8 Ciri-Ciri Jam Tangan Rolex Asli dan KW yang Mudah Dikenali

8 Ciri-Ciri Jam Tangan Rolex Asli dan KW yang Mudah Dikenali

Masuk dalam kategori jam tangan mewah dan dibanderol dengan harga tinggi, siapa pun tentu tak ingin tertipu membeli jam Rolex palsu. Masalahnya, popularitas tinggi membuat banyak pihak tak bertanggung jawab akhirnya menjual Rolex versi counterfeit. Itulah kenapa, Jamtangan.com kali ini hadir dengan artikel cara membedakan jam: ciri-ciri jam tangan Rolex asli dan KW untuk membantumu mengenali ciri-ciri jam Rolex asli dilihat dari beberapa indikator yang paling mudah dikenali. So, ini dia beberapa cara membedakan jam Rolex asli dan palsu yang wajib diketahui semua watchlovers! 

Tonton Juga: Bongkar Perbedaan Rolex Submariner ‘Hulk’ Asli vs KW 

1. Ciri-Ciri Jam Tangan Rolex Asli dan KW: Periksa Case Back

Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu dilihat dari case back
Penampakan case back pada jam tangan Rolex asli. (Image: Worthy)

Mengecek bagian belakang atau case back adalah hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui ciri-ciri jam tangan Rolex asli dan KW. Sebab, Rolex punya ciri-ciri case back yang sangat distingtif dan sering gagal ditiru oleh versi counterfeit-nya. Selain Rolex Sea-Dweller dan Rolex langka 1030 see-through, semua case back Rolex dihadirkan dengan smooth metal case-back dengan finishing layaknya tekstur yang ‘bergaris’ dan tanpa ada tulisan sama sekali.

Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu dilihat dari case back
Case back pada Rolex palsu (kiri) & Rolex asli (kanan).

Pada Rolex KW, biasanya case back terlihat sangat halus (tanpa tekstur), memiliki tulisan, atau bahkan dibuat dengan model clear-case yang bisa menunjukkan bagian dalam mesin. Jika kamu menemukan Rolex dengan see-through case back dan ada tulisan, Rolex itu bisa dipastikan palsu.

Baca Juga: Ada Macam-Macam Jenis Case Back, Apa Bedanya? 

2. Berat Jam & Kualitas Material Logam yang Digunakan 

Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu dilihat dari material dan berat jam
Material umum pada Rolex asli: stainless steel, 18k gold, & platinum.

Ciri-ciri jam tangan Rolex asli dan KW yang selanjutnya bisa dilihat dari kualitas material, yang secara otomatis akan berpengaruh ke berat jam saat digunakan. FYI, semua Rolex asli pasti dibuat dari material logam berupa stainless steel, 18k gold, atau platinum.

Sedangkan versi KW, biasanya menggunakan 14k gold yang mudah dikenali dari penampakan bahan serupa logam di bawah lapisan emasnya. Jika kamu menemui hal seperti ini, Rolex tersebut pasti palsu. Karena dibuat dari logam berkualitas dan ditambah dengan detail bracelet ala Rolex yang sangat high-crafted, ciri-ciri jam Rolex asli pasti terasa ‘mantap’ dan berat saat dipegang. Sementara Rolex KW biasanya lebih ringan. 

3. Cyclops atau ‘Kaca Pembesar’ pada Date Display 

Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu dilihat dari cyclops
Penampakan cyclops pada jam Rolex asli. 
Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu dilihat dari cyclops
Perbandingan cyclops pada Rolex palsu (kiri) & Rolex asli (kanan). 

Next, hampir semua jam tangan Rolex original biasanya dilengkapi dengan date-display di bagian dial. Supaya lebih jelas, date-display ini selalu dilengkapi dengan ‘kaca pembesar’ berbentuk menyerupai cekungan yang disebut sebagai ‘Cyclops’. Ciri-ciri jam Rolex asli, cyclops atau kaca pembesar ini pasti didesain dengan positioning dan bentuk yang sangat simetri dan bisa memperbesar date-display hingga 2,5x. Sementara pada Rolex KW, desain cyclops biasanya tampak sangat tidak simetris dan lebih kecil dari versi aslinya. Alhasil, date-display pada Rolex KW biasanya juga terlihat lebih kecil dan hanya ‘diperbesar’ sampai 1,5x.  

4. Winding Crown 

Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu dilihat dari crown
Penampakan crown pada jam tangan Rolex asli.
Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu dilihat dari crown
Crown pada Rolex palsu (kiri) & Rolex asli (kanan). 

Mengecek bagian crown juga bisa membantumu mengenali ciri-ciri jam tangan Rolex asli dan KW. Dari segi warna logam yang digunakan, crown pada Rolex asli biasanya akan tampak lebih berkualitas dan ‘mengilap’ sementara material pada crown Rolex KW biasanya terlihat lebih ‘matte’ dan pudar. Selain itu, ukiran atau engraved logo Rolex pada jam original pasti terlihat rapi, konsisten, jelas, dan sangat menonjol saat diraba. Pada Rolex KW, ukiran atau engraved tersebut seringkali terlihat berantakan, ukuran logo lebih kecil, dan tidak terlalu menonjol saat diraba. 

5. Penempatan Case Number & Serial Number 

Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu dilihat dari serial number
Serial number pada model Rolex di bawah 2005 di antara lugs.

Pada model Rolex keluaran sebelum tahun 2005, ukiran case number dihadirkan di antara lugs di posisi angka 12 dan serial number di antara lugs di posisi angka 6. Sementara untuk Rolex keluaran tahun 2005 ke atas, serial & case number dihadirkan di bagian bezel dalam (di bawah crystal), tepatnya di posisi angka 6.

Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu dilihat dari serial number
Serial number pada model Rolex tahun 2005 ke atas di inner bezel.

Tapi, baik itu pada versi lama maupun baru, engrave atau ‘ukiran’ serial dan case number pada ciri-ciri jam Rolex asli pasti terlihat sangat jelas dengan font yang konsisten. Sementara pada Rolex palsu, engraved number biasanya terlihat pudar dan tidak konsisten ketebalan ‘ukirannya’. Oh ya, kalau kamu menemukan model Rolex keluaran di atas 2005 tapi tidak memiliki engraved number di bagian dalam bezel, curigalah jam itu palsu. 

6. Dengarkan dengan Saksama Suaranya

Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu dilihat dari suara movement
Automatic movement pada Rolex asli tidak menimbulkan suara.

Selain mengandalkan indra penglihatan, ciri-ciri jam tangan Rolex asli dan KW juga bisa dikenali dengan mendengarkan bunyi movement-nya. Ingat bahwa semua model jam Rolex dibekali dengan mesin automatic (kecuali model ‘jadul’ Oysterquartz yang sudah sangat langka). Itu artinya, kamu tidak akan menemukan bunyi ticking atau berdetik dari jam tangan Rolex original.

Selain karena bunyi detikan menunjukkan keberadaan movement quartz, Rolex asli juga dibekali movement kualitas tinggi dengan putaran hands yang sangat smooth. Walaupun Rolex KW menggunakan automatic movement juga, biasanya pergerakan hands masih terlihat sedikit ‘jumping’ dan tidak berputar halus layaknya versi aslinya. 

7. Kualitas Lume pada Jam Tangan

Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu dilihat dari fitur lume

Kalau kamu hendak membeli model Rolex dengan fitur Lume, maka kualitas luminous materials yang ada bisa dijadikan indikator cara membedakan jam Rolex asli dan palsu yang selanjutnya. Seperti bisa dilihat pada gambar, kualitas lume feature pada Rolex asli pasti dapat menyala dengan sangat terang di kegelapan. Sementara pada Rolex KW, fitur ini biasanya tidak bekerja sempurna dan hanya menampilkan warna yang redup. 

8. Ketahui Range Harga Rolex Asli di Pasaran 

Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu dilihat dari harga

Di era serba digital seperti sekarang, cara membedakan jam Rolex asli dan palsu yang paling penting adalah dengan terlebih dahulu melakukan riset harga. Buka dulu website resmi Rolex dan cari harga model yang kamu cari, lalu bandingkan dengan harga jam kamu dapatkan. Walaupun Rolex yang akan kamu beli adalah versi second sekalipun, jika produk itu memang asli, harganya pasti tidak akan terlalu ‘terjun bebas’ dari harga barunya. 

Itulah tadi artikel cara membedakan jam: ciri-ciri jam tangan Rolex asli dan KW yang sudah Jamtangan.com rangkum. Walaupun penampakan luar beberapa Rolex KW memang sangat mirip dengan versi original, kualitas tetap tak bisa berbohong. Jika memang belum ada budget, lebih baik membeli brand jam tangan dengan range harga terjangkau atau versi homage tapi #PastiOri dibandingkan ‘memaksakan diri’ membeli jam mewah versi KW. Di Jamtangan.com, banyak pilihan jam dari puluhan merek yang dijamin originalitas-nya. Tinggal pilih mana yang paling cocok dengan gaya dan kantong, gayamu pun akan auto bikin bengong! 

Categories: Editor's Choices