Watch Anatomy: Mengenal Semua Bagian Penting di Jam Tangan

anatomi jam tangan
anatomi jam tangan

Terakhir diubah pada 2022/10/25 at 1:45pm oleh Contributor

Anatomi atau bagian jam tangan tak hanya penting diketahui oleh watch enthusiast. Dengan mengenal bagian penting pada jam jangan, kamu bisa menyesuaikan kebutuhanmu. Buat pengguna baru maupun kamu yang baru ingin membeli jam tangan, Minwatch akan merangkum bagian penting di jam tangan agar lebih mudah dikenali dan dipahami agar tidak salah beli.

1. Case

Case bisa dibilang badan jam tangan yang punya peran untuk melindungi bagian dalam mesin jam. Ada banyak model case yang terbuat dari berbagai macam material dan bentuk. Variasi ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan si pemakai jam. Produsen akan menyesuaikan bentuk maupun material case pada jam tangan agar dapat digunakan dengan nyaman dan aman.

Untuk material case yang paling sering dipakai pada jam tangan adalah stainless steel dan titanium. Kamu juga bisa menemukan case berbahan resin pada beberapa jam tangan digital. Beberapa brand juga membuat jam tangan dengan bentuk case yang unik dan ikonik sehingga menambah nilai estetikanya.

Baca juga : Jam Tangan Chronograph Untuk Mengukur Waktu

Case Back

Bagian belakang case atau biasa disebut case back merupakan salah satu bagian dari case yang menempel pada kulitmu saat jam tangan dipakai. Bagian case back memiliki fungsi untuk menutup bagian belakang jam tangan. Biasanya, pada bagian ini terdapat informasi penting tentang spesifikasi jam tangan, seperti ukuran diameter, fitur hingga nomor seri jam. Selain itu, back case punya beberapa model yang bisa kamu temukan pada jam tangan, seperti screw down case back, snap off case back hingga model transparan.

Baca juga: Ada Macam-Macam Case Back Jam Tangan, Apa Bedanya?

Case diameter

Case diameter biasanya menempel erat pada spesifikasi jam tangan. Dimana, setiap jam tangan punya diameter case yang berbeda-beda. Dengan mengetahui diameter case, kamu bisa memilih jam tangan yang sesuai dengan ukuran tanganmu. Pada jam tangan sport pria, diameter case biasanya punya ukuran di atas 40mm. Untuk jam tangan wanita, ukuran diameter case-nya lebih kecil.

2. Lug

Bagian selanjutnya adalah lug yang menjadi penyambung strap dan case. Umumnya, lug ini menyatu dengan case, sehingga bisa dibilang lug merupakan salah satu bagian dari case juga. Terdapat pin hole yang berfungsi untuk memasang spring bar untuk mengaitkan strap jam tangan. Setiap jam tangan memiliki sepasang lug untuk menghubungkan strap maupun bracelet pada jam tangan.

Baca juga : Mengenal 5 Model Jam Tangan dari Bentuk Case-nya

Lug to Lug

Kamu bisa melihat informasi lug to lug pada setiap spesifikasi jam tangan. Lug to lug ini merupakan ukuran atau panjang dari ujung lug ke ujung lug satunya lagi. Kamu bisa memperkirakan spesifikasi lug to lug agar tidak salah pilih ukuran jam tangan. Ukuran ini dapat mempengaruhi kenyamanan si pemakai jam tangan juga, lho.

3. Kristal/ Kaca

Kaca jam tangan atau kristal merupakan bagian jam tangan yang cukup terlihat. Biasanya, kristal terbuat dari beberapa material mineral, hesalite, hingga kaca sapphire. Beberapa kaca jam tangan juga punya material dengan fitur yang cukup bermanfaat. Salah satunya adalah Seiko Prospex SRQ041J1 Speedtimer yang memiliki material kaca sapphire crystal dengan fitur anti-reflective yang dapat mencegah bayangan jatuh pada bagian dial. Biasanya fitur seperti ini dimiliki oleh jam tangan sport.

Baca juga : Jenis Strap pada jam tangan

4. Bezel

Bezel adalah bingkai luar yang berbentuk cincin dan mengelilingi bagian kaca. Pada beberapa jam tangan, bezel ini dapat diputar satu arah maupun dua arah. Biasanya bezel yang bisa diputar dua arah ada pada jam tangan pilot, sedangkan bezel yang bergerak satu arah terdapat pada jam tangan diver.

Baca juga : GMT Adalah: Definisi & Fungsi Fiturnya pada Jam Tangan

Kamu juga bisa menemukan beberapa fungsi pada bagian bezel ini, seperti tachymeter. Selain itu, bagian ini juga sering dihiasi agar lebih estetik dan indah. Kebanyakan jam tangan biasa memiliki bezel yang terbuat dari bahan stainless steel.

Dial Ring/ Inner Chapter Ring/ Inner Bezel

Bagian selanjutnya adalah inner bezel atau bisa juga disebut dengan beberapa istilah, seperti dial ring atau inner chapter ring. Letak inner bezel ada pada bagian dalam jam tangan, atau di dalam kaca. Bagian ini juga dapat diputar maupun tidak, sama dengan bezel. Dengan mengelilingi bagian dial, pada bagian inner bezel biasanya terdapat indeks yang tak hanya menunjukan detik atau menit.

5. Marker

Bagian Marker Jam Tangan.
Sumber: wristwatchreview.co.uk

Bagian jam tangan lain adalah marker. Bagian ini menempel pada bagian dial yang menampilkan digit atau angka. Marker berfungsi untuk menunjukan waktu jam, menit dan detik. Ada beberapa model tampilan marker yang biasanya ada pada jam tangan, antara lain roman dan arabic. Pada jam tangan diver, bagian marker dilengkapi dengan fitur lumi yang membantu pengguna jam pada kondisi minim cahaya. Seperti pada salah satu series Seiko Prospex SRPD09K1 Samurai Save The Ocean yang memiliki fitur lumi pada bagian indeks marker dan jarumnya.

Baca juga : Membaca Ragam Jenis Bezel

6. Dial

Bagian satu ini paling sering disebut dan jadi pusat perhatian, karena dial merupakan salah satu bagian jam tangan yang paling terlihat. Umumnya, bagian ini berfungsi untuk menampilkan waktu yang di dalamnya terdapat berbagai komponen seperti marker, jarum jam hingga logo brand. Karena terdapat pada bagian muka jam tangan, bagian dial ini sering jadi daya tarik sehingga brand berlomba untuk menampilkan bagian dial yang menarik, fungsional serta punya fitur khusus.

Untuk jam tangan digital, bagian dial ini disebut dengan display. Berbeda dengan jam tangan analog, jam tangan digital punya display LCD yang menampilkan waktu yang lebih beragam. Selain itu, ada juga jam tangan yang punya model dial campuran, yaitu ana-digi.

Baca juga : Apa itu Jam Tangan Mekanikal atau Automatic Movement?

Subdial

Pada beberapa jam tangan terdapat subdial yang ada di dalam dial utama. Bagian ini bisa lebih dari satu, yang mana subdial menampilkan informasi tambahan, seperti kalender atau tanggal. Jam tangan yang biasanya punya banyak subdial adalah jenis chronograph yang punya fungsi stopwatch.

7. Date/ Day Window

Bagian Date/Day Window Jam Tangan.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-srph97k1-black-series-night-vision-king-samurai-divers-black-rubber-limited-edition-463711

Jam tangan dengan fitur kalender biasanya punya bagian date/day window. Bagian ini juga terdapat pada bagian dial jam tangan. Dengan menampilkan tanggal dan hari, bagian ini jadi fitur yang cukup bermanfaat bagi pengguna jam tangan. Kamu bisa melihat bagian date/day window pada Seiko 5 Sports SRPD77K1 Automatic yang dibekali kaliber 4R36.

Baca juga : Apa Arti AM dan PM pada Jam Digital?

8. Hands

Bagian Hands Jam Tangan.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-5-sports-snzg13k1-automatic-black-dial-stainless-steel-strap-2811

Jarum jam atau biasa disebut hands ini juga bagian penting dari jam tangan. Biasanya bagian ini ada pada jam tangan analog dan ana-digi. Kamu bisa melihat pergerakan hands untuk mengetahui waktu. Pada beberapa series jam tangan, bagian ini dilengkapi dengan fitur lume yang sangat membantu pada kondisi gelap. Seiko 5 Sports SNZG13K1 memiliki fitur lume yang terdapat pada bagian hands, serta indeks marker-nya.

Baca juga : Begini Cara Menghitung Diameter Jam Tangan

9. Movement

Bagian penting lain adalah movement atau mesin jam tangan. Sebutan movement ini biasanya mengacu pada jam tangan mekanik maupun quartz. Pada beberapa jam tangan automatic, mesin jam atau movement dilengkapi fitur, seperti kalender hingga manual winding. Bagian mesin ini pun sering jadi bahan pertimbangan para watch enthusiast dalam memilih jam tangan.

Baca juga : Jam Mekanikal vs Quartz, Lebih Awet Mana?

10. Band/ Strap/ Bracelet

Bagian selanjutnya adalah tali jam tangan, biasanya disebut dengan band atau strap. Fungsi utama dari bagian ini adalah sebagai pengikat jam tangan. Untuk menyesuaikan kondisi dan kebutuhan, tali jam tangan memiliki beberapa pilihan material. Tali jam tangan yang terbuat dari bahan logam, seperti stainless steel dan titanum disebut dengan bracelet. Pada jam tangan sport, material rubber sering kali dipakai karena lebih nyaman digunakan. Selain itu, bagian strap dibuat lebih menarik dengan berbagai motif maupun warna.

Pada Seiko Presage SSA453J1 Style 60S, bagian strap-nya terbuat dari leather agar jam tangan ini terlihat lebih klasik. Salah satu seri Presage ini dibanderol dengan harga Rp7 juta-an.

Baca juga : Sering Salah Beli, Ini Cara Tepat Memilih Buckle dan Clasp Jam Tangan

Buckle

Buckle merupakan pengunci tali jam tangan. Bagian ini mirip dengan mekanisme sabuk, yang mana buckle biasanya terbuat dari logam. Sebagai pengunci tali jam tangan, buckle ini merupakan bagian penting pada jam tangan.

11. Crown

Bagian penting jam tangan yang harus kamu tau adalah crown. Bagian ini terletak pada bagian samping jam tangan. Umumnya, crown punya bentuk seperti mahkota yang dapat diputar dan berfungsi untuk mengatur waktu pada jam tangan. Namun, crown dengan model screw down punya mekanisme mirip dengan sekrup. Kamu juga bisa menemukan crown yang memiliki fitur, salah satunya screw down crown, biasanya pada jam tangan diver. Mekanisme fitur ini dapat mencegah air masuk ke dalam mesin jam tangan. Seiko Prospex SPB317J1 Heritage Turtle memiliki sistem screw down crown dan termaksud diver watch 200 meter.

Baca juga : Jarang Dipakai, Apa Sebenarnya Fungsi Tachymeter?

12. Pusher

Bagian terakhir adalah pusher, yang mana berbentuk tombol yang bisa ditekan. Sama seperti crown, bagian jam tangan ini terdapat di samping jam tangan dan dapat mengatur beberapa fungsi tertentu. Biasanya, pusher ini digunakan untuk mengatur fungsi start-stop dan reset pada fitur stopwatch yang ada di jam tangan chronograph, seperti pada jam tangan Seiko Chronograph SSB407P1. Beberapa jam tangan juga memiliki pusher yang bisa mengatur tanggal.

Setelah tau beberapa bagian pentingnya, kamu bisa lebih mengenal jam tangan kesayanganmu dan dapat menggunakannya dengan benar. 

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

www.jamtangan.com

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
seiko super cab

Siap Diluncurkan, Seiko 5 Sports Super Cub Limited Edition

Next Article
3 koleksi anniversary g-shock ke 40

G-Shock Akan Meluncurkan 3 Jam Tangan Terbaru Saat 40th Anniversary

Related Posts
Total
0
Share