10 Jam Tangan Richard Mille Termahal

Jam Tangan Richard Mille Termahal
Jam Tangan Richard Mille Termahal

Richard Mille merupakan brand jam tangan mewah dengan harga jutaan dolar. Namun tahukah kamu jajaran Richard Mille termahal yang ada saat ini? Simak terus ulasan dari Minwatch mulai dari RM 52-01 Blue Sapphire Tourbillon Skull Edition, Jay-Z’s Richard Mille Watch,  RM 051 Michelle Yeoh dan jajaran jam tangan Richard Mille termahal lainnya.

Brand Richard Mille merupakan jam tangan mewah yang sudah berdiri sejak tahun 2001. Peluncuran koleksi pertamanya yaitu RM 72-01 Lifestyle In-House Chronograph, yang hadir dengan harga $135.000 dan hanya dibuat sebanyak 17 unit. Sejak itu nama Richard Mille terus meroket dan menjadi salah satu brand termahal dan paling dikenal dalam pembuatan jam dengan status ultra-expensive.

Hingga saat ini jam tangan Richard Mille kerap terjual seharga jutaan dolar. Bahkan jam tangan dengan rate yang paling murahnya saja ada di angka $60.000. Untuk kamu yang makin penasaran dengan jam tangan Richard Mille saat ini, simak terus ulasan Minwatch yaitu daftar 10 jam tangan Richard Mille termahal.

5 Tips Membedakan Jam Tangan Richard Mille Asli dan Palsu

1. Richard Mille RM 52-01 Blue Sapphire Tourbillon Skull Edition

  • Estimasi harga: $2.625 juta (setara Rp40.3 miliar)
  • Jumlah produksi: dibawah 10 unit
  • Fitur Desain: Skull design on the watch face
  • Fakta menarik: Jam tangan mewah water-resistant

RM 52-01 Blue Sapphire Tourbillon Skull Edition adalah jam tangan Richard Mille termahal yang pernah dibuat. Dengan harga lebih dari $2,6 juta, jam tangan Blue Sapphire Tourbillon Skull Edition eksklusif Richard Mille hadir menjadi salah satu jam tangan termahal saat ini. Menampilkan ultra-expensive design dengan tengkorak di bagian wajah jam tangan, ditambah safir biru yang memukau di seluruh bagian casing. Mengenai jumlah produksinya, sebagian besar outlet resmi Richard Mille menginformasikan bahwa hanya ada 10 pcs jam tangan  dari desain ini yang telah dibuat. 

Richard Mille RM 52-01 Blue Sapphire Tourbillon Skull Edition.
Richard Mille RM 52-01 Blue Sapphire Tourbillon Skull Edition.
Sumber: Rarest.org.

2. Richard Mille – Rafael Nadal Watch No. 4

  • Estimasi harga: $2.52 juta (setara Rp40 miliar)
  • Jumlah produksi: 50 unit
  • Fitur Desain: Manual winding movement
  • Fakta menarik: Jam tangan mewah ini diproduksi pada tahun 2021

Di posisi kedua untuk jam tangan Richard Mille termahal jatuh pada koleksi Richard Mille Rafael Nadal Watch No. 4. Jam tangan ini merupakan kolaborasi yang keempat antara Rafael Nadal dan Richard Mille. Siapa yang tidak mengenal nama Rafael Nadal, yang memiliki prestasi sebagai petenis terbaik di dunia. Rafael merupakan atlet tenis yang disebut sebagai “The King of the French Open” yang menyabet gelar Grand Slam terbanyak.

Hasil kolaborasinya dengan Rafael Nadal menghasilkan Rafael Nadal Watch No. 4 yang merupakan jam tangan manual-winding seharga $2.52 juta atau setara Rp40 miliar. Seperti jam tangan Nadal yang sebelumnya, koleksi ini merupakan koleksi terbatas hanya dibuat sebanyak 50 unit. Nggak heran kalau koleksi ini semakin bernilai karena jumlahnya yang terbatas kan?

Jam tangan Richard Mille menduduki posisi berikutnya untuk jam tangan yang layak dijadikan investasi. Tidak setua Patek Philippe, jam tangan asal Swiss ini berdiri sejak tahun 2001 oleh Richard Mille dan rekannya yaitu Dominique Guenat

Richard Mille - Rafael Nadal Watch No. 4.
Richard Mille – Rafael Nadal Watch No. 4.
Sumber: Hodinkee.com.

3. Richard Mille Jay-Z’s Richard Mille Watch

  • Estimasi harga: $2.5 juta (setara Rp35 miliar)
  • Jumlah produksi: 1 unit
  • Fitur Desain: Sapphire case
  • Fakta menarik: Membutuhkan waktu 3.000 jam untuk pembuatannya

Salah satu jam tangan Richard Mille termahal adalah hasil kolaborasi dengan rapper asal Amerika yaitu Jay-Z. Jam tangan yang di custom untuk Jay-Z ini bernilai hingga $2.5 juta (setara Rp35 miliar). Jam tangan ini hanya terdapat hanya satu, yaitu hanya untuk Jay-Z. Dibutuhkan waktu selama 3.000 jam untuk pembuatannya. Yah, kira-kira sekitar $830 per jam jika kamu ingin menghitung waktu per jamnya.

Sebagai jam tangan yang di desain khusus untuk high-profile client, jam tangan Jay-Z ini agak misterius. Diketahui bahwa desainnya menampilkan casing safir, namun informasi yang beredar hanya itu saja. Sepertinya jam tangan ini memang dibuat begitu personal untuk Jay-Z, dan tidak terlalu dipublikasikan ke khalayak.

Richard Mille Jay-Z’s Richard Mille Watch.
Richard Mille Jay-Z’s Richard Mille Watch.
Sumber: Rarest.org.

4. Richard Mille RM 56-02 Sapphire Tourbillon

  • Estimasi harga: $2.2 juta (setara Rp37.8 miliar)
  • Jumlah produksi: 10 unit
  • Fitur Desain: Purse sapphire
  • Fakta menarik: Richard Mille merupakan orang pertama yang membuat jam tangan dengan menggunakan pure sapphire

Richard Mille RM 56-02 Sapphire Tourbillon merupakan terobosan pada jam tangan mewah yang menggunakan pure sapphire. Jam tangan ini memiliki daya tahan yang fantastis. Richard Mille mencoba memastikan desainnya akan bertahan lama, karena di desain menggunakan sapphire movement dengan titanium grade 5 sehingga memiliki kekuatan dan ketahanan terhadap korosi.

Dengan desain yang mewah, jam tangan richard Mille termahal ini hadir begitu eksklusif. Richard Mille RM 56-02 Sapphire Tourbillon ini di rilis sebanyak 10 unit saja dengan harga $2.2 juta (setara Rp37.8 miliar).

Richard Mille RM 88 Automatic Tourbillon Smiley Dengan Simbol Senyum Sebagai Bahasa Universal

Richard Mille RM 56-02 Sapphire Tourbillon.
Richard Mille RM 56-02 Sapphire Tourbillon.
Sumber: Rarest.org.

5. Richard Mille RM 50-04 Tourbillon Split-Seconds Chronograph Kimi Räikkönen

  • Estimasi harga: $1,1 juta (setara Rp16.8 miliar)
  • Jumlah produksi: 30 unit
  • Fitur Desain: Purse sapphire
  • Fakta menarik: Richard Mille merupakan watchmaker pertama yang membuat jam tangan dengan menggunakan pure sapphire

Jam tangan Richard Mille termahal berikutnya yaitu Richard Mille RM 50-04 Tourbillon Split-Seconds Chronograph Kimi Räikkönen. Jam tangan ini memiliki ketangguhan dan ketahanan terhadap benturan, yang hadir dengan quartz TPT. 

11 Jam Tangan Jadul Termahal yang Pernah Terjual Saat Lelang

Quartz TPT adalah senyawa mineral dan karbon yang digunakan sebagian besar untuk kebutuhan berperahu dan turnamen balap. Richard Mille telah bekerja sama dengan perusahaan Quartz TPT untuk mengembangkan bahan tersebut dan digunakan sebagai wadah jam tangan. Koleksi pertama Richard Mille yang menggunakan Quartz TPT yaitu ada di tahun 2015 melalui RM 27-02 TPT Quartz Rafael Nadal, dan kali ini melalui RM 50-04 Tourbillon Split-Seconds Chronograph Kimi Räikkönen.

Jam tangan ini dibuat dalam jumlah terbatas yaitu 30 unit yang membuatnya menjadi begitu eksklusif. RM 50-04 Tourbillon Split-Seconds Chronograph Kimi Räikkönen dibanderol dengan harga $1,1 juta (setara Rp16.8 miliar).

Richard Mille RM 50-04 Tourbillon Split-Seconds Chronograph Kimi Räikkönen.
Richard Mille RM 50-04 Tourbillon Split-Seconds Chronograph Kimi Räikkönen.
Sumber: Rarest.org.

Jonah Hill Pakai Jam Tangan Richard Mille Palsu di Film “Don’t Look Up”?

6. Richard Mille RM 051 – Michelle Yeoh

  • Estimasi harga: $900ribu (setara Rp13.8 miliar)
  • Jumlah produksi: 18 unit
  • Fitur Desain: Phoenix artwork on the watch face
  • Fakta menarik: 18 merupakan jumlah produksi jam tangan ini dan merupakan angka kesukaan Michelle Yeoh

Pada nomor enam terdapat Richard Mille RM 051 – Michelle Yeoh sebagai salah satu jam tangan Richard Mille termahal. Jam tangan ini bahkan hampir menyentuh angka 1 juta dolar tepatnya $900ribu (setara Rp13.8 miliar). Jam tangan ini merupakan hasil kolaborasi dengan artis terkenal skala internasional yaitu Michelle Yeoh. Banyak film yang sudah diperani Michelle Yeoh yaitu Crazy Rich Asians, Tomorrow Never Dies, dan Kung Fu Panda 2. 

Jam tangan ini mempunyai tampilan yang memukau yaitu burung phoenix yang terbuat dari berlian. Phoenix di sini merupakan simbol “rahmat, kecantikan dan kekuatan”. Interpretasi lain dari burung phoenix mewakili simbol “kelahiran kembali, pembaruan, keabadian, penyembuhan, dan api abadi.”

Richard Mille RM 051 – Michelle Yeoh.
Richard Mille RM 051 – Michelle Yeoh.
Sumber: Superwatchman.com.

Richard Mille merupakan jam tangan mewah yang berasal dari Swiss. Kemewahan jam tangan ini begitu dikenal karena desainnya yang istimewa serta teknologi bersistem tourbillon.

7. Richard Mille Rafael Nadal Watch No. 3

  • Estimasi harga: $775ribu (setara Rp11,9 miliar)
  • Jumlah produksi: 50 unit
  • Fitur Desain: Withstands g-force up to 5,000
  • Fakta menarik: Jam tangan ini dibuat khusus untuk para petenis profesional

Richard Mille Rafael Nadal Watch No. 3 merupakan kolaborasi lainnya dengan Rafael Nadal. Sebagai petenis terhebat pada era ini, kolaborasi jam tangan antara Richard Mille dan Rafael Nadal selalu mempunyai harga yang fantastis. Richard Mille Rafael Nadal Watch No. 3 dibanderol dengan harga $775ribu (setara Rp11.9 miliar). Jam tangan ini khusus dibuat untuk para petenis profesional yang memang memiliki intensitas sering bermain tenis. Jam tangan ini juga memiliki fitur-fitur yang dapat mendukung olahraga tenis dan ringan di pergelangan tangan.

Richard Millie Rafael Nadal Watch No. 3.
Richard Millie Rafael Nadal Watch No. 3.
Sumber: Wristenthusiast.com.

8. Richard Mille RM 59-01 Tourbillon Yohan Blake 

  • Estimasi harga: $620ribu (setara Rp9,5 miliar)
  • Jumlah produksi: 50 unit
  • Fitur Desain: Aerodynamic design
  • Fakta menarik: Jam tangan ini dibuat khusus untuk penerima medli emas Olympic

Bagi para pelari professional, tentu saja desain yang aerodinamis sangatlah penting. Seperti Yohan Blake yang sudah dua kali meraih medali emas Olimpiade ini juga beranggapan demikian. Yohan Blake merupakan atlet lari asal Jamaika, karena itu seperti bendera negaranya, jam tangan ini menampilkan warna kuning dan hijau. Seiring dengan hal tersebut Blake dan Richard Mille merilis desain kolaboratif yang dibuat khusus untuk sprinter pada tahun 2013.

Ternyata, jam tangan ini bukanlah jam tangan pertama yang dimiliki Blake. Sebelumnya Blake juga pernah menggunakan prototipe Richard Mille RM 038 miliknya di Olimpiade London 2012.

Prototipe Richard Mille RM 038 Yohan Blake.
Prototipe Richard Mille RM 038 Yohan Blake.
Sumber: Dmarge.com.

Richard Mille RM 59-01 Tourbillon Yohan Blake produksinya dibatasi hingga 50 unit, yang salah satunya merupakan milik Blake. Jam tangan ini seharga $ 620.000 atau setara Rp9,5 miliar.

Richard Millie RM 59-01 Tourbillon Yohan Blake.
Richard Millie RM 59-01 Tourbillon Yohan Blake.
Sumber: Twitter/@FloydMayweather.

Richard Mille terkenal akan teknologi material canggih dan bentuk case signature yang khas atau dikenal juga dengan signature tonneau case shape. Brand ini kerap kali digunakan oleh tokoh kenamaan, antara lain Rafael Nadal

9. Richard Mille RM 026-01 Tourbillon Panda

  • Estimasi harga: $522ribu (setara Rp8 miliar)
  • Jumlah produksi: 30 unit
  • Fitur Desain: Alligator leather strap
  • Fakta menarik: Terobosan Richard Mille dimana menggabungkan seni dan  watchmaking

Jam tangan Richard Mille termahal pada posisi 9 yaitu Richard Mille RM 026-01 Tourbillon Panda. Dapat dikatakan bahwa jam tangan Richard Mille termahal ini merupakan karya seni, karena mempunyai detail yang mengagumkan. Terdapat sosok panda yang menggemaskan pada bagian dial yang dibuat secara handmade dengan berlian dan safir.

Melalui produksinya ini Richard Mille ingin memberikan jam tangan sangat mewah untuk high-end watch business. Jam tangan ini menggunakan bahan-bahan langka pada materialnya seperti kulit buaya, berlian hingga batuan black onyx yang dipercaya dapat menghilangkan energi negatif. Jam tangan ini dibanderol dengan harga $522ribu setara Rp8 miliar.

Richard Millie RM 026-01 Tourbillon Panda.
Richard Millie RM 026-01 Tourbillon Panda.
Sumber: Rarest.org.

10. Richard Millie RM 11-03 McLaren Automatic Flyback Chronograph

  • Estimasi harga: $191.500 (setara Rp2,9 miliar)
  • Jumlah produksi: 500 unit
  • Fitur Desain: Built-in 55 hour power reserve
  • Fakta menarik: Jam tangan ini dibuat untuk client high-end McLaren

Pada urutan terakhir dari jam tangan Richard Mille termahal jatuh kepada Richard Mille RM 11-03 McLaren Automatic Flyback Chronograph. Jam tangan ini merupakan kolaborasi Richard Mille dengan McLaren. Sangat mewakili citra mewah keduanya dimana kedua brand besar ini bersatu untuk membuat jam tangan yang cocok untuk pengemudi mobil sport high-end. 

Seperti jam tangan Richard Mille lainnya, Richard Mille RM 11-03 McLaren Automatic Flyback Chronograph menampilkan handmade calibre dengan mekanisme internal dan sentuhan emas. Desain yang limited-edition ini awalnya tersedia untuk klien paling terkenal McLaren. Namun diproduksi hingga 500 unit dengan harga $191.500 (setara Rp2,9 miliar).

10 Jam Termahal Di Dunia, Terbuat dari Apa?

Richard Millie RM 11-03 McLaren Automatic Flyback Chronograph.
Richard Millie RM 11-03 McLaren Automatic Flyback Chronograph.
Sumber: Youtube/Avi&Co.

Ternyata ada 10 jam tangan Richard Mille termahal yang ada saat ini. Kira-kira dari 10 jam tangan ini yang mana kesukaan kamu? Dapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia horologi di Blog Jamtangan.com dan dapatkan koleksi jam tangan menarik lainnya di Jamtangan.com. Kamu dapat dengan mudah berbelanja melalui aplikasi Jamtangan.com yang bisa kamu download di sini. Beli jam tangan di Jamtangan.com puas dengan harga bersaing!

Oleh: Rahel Humillang

https://www.dmarge.com/richard-mille-yohan-blake

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Review Jam Tangan Seiko Prospex “Arnie”

Review Jam Tangan Seiko Prospex “Arnie”: Versi Modernnya “Arnie” Arnold Schwarzenegger

Next Article
Review Jam Tangan Orient Ray II

Review Jam Tangan Orient Ray II, Dive Watch Affordable Paling Worth It!

Related Posts
Total
0
Share