Siap Diserbu, Seiko Prospex Black Series Telah Kembali

Siap Diserbu, Seiko Prospex Black Series Telah Kembali

Reputasi Seiko dalam menciptakan diver’s watch sepertinya tak perlu diragukan lagi. Mulai dari segi harga, brand asal Jepang ini mampu menetaskan jam tangan penyelam dengan harga relatif terjangkau seperti seri Turtle hingga yang high end seperti SLA033. Begitu pula dari segi desain, Seiko tak takut untuk bereksperimen dengan warna yang tajam, colourful, atau malah sebaliknya: serba hitam.

Ya, dalam waktu dekat, Seiko akan kembali merilis Prospex Black Series yang selalu ditunggu-tunggu para pecinta diver’s watch. Tak hanya satu, melainkan tiga model sekaligus! Siapa yang sudah tak sabar ingin pegang?

Sebelumnya, Seiko juga pernah merilis tiga jam penyelam Black Series pada 2017. Seri itu mendapat animo yang melejit dan laris manis. Harganya bahkan naik berkali-kali lipat di antara para kolektor saking banyaknya peminat. Stok Seiko Prospex SNE493P1 dan Seiko Prospex SSC673P1 Black Series di Jamtangan.com pun habis diserbu. Maka, bisa diprediksi bahwa keluaran terbaru ini akan mendapat respons yang sama. 

Seiko Prospex Black Series yang rilis pada 2017. Dok: Seiko

Dominasi hitam pada diver’s watch ini terinspirasi dari warna samudera yang berubah seiring terbit dan tenggelamnya matahari. Begitu sinar matahari sirna, warna samudera menjadi gelap dan hitam yang mempesona sekaligus misterius. Pesona itulah yang membuat para penyelam menantikan aktivitas diving pada malam hari.

Ilustrasi menyelam. Dok: Pixabay

Koleksi Prospex Black Series terbaru hampir mirip dengan pendahulunya. Hanya saja Seiko menambahkan black livery demi memberi kesan lebih mewah. Tiga model itu adalah Seiko Prospex SLA035J1 Marinemaster, Seiko Prospex SPB125J1 Sumo, Seiko Prospex SSC761J1 Solar Chronograph, Seiko Prospex SPB125J1 Sumo. 

Berikut detail Seiko Prospex Black Series Limited Edition keluaran 2020:

Seiko Prospex SLA035J1 “Marinemaster” Black Series

Di antara dominasi warna hitam, model ini memiliki sedikit aksen merah pada dial, tepatnya pada jarum detik dan tulisan 300 meter. Pilihan warna merah ini tidak random. Ternyata cahaya merah semakin samar seiring kedalaman samudera. Alhasil objek dan organisme merah hampir tidak terlihat di tengah kegelapan dasar samudera. Tujuannya adalah agar perhatian penyelam tidak mudah teralihkan dengan informasi yang tidak perlu.

Seiko Prospex SLA035J1 “Marinemaster” Black Series. Dok: Seiko

Seiko Prospex SLA035J1 Marinemaster dilengkapi dengan sapphire crystal glass dan lapisan anti-reflective. Pada permukaan bezel, digunakan material keramik zirconia hitam agar angka-angka di atasnya mudah dibaca dan tajam. Meski ujung jarum detik tidak terlihat di kedalaman laut, aksen merah tersebut mempercantik jam untuk penggunaan sehari-hari. 

Jam tangan yang didesain berdasarkan model SLA021 ini memiliki strap berbahan silikon. Sebagian pengamat berpendapat produk ini merupakan penerus diver’s watch Seiko paling terkenal, MarineMaster 300. Dibandingkan pendahulunya, Seiko mendesain ulang dial, jarum, dan indeks Prospex SLA035J1. Jam tangan ini tersedia mulai Maret 2020, hanya 600 buah.

Seiko Prospex SPB125J1 “Sumo” Black Series

Dibandingkan SLA035J1, model ini lebih cocok dipakai sehari-hari karena mengkombinasikan fungsi praktis dan fitur waterproof. Strap berbahan stainless steel diberi finishing lapisan hitam yang keras. Jarum menit berwarna oren bisa dilihat di kedalaman laut, didukung fitur Lumibrite yang membuat marker pada dial glow in the dark.

Seiko Prospex SPB125J1 “Sumo” Black Series . Dok: Seiko

Seiko Prospex SPB125J1 Sumo tahan air hingga kedalaman 200 meter. Model ini dilengkapi screw down crown untuk keamanan penyelam. Dirilis secara terbatas, jam tangan ini hanya dibuat 7000 buah. Seiko Prospex SPB125J1 Sumo tersedia mulai Februari 2020.

Seiko Prospex SSC761J1 Black Series Solar Chronograph

Berbeda dengan dua model lainnya yang dimenggunakan movement otomatis, Prospex SSC761J1 menggunakan daya dari sinar matahari. Model ini juga tidak memiliki nickname, karena kolektor biasanya lebih menyukai jam penyelam mekanikal.

Seiko Prospex SSC761J1 Black Series Solar Chronograph. Dok: Seiko

Seiko Prospex SSC761J1 memiliki case berdiameter 44.5 mm dan ketebalan 13.7 mm. Dengan strap berbahan silikon, model ini akan nyaman dipakai sehari-hari. Tersedia mulai Februari 2020, produk ini hanya dirilis sebanyak 3500 buah. 

Tentu Anda tak ingin ketinggalan mendapatkan Seiko Prospex Black Series Limited Edition di atas. Tunggu kehadiran tiga koleksi ini dengan harga terbaik di Jamtangan.com ya!

Categories: Editor's Choices, Seiko