Review Jam Tangan: Perbedaan G-Shock GW-M 5610 dan GW-M 5610U

review G-Shock GW-M 5610 dan GW-M 5610U
review G-Shock GW-M 5610 dan GW-M 5610U

Terakhir diubah pada 2023/01/20 at 11:49am oleh Contributor

G-Shock GW-M 5610 dan GW-M 5610U merupakan koleksi jam tangan digital G-Shock yang cukup digemari. Kedua koleksi G-Shock ini merupakan series yang sama, yang mana G-Shock GW-M 5610U merupakan versi terbaru dari GW-M 5610. Ada beberapa perbedaan yang terdapat pada versi lama dan terbarunya.

Untuk tampilannya, G-Shock GW-M 5610U terbaru tidak mengubah desain dari versi lamanya. Versi terdahulunya sudah memiliki desain yang menarik dan cukup mirip dengan series G-Shock DW-5600C. Namun, ada beberapa detail kecil yang jadi perbedaan antara kedua jam tangan G-Shock ini.

Minwatch telah merangkum beberapa perbedaan yang ada pada G-Shock GW-M 5610 dan GW-M 5610U.

Casio G-SHOCK memang dikenal tangguh dan tahan banting. Direbus, dibekukan, dijatuhkan dari gedung tinggi belasan lantai pun masih bisa berfungsi. Namun dari sekian banyak seri yang dikeluarkan, ternyata belum ada koleksi G-SHOCK dengan fitur heart rate monitor yang biasa dibutuhkan saat berolahraga.

Baca juga : Rekomendasi Jam Tangan Pria Anti Air : 10 G Shock Terbaru

Perbedaan G-Shock GW-M 5610 dan GW-M 5610U

1. Fitur Back Light

Perbedaan pertama terdapat pada fitur backlight-nya, yang mana dapat terlihat pada bagian layar jam tangan. Pada versi lamanya, terdapat fitur electro-luminescent warna hijau yang menerangi layar dari belakang. Sedangkan pada versi barunya, yaitu G-Shock GW-M 5610U punya fitur backlight-nya berwarna putih dan menerangi layar dari kiri.

Fitur backlight pada kedua series ini dapat diaktifkan dengan menekan tombol yang ada di kanan atas. Namun, kamu juga bisa mengaktifkannya secara otomatis dengan memiringkan jam tangan ke arahmu. Fitur ini dinamakan G-Shock dengan sebutan auto-light. Saat fitur ini diaktifkan, layar akan menunjukan indikator huruf “EL” pada versi lamanya (G-Shock GW-M 5610), sedangkan versi barunya menunjukan huruf “LT”.

Kedua perbedaan ini dapat kamu lihat langsung pada saat mengaktifkan fitur backlight pada G-Shock GW-M 5610 maupun versi barunya.

Gampang Banget! Ini Cara Setting Jam Casio G-Shock GM-5600 Series

2. Waktu dan Tanggal

Fitur Backlight pada G-Shock GW-M 5610U.
Fitur Backlight pada G-Shock GW-M 5610U.
Sumber: https://www.fratellowatches.com/casio-silently-updated-its-most-significant-g-shock-square/#gref

Perbedaan kedua terletak pada fitur tanggal atau kalender. Pada versi lama, G-Shock GW-M 5610 memiliki fitur tanggal dengan format MM/DD dengan satu bahasa, yaitu English. Hal ini tentunya membuat bingung pengguna G-Shock yang berasal dari negara Eropa, yang mana format tanggal di sana terbalik, yakni DD/MM.

Hal ini tentunya menjadi permasalahan yang akhirnya terpecahkan dengan adanya fitur bluetooth yang ada di versi terbarunya, G-Shock GW-M 5610U. Dengan modul baru ini, kamu bisa memilih format tanggal DD/MM atau MM/DD. Selain itu, format harinya juga bisa diatur dalam 6 bahasa, yaitu English, Spanish, French, German, Italian dan Russian.

G-Shock berencana meluncurkan 3 jam tangan terbaru di perayaan 40th anniversary. G-Shock sendiri dikenal luas sebagai jam tangan yang tangguh dan andal. 

3. Fitur Zona Waktu Dunia

Fitur world-time pada G-Shock GW-M 5610U.
Fitur world-time pada G-Shock GW-M 5610U.
Sumber: https://www.fratellowatches.com/casio-silently-updated-its-most-significant-g-shock-square/#gref

Zona waktu dunia atau fitur world-time juga mengalami peningkatan, yang mana jadi perbedaan yang terlihat antara G-Shock GW-M 5610 dan G-Shock GW-M 5610U. Kedua koleksi jam tangan G-Shock ini punya fitur world-time yang sangat membantu penggunanya dalam bepergian. Banyaknya zona waktu pada fitur ini menjadi peningkatan yang penting dari fitur ini.

Pada versi terbarunya, G-Shock GW-M 5610U memiliki 31 zona waktu dengan 48 kota, sementara  versi lamanya hanya ada 28 zona waktu dengan 48 kota. Perubahan ini membuat versi terbarunya ada 2 zona waktu tambahan karena ada 3 kota baru pada versi baru ini yaitu Kathmandu, Buenos Aires, dan Fernando de Noronha yang menggantikan Santiago, Miami dan Toronto. Zona waktu Kathmandu dan Fernando de Noronha yang berbeda menyebabkan zona waktu pada versi terbaru bertambah menjadi 31. Fitur world-time pada kedua jam tangan ini dapat dilihat pada mode waktu normal, stopwatch maupun timer, yang mana sangat berguna di saat bepergian.

Memahami Kode G-Shock

4. Fitur Stopwatch

Fitur Backlight pada G-Shock GW-M 5610U.
Fitur Backlight pada G-Shock GW-M 5610U.
Sumber: https://www.fratellowatches.com/casio-silently-updated-its-most-significant-g-shock-square/#gref

Perbedaan selanjutnya ada pada fitur stopwatch. Kedua versi ini memiliki durasi stopwatch yang sama hingga 23 jam, 59 menit, dan 59 detik, namun versi terbarunya (G-Shock GW-M 5610U) hanya menampilkan 1/100 detik pada 1 jam pertama saja (59′ 59” 99”’). Sedangkan, versi lamanya (G-Shock GW-M 5610) dapat menampilkan 1/100 detik dengan durasi penuh. Hal ini membuat akurasi pengukuran waktu stopwatch pada versi terbaru kurang presisi dibanding versi lamanya.

Baca juga : G-Shock Bluetooth Series, Tangguh Dan Canggih

5. Bagian Case Back

Pada bagian case back terdapat perbedaan desain ukirannya. Pada versi lamanya (G-Shock GW-M 5610) sertifikasi CE dapat dilihat pada stiker warna hijau pada case back-nya, sedangkan model barunya diukir. Dengan tampilan baru ini, bagian case back terlihat lebih rapi dibanding versi lamanya. 

Baca juga : 10 Deretan Casio Terbaru 2022: Series Pro Trek & G Shock

Selain itu, ada beberapa informasi tambahan yang juga diukir pada case back versi terbaru (G-Shock GW-M 5610U). Terdapat ukiran yang menunjukan jam tangan ini dilengkapi multiband-6, tough solar serta diproduksi di Thailand.

Spesifikasi Lengkap GW-M 5610

Casio G-Shock GW-M5610-1JF Multi Band Water Resistant 200M Resin Band (JDM).
Casio G-Shock GW-M5610-1JF Multi Band Water Resistant 200M Resin Band (JDM). Sumber: https://www.jamtangan.com/p/casio-gshock-gwm56101jf-multi-band-water-resistant-200m-resin-band-(jdm)-100581

Casio G-Shock GW-M5610-1JF memiliki case berdiameter 43mm dan tebal 12mm. Untuk materialnya, case jam tangan digital ini terbuat dari bahan resin dan stainless steel. Secara keseluruhan, series G-Shock ini punya bobot 73,8 gram dengan water resistant 200 meter.

Untuk fiturnya, Casio G-Shock GW-M5610-1JF dibekali movement quartz solar powered yang Casio namakan tough solar. Jam tangan dengan solar movement ini memiliki akurasi +-15 detik per bulan.

Selain itu, jam tangan ini juga memiliki fitur multi-band yang dapat menyelaraskan waktu jam lewat sinyal atau gelombang radio di 6 pemancar jam atom dunia yang ada di 5 negara. Terdapat fitur world-time yang memiliki 29 zona waktu ditambah UTC (Coordinated Universal Time).

Jam tangan ini juga memiliki fitur full auto calendar, stopwatch, timer dan alarm. Untuk stopwatch-nya memiliki durasi waktu 24 jam dan dapat menghitung 1/100 detik lengkap dengan mode split. Fitur timer-nya memiliki set unit selama 1 menit dengan maksimum 24 jam. Untuk harganya, Casio G-Shock GW-M5610-1JF dibanderol dengan harga Rp3 jutaan.

Buat pecinta G-Shock mungkin tidak asing dengan series G-Shock GX-56BB yang punya nama lain G-Shock King Kong. Salah satu famili G-Shock series GX ini punya warna dominan hitam gelap serta model macho. Selain itu, series ini termaksud salah satu jam tangan G-Shock yang cukup laris di pasaran.

10 Jam Tangan G-Shock Terlaris di Tahun ini 2022

Spesifikasi GW-M 5610U

Casio G-Shock GW-M5610U-1JF Square Tough Solar Men Digital Dial Black Resin Strap.
Casio G-Shock GW-M5610U-1JF Square Tough Solar Men Digital Dial Black Resin Strap. Sumber: https://www.jamtangan.com/p/casio-gshock-gwm5610u1jf-square-tough-solar-men-digital-dial-black-resin-strap-445851

Versi terbaru dari Casio G-Shock GW-M5610U-1JF ini memiliki case dan strap berbahan resin dengan diameter 43mm dan tebal 12mm. Layar digital jam tangan ini dilindungi oleh material kaca yang terbuat dari mineral crystal. Jam tangan G-Shock ini dibekali fitur water resistant 200 meter dan shock resistant.

Baca juga : 10 Pilihan Jam Tangan Casio G-Shock Diameter Kecil, Tangguh Tapi Nyaman!

Casio G-Shock GW-M5610U-1JF juga memiliki movement solar atau teknologi tough solar yang menggunakan sinar matahari untuk pengisian daya baterai. Dengan movement solar, baterai jam tangan G-Shock ini dapat bertahan hingga 26 bulan. Untuk presisi waktu, jam tangan ini punya akurasi +-15 detik per bulan.

Casio G-Shock GW-M5610U-1JF dibekali fitur tambahan yang cukup lengkap, mulai dari multi-band, stopwatch, timer hingga alarm. Versi terbaru ini bisa kamu beli harga Rp1,9 jutaan di Jamtangan.com.

Cara Mudah Setting Waktu G-Shock Ana-Digi

Buat penggemar Casio, kamu bisa lihat koleksi lengkap G-Shock di Jamtangan.com yang sudah #PastiOri!

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

https://www.jamtangan.com/p/casio-gshock-gwm5610u1jf-square-tough-solar-men-digital-dial-black-resin-strap-445851

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Q Timex 1978

Q Timex 1978 Review: Bernostalgia Dengan Dress Watch Vintage

Next Article
Review Jam Tangan SKX007

Review Jam Tangan SKX007: Divers Watch Seiko Legendaris

Related Posts
Total
0
Share