Cara Mengatur Tanggal dan Hari di Jam Tangan Automatic Seiko

cara setting jam tangan automatic
cara setting jam tangan automatic

Terakhir diubah pada 2022/11/16 at 2:27pm oleh Contributor

Tidak sedikit orang yang masih bingung cara mengatur tanggal pada jam tangan automatic, khususnya pengguna baru. Walaupun terlihat sepele dan tak terlalu susah, cara setting tanggal yang keliru dapat merusak mekanisme pada mesin jam tangan atau movement-nya. Jadi, kamu jangan asal-asalan saat mengatur waktu khususnya fitur tanggal pada jam tangan kesayanganmu.

Baca juga : Gampang Banget! Ini Cara Setting Jam Casio G-Shock GM-5600 Series

Umumnya, fitur tanggal dan mesin jam atau movement merupakan satu kesatuan yang bisa diatur secara bersamaan. Karena setiap brand punya beragam model jam tangan automatic, maka cara mengatur tanggalnya pun juga berbeda-beda. Kali ini, Minwatch akan memberikan informasi tentang cara mengatur tanggal pada beberapa jam tangan automatic yang cukup populer.

Hal yang Harus Kamu Tau Sebelum Mengatur Tanggal di Jam Tangan Automatic

Sebelum mengatur waktu pada jam tangan automatic, ada beberapa hal yang harus diketahui agar tidak merusak mekanisme mesin jam atau movement.

  1. Pantangan: Setting Tanggal Di Antara Jam 9 Malam Sampai 3 Pagi

    Tidak boleh setting manual tanggal atau hari diantara pukul 21.00 (09.00 PM) malam sampai 03.00 (03.00 AM) dini hari. Karena pada periode ini movement sedang menggerakan mekanisme pergantian tanggal atau hari secara otomatis. Jika dalam periode ini movement dipaksa berganti tanggal secara manual, maka akan merusak mekanisme otomatis pergantian tanggal hari.

  2. Mengetahui Pengaturan AM dan PM

    Sebelum mengatur waktu pada jam tangan, ada baiknya kamu mengetahui bahwa fitur tanggal dan hari akan berubah setiap 24 jam sehari. Perubahan tanggal sendiri akan terjadi di antara pukul 21:00 sampai 03:00, sedangkan hari berubah setiap jam 4 pagi. Namun, jika AM/PM tidak diatur dengan benar maka fitur tanggal juga akan keliru, yang mana tanggal bisa berpindah ketika matahari masih terbit.

  3. Crown dengan Mekanisme Screw Down pada Jam Tangan Diver

    Pada beberapa jam tangan khususnya diver watch, crown menggunakan mekanisme screw down yang berguna untuk mencegah air masuk ke mesin jam. Untuk mengatur jam tangan yang menggunakan mekanisme ini, kamu harus membuka kunci screw down dengan cara memutar crown berlawanan arah jarum jam. Setelah tanggal dan hari sudah sesuai, tekan dan putar crown searah jarum jam sampai mengunci rapat.

Baca juga : Cara Mengatur Jam Tangan LED, Cuma Butuh 1 Menit!

Baca juga : Tutorial Cara Setting Jam Tangan SKMEI 1251, Lengkap & Gampang!

Cara Setting Tanggal di Seiko 5 Sport

Yang pertama, Minwatch akan menjelaskan cara mengatur tanggal pada beberapa jam tangan Seiko 5 Sport yang menggunakan movement kaliber 4R36 dan 4R34. Perbedaan beberapa kaliber buatan Seiko ini terletak pada fitur kalendernya. Kaliber 4R34 hanya memiliki fitur tanggal saja, sedangkan kaliber 4R36 memiliki tampilan hari dan tanggal. Fitur tanggal maupun hari pada jam tangan yang dibekali kedua kaliber ini terdapat pada bagian dial, tepatnya pada indeks angka 3.

Jam tangan dengan movement kaliber 4R36 ada pada series Seiko 5 Sport, seperti Seiko 5 Sport Street Fighter dan Seiko 5 Sports SRPD59K1. Untuk kaliber 4R34, terdapat pada series Seiko 5 Sports SSK005K1 GMT.

Berikut beberapa langkah untuk mengatur fitur tanggal pada Seiko 5 Sport yang menggunakan movement kaliber 4R36 dan 4R34.

Baca juga : Perpetual Calendar Pada Jam Tangan

1. Tarik Crown ke Mode Satu

Langkah pertama adalah tarik bagian crown ke mode satu, yang mana kamu dapat mengatur fitur tanggal dan hari pada posisi ini. Untuk memastikannya, kamu bisa merasakan bunyi klik pada crown dan jarum jam yang berhenti. Beberapa jam tangan yang punya sistem screw down crown, khususnnya pada jam tangan diver, kamu bisa membuka kunci crown-nya terlebih dahulu dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam.

Baca juga : Cara Mengetahui Jam Tangan Perlu Ganti Baterai atau Servis

2. Atur Tanggal dan Hari

Setelah crown berada pada mode satu, kamu bisa mengatur hari dan tanggal dengan memutar crown-nya. Untuk mengatur hari, kamu harus memutar crown searah jarum jam. Tampilan hari pada fitur jam tangan Seiko 5 Sport ini menggunakan 2 bahasa, yaitu Inggris & Spanyol. Sedangkan, tanggal bisa kamu atur dengan memutar crown berlawanan arah jarum jam.

3. Dorong Crown Ke Posisi Awal

Setelah pengaturan tanggal dan hari sudah sesuai, kamu bisa mendorong crown kembali ke posisi awal. Untuk model jam tangan diver yang menggunakan mekanisme screw down crown, jangan lupa mengunci kembali crown agar saat air tidak masuk ke dalam mesin jam digunakan menyelam.

Baca juga : Cara Setting Jam G-Shock GA-100 Series, Super Gampang!

Cara Setting Tanggal di Seiko Prospex dan Presage

Selanjutnya, Minwatch akan menjelaskan cara mengatur tanggal dan waktu pada series Seiko Prospex dan Presage yang menggunakan movement kaliber 4R35, 6R35, 6R64 serta 8L35 dan 8L55 pada Prospex flagship yang range harganya diatas Rp20 juta. Beberapa kaliber tersebut hanya punya fitur tanggal pada bagian dial. Namun, ada perbedaan pada tampilannya, seperti pada movement 6R64 yang berbentuk subdial. Masing-masing jam tangan yang dibekali kaliber tersebut punya cara mengatur tanggalnya tersendiri. Pada beberapa series Seiko Prospex dan Presage terdapat movement kaliber 4R36 juga, yang mana cara setting tanggal dan harinya bisa dicek pada pembahasan sebelumnya.

Baca juga : Cara Setting Jam G-Shock GA-2100 Ternyata Mudah!

Kaliber 4R35 dan 6R35 ini ada pada beberapa koleksi series Seiko Prospex, salah satunya Seiko Prospex SRPD23K1 Samurai Save The Ocean dengan kaliber 4R35.

Untuk movement kaliber 6R64 memiliki fitur tanggal yang terdapat pada subdial-nya. Salah satu jam tangan Seiko yang dibekali kaliber ini adalah Seiko Prestige SPB223 limited edition. Kaliber ini sendiri memiliki cadangan daya hingga 45 jam dengan fitur manual winding. Sedangkan, movement 8L35 bisa kamu temukan pada series Seiko Prospex SLA061J1 The Black Series 1970

Untuk mengatur tanggal pada jam tangan Seiko Prospex dan Presage yang dibekali movement kaliber 4R35, 6R35 dan 6R64, kamu bisa melakukan beberapa langkah ini.

Baca juga : Jam Tangan Chronograph Untuk Mengukur Waktu

1. Tarik Crown ke Mode Satu 

Seperti mengatur waktu pada jam tangan Seiko automatic sebelumnya, kamu harus tarik crown hingga terasa bunyi klik pertama (mode satu). Khusus untuk jam tangan dengan mekanisme screw down crown, kamu harus membuka kunci crown-nya terlebih dahulu dengan cara memutarnya berlawanan arah jarum jam. Setelah kunci terbuka, kamu baru bisa melanjutkan untuk menarik crown ke Mode Satu.

Baca juga : Cara Setting Jam Smartwatch Sebelum Siap Digunakan

2. Atur Tanggal yang Benar

Masih pada mode satu, kamu bisa mengatur fitur tanggal dengan cara memutar bagian crown berlawanan arah jarum jam secara perlahan. Khusus untuk movement kaliber 6R64 yang memiliki tampilan tanggal pada subdial, kamu juga bisa putar crown berlawanan arah jarum jam. Putar crown perlahan hingga jarum pada subdial tanggal bergerak dan sesuaikan ke tanggal yang kamu mau.

  • Atur Tanggal untuk Movement Kaliber 8L35 dan 8L55 pada Prospex Flagship

Ada perbedaan pengaturan tanggal khusus untuk jam tangan Prospex flagship yang menggunakan movement kaliber 8L35 dan 8L55. Untuk mengatur tanggal, kamu bisa tarik crown sekali (mode satu), lalu putar searah jarum jam sampai roda tanggal berputar dan berubah.

3. Dorong Crown ke Posisi Awal

Langkah terakhir adalah mendorong crown ke posisi awal. Setelah selesai mengatur tanggal maupun harinya, kamu bisa mendorong crown hingga terasa bunyi klik sekali.

Khusus untuk jam tangan yang menggunakan mekanisme screw down crown, kamu bisa mengunci kembali sehingga air tidak masuk ke dalam mesin jam kesayanganmu.

Baca juga : Mengapa Jam Tangan Chronograph Perlu Dikalibrasi?

Setelah tau caranya, kamu bisa langsung mengatur tanggal jam tangan automatic kesayanganmu dengan benar dan aman. Pastikan kamu selalu membeli jam tangan automatic yang asli karena kualitasnya pasti terjamin. Temukan juga jam tangan automatic dari brand populer lainnya, hanya di Jamtangan.com.

Oleh: Audi Marchal

Sumber:
https://calibercorner.com/seiko-caliber-4r36/
https://www.seikowatches.com/instructions/html/SEIKO_6R35_D_EN/BONDSYcuynbssw

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
smartwatch murah terbaik

10 Smartwatch Murah Terbaik, dengan Fitur Kesehatan Paling Lengkap

Next Article
ragam bentuk jam tangan

Mengenal 5 Model Jam Tangan dari Bentuk Case-nya

Related Posts
Total
0
Share