu bisa menemukan jam tangan incaranmu di Jamtangan.com. Dapatkan harga terbaik dengan promo menarik untuk jam tangan favoritmu!

Oleh: Audi Marchal

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
jam tangan piala dunia 2022

Jadi Official Watch, Hublot Bagi-Bagi Jam Tangan Kepada Seluruh Official Piala Dunia 2022 di Qatar

Next Article
Fitur Seiko LumiBrite

Fitur Seiko LumiBrite, Material Jam Tangan Glow in The Dark

Related Posts
Total
0
Share