Review Jam Tangan SKX007: Divers Watch Seiko Legendaris

Review Jam Tangan SKX007
Review Jam Tangan SKX007

Terakhir diubah pada 2023/01/20 at 11:40am oleh Contributor

Pada kesempatan kali ini, Minwatch akan mengulas jam tangan Seiko yang cukup legendaris, yaitu Seiko SKX007. Walaupun series ini sudah tidak diproduksi lagi, banyak kolektor dan penggemar Seiko yang masih mencarinya. Semenarik apa jam tangan diver’s yang satu ini? Yuk simak terus ulasan Minwatch di bawah ini!

Sejarah Seiko SKX007, Bagian Dari Revolusi Diver Watch Seiko

Seiko SKX007, Bagian Dari Revolusi Diver Watch Seiko.
Seiko SKX007, Bagian Dari Revolusi Diver Watch Seiko.
Sumber: https://www.hodinkee.com/articles/the-seiko-skx007-divers-watch

Seiko SKX007 termasuk salah satu koleksi diver’s watch milik Seiko yang populer dan juga legendaris. Jam tangan Seiko ini termasuk bagian dari revolusi diver’s watch dari Seiko. Di mana, Seiko memperkenalkan diver’s watch pertamanya 62MAS (ref. 6217) pada tahun 1965 dengan ketahanan air hingga 150 meter.

Semenjak itu, Seiko terus mengembangkan series diver watch, seperti Seiko diver’s 6105-8110 yang diproduksi hingga tahun 1977. Yang mana, Seiko diver’s 6105-8110 cukup ikonik karena pernah digunakan oleh Martin Sheen pada film Apocalypse Now. Selain itu, Seiko Profesional Diver Tuna 1975 memiliki water resistant hingga 600 meter, yang mana jam tangan diver ini dapat digunakan untuk penyelaman laut dalam atau saturation diving.

Baca juga : 7 Jam Tangan Seiko Termahal, Harganya Sampai 230 Juta-an!

Kemudian, Seiko merilis 7548 diver pada tahun 1978 yang punya tampilan mirip dengan SKX007 yang mana series ini adalah nenek moyang Seiko SKX007, namun menggunakan movement quartz. Setelah itu, Seiko 7002 rilis pada tahun 1988. Seiko 7002 ini punya tampilan yang sama namun dengan bentuk indeks berbeda, serta tingkat water resistant 150 meter. Seiko 7002 sendiri diproduksi hingga tahun 1996 dan akhirnya digantikan dengan Seiko SKX007 yang rilis di tahun 1994.

Apakah kamu pecinta Seiko Diver? Jika iya, kamu pasti senang dengan kabar baru dari brand asal Jepang ini. Koleksi Save the Ocean Seiko Prospex Diver akan memiliki anggota baru yaitu Seiko Prospex SLA065 Limited Edition yang merupakan reinterpretasi dari 62MAS.

Seiko Terbaru 2022 : Seiko Presage Sharp Edged Kabuki-Inspired Limited Edition

Alasan Seiko SKX007 Sangat Populer

Seiko SKX007 merupakan koleksi jam tangan diver’s Seiko yang cukup populer. Ada beberapa hal yang membuat jam tangan ini digemari oleh banyak pecinta jam tangan.

1. Desain Klasik dan Sporty

Desain khas jam tangan diver’s klasik dan sporty adalah salah satu alasan yang bisa dilihat dari tampilannya. Bagian dial-nya cukup simpel dan elegan dengan 3 buah hands dan date window yang menampilkan tanggal dan hari. Tampilan bezel diver’s-nya yang memiliki indeks 60 menit membuat jam tangan ini terlihat sporty. 

2. Diver’s 200 Meter dengan ISO 6425

Selain itu, jam tangan diver ini dilengkapi water resistant hingga 200 meter dengan tulisan diver’s 200m pada bagian dial-nya. Seiko SKX007 juga dilengkapi sertifikat ISO 6425, yang mana jam tangan ini telah memenuhi standar industri jam tangan diver’s yang ada di dalam ISO 6425.

Segera Meluncur, Seiko Prospex Speedtimer SRQ045 Limited Edition dengan Warna All Black

3. Fitur Lumi yang Baik

Jam tangan SKX007 memiliki fitur lumi yang sangat terang. Fitur ini terdapat pada beberapa bagian pada jam tangan, seperti bagian lume pip, indeks dan hands. Dengan fitur lumi yang baik, pengguna jam tangan ini akan terbantu saat kondisi minim cahaya.

4. Harga Rilis yang Terjangkau dan Kini Bekasnya Lebih Mahal 

Selain tampilan serta ketahanan airnya, alasan Seiko SKX007 menjadi jam tangan yang digemari adalah harganya yang terjangkau. Sebelum produksinya dihentikan pada tahun 2019, Seiko SKX007 dibanderol dengan rate harga Rp2 jutaan.

Untuk harga sekarang, kamu bisa menemukan jam tangan Seiko SKX bekas dengan kondisi  baik pada range harga 5-6 jutaan. Jam tangan ini juga jadi incaran para kolektor dan sempat jadi koleksi yang langka, sehingga harga bekasnya melambung tinggi.

Eksklusif: Rayakan Semangat Sumpah Pemuda, Seiko Resmi Hadirkan Seiko Prospex Indonesian Limited Edition

Kekurangan Seiko SKX007

Sangat pas di pergelangan kebanyakan orang.
Sangat pas di pergelangan kebanyakan orang.
Sumber: https://www.hodinkee.com/articles/the-seiko-skx007-divers-watch

Disamping kelebihannya yang membuat jam tangan ini cukup populer dan digemari, Seiko SKX007 ini punya beberapa catatan.

Seperti pada aspek movement kaliber 7S26 yang tidak memiliki fitur hand-windable dan hacking seconds sehingga cukup repot untuk kalibrasi jarum detik. Walaupun begitu, movement ini dilengkapi komplikasi tanggal dan hari. Selain itu, endlink pada jubilee bracelet tidak solid sehingga sering menimbulkan suara ketika dipakai.

Baca juga : Siap Diluncurkan, Seiko 5 Sports Super Cub Limited Edition

Sejak pertama diproduksi pada tahun 1994, Seiko berhenti memproduksi series SKX007 dan pada tahun 2019. Namun, Seiko tetap memproduksi jam tangan diver’s lain pada lini jam Prospex.

Spesifikasi Seiko SKX007

1. Bagian Case, Kristal dan Crown

Seiko SKX007 adalah jam tangan diver yang bagian case-nya terbuat dari logam stainless steel dengan diameter 42,5mm dan tebal 13mm. Material ini merupakan logam baja tahan karat yang punya karakter yang kokoh. Bentuk case-nya model round dengan fitur-fitur yang mendukung kegiatan menyelam.

Bagian crown pada Seiko SKX007 menggunakan mekanisme screw down crown yang dapat mencegah air masuk ke dalam mesin jam lebih baik. Posisi crown yang terletak pada posisi jam 4 membuat pengaturan waktunya lebih mudah, serta nyaman digunakan.

Pada bagian depan, Seiko SKX007 menggunakan kaca berbahan kristal hardlex flat untuk pelindung. Material ini sendiri merupakan mineral kristal buatan Seiko yang diolah lagi agar lebih keras daripada mineral kristal biasa. Selain itu, jam tangan ini memiliki screw case back dengan ukiran gambar, tulisan Seiko serta nomor kaliber dan seri.

Seiko telah meniti perjalanan panjang dalam industri jam tangan. Berdiri sejak 1881, banyak prestasi dan kontribusi yang berhasil ditorehkanSeiko bahkan bisa dibilang sebagai salah satu brand jam tangan terbaik di dunia. 

2. Bagian Bezel

Selain itu, Seiko SKX007 memiliki bezel diver yang dapat diputar satu arah dengan klik. Untuk bagian lume pip dilengkapi fitur lumi yang dapat menyimpan cahaya dan menyala saat kondisi gelap. Bentuk tepi pada bagian bezel bergerigi yang membuatnya mudah diputar. Tampilan bezel cukup simpel namun tetap fungsional. 

Seiko Prospex Save the Ocean SPB333 Limited Edition Dengan Tampilan Landscape Kutub

3. Bagian Dial & Strap

Seiko SKX007 memiliki dial yang simpel. Bagian dial berwarna hitam dengan indeks jam dan hands putih, serta dilengkapi fitur lumi yang baik. Selain itu, terdapat komplikasi tanggal dan hari yang ada pada posisi jam 3.

Warnanya ini cukup serasi dengan warna bezel yang juga punya indeks warna putih. Selain itu, jam tangan Seiko SKX007 ini memiliki jubilee bracelet strap yang berbahan stainless steel, dan rubber strap pada versi lainnya. Dengan tampilan dial dan strap tersebut, jam tangan Seiko SKX007 ini cukup elegan dan sporty.

4. Bagian Movement

Untuk bagian movement, jam tangan Seiko SKX ini dibekali movement automatic kaliber 7S26 buatan Seiko. Terdapat komplikasi tanggal dan hari, serta 3 hands yang menunjukan jam, menit dan detik. Kaliber 7S26 ini punya akurasi -20 hingga +40 detik per hari dengan power reserve 41 jam.

Baca juga : Deretan Jam Tangan Seiko Terlaris Tahun Desember 2022

Buat penggemar Seiko, kamu bisa cari Seiko diver’s lainnya di Jamtangan.com. Banyak koleksi jam tangan diver’s Seiko yang bisa jadi pilihan tepat. Dapatkan harga terbaik dan promo menarik untuk jam tangan Seiko incaranmu!

Oleh: Audi Marchal

Sumber :

https://www.hodinkee.com/articles/the-seiko-skx007-divers-watch

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
review G-Shock GW-M 5610 dan GW-M 5610U

Review Jam Tangan: Perbedaan G-Shock GW-M 5610 dan GW-M 5610U

Next Article
Sindiran Shakira Pada Gerard Piqué

Sindiran Shakira Pada Gerard Piqué: “You Swapped a Rolex for a Casio”!

Related Posts
Total
0
Share