Jam Omega Termahal: 1957 Speedmaster Terjual Senilai $3.4 Juta

by Hanif Feb 26, 2023 7 min read

Harga Omega Speedmaster Ref. 2915-1 mampu mencapai $3.4 juta. Hal ini tidak hanya memecahkan rekor tertinggi, tapi juga 26 kali lebih mahal dari perkiraan harga sebelumnya. Penasaran dengan jam Omega yang berhasil menyentuh harga tertinggi tersebut? Simak terus ulasan Minwatch berikut ini!  !

Phillips’s Geneva Watch Auction XIV tahun 2021.
Phillips’s Geneva Watch Auction XIV tahun 2021.
Sumber: Hodinkee.com.

Kali ini, Minwatch mau membahas ciri jam tangan Omega asli. Beberapa ciri ini perlu kamu ketahui karena banyak versi replikanya yang beredar di pasaran. Omega sendiri dikenal sebagai brand jam tangan mewah asal Swiss yang sudah punya reputasi di dunia.

Mengenal Jam Tangan Omega

Siapa yang tidak mengenal jam tangan Omega? Omega adalah brand pembuat jam tangan mewah asal Swiss. Jam tangan ini begitu dikenal di seluruh dunia dan unggul dari segi desain. Tidak heran i banyak selebritis ternama yang menggunakan jam tangan Omega seperti Pierce Brosnan, Daniel Craig, dan Michael Schumacher.

Daniel Craig saat mengenakan jam tangan Omega.
Daniel Craig saat mengenakan jam tangan Omega.
Sumber: Robbreport.

Omega memiliki empat seri dalam koleksinya yaitu Omega Speedmaster, Omega  Seamaster, Omega Constellation, dan Omega De Ville. Setiap seri Omega memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan satu dengan lainnya. 

4 Series Jam Tangan Omega yang Harus Kamu Tau

1. Omega Speedmaster

Jam tangan Omega seri Speedmaster memiliki keunggulan dan sangat terkenal karena memiliki desain klasik yang elegan dengan tiga sub-dial, indeks yang berlapis rhodium dan lapisan Super-LumiNova yang memberikan pencahayaan yang baik. Speedmaster hadir dalam berbagai model, namun desain dasarnya tetap sama yaitu memberikan kemampuan yang sangat mudah untuk mengenali jam tangan klasik ini.

omega speedmaster
Omega Speedmaster
Sumber: Omegawatches.com.

2. Omega Seamaster

Sesuai namanya, Omega Seamaster adalah salah satu koleksi jam tangan dari Omega yang dikenal dengan ketahanannya terhadap air, dan merupakan andalan para penyelam. Jam tangan ini dapat mengukur waktu penyelaman dan memiliki daya fungsionalitas tinggi. Omega Seamaster memiliki banyak model mulai dari kedalaman 300 meter hingga kedalaman 600 meter. 

Omega Seamaster
Omega Seamaster
Sumber: Omegawatches.com.

Bahkan seri terbaru Omega yakni Seamaster Diver 300m 007 Edition dibuat khusus untuk membangun karakter Bond yang dimainkan Daniel Craig. Mengingat Daniel Craig cukup ikonik dan identik dengan figur Bond dimulai sejak film Casino Royale 2006.

3. Constellation

Omega Constellation adalah salah satu koleksi dari Omega yang dikenal dengan desainnya yang elegan dan mewah. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1952, koleksi jam tangan Omega Constellation telah menjadi simbol kemewahan dan keanggunan dalam industri jam tangan. Jam tangan ini terinspirasi dari bintang-bintang di langit malam, menampilkan konsep constellation atau rasi bintang. Omega Constellation cocok untuk dikenakan saat tampil formal dan anggun.

Constellation
Constellation
Sumber: Omegawatches.com.

4. Omega De Ville

Omega De Ville adalah salah satu koleksi jam tangan klasik dari Omega yang menawarkan kombinasi yang sempurna antara keanggunan dan teknologi modern. Diluncurkan pada tahun 1960-an, Omega De Ville dikenal dengan desain klasiknya yang elegan dan timeless. Jam tangan ini hadir dalam berbagai pilihan ukuran dan material, seperti emas, stainless steel, dan kulit. Beberapa model Omega De Ville dilengkapi dengan bezel yang dihiasi dengan berlian atau batu permata yang menambahkan sentuhan mewah pada jam tangan ini.

Omega De Ville
Omega De Ville
Sumber: Omegawatches.com.

Omega Seri Speedmaster Memiliki Sejarah di Bulan

Neil Armstrong menggunakan Omega Speedmaster di bulan tahun 1969 dalam misi Apollo 13 di tahun 1970.
Neil Armstrong menggunakan Omega Speedmaster di bulan tahun 1969 dalam misi Apollo 13 di tahun 1970.
Sumber: Gearpatrol.com.

Jam tangan Omega termahal saat ini jatuh pada Omega seri Speedmaster. Omega Speedmaster dengan nomor Ref. 2915-1 menjadi jam Omega termahal yang terjual di pelelangan dengan harga $3.4 juta. Hal tersebut tidak terlepas dari sejarah panjangnya di bulan, performa tinggi, dan desain yang luar biasa. 

Salah satu model paling dikenal dari seri Speedmaster adalah Speedmaster Moonwatch Professional. Omega Speedmaster pertama kali diluncurkan pada tahun 1957. Jam tangan ini terbukti menjadi jam tangan yang sangat handal di luar angkasa. Pada tahun 1965, NASA memilih Omega Speedmaster sebagai jam tangan resmi yang digunakan di program luar angkasa Amerika Serikat.

Pada tahun 1969, Omega Speedmaster mencapai puncaknya ketika menjadi jam tangan yang digunakan oleh astronaut Neil Armstrong dalam misi Apollo 11. Speedmaster menjadi jam tangan pertama yang menjejakkan kaki di bulan, dan terus menjadi ikon dalam dunia horologi.

Jam Tangan Terbaru Omega: Chrono Chime Omega Speedmaster dan Chrono Chime Olimpiade 1932

Omega Seri Speedmaster Merupakan Trilogy Limited Edition

Selain memiliki kisah keluar angkasa, series Omega Speedmaster juga merupakan THE OMEGA 1957 TRILOGY LIMITED EDITIONS. Pada tahun 1957 Speedmaster diperkenalkan sebagai tiga dari bagian jam tangan profesional Omega. Trilogy Limited Edition menghadirkan Speedmaster, Seamaster 300 dan Railmaster yang hadir dalam rangka 60th Anniversary Omega. 

THE OMEGA 1957 TRILOGY LIMITED EDITIONS.
THE OMEGA 1957 TRILOGY LIMITED EDITIONS.
Sumber: Omegawatches.com.

Karena inilah, Speedmaster dianggap sebagai model Omega yang paling penting secara historis sehingga Ref. 2915-1 diburu para kolektor jam tangan. Tidak mengherankan ya harganya berhasil menembus angka $3.4 juta? 

Omega Termahal: 1957 Speedmaster.
Omega Termahal: 1957 Speedmaster.
Sumber: Hodinkee.com.

Detail Omega Speedmaster Ref. 2915-1

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957, hanya dua tahun setelah Omega merilis model pertama Speedmaster. Omega Speedmaster Ref. 2915-1 adalah salah satu jam tangan pertama yang dirancang menjadi salah satu model jam tangan yang paling terkenal dari Omega.

Jam Omega termahal yang terjual di pelelangan Philips memiliki detail yang luar biasa. Sebagai jam tangan klasik, Omega Speedmaster Ref. 2915-1 ini memamerkan jarum jam “Broad Arrow”, dengan bezel logam, skala tachymeter, dan logo Omega “O” yang berbentuk oval.

Omega Speedmaster Ref. 2915-1 menua dengan indah. Hadir dengan warna milk-chocolate yang sudah selama 6 dekade digunakan. Elemen pada luminous jam tangan klasik ini juga berubah menjadi warna golden tone yang hangat. 

Detail Omega Termahal: 1957 Speedmaster.
Detail Omega Termahal: 1957 Speedmaster.
Sumber: Hodinkee.com.

Kehadiran jam Omega termahal, Omega Speedmaster 2915-1 merupakan sebuah kejutan dalam pelelangan saat itu. Karena tidak dikabarkan bahwa jam tangan ini akan masuk daftar jam tangan yang akan di lelang. Namun Paul Boutros, Head of Americas, dan Senior Vice President, Phillips menaruh harapan tinggi pada pelelangan jam tangan Omega ini. Team dari Genewa juga meyakini bahwa Omega Speedmaster 2915-1 akan memecahkan rekor karena memiliki kualitas terbaik dari sebuah jam tangan vintage. Mulai dari kualitas dial, jarum jam, bezel, casing dan bahkan jam tangan ini masih memiliki nomor seri awal. Jam Omega termahal ini diakui oleh para pecintanya karena kualitasnya yang luar biasa, berestetika, dan memiliki relevansi sejarah yang panjang.

Omega Speedmaster 2915-1 memiliki perkiraan penjualan $87.100 hingga $131.000. Namun harga jual akhirnya ternyata 39 kali lebih besar dari estimasi harga terendah dan 26 kali lebih besar dari estimasi harga tertinggi. 

5 Jam Tangan Omega Speedmaster Terbaik 2022 

Caseback Omega Termahal: 1957 Speedmaster.
Caseback Omega Termahal: 1957 Speedmaster.
Sumber: Robbreport.com.

Baca juga: 5 Ciri Jam Tangan Omega Asli yang Harus Kamu Tau

Lebih Mahal Dari Elvis Presley’s Tiffany-signed Omega

Omega Speedmaster 2915-1 menjadi jam Omega termahal yang saat ini berhasil menggeser jam tangan Elvis Presley’s Tiffany-signed Omega. Jam tangan tersebut merupakan jam tangan yang diberikan kepada Elvis Presley sang Raja Rock & Roll oleh RCA Records pada tahun 1960, dan terjual seharga $1,8 juta pada tahun 2018.

Elvis Presley’s Tiffany-signed Omega. S
Elvis Presley’s Tiffany-signed Omega. S
umber: Robbreport.com.

Tidak hanya menggeser jam tangan Elvis Presley’s Tiffany-signed Omega, bahkan jam tangan Omega Speedmaster 2915-1 juga menggeser The Philippe Dufour Grande & Petite Sonnerie N°1 yang diperkirakan dengan harga CHF4,749,000 atau setara $810,418.

The Philippe Dufour Grande & Petite Sonnerie N°1 .
The Philippe Dufour Grande & Petite Sonnerie N°1 .
Sumber: Robbreport.com.

Pentingnya ISO Jam Tangan Anti Magnetic ISO 764

Omega Speedmaster adalah jam tangan klasik yang telah menjadi legenda dalam industri jam tangan. Dengan desainnya yang klasik dan fiturnya yang canggih, Speedmaster sangat cocok bagi penggemar jam tangan yang menghargai nilai sejarah dan kualitas. 

Selain itu, Omega Speedmaster juga sangat sesuai bagi mereka yang menghargai kemampuan jam tangan dalam situasi yang ekstrim, seperti di luar angkasa. Omega Speedmaster adalah jam tangan klasik yang tetap relevan hingga hari ini dan pastinya akan terus menjadi ikon di masa depan. Simak artikel seputar dunia horologi lainnya di Jamtangan.com!

(Rahel Humillang)

Referensi:

https://www.hodinkee.com/articles/most-expensive-omega-ever-2021
https://www.phillips.com/detail/philippe-dufour/CH080221/14
https://www.phillips.com/detail/philippe-dufour/CH080221/14
https://robbreport.com/style/watch-collector/elvis-presleys-omega-watch-auction-phillips-2780071/
https://www.gearpatrol.com/watches/a594621/moon-landings-speedmaster/
https://www.omegawatches.com/
https://robbreport.com/style/watch-collector/daniel-craigs-james-bond-omega-seamaster-auction-1234733220/

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more