12 Komplikasi dan Fitur Jam Tangan Mekanikal

Pada kesempatan kali ini, Minwatch akan memberikan penjelasan tentang fitur jam tangan yang menggunakan movement mekanikal. Jam dengan movement ini memiliki 2 macam, yaitu manual dan automatic.
jam tangan mekanikal
jam tangan mekanikal

Terakhir diubah pada 2022/11/16 at 5:28pm oleh Contributor

Pada kesempatan kali ini, Minwatch akan memberikan penjelasan tentang fitur jam tangan yang menggunakan movement mekanikal. Jam dengan movement ini memiliki 2 macam, yaitu manual dan automatic. Dengan mekanisme movement yang cukup kompleks, jam tangan model ini masih jadi pilihan banyak pecinta jam tangan. Semua brand populer pun masih memproduksi jam tangan mekanikal ini.

Sekilas Mengenai Fitur Jam Tangan Mekanikal

Komplikasi jam tangan mekanikal.
Komplikasi jam tangan mekanikal.
Sumber: https://www.livwatches.com/blogs/everything-about-watches/the-complete-guide-to-mechanical-watch-movements

Sebelum mengenal berbagai macam fitur jam tangan mekanikal, Minwatch akan menjelaskan sekilas tentang perbedaan jam tangan mekanikal dan quartz. Pada dasarnya, jam tangan mekanikal memiliki banyak komponen mesin yang digerakkan dengan energi pegas. Tidak seperti jam tangan quartz, yang mana pergerakannya menggunakan aliran listrik dari baterai.

Mesin jam tangan mekanikal memiliki komplikasi atau kerumitan pada movement yang membuat jam tersebut punya banyak fitur atau fungsi. Sedangkan pada jam tangan digital, fiturnya tidak bergantung pada komplikasi atau kerumitan movement-nya, namun tergantung pada kecanggihan teknologinya.

Baca juga : 3 Fitur Ini Wajib Ada di Jam Tanganmu Jika Kamu Petualang

12 Macam Fitur Jam Tangan Mekanikal

Minwatch telah merangkum 12 macam fitur jam tangan mekanik. Buat yang baru ingin membeli jam tangan mekanikal, ataupun mengoleksinya, sebaiknya kamu mengenali berbagai fiturnya terlebih dahulu.

1. GMT/ Dual Timezone

Seiko 5 Sports SSK005K1 GMT Mikan Orange Series Automatic Orange Dial Stainless Steel Strap.
Seiko 5 Sports SSK005K1 GMT Mikan Orange Series Automatic Orange Dial Stainless Steel Strap.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-5-sports-ssk005k1-gmt-mikan-orange-series-automatic-orange-dial-stainless-steel-strap-467391

GMT (Greenwich Mean Time) atau biasa disebut juga dengan dual timezone merupakan salah satu komplikasi movement, yang mana terdapat 2 jarum jam yang menunjuk 2 zona waktu berbeda. Fitur ini biasanya dapat membantu penggunanya dalam traveling. Jam tangan dengan fitur GMT ini sering juga digunakan pada dunia penerbangan.

Ada 3 jenis GMT atau dual timezone pada jam tangan. Jenis pertama, kedua jarum jam GMT tidak bisa diatur secara sendiri-sendiri atau independent, yang mana saat kamu memutar jarum jam utama, jarum kedua akan terpengaruh atau ikut berputar. Jenis kedua, hanya jarum kedua (GMT hands) yang bisa diatur secara independent tanpa mempengaruhi jarum jam utama. Terakhir, jarum jam utama bisa diatur independent tanpa mempengaruhi jarum jam kedua.

2. Chronograph

Seiko Prospex SRQ041J1 Speedtimer Mechanical Chronograph Stainless Steel.
Seiko Prospex SRQ041J1 Speedtimer Mechanical Chronograph Stainless Steel.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-srq041j1-speedtimer-mechanical-chronograph-stainless-steel-limited-edition-463271

Fitur kedua adalah chronograph, yang mana komplikasi movement ditambah dengan modul stopwatch. Jam tangan dengan fitur ini menampilkan indikator stopwatch yang terpisah dengan waktu utama. Setiap movement memiliki format stopwatch yang berbeda-beda, mulai dari kemampuan menghitung 30 menit hingga 12 jam. 

Istilah chronograph sendiri diambil dari bahasa Yunani kuno yang artinya pencatat waktu. Pertama kali, fitur chronograph ini digunakan pada lomba balap kuda. Dan sekarang, jam tangan dengan fitur ini juga digunakan untuk menghitung waktu pada cabang olahraga lainnya.

3. Retrograde

Orient Star SDE00002W Retrograde Men White Dial Stainless Steel Strap.
Orient Star SDE00002W Retrograde Men White Dial Stainless Steel Strap.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/orient-star-sde00002w-retrograde-men-white-dial-stainless-steel-strap-253141

Fitur selanjutnya adalah retrograde. Jam tangan dengan fitur ini biasanya terdiri dari beberapa komplikasi seperti moonphase, power reserve indicator dan sub-dial tanggal hari dalam 1 dial. Komplikasi pada movement jenis ini membuat tampilan dial jam terlihat unik dan menarik, sehingga banyak pecinta jam tangan yang suka dengan modelnya. 

Baca juga : 12 Jam Tangan Seiko yang Mencetak Sejarah

Umumnya, retrograde ini merupakan komplikasi movement jam tangan yang menunjukan berlalunya waktu melalui jarum yang melewati busur lintasannya sebelum melompat kembali ke titik awal di ujung busur.

4. Tourbillon

Jam tangan dengan komplikasi movement jenis tourbillon memiliki tingkat akurasi tinggi yang tidak terpengaruh oleh gaya gravitasi. Tourbillon sendiri merupakan sebuah komponen yang menjadi jantung jam tangan dan menggantikan peran komponen balance wheel dan spring. Biasanya jam tangan model ini memiliki bagian dial yang terbuka sehingga komponen tourbillon terlihat jelas.

Komplikasi tourbillon ini sendiri memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Selain itu, tampilannya yang unik juga membuat para kolektor jam tangan tertarik untuk mengoleksinya. Untuk harganya, jam tangan dengan fitur tourbillon ini bisa dibilang punya harga yang cukup mahal.

Baca juga : Sejarah Penemu Jam Tangan Pertama di Dunia!

5. Perpetual Calendar/ Annual Calendar

Patek Philippe Perpetual Calendar rose gold 3940R-014.
Patek Philippe Perpetual Calendar rose gold 3940R-014.
Sumber: https://www.chrono24.co.id/patekphilippe/patek-philippe-perpetual-calendar-rose-gold-3940r-014-super-full-set—italian-calendar–id25582341.htm#gref

Fitur selanjutnya yang biasanya ada pada jam tangan adalah perpetual calendar atau annual calendar. Komplikasi pada mesin jam dapat menampilkan tanggal yang sudah diatur otomatis selama 1 abad. Walaupun begitu, fitur ini tetap harus disesuaikan setiap setahun sekali. Namun, Pada jam quartz tidak perlu setting tanggal.

Mesin mekanik adalah mesin jam yang semua pergerakan mesinnya menggunakan  daya dari pergerakan mekanik.  Pada mesin jam mekanikal,  tidak ada satu pun komponen elektronik di dalamnya

6. Date

Komplikasi roda tanggal termasuk fitur kalender yang umumnya ada pada jam tangan mekanik. Fitur ini biasanya berbentuk window yang terlihat pada bagian dial jam tangan. Beberapa movement yang memiliki fitur ini dapat membuat jam tangan jadi lebih fungsional.

7. Day Date

Selain fitur tanggal atau date, ada komplikasi pada movement jam tangan yang juga dapat menampilkan harinya. Jadi, para pengguna jam tangan dengan fitur ini dapat melihat tanggal dan juga hari. Biasanya, fitur hari ini tersedia dalam beberapa bahasa global.

8. Pointer Date

Oris Big Crown Pointer Date.
Oris Big Crown Pointer Date.
Sumber: https://www.chrono24.co.id/oris/big-crown-pointer-date–id19241775.htm#gref

Fitur lainnya yang berfungsi sebagai penunjuk kalender adalah pointer date. Jam tangan dengan komplikasi ini memiliki indeks atau skala tanggal pada bagian inner bezel-nya. Model jam tangan yang cukup populer dengan fitur ini adalah series Oris Big Crown Pointer Date.

9. Moonphase

ORIENT STAR Mechanical Moon Phase.
ORIENT STAR Mechanical Moon Phase.
Sumber: https://orientwatchindonesia.com/orient-star-introduces-mechanical-moon-phase-models-with-new-refined-design-elements-2/

Komplikasi selanjutnya yang menjadikan jam tangan punya fitur fungsional serta tampilan yang unik adalah moonphase. Mesin jam atau movement dibekali fitur ini dapat menampilkan indikator fase bulan, biasanya siklus bulan 29 hari. Fitur ini menjadi daya tarik sendiri karena indikatornya dapat dilihat pada bagian dial, yang mana tampilannya jadi lebih unik dan beda.

Baca juga : Salah Kaprah Jam Tangan Automatic vs Kinetic

10. Sun and Moon

Orient Sun and Moon.
Orient Sun and Moon.
Sumber: https://www.chrono24.co.id/orient/orient-orient-sun–moon-ra-ak0011d–automatic-mens-watch-blue-dial-425mm-sapphire-crystal–id23391389.html

Selain ada moonphase, ada komplikasi movement yang menambahkan indikator siang dan malam. Tampilan yang dapat dilihat adalah gambar matahari dan bulan, yang mana desain dial jadi lebih indah. Estetika pada tampilan dial ini juga jadi nilai tambah, tak heran para kolektor atau pecinta jam tangan banyak yang suka dengan model ini.

11. Minute Repeater

Fitur minute repeater pada jam tangan termasuk komplikasi yang cukup rumit. Komplikasi movement ini memungkinkan komponen pada mesin dapat mengeluarkan bunyi pada setiap menitnya. Pengaturan bunyi ini pun dapat diatur sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

12. Alarm

Seiko Bellmatic.
Seiko Bellmatic.
Sumber: https://montro.com/en/seiko/bellmatic/4006-7012/s79203818l81330086

Fitur terakhir yang biasanya ada pada jam tangan mekanikal adalah alarm. Salah satu komplikasi movement ini cukup banyak terdapat pada jam tangan mekanikal. Komplikasi set alarm ini juga bisa jadi daya tarik jam tangan mekanik.

Baca juga : Pilih Jam Tangan Analog atau Digital?

Penjelasan tentang fitur atau komplikasi pada movement jam tangan ini mungkin bisa jadi bekal untuk kamu memilih jam tangan baru. Namun, pastikan selalu jam tangannya berkualitas dan juga original. Dapatkan koleksi jam tangan dengan harga terbaik, hanya di Jamtangan.com.

Oleh: Audi Marchal

Sumber :

https://manofmany.com/fashion/what-is-a-moonphase-watch-how-it-work
https://www.hodinky-365.com/blog/orient-sun-and-moon-ra-as00-review
https://www.fratellowatches.com/how-does-minute-repeater-watch-work/#gref
https://blog.jamtangan.com/perpetual-calendar-pada-jam-tangan/
https://www.ethoswatches.com/the-watch-guide/retrograde-dial/#:~:text=The%20literal%20meaning%20of%20retrograde,or%20the%20%E2%80%9Cearlier%20condition%E2%80%9D.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
jam tangan skeleton

5 Rekomendasi Jam Tangan Skeleton di Bulan November 2022

Next Article
Grand Seiko Heritage SBGY011

Grand Seiko Heritage SBGY011 Asaborake Terinspirasi dari Kabut Pagi di Waktu Fajar

Related Posts
Total
0
Share