Menyambut GBD-H1000, G-SHOCK Pertama dengan Fitur Heart Rate Monitor

Menyambut GBD-H1000, G-SHOCK Pertama dengan Fitur Heart Rate Monitor

Casio G-SHOCK memang dikenal tangguh dan tahan banting. Direbus, dibekukan, dijatuhkan dari gedung tinggi belasan lantai pun masih bisa berfungsi. Namun dari sekian banyak seri yang dikeluarkan, ternyata belum ada koleksi G-SHOCK dengan fitur heart rate monitor yang biasa dibutuhkan saat berolahraga.

Namun penantian itu akan segera berakhir. Pada Mei 2020 mendatang, Casio G-SHOCK akhirnya merilis GBD-H1000. Termasuk ke dalam lini sport watches “G-SQUAD”, GBD-H1000 merupakan koleksi G-SHOCK pertama dengan fitur heart rate monitor atau sensor detak jantung. 

G-SHOCK GBD-H1000. Dok: G-SHOCK

G-SHOCK GBD-H1000 memang sangat istimewa. Mungkin banyak smartwatch dari brand lain yang sudah menyertakan fitur heart rate monitor. Sebut saja Garmin, Polar, hingga Suunto. Tapi berapa banyak brand lain yang bisa mengeluarkan jam setangguh G-SHOCK dengan fitur fitness tracker seperti GBD-H1000?

Maka tak heran bila GBD-H1000 sangat ditunggu-tunggu penggemar G-SHOCK garis keras.

Heart Rate Monitor dan 4 Sensor Lain

Heart rate monitor didapat dari mendeteksi aliran darah di pembuluh pengguna. Data yang bisa ditunjukkan adalah detak jantung saat ini, detak jantung maksimum dan minimum, serta grafik detak jantung dalam 30 menit terakhir. 

Heart rate monitor atau sensor detak jantung. Dok: G-SHOCK

GBD-H1000 juga dapat memberitahu zona detak jantung untuk memberitahu intensitas olahraga pengguna. Hal ini berguna untuk mengatur kecepatan dan endurance saat workout

Selain heart rate monitor, koleksi ciamik ini juga punya empat sensor lain. Di antaranya adalah sensor untuk mengukur altitude/tekanan barometrik, mengukur suhu, kompas, dan 3-axis accelerometer untuk menghitung langkah kaki. Lima sensor ini menunjukkan keseriusan G-SHOCK dalam menghadirkan sport watch.

3-axis accelerometer pada G-SHOCK GBD-H1000. Dok: G-SHOCK

Fungsi GPS yang Canggih

Yang menarik lagi, G-SHOCK GBD-H1000 dilengkapi dengan fungsi GPS. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menunjukkan lokasi saat ini, mengukur jarak yang ditempuh, kecepatan, dan data lainnya. Jam tangan ini juga mendapat data dari sistem satelit GLONASS dan Michibiki (QZSS).

fungsi GPS pada G-SHOCK GBD-H1000. Dok: G-SHOCK

Berkat fungsi GPS dan heart rate monitor, pengguna dapat menganalisis riwayat olahraga. Sebab, GBD-H1000 dapat menampilkan indikator kapasitas kardiorespirasi (VO2max). Lalu bila dihubungkan dengan aplikasi khusus GBD-H1000 di smartphone, kamu bisa melihat data kalori yang terbakar dan riwayat perjalanan.

Pengukuran dan analisis data fitness menggunakan algoritma dari Firstbeat Technology. Algoritma tersebut juga digunakan banyak brand lain, termasuk Garmin. 

Seperti koleksi G-SHOCK lain, GBD-H1000 juga tahan guncangan dan water resistant hingga 20 ATM.

Desain yang Nyaman Dipakai Workout

Tim desainer G-SHOCK benar-benar memikirkan nilai kenyamanan pada GBD-H1000. Bezel logamnya ditutup dengan bahan resin agar tombol-tombol di sekitarnya mudah dipencet. Begitu pula tombolnya, dirancang agar tidak licin di jari pengguna meski sedang berkeringat.

Desain G-SHOCK GBD-H1000. Dok: G-SHOCK

Material resin berkualitas tinggi digunakan pada cover caseback, sedangkan strap-nya menggunakan urethane yang lembut. Pilihan material ini bertujuan agar GBD-H1000  nyaman dan mudah digunakan.

4 varian warna G-SHOCK GBD-H100. Dok: G-SHOCK

G-SHOCK GBD-H1000 hadir dalam 4 model debut, yakni GBD-H1000-1 (warna hitam), GBD-H1000-1A7 (warna hitam-putih), GBD-H1000-8 (warna hitam-merah), GBD-H1000-4 (warna merah).

Solar Powered Namun Perlu Di-Charge dengan Kabel USB

Kapasitas baterai bila GPS dan heart rate monitor digunakan terus-terusan adalah sekitar 14 jam. Namun bila digunakan hanya sebagai penunjuk waktu, baterai bisa bertahan hingga 12 bulan. 

G-SHOCK GBD-H1000 saat di-charge dengan kabel USB. Dok: G-SHOCK

Ada perbedaan besar bila kamu mengaktifkan GPS dan sensor detak jantung. Bila dua fitur itu sering kamu gunakan, kamu perlu mengisi daya jam tangan dengan kabel USB. Sementara bila digunakan sebagai penunjuk waktu saja, daya dari solar power saja sudah cukup. 

G-SHOCK GBD-H1000 Cocok untuk Runner dan Atlet

Dengan aneka fitur dan inovasi yang telah disebutkan di atas, bisa dibilang GBD-H1000 adalah kemajuan yang signifikan dari lini G-SQUAD. Jam tangan ini cocok digunakan untuk pelari, atlet, dan siapa pun yang merasa butuh memonitor kesehatannya.

Koleksi baru ini nampaknya juga layak disebut sebagai smartwatch. G-SHOCK GBD-H1000 dapat menunjukkan notifikasi dari smartphone pengguna, seperti panggilan telepon, email, SMS, dan reminder dari kalender. Hal ini memungkinkan karena adanya koneksi Bluetooth antara jam tangan dan smartphone pengguna.

Menarik sekali bukan? Buat kamu penggemar G-SHOCK garis keras pasti tidak ingin ketinggalan koleksi canggih satu ini. Kabarnya, G-SHOCK akan merilis koleksi ini senilai 50,000 JPY atau sekitar Rp 7,2 juta. Harga yang sepadan itu aneka fitur yang ditawarkan.

Tunggu kehadirannya di Jamtangan.com ya!

Categories: Editor's Choices