Rahasia Populernya Orient Mako dan Ray

Rahasia Populernya Orient Mako dan Ray

Orient Mako dan Ray merupakan model jam tangan Orient yang termasuk paling populer. Dengan estetika diver watch yang tetap elegan membuat baik Mako maupun Ray menjadi pilihan banyak penggemar jam tangan mekanikal yang mencari jam tangan sporty yang terjangkau.

Diperkirakan Orient Mako mulai diproduksi sekitar Februari-Maret 2004 dan mulai dipasarkan Desember 2004. Saat itu, jam keluaran Orient ini belum mempunyai nama panggilan. Konon ada yang mengatakan nama Mako berasal dari perbincangan di sebuah forum jam tangan mengenai logo lumba-lumba melingkar pada rubber strapnya. Seorang anggota forum mengatakan alih-alih mirip lumba-lumba, hewan yang tampak pada logo itu lebih menyerupai hiu, sehingga akhirnya dinamai Mako yang merupakan salah satu jenis ikan hiu.

Saat diluncurkan, Orient Mako mempunyai spesifikasi bezel yang berputar satu arah dengan 60 klik, water resistance 200 m, day/date display, bracelet model Oyster yang kokoh, serta movement 46943 yang banyak digunakan pada jam tangan Orient lainnya. Tak disangka, animonya cukup besar sehingga dapat menjadi salah satu model Orient terlaris. Bahkan, di Amerika Serikat Orient Mako menjadi model Orient dengan penjualan nomor satu, sampai Orient sendiri meluncurkan model Mako USA khusus untuk pasar domestik.

Orient Ray II

Orient Ray II

Kesuksesan Mako membuat Orient memunculkan berbagai macam model diver watch yang kemudian menjadi “saudara-saudara” Mako, mulai dari Dolphin dengan bezel insert cembung, Mako XL, hingga yang paling terkenal, Ray, diluncurkan sekitar tahun 2010. Orient Ray menjadi “pesaing” Mako paling kuat dengan basis desain yang sama namun dengan perubahan seperti tampilan dial yang mengikuti dial diver watch klasik seperti Rolex Submariner. Jika anda sering melihat forum-forum jam tangan pembahasan manakah yang lebih baik antara Mako dan Ray sering menjadi topik diskusi yang tak ada habisnya.

Akhirnya, pada April 2016 Orient meluncurkan generasi kedua Mako dan Ray, kali ini dilengkapi dengan movement F6922 yang memungkinkan untuk hacking dan handwinding. Selain itu, crown posisi jam dua untuk menyetel hari telah dihilangkan sehingga semua dikendalikan dari satu crown pada posisi jam tiga serta jumlah klik bezel untuk satu putaran sudah mencapai 120 klik.

Dengan fitur dan kualitas yang dapat dikatakan melebihi harga yang dibayarkan, Orient Mako dan Ray menjadi dua pilihan mereka yang menginginkan jam tangan mekanikal model diver yang dapat diandalkan dan tidak menguras kantung. Tidaklah mengherankan jika akhirnya animo penggemar jam tangan terhadap kedua model yang “bersaudara” ini begitu besar.

 

DJO/jamtangan.com

Categories: Orient, Watch Brands
  • Kurnia Ramadhan

    Keren banget, nabung dulu ah, kemaren dah beli Orient Champion yang udah gak diproduksi lagi, selanjutnya Insya Allah Orient Ray II yang jadi pilihan 🙂

    • Rikky

      heheh iya gan, nga nyesal ambil Orient Ray II pastinya 🙂