7 Harga Jam Rolex Asli Termahal di Dunia

7 jam rolex termahal di dunia

Rolex merupakan produsen jam tangan mewah yang berasal dari Swiss. Kisaran harga jam tangan Rolex termahal saja bisa mencapai jutaan dolar atau setara miliaran rupiah. Jam tangan Rolex identik dengan konsep mewah, dikarenakan menggunakan material seperti emas, perak, kristal pada jam tangannya. Rolex didirikan pada tahun 1905 oleh Hans Wilsdorf dan Alfred Davis di London dan hingga saat ini termasuk ke dalam kategori luxury watch.

Menurut Allied Market Research pasar luxury watch ini bernilai $43,661 juta pada tahun 2019, dan diperkirakan mencapai $51,317 juta pada tahun 2027 – sumber

Mendengar kata Rolex, kita sudah pasti tahu kalau jam tangan Rolex mempunyai harga selangit dan banyak digunakan oleh tokoh-tokoh kenamaan di dunia sehingga menjadi salah satu penyebab jam Rolex bernilai tinggi. Walaupun sudah termasuk dalam kategori jam tangan para sultan karena harganya yang fantastis, ternyata ada salah satu jam tangan Rolex yang memang dinobatkan menjadi jam tangan termahal bukan hanya di kalangan Rolex, tapi juga di dunia) lho!

Baca juga : 10 jam tangan termahal di dunia menurut Alux.com

Penasaran sama informasi harga jam Rolex asli termahal yang pernah ada? Untuk menjawab rasa penasaranmu, mari simak deretan harga jam tangan Rolex asli mulai dari yang paling mahal di dunia berikut ini.

Paul Newman’s Rolex Daytona

Jam tangan termahal di dunia disabet oleh Paul Newman’s Rolex Daytona. Paul Newman merupakan seorang aktor dan pembalap berkewarganegaraan Amerika Serikat ini membuat harga Rolex Daytona-nya menjadi sangat mahal. Tentu saja Paul Newman seringkali terlihat mengenakan jam tangan tersebut pada 1980-an. Oleh karena itu Rolex Daytona yang satu ini dijuluki Paul Newman’s Rolex Daytona.

Rolex Daytona yang dimiliki Paul sendiri merupakan hadiah dari istrinya, aktris Joanne Woodward. Jam tangan ini telah lama dianggap sebagai “Holy Grail” di antara para kolektor jam tangan dan membuat jam tangan ini bernilai sangat berharga di mata para kolektor. Paul Newman’s Rolex Daytona dilelang di rumah lelang Phillips (New York), sebesar 17 juta dolar atau setara dengan 250 miliar rupiah.

Paul Newman’s Rolex Daytona
Paul Newman’s Rolex Daytona. Sumber: hodinkee

The 1971 Rolex Daytona Reference 626 Unicorn

Menempati posisi kedua untuk kategori harga jam Rolex asli termahal yang ada di dunia, jam tangan ini pernah terjual di harga 5,9 juta dolar di tahun 2018, atau setara dengan 82 miliar rupiah. The 1971 Rolex Daytona Reference 626 Unicorn merupakan kategori jam tangan yang unik dan langka karena referensi 6265 hanya tersedia dalam 1 model saja. Jam tangan ini dikenal dengan nama “The Unicorn” karena menjadi satu-satunya Daytona yang  dibuat dengan menggunakan emas putih.

The 1971 Rolex Daytona Reference 626 Unicorn
The 1971 Rolex Daytona Reference 626 Unicorn. Sumber: nationaljeweler.com

The Rolex Bao Dai

The Rolex Bao Dai dengan referensi 6062 mempunyai kisah sejarah yang unik dan menarik, karena pada awalnya jam tangan ini ditujukan kepada Bao Dai yang merupakan kaisar terakhir dari dinasti keluarga Nguyen, Vietnam dan telah memerintah selama 13 generasi. Dari tahun 1926 hingga 1945, Bao Dai yang memiliki arti “penjaga keagungan” adalah Kaisar Annam, yang saat itu merupakan bagian dari Indocina Prancis, yang mencakup sekitar dua pertiga wilayah Vietnam saat ini. Hal itulah yang membuat The Rolex Bao Dai menjadi sangat populer di kalangan para kolektor jam tangan dan dibanderol dengan harga 5,1 juta dollar atau setara dengan 70 miliar rupiah. 

Baca Juga : 

Jam tangan ini ternilai langka, selain karena kisah bersejarahnya juga karena didesain khusus atas permintaan Bao Dai. Bao Dai melakukan permintaan pada dealer Rolex di Jenewa untuk dibuatkan Rolex paling langka dan paling berharga yang pernah dibuat yaitu dengan menggunakan dial warna hitam. Hal itulah yang membuat jam tangan ini langka karena hanya ada satu “Bao Dai” di dunia dan hanya ada tiga buah tipe 6062 dengan dial hitam dan diamond markers di dunia ini.

The Rolex Bao Dai
The Rolex Bao Dai. Sumber: hodinkee.com

1958 Rolex GMT Master

Rolex GMT-Master memilikki dial berwarna hitam dengan perubahan pada radium lume plots. 1958 Rolex GMT Master menggunakan materil case berupa stainless steel yang diproduksi pada kuartal ketiga di tahun 1958. Jam tangan ini memiliki keunikkan yaitu memiliki fitur frame cincin berwarna cokelat-cognag Bakelite. Dengan spesifikasi dan material yang dimilikinya, membuat jam tangan ini menyentuh nilai 3.5 juta dolar atau setara dengan 50 miliar rupiah.

1958 Rolex GMT Master
1958 Rolex GMT Master. Sumber: hodinkee.com

10 Brand Jam Tangan Pria Termahal di Dunia, Bisa Untuk Investasi Nih!

Antimagnetique Reference 4113

Kembali ke masa lalu, karena Rolex yang satu ini dibuat pada masa Perang Dunia Kedua, dan di produksi pada tahun 1942. Hal tersebutlah yang membuat Antimagnetique Reference 4113 menjadi unik dan masuk dalam kategori jam tangan termahal.

Pada lelang yang diadakan di Jenewa, Swiss, Antimagnetique Reference 4113 terjual hampir 2,5 juta dolar (lebih tepatnya: 2.405.000 franc Swiss) setara dengan 34.7 miliar rupiah.

Lalu, apa yang menjadikan Antimagnetique Reference 4113 unik? Walaupun bentuknya lebih simpel daripada Rolex pada umumnya, Rolex yang satu ini bisa dibilang merupakan tipe Rolex yang sudah tua karena diproduksi pada tahun 1942, menggunakan material stainless steel tahan karat dan bukan menggunakan logam mulia.

Walaupun tidak menggunakan logam mulia, jam tangan ini dapat dibanderol tinggi karena pada dunia pelelangan bukan hanya material saja yang dilihat, namun juga faktor kelangkaan dari jam tangan itu sendiri. Kabarnya, Antimagnetique Reference 4113 hanya berjumlah 12 unit saja di seluruh dunia. Mungkin hal itulah yang menjadi salah satu penyebab Antimagnetique Reference 4113 menempati salah satu posisi harga jam Rolex asli termahal.

Antimagnetique Reference 4113
Antimagnetique Reference 4113. Sumber: forbes.com

Rolex Split-Seconds Chronograph 4113 

Rolex dengan referensi 4113 ini adalah Rolex paling langka dan mempunyai nilai yang cukup besar di dunia. Rolex Split-Seconds Chronograph 4113 berhasil dijual hanya dalam waktu 2 bulan dengan harga 2,45 juta dolar atau setara dengan 34,7 miliar rupiah. Yang membuat Rolex Split-Seconds Chronograph 4113  langka adalah karena Rolex dengan  referensi 4113 hanya dibuat khusus untuk orang-orang yang berafiliasi dengan olahraga motor di tahun 1940-an. Dengan fitur split-second chronograph kronograf sepersekian detik, membuat Rolex Split-Seconds Chronograph 4113 menjadi salah satu jam tangan Rolex dengan fitur terumit. Karena mampu menjalankan sapuan jarum detik dan membuat jam tangan ini mampu membantu melacak kejadian langsung dan mencatat waktu secara luas. 

Selain itu, referensi 4113 diketahui hanya dibuat sebanyak 12 buah dengan nomor seri berurutan – delapan diantaranya sudah muncul sejauh ini. Jam tangan ini menggunakan material case stainless steel berukuran 44mm dan semuanya selesai dibuat pada tahun 1942. 

Rolex Split-Seconds Chronograph 4113
Rolex Split-Seconds Chronograph 4113. Sumber: hodinkee.com

Eric Clapton’s Rolex ‘Oyster Albino’ Cosmograph Daytona

Jam tangan ini menempati urutan ketujuh dalam deretan jam tangan Rolex termahal di dunia. Eric Clapton’s Rolex ‘Oyster Albino’ Cosmograph Daytona pernah laku terjual pada tahun 2015 lalu dengan harga 1,4 juta dolar atau setara dengan 19.4 miliar rupiah.

Jam tangan ini sebelumnya dimiliki oleh salah satu pemain gitar legendaris yaitu Eric Clapton. Eric Clapton sendiri dikenal di kalangan kolektor jam tangan karena koleksi jam tangannya yang luar biasa, Eric Clapton’s Rolex ‘Oyster Albino’ Cosmograph Daytona dilelang di Jenewa Swiss pada tahun 2015 dan merupakan salah satu dari empat jam tangan dengan referensi 6263 dan dikategorikan sebagai jam tangan ‘albino’.

Jam tangan ini dilengkapi dengan dial dan chronograph totalizer subdials berwarna silver yang menjadi asal usul julukan albino tersebut. Model yang menempati salah satu posisi harga jam Rolex asli termahal ini diproduksi pada tahun 1971 menggunakan Calibre 727, dengan material stainless steel tahan karat.

Eric Clapton’s Rolex ‘Oyster Albino’ Cosmograph Daytona
Eric Clapton’s Rolex ‘Oyster Albino’ Cosmograph Daytona. Sumber: forbes.com

Melihat deretan jam tangan Rolex mulai dari yang termahal membuat kita tahu bahwa jam tangan dapat menjadi salah satu aksesoris dengan nilai yang luar biasa. Apalagi jam tangan yang diproduksi bertahun-tahun lalu juga memiliki nilai bersejarah bagi para kolektor jam tangan. Nah, bagi kamu para pecinta jam tangan, kira-kira kamu paling suka sama koleksi Rolex yang mana aja nih?

Oleh: Rahel Humillang

Referensi:

  • hondinkee.com
  • forbes.com
  • nationaljeweler.com
Total
0
Shares
Previous Article
jam tangan tom cruise di film mission impossible

IWC Schaffhausen: 3 Jam Tangan Pilot Seri Top Gun

Next Article
Jam Tangan Timex x Stranger Things

3 Koleksi Jam Tangan Timex x Stranger Things

Related Posts
Total
0
Share