Seiko 5 Sports: Layak Disebut Sebagai Jam untuk Next Generation?

Kami mengulas Seiko 5 Sports & alasan kenapa seri ini layak disebut jam untuk next generation.

Review Seiko 5 Sports seri jam tangan ikonik Seiko dari Machtwatch Jamtangan.com

Seiko 5 Sports harus diakui menjadi salah satu seri paling ikonik dan banyak diburu dari pabrikan jam tangan asal Jepang, Seiko. Tentu bukan tanpa alasan mengapa lini jam tangan yang identik dengan automatic movement-nya ini memiliki basis penggemar yang begitu besar. Melalui artikel ini, Jamtangan.com akan menghadirkan review Seiko 5 Sports secara mendalam, serta menganalisa mengapa seri ini pantas disebut ikonik dan diprediksi masih akan terus digemari hingga generasi-generasi yang akan datang. Jadi, apakah Seiko 5 Sports bagus dan memang se-worth it  itu untuk dikoleksi? Baca artikel ini, lalu tentukan jawabannya sendiri. 

Baca Juga :

1. Dirancang 50 Tahun Lalu & Menjadi Sub-Brand ‘Tertua’

Review Seiko 5 Sports untuk menjawab pertanyaan apakah Seiko 5 Sports bagus?

Berbicara mengenai sejarah Seiko 5, maka tahun 1963 menjadi momen yang sangat penting. Di tahun itulah, untuk pertama kalinya Seiko merilis seri Seiko 5 melalui model Seiko Sportsmatic 5. Itu artinya, lini jam tangan Seiko 5 sudah menemani hari-hari para pencinta jam tangan sejak lebih dari 50 tahun silam. Hal ini secara otomatis menjadikan ‘Seiko 5’ sebagai salah satu seri ‘tertua’ sekaligus sub-brand yang paling lama digunakan dari merek Seiko. Dicintai sebagai jam tangan automatic dengan sport-durability baik saat pertama kali diciptakan, dan masih dipandang dengan image yang sama hingga sekarang, menjadi alasan pertama kenapa Seiko 5 Sports layak disebut jam untuk next generation. Timeless-ness, approved! 

2. Konsisten Hadirkan 5 Atribut Lengkap untuk Performa Terbaik

Review Seiko 5 Sports Machtwatch-Jamtangan.com
On frame: Seiko 5 Sports SRP755K1, SRPF21K1. SRPFB96K1.

Just so you know, penggunaan angka ‘5’ pada nama Seiko 5 Sports ternyata dipakai bukan tanpa alasan. Angka 5 menunjukkan bahwa setiap pieces jam tangan yang dirilis di bawah seri Seiko 5, pasti akan dilengkapi dengan 5 atribut khusus yaitu: advance automatic movement, tampilan day-date di posisi angka 3, water-resistant tinggi, recessed-crown di posisi angka 4, serta case dan bracelet yang dirancang dengan durability terbaik. Dengan 5 atribut yang konsisten dihadirkan tersebut, seri Seiko 5 memiliki desain khas yang spesial untuk para penggemarnya. 

Sementara dengan ketahanananya, tak heran kalau Seiko 5 juga pernah digunakan untuk perjalanan ekstrem. Flight director NASA bernama Gene Kranz menggunakan jam ini di misi Apollo 11 & 13, begitu pun William Pogue (astronot NASA), yang membawa Seiko 5 di sakunya saat bergabung dalam misa Saturn IB Rocket. Sebuah jam tangan yang bahkan diklaim bisa bertahan ‘selamanya’ hanya dengan sedikit maintenance, tentu lagi-lagi membuat Seiko 5 Sports masih akan menjadi andalan untuk generasi masa kini dan masa mendatang yang semakin aktif dan dinamis.  

3. Line-Up Variatif Mengubah Pandangan tentang Jam Automatic

Saat mendengar jam tangan automatic, mungkin kamu langsung membayangkan desain yang cenderung klasik dan ‘penuh wibawa’. Tapi, Seiko 5 Sports berhasil mematahkan pandangan tersebut dengan variasi seri, line-up, dan desainnya yang sangat beragam. Hingga saat ini, the new Seiko 5 Sports yang dirilis sejak 2019 konsisten menghadirkan line-up dengan desain yang mencakup berbagai gaya dan occasion, membuat jam ini semakin layak diekspektasikan terus populer dan digemari sampai waktu yang lama termasuk oleh para generasi muda. Ada setidaknya 5 variasi line-up yang dihadirkan oleh New Seiko 5 Sports, yaitu: 

Sports Style 

Review Seiko 5 Sports Machtwatch-Jamtangan,.com
On frame: SRPD95K1, SRPE65K1. SRPG35K1.

Menghadirkan desain-desain jam tangan maskulin dan sporty. Beberapa model yang masuk dalam line up ini misalnya SRPG35K1, SRPE65K1, SRPD95K1, SRPE67K1, dan banyak lagi lainnya. Line up lengkap Seiko 5 Sports sports style bisa kamu lihat di sini dan semuanya bisa kamu dapatkan di jamtangan.com.

Suits Style 

Review Seiko 5 Sports Machtwatch-Jamtangan.com
On frame: SRPD65K2, SRPD69K1, SRPG35K1.

Merupakan line-up Seiko 5 Sports yang menonjolkan pada desain classy dan cocok untuk digunakan bersama pakaian formal (suits). Beberapa model yang termasuk dalam line-up ini yaitu SRPE75K1, SRPD65K2, SRPD69K1, SRPD75K1, dll. Line up lengkap Seiko 5 Sports suits style terangkum di sini  dan bisa kamu beli di jamtangan.com.

Specialist Style 

Review Seiko 5 Sports seri terlaris dari SEIKO
On frame: SRPE80K1, SRPG42K1, SRPD55K2.

Dengan slogan ‘a look for all times’, produk-produk Seiko 5 Sports pada line-up specialist style mengedepankan desain yang timeless dan tidak mudah tergeser oleh perkembangan zaman. SRPE80K1, SRPD55K2, SRPG42K1, SRPE79K1 adalah beberapa contoh Seiko 5 Sports dalam lini specialist style. Model lain dalam lini ini bisa kamu lihat di sini dan semuanya bisa didapatkan di jamtangan.com.

Street Style

Review seri SEIKO 5 Sports dari Machtwatch-Jamtangan.com
On frame: SRPD83K1, SRPE69K1, SRPE72K1.

Merupakan line-up Seiko 5 Sports yang dirancang dengan desain yang menyasar para pencinta street style. Dalam line-up ini, ada beberapa model yang digemari anak muda seperti SRPE69K1, SRPD83K1, SRPE72K1, SRPE71K1, dll. Line-up street style selengkapnya bisa kamu lihat di sini dan semuanya bisa kamu bawa pulang dari jamtangan.com.

Sense Style

On frame: SRPD77K1, SRPF19K1, SRPF20K1.

Creativity is all about the detail. Slogan tersebut menunjukkan bahwa Seiko 5 Sports dalam line-up sense style dihadirkan dengan desain yang sangat memperhatikan unsur kreativitas. Warna, tekstur, hingga elemen grafis menarik bisa kamu temukan pada lini ini, misalnya seperti pada SRPF20K1, SRPF19K1, SRPD77K1, SRPF24K1, dll. Line-up lengkap yang semuanya bisa kamu dapatkan di jamtangan.com bisa dilihat di sini.

4. Jam Tangan ‘GADA’ dengan Harga Affordable 

Banyak expert menyebut seri Seiko 5 Sports sebagai jam tangan ‘GADA’ alias ‘go-anywhere-do-anything’ karena desain maupun fungsinya dirancang durable untuk digunakan di berbagai aktivitas. Saking durable-nya, seri jam tangan ini juga dikenal dengan sebutan ‘beater’. What make it more special, adalah karena di samping desain, fitur, dan daya tahan outstanding yang dihadirkan, seri Seiko 5 Sports nyatanya dipasarkan dalam kisaran harga yang cenderung affordable. 

Pihak Seiko bahkan mengklaim seri 5 Sports mampu menghadirkan beberapa hal yang tidak bisa dihadirkan oleh jam tangan yang 100x lebih mahal. Dengan harganya yang terjangkau namun dengan performa menjanjikan, Seiko 5 Sports semakin mudah dicintai oleh berbagai kalangan termasuk para generasi muda. Makin menguatkan anggapan kalau Seiko 5 Sports adalah jam untuk the next generation, bukan? 

5. Keep up with the Youth’s Trend

Seri kolaborasi Seiko 5 Sports Naruto & Boruto, Evisen Skateboards, & Auto Moai.

Alasan terakhir yang membuat Seiko 5 Sports layak disebut sebagai jam untuk next generation, adalah karena selain inovasi teknologinya, seri jam tangan ini juga selalu keep up dengan tren-tren terbaru di generasi terkini. Jika di-list, sudah sangat banyak kolaborasi yang pernah dihadirkan Seiko 5 Sports untuk mengimbangi pop-culture trend masa kini. Sebut saja kolaborasi Seiko 5 Sports x Naruto dan Boruto, Seiko 5 Sports x Evisen Skateboards, Seiko 5 Sports x Auto MOAI, Seiko 5 Sports x Brian May, dan banyak lagi lainnya. 

Jadi, jika ada yang bertanya apakah Seiko 5 Sports bagus dan memang selayak itu untuk dikoleksi, sekarang kamu bisa menilai dan menjawabnya sendiri melalui review ini. Satu yang pasti: terlepas dari tren jam tangan yang tentu akan selalu berubah, Seiko 5 Sports bisa diprediksi masih akan menjadi salah satu seri populer bahkan di kalangan generasi-generasi mendatang, asalkan tetap konsisten menghadirkan inovasi desain dan fitur seperti yang selama ini selalu dilakukan. Langsung ingin menambah koleksi Seiko 5 Sports? No need to go anywhere, karena kamu bisa langsung mendapatkan semuanya di halaman ini.

Total
0
Shares
Previous Article
Rekomendasi jam tangan Garmin untuk sepeda terbaik dan terbaru rekomendasi Machtwatch Jamtangan.com

5 Rekomendasi Jam Tangan Garmin Terbaik untuk Bersepeda, Back to Your Routine!

Next Article
Rekomendasi merk jam tangan pria murah tapi mewah dari Machtwatch-Jamtangan.com

7 Merk Jam Tangan Pria Murah yang Terkenal dengan Desain Classy & Mewah

Related Posts
Total
0
Share