12 Jam Tangan Seiko yang Mencetak Sejarah

12 Jam Tangan Seiko yang Mencetak Sejarah

Seiko telah meniti perjalanan panjang dalam industri jam tangan. Berdiri sejak 1881, banyak prestasi dan kontribusi yang berhasil ditorehkan. Seiko bahkan bisa dibilang sebagai salah satu brand jam tangan terbaik di dunia. 

Seiko terkenal menciptakan produk berkualitas tinggi, tahan lama, akurat, dan terjangkau. Brand asal Jepang ini juga mengeluarkan koleksi-koleksi high-end yang bisa dibandingkan kualitasnya dengan jam tangan Swiss-made. 

Beberapa buatan Seiko bahkan menjadi inovasi yang pertama di dunia. Untuk menghargai pencapaian Seiko, mari kita mengingat koleksi-koleksinya yang menjadi batu loncatan atau milestone. Berikut 12 koleksi legendaris Seiko patut kita kenang:

1. Seikosha Timekeeper (1895)

Inilah jam poket pertama yang berhasil diciptakan oleh Seikosha Factory, pabrik yang didirikan oleh Kintaro Hattori saat baru berusia 31 tahun. Pendiri Seiko tersebut berkolaborasi dengan engineer bernama Tsuruhiko Yoshikawa untuk mendirikan Seikosha Factory pada 1892. Seikosha Timekeeper dibuat karena Hattori yakin bisa mengejar standar watchmaking Eropa.

Seikosha Timekeeper (1895). Foto: Seiko

Pocket watch ini berukuran 54,9 mm. Case-nya dibuat di Jepang, namun movement-nya diimpor dari Swiss. Hattori memberinya nama berbahasa Inggris untuk memperbesar kemungkinan ekspor di masa depan.

2. Laurel (1913)

Inovasi ini dibuat ketika Hattori mulai menyadari naiknya tren jam tangan di pasar global. Dia juga memprediksi jam tangan akan segera mengganti eksistensi jam poket. Oleh karena itu Seikosha Factory merilis Laurel pada 1913, sekitar 11 tahun setelah jam dinding pertama mereka dibuat.

Seiko Laurel. Foto: Seiko

Laurel dibuat dengan case berbahan silver dan berdiameter 29,6 mm. Dial-nya menggunakan porselen enamel. Koleksi historis ini sudah menggunakan balance spring produksi in-house.

3. Jam Tangan Seiko Pertama (1924)

Tahun 1923 adalah masa paling berat bagi Kintaro Hattori. Seikosha Factory rusak parah akibat Gempa Besar Kanto. Bangunan pabrik dan stok komponen hancur. Namun berkat kegigihan Hattori, Seikosha dengan cepat bangkit dan meluncurkan jam tangan pertama dengan trademark Seiko, hanya setahun setelah gempa.

Jam Tangan Seiko Pertama (1924). Foto: Seiko

Penggunaan nama non-bahasa Inggris menandakan Hattori sudah percaya diri bersaing dengan produk Barat yang dikenal berkualitas tinggi. Jam tangan Seiko ini menggunakan case berbahan nikel serta memiliki diameter 24,2 mm. Subdial detiknya menjadi standar hingga 1950, ketika Seiko Super memulai debutnya sebagai jam tangan Jepang pertama dengan jarum detik di tengah.

4. Seiko Marvel (1956)

Merupakan jam tangan Seiko pertama dengan movement yang desainnya sepenuhnya dibuat in-house dari nol. Tak dipengaruhi movement Swiss-made atau mana pun.

Seiko Marvel (1956). Foto: Watchtime

Seiko menerapkan penemuan terbarunya pada Seiko Marvel, yakni sistem peredam guncangan yang diberi nama “Diashock”. Alhasil jadilah jam tangan automatic yang stabil dan akurat. Seiko Marvel diproduksi hingga 1959, kemudian digantikan oleh Seiko Gyro Marvel dengan movement baru yang lebih efisien.

5. Grand Seiko Pertama (1960)

Koleksi ini dibuat Seiko untuk menjadi yang terbaik di dunia dalam hal akurasi dan presisi. Grand Seiko memang dibuat sebagai lini luxury dari Seiko. Grand Seiko pertama digerakkan oleh mechanical movement Caliber 3180 dengan frekuensi 18.000 vph.

Grand Seiko Pertama (1960). Foto: Seiko

Tiap koleksi Grand Seiko dilengkapi sertifikasi standar presisi dari Seiko, yang kini bahkan lebih ketat daripada agensi Swiss, COSC. Jam tangan ini khas dengan dial yang clean, jarum yang panjang, dan logo Grand Seiko yang dipakai hingga sekarang.

6. Seiko Crown Chronograph (1964)

Inilah jam tangan pertama dengan modul Chronograph buatan Jepang. Pada 1964, Seiko menjadi Official Timekeeper untuk Summer Olympic di Tokyo, Jepang. Seiko kemudian menyediakan lebih dari 21 ribu unit stopwatch berbagai varian dan tentunya merilis jam tangan ini. 

Seiko Crown Chronograph (1964). Foto: Seiko

Seiko Crown Chronograph memiliki sistem monopusher, stainless steel case dengan diameter 38,2 mm dan water resistant hingga 30 meter. Di dalamnya adalah Caliber 5719 dengan 21 jewel.

7. Seiko Diver’s 150M (1965)

Koleksi satu ini juga milestone yang nggak kalah signifikan. Seiko Diver’s 150M merupakan diver’s watch pertama yang dibuat di Jepang. Seperti namanya, jam tangan ini water proof hingga 150 meter. Bezel-nya dapat diputar dua arah dan jarumnya digerakkan oleh Caliber 6217.

Seiko Diver’s 150M (1965). Foto: Seiko

Karena pada saat itu diving belum jadi hobi yang populer, Seiko Diver’s 150M merupakan produk yang dibuat sangat segmented. Seiring meningkatnya popularitas diving, Seiko terus mengembangkan diver’s watch berhasil menciptakan jam tangan dengan water resistance 1000 meter. Standar jam tangan penyelam milik Seiko membantu penetapan standar ISO untuk diver’s watch secara global.

8. Seiko 5 Sports Speed Timer (1969)

Tahun 1969 disebut-sebut sebagai tahun yang penting untuk industri jam tangan. Sebab, pada tahun itu banyak brand berlomba-lomba untuk menciptakan chronograph automatic. Banyak brand Swiss dan satu brand Jepang, Seiko, bersaing untuk menjadi produsen pertama jam tangan chronograph dengan automatic winding.

Seiko 5 Sports Speed Timer (1969). Foto: Seiko

Seiko 5 Sport Speed Timer menjadi yang pertama rilis di pasar, yakni pada Mei 1969. Jam tangan chronograph automatic pertama di dunia ini dilengkapi dengan 30-minutes counter, tachymeter, dan day-date display dalam dua bahasa. Movement-nya adalah Caliber 6139 dan water resistant hingga 70 meter. 

9. Seiko Quartz Astron (1969)

Pada tahun yang sama, Seiko menorehkan prestasi lain yang patut diingat dunia. Seiko berhasil menciptakan jam tangan yang sempat membuat industri jam tangan mekanikal terancam. Apalagi kalau bukan Seiko Quartz Astron, jam tangan quartz pertama di dunia.

Seiko Quartz Astron (1969). Foto: Seiko

Akurasinya sangat mengagumkan, yakni hanya +/- 5 detik per bulan. Movement-nya kecil, tipis, dan jarum detik hanya bergerak satu kali per detik. Osilatornya terbukti sangat shock resistant, membutuhkan daya yang sangat minim, sehingga baterai dapat bertahan setahun penuh.

Meski kini jam tangan quartz dikenal terjangkau, Seiko Quartz Astron termasuk jam tangan mewah dengan case berbahan emas 18 karat.

10. Seiko A.G.S “Kinetic” (1988)

Meski berhasil menciptakan movement quartz pertama di dunia, Seiko tak pernah berhenti menciptakan jam tangan mekanikal. Pada 1988, brand tersebut memperkenalkan teknologi baru, yakni movement kinetic lewat Seiko A.G.S. Sebagian orang menyebut movement itu sebagai automatic-quartz movement.

Seiko A.G.S “Kinetic” (1988). Foto: Seiko

Sesuai sebutan tersebut, movement kinetic beroperasi dengan mekanisme yang sama dengan automatic dalam hal sumber tenaganya. Namun, pada movement kinetic, tenaga yang sudah dihasilkan disalurkan pada kristal quartz yang bervibrasi dalam frekuensi tinggi untuk menggerakkan mesin dengan kecepatan yang konsisten. 

11. Seiko Spring Drive Spacewalk (2010)

Seiko tak henti memunculkan inovasi baru pada koleksinya. Pada 1999, Seiko merilis jam tangan pertamanya dengan Spring Drive movement. Pada saat itu Spring Drive disebut sebagai mesin jam tangan berbasis mekanik paling akurat di dunia.

Seiko Spring Drive Spacewalk (2010). Foto: Seiko

Pada Spring Drive, energi untuk menggerakan mesin memang energi mekanik dari goyangan rotor yang disimpan ke dalam sebuah spring (per). Bedanya, balance wheel, spring dan pallet fork dihilangkan, diganti dengan Try Synchro Regulator. Seiko membuat spring dari material khusus bernama Spron, yang diklaim bisa menyimpan energi selama 72 jam dan lebih stabil. 

12. Seiko Astron GPS Solar (2012)

Koleksi ini diluncurkan pada Baselworld 2012. Seiko sengaja menggunakan nama Astron yang sebelumnya dipakai untuk jam tangan quartz pertama. Pesannya sama, Astron mewakili teknologi jam tangan yang benar-benar baru dan berpotensi mengubah industri jam tangan dunia.

Seiko Astron GPS Solar (2012). Foto: Seiko

Seiko Astron GPS Solar adalah jam tangan analog, berdaya solar dan menerima sinyal satelit GPS. Alhasil jam tangan ini dapat menyesuaikan pengaturan waktu di lokasi setempat meski dibawa kemana pun di Bumi. Jam ini dapat mengenali 39 zona waktu dan dilengkapi reset manual.

Seiko memang sekeren itu, guys. Setiap milestone-nya didokumentasikan dengan baik dan terus dikembangkan menjadi inovasi-inovasi baru. Kalau kamu lagi cari jam tangan Seiko original dengan harga terbaik, yuk langsung kunjungi Jamtangan.com!

Categories: Editor's Choices