Review Jam Tangan Seiko Prospex Shogun: SPB191J1 dan SPB189J1

Review Jam Tangan Seiko Prospex Shogun
Review Jam Tangan Seiko Prospex Shogun

Terakhir diubah pada 2023/01/16 at 4:30pm oleh Contributor

Buat para penggemar Seiko, Minwatch bakal me-review salah satu series terbaru dari Prospex Shogun. Salah satu koleksi dari series ini pertama muncul tahun 2009 dan rilis kembali di tahun 2021. Seiko Prospex Shogun ini hadir dengan 2 model, yaitu SPB191J1 dan SPB189J1. Kedua koleksi terbaru ini dibalut dengan material titanium dengan beberapa perubahan tampilan. Berikut ulasan dari series Prospex Shogun terbaru yang harus kamu tahu.

Seiko Prospex adalah sebuah nama dari lini produk brand Seiko. Seiko menjadikan lini prospek sebagai produk jam tangan yang mempunyai fungsi atau spek khususus. Bisa dibilang lini Prospex berarti jam tangan yang mempunyai professional spek. Contohnya jam tangan yang diperuntukan untuk diving (menyelam), running (lari), hicking (mendaki gunung) dll.

Seiko Prospex Shogun

Seiko Prospex Shogun SPB191J1 dan SPB189J1.
Seiko Prospex Shogun SPB191J1 dan SPB189J1.
Sumber: https://www.horologii.com/wp-content/uploads/2021/01/image.jpg

Buat penggemar Seiko, nama Seiko Sumo, Samurai, Turtle, Monster hingga Tuna mungkin sudah tidak asing lagi. Beda dengan series satu ini, yang mana Seiko Prospex Shogun ini kurang begitu akrab karena pada versi pertamanya diperuntukkan bagi pasar di Jepang.

Julukan Shogun ini diambil bahasa Jepang yang artinya jenderal militer. Di mana, jam tangan ini tampil kokoh dengan indeks marker seperti gigi hiu. Selain itu, jam tangan Seiko ini memiliki case titanium yang lebih kuat dari stainless steel namun lebih ringan.

Baca juga : Seiko Luncurkan Trio Prospex untuk Rayakan 140th Anniversary

Seiko Prospex Shogun terbaru ini tersedia dalam 2 model, yaitu SPB191J1 dan SPB189J1. Kedua model ini cukup mempertahankan case aslinya dengan beberapa peningkatan pada movement, dial, serta variasi warna yang baru.

Eksklusif: Rayakan Semangat Sumpah Pemuda, Seiko Resmi Hadirkan Seiko Prospex Indonesian Limited Edition

Material Case yang Kuat dan Kokoh

Seiko Prospex Shogun SPB189J1 Bracelet Strap.
Seiko Prospex Shogun SPB189J1 Bracelet Strap. Sumber: https://www.horologii.com/wp-content/uploads/2021/01/image.jpg

Material titanium sendiri terkenal lebih kuat dari logam stainless steel, namun punya bobot yang jauh lebih ringan. Dengan material titanium ini jam tangan Seiko Shogun ini punya kekuatan yang sudah tidak diragukan lagi.

Untuk ukurannya, Seiko Prospex Shogun terbaru punya diameter 43mm dan tebal 13mm. Sedangkan, lug-to-lug-nya berukuran 51mm. Dengan ukuran tersebut, Seiko Prospex Shogun ini sangat nyaman dan juga ramping saat dipakai di pergelangan tangan.

Seiko Prospex Shogun terbaru ini memiliki pelindung crown, serta lugs yang tegas. Bagian luar jam tangan ini juga dilapisi hard coating, yang mana jam tangan Seiko ini jadi makin tidak gampang tergores.

Selain itu, penggunaan material titanium pada case memberikan kekuatan lebih terhadap korosi. Dengan bahan logam ini, jam tangan ini punya bobot 99 gram untuk model silicon strap, sedangkan model bracelet strap berbobot 121 gram. Dengan spesifikasi tersebut, Seiko Prospex Shogun ini tak hanya kuat, namun juga ringan di pergelangan tangan.

Seiko telah meniti perjalanan panjang dalam industri jam tangan. Berdiri sejak 1881, banyak prestasi dan kontribusi yang berhasil ditorehkan. Seiko bahkan bisa dibilang sebagai salah satu brand jam tangan terbaik di dunia. 

Seiko Prospex Save the Ocean SPB333 Limited Edition Dengan Tampilan Landscape Kutub

Menampilan Bezel Diver yang Unik

Bagian bezel pada kedua model Seiko Prospex Shogun memiliki gerigi tajam, yang mana referensi desainnya didapat dari versi sebelumnya. Selain itu, bagian bezel-nya bisa diputar searah jarum jam serta disisipi juga dengan material titanium. Di mana, material titanium ini cukup banyak digunakan pada jam tangan diver’s.

Untuk tampilannya, Seiko Prospex Shogun SPB191J1 punya bagian bezel yang memiliki 2 warna dengan tema monochrome. Sedangkan, model SPB189J1-nya punya bezel berwarna hitam dengan sentuhan warna silver yang lebih unik dan klasik. Selain itu, bagian bezel juga menampilkan skala waktu menyelam 60 menit serta penanda segitiga yang dibekali fitur lumi, tepatnya di posisi jam 12. Beberapa detail pada bagian bezel tersebut biasanya dapat ditemukan pada diver’s watch dan sangat berguna untuk para penyelam profesional.

Baca juga : Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Menjadi Brand Ambassador Seiko Prospex Diver Collection – Indonesia Exclusive

Selain bezel-nya, bagian crown dan back case-nya juga dirancang agar dapat menahan air masuk ke dalam jam. Bagian back-case menggunakan screw back case back seperti pada kebanyakan jam diver, yang mana mekanisme ini lebih kuat dalam menahan air. Seiko Prospex Shogun dibekali fitur water resistant hingga 200 meter. Terdapat juga fitur LumiBrite pada indikator jam dan hands yang berguna saat kondisi minim cahaya.

Review Seiko Prospex LX SNR031 Titanium Diver, High-End Series yang Menjanjikan Kepuasan

Bagian Dial yang Tampil Beda

Detail menarik selanjutnya adalah bagian dial-nya, yang mana ada perubahannya cukup menonjol. Pada model lamanya yang rilis tahun 2009, indikator jamnya berbentuk titik bulat. Sedangkan, Seiko Prospex Shogun terbaru (SPB191J1 dan SPB189J1) menampilkan indikator jam berbentuk seperti gigi hiu. Selain itu, bagian hands dan indeks pada dial-nya dibekali fitur LumiBrite khas Seiko yang dapat menyerap cahaya dan menyala saat kondisi gelap. Fitur ini terdapat pada indeks jam dan hands-nya

Baca juga : Siap Diserbu, Seiko Prospex Black Series Telah Kembali

Pada model SPB189J1, bagian dial berwarna hitam dengan sentuhan warna silver pada bezel-nya. Sedangkan, Seiko Prospex Shogun SPB191J punya tema monochrome dengan dial berwarna putih. Bagian dial pada jam tangan ini dilindungi oleh material kaca sapphire crystal dengan fitur anti-refleksi. Kedua Seiko Prospex Shogun ini punya warna yang netral sehingga menimbulkan kesan yang cukup elegan untuk diver’s watch.

SEIKO SPEEDTIMER PANDA HOT REVIEW!

Bagian Movement Seiko Prospex Shogun Terbaru

Seiko Prospex Shogun SPB191J1 dan SPB189J1 digerakkan oleh kaliber 6R35 yang punya komplikasi tanggal pada posisi jam 3. Kaliber dengan mekanisme automatic ini menawarkan daya cadangan hingga 70 jam. Soal presisinya, Seiko Shogun terbaru ini punya akurasi +25 hingga -15 detik per hari. Untuk fungsi waktunya, jam tangan ini punya hands yang menunjukan jam, menit dan detik.

Kedua koleksi terbaru dari series Seiko Prospex Shogun ini bisa kamu dapatkan di Jamtangan.com. Terdapat beberapa variasi yang bisa kamu dapatkan, seperti Seiko Prospex SPB189J1 dengan bracelet strap berbahan titanium, atau Seiko Prospex SPB191J1 yang punya strap berbahan rubber. Buat pecinta Seiko, series ini bisa jadi pilihan tepat. Jadi, jangan sampai kehabisan, segera ketersediaannya di Jamtangan.com.

Available Now! Seiko Prospex Samurai and Seiko Presage Cocktail Only at Machtwatch

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-spb191j1-shogun-automatic-divers-200m-white-dial-black-rubber-strap-389701

https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-spb189j1-shogun-automatic-divers-black-dial-titanium-strap-389691

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
orient movement

Mengenal 5 Movement Automatic Jam Tangan Orient

Next Article
Review Seiko Prospex Speedtimer SRQ045

Segera Meluncur, Seiko Prospex Speedtimer SRQ045 Limited Edition dengan Warna All Black

Related Posts
Total
0
Share